Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Teknik dasar permainan bola basket -  Olahraga merupakan kegiatan menggerakkan organ tubuh untuk menghilangkan rasa bosan serta menjaga kesehatan tubuh. Kondisi fisik tubuh manusia bisa lebih tahan terhadap penyakit dengan melakukan kegiatan olahraga.

Banyak orang diluar sana yang jarang melakukan olahraga, cenderung duduk-duduk di depan meja kerja atau yang lainya.

Kegiatan seperti ini lah yang kurang efektif karena kurang berolahraga. Sempatkanlah sedikit waktu untuk berolah raga 5 sampai 10 menit dalam sehari.

Nah, dalam artikel artikel sebelumnya kami membahas mengenai teknik dasar permainan bola voli.

Kini kami akan membahas tentang teknik dasar permainan bola basket yang termasuk ke dalam permainan bola besar. Supaya Anda bisa tahu tentang olahraga yang satu ini, serta dapat menjadi acuan agar rajin berolahraga.

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Teknik dasar bola basket adalah pondasi awal dalam mempelajari permainan bola basket. Jumlah pemain basket dalam satu tim terdiri atas 5 pemain, yang membutuhkan kerjasama untuk memasukkan bola ke dalam ring basket.

Dalam memasukan bola ke dalam ring, setiap pemain bola basket harus mengenali tugas masing-masing pemain serta posisi pemain basket yang lainya agar dapat bekerjasama sebagai upaya dalam membangun strategi.

Berikut merupakan teknik dasar yang harus difahami oleh pemaian supaya bisa diterapkan dalam permainan bola basket.

1. Teknik Dasar Memegang Bola Basket

cara memegang bola basket yang benar
cdn.vox-cdn.com

Pada pembahasan pertama kami akan menjelaskn mengenai teknik dasar bola basket. Pada teknik ini tampaknya sangat remeh tapi memiliki tujuan agar bola tidak mudah terlepas dari tangan bermaian bola basket.

Beberapa teknik dasar dalam memegang bola basket yang harys dikuasai oleh setiap pemaian :

  • Dalam gerakan dasar menangkap bola basket, pegang dengan kedua tangan.
  • Telapak tangan dibuka selebar-lebarnya.
  • Posisikan bola agak kebelakang saat memegang bola dengan tangan.
  • Posisi jari tangan yang erbuka berada di tengah-tengah bola basket.
  • Buka kedua kaki seperti memasang kuda-kuda, dengan salah satu kaki lebih kedepan.
  • Posisi badan agak jongkok serta menghadap ke depan.
  • Usahakan lutut tidak kaku dan rileks .

2. Teknik Dasar Passing Dan Catching Bola Basket

cara passing dan catching bola basket
gannett-cdn.com

Teknik passing ini sendiri berarti mengoper atau memindah bola kepada rekan satu tim. Dalam teknik passing ada juga teknik catching dalam bola basket.

Catching dalam permainan bola basket adalah menangkap bola yang diderikan oleh teman satu tim.

Dalam permainan bola basket, kedua teknik ini adalah teknik awal yang harus dikuasai oleh pemaian awam bola basket. Permainan seorang pemain dapat berkembang melalui step-step yang urut dari pada yang memulai dengan step yang seharusnya belum dipelajari.

Berikut ini macam-macam teknik passing dalam permainan bola basket :

Chets Pass Bola Basket

Chets pass dalam permainan bola basket dilakukan dengan memantulkan bola setinggi dada, operan ini dapat dilakukan dengan melempar bola lurus dengan dada.

Cara awal melakukan teknik ini bisa dengan dipraktekkan dengan dua orang untuk melatih chets pass.

Bounce Pass Bola Basket

Bounce pass atau operan pantul, merupakan operan yang dilakukan dengan cara memantulkan bola ke tanah untuk bisa sampai ke rekan tim yang lainnya.

Overhead Pass Bola Basket

Overhead pass bisa juga disebut operan diatas kepala, teknik passing ini dilakukan dengan memantulkan bola dengan tambahan power. Sehingga bola bisa memantul hingga tinggi sekiranya tergapai dengan kedua tangan diatas kepala pemain.

Baseball Pass

Baseball pass atau operan belakang kepala, pada dasarnya teknik ini hampir sama dengan teknik overhead pass yang juga memantulkan bola ke lantai. Tapi operan ini bisa dilakukan di atas kepala atau belakang kepala yang bertujuan melambungkan bola lebih tinggi.

Behind Back Pass

Behind back pass atau operan ke belakang, pada operan yang satu ini pemain melempar bola dari belakang tubuh dan memantulkannya ke lantai.

[su_quote]Berfikir dengan positif demi mengaharapkan hal yang terbaik dalam melakukan semua hal.[/su_quote]

Baca juga : Peraturan permainan bola basket

3. Teknik Menangkap Bola Basket

cara menangkap bola basket
team.fastmodelsports.com

Dalam menangkap bola, seorang pemain bebas menangkap bola dengan satu tangan atau dengan kedua tangan. Dalam posisi yang terbaik usahakan untuk memakai kedua tangan.

Sikap tangan pemain saat menangkap bola basket juga harus diperhatikan dengan benar.

Ketika ada dalam permaian, seorang pemain harus waspada serta siap siaga untuk fokus terhadap permainan. Saat teman mengoper bola, pastikan nantinya bola bisa berada pada telapak tangan dengan jari-jari yang terbuka.

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa menangkap bola bisa di atas kepala maupun di depan dada.

4. Teknik Dribbling Bola Basket

cara melakukan dribbling bola basket
cdn.vox-cdn.com

Untuk teknik selanjutnya adalah men-dribble bola atau yang biasa kita sebut dengan menggiring bola. menggiring bola itu sendiri bisa dilakukan dengan memantulkan bola pada telapak tangan ke tanah.

Teknik menggiring bola dapat dilakukan dengan berlari atau pada saat diam di tempat. Ada beberapa teknik dalam menggirng bola basket diantaranya: dribble rendah dan dribble tinggi.

Berikut ini macam-macam dribbling dalam permainan bola basket dan fungsinya :

Dribble Rendah Bola Basket

Dribble rendah atau memantulkan bola setinggi pinggang. Teknik ini membuat tim lawan sulit untuk merebut bola, sehingga cocok untuk menerobos celah pertahanan lawan yang kosong.

Ketika melakukan teknik dibble rendah, posisi kaki dibuka dan jangan melebihi bahu. Pada saat melakukan teknik ini dengan berlari maka posisi tamgan yang men-dribble bola menjadi kebalikannya.

Seperti contoh tangan kanan sebagai inti dalam men-dribble bola, maka posisi kaki kiri berada lebih depan dari pada kaki kanan. Teknik ini berguna untuk melindungi bola dari pergerakan lawan ketika mau mencuri kesempatan.

Dribble Tinggi Bola Basket

Dribble tinggi, sesuai dengan sebutannya teknik ini men-driblle bola lebih dari tinggi pinggul. Dribble tinggi dilkukan pada saat pemain berada pada posisi yang aman dalam artian jauh dari pemain tim lawan.

Cara melakukan dribble tinggi, posisi kaki dibuka sejajar, pada saat memantulkan bola dengan tangan kanan maka posisi bola ada di samping kanan depan. Posisi badan juga jangan terlalu tegap dan sedikit mencodong ke depan.

5. Teknik Bertahan Bola Basket

cara bertahan bola basket
fiba.basketball/images.fiba.com

Cara bertahan dalam permainan bola basket diperlukan supaya tim lawan tidak mencetak angka dalam permainan. Teknik bertahan dalam bola basket juga bisa dilkukan dengan kerja tim maupun individu.

Berikut ini macam-macam pola bertahan pada permainan bola basket:

  • Standart Defense Bola Basket

Standart defense merupakan usaha untuk menjaga dan membayangi pergerakan lawan yang membawa bola ketika membangun serangan dari sisi lapangan.

  • Deny Defense  Bola Basket

Deny degense dalam permainan bola besket usaha dalam menjaga lawan yang membawa bola dengan menutup tiap celah untuk mengoper bola kepada teman satu tim dari lawan.

  • Tiangle Defense Bola Basket

triangle defense merupakan usaha untuk merebut bola dari tangan lawan ketika malukan passing.

Untuk selanjutnya adalah team defense yang akan dibahas di bawah ini:

  • Zone Defense Bola Basket

Zone defense merupakan sistem pertahanan wilayah, dengan masing-masing pemain menjaga lawan sesuai dengan posisi pemain tersebut.

  • Man To Man Bola Basket

Man to man merupakan pertahanan dimana setiap tim lawan terjaga satu persatu.

  • Fix Defend Bola basket

fix defend merupakan perpaduan pertahanan dalam melaukan pertahanan man to man serata zone defense.

6. Teknik Pivot Bola Basket

cara melakukan pivot bola basket
abetterofficial.com

Teknik pivot dalam permainan bola basket dilakukan untuk mengelabuhi pergerakan lawan. Teknik pivot itu sendiri dilakukan dengan memutarkan badan yang bertumpu pada kaki sebagai titik tumpuan yang terbaik.

Teknik ini harus memakai titik tumpu yang kuat dalam malakukannya, supaya terhindar dari resiko cidera pada kaki. Penjagaan bola bisa dilakukan dengan menggunakan badan untuk menghindari gangguan pada lawan.

7. Teknik Shooting Bola Basket

cara shooting bola basket yang benar
trbimg.com

Teknik dasar permainan bola basketyang ke 7 adalah teknik dasar shooting.

Teknik shooting adalah gerakan melmpar bola ke ring untuk mendapatkan angka atau poin dalam permainan bola basket. Gerakan ini bisa dilakukan dengan kedua tangan maupun dengan satu tangan. Ketika pemain melakukan teknik poin yang didapat juga berbeda-beda mulai dari 1, 2, dan 3 poin.

Ada beberapa cara melakukan Shooting yang benar dalam bola basket, berikut penjelasanya:

  • Free Throw Bola Basket

Free throw dilakukan dengan kaki sejajar dengan bahu, pada saat menmbak bola posisi lutut agak ditekuk dan saat menembak bola jari-jari mengarah kedepan.

  • Jump Shoot Bola Basket

Teknik jump shot, merupakan perkembangan dari teknik fre trow. Dimana dalam teknik ini dalam menembak bola disertai dengan posisi yang melompat, posis bola juga di atas kepala.

  • Lay Up Shoot Bola Basket

Teknik lay up merupakan gerakan yang dilakukan dengan dua langkah kaki kemudian memasukan bola ke ring lawan. Teknik lay up dilakukan pada saat posisi pemain bola basket berada di sisi kanan atau kiri.

Tembakan lay up merupakan tembakan jarak dekat, yang biasa disebut juga dengan istilah tembakan melayang dalam bola basket. Yang perlu diperhatikan dalam melakukan tembakan lay up adalah pemaian tidak boleh melangkah dari dua langkah karena bisa dianggap pelanggaran.

[su_quote]Sebelum melakukan hal hal besar dalam hidup Anda, Anda harus mau untuk mencoba sebelum mundur dengan ketakutan angan-angan yang tak pasti kebenarannya.[/su_quote]

8. Teknik Rebound Bola Basket

cara melakukan rebound bola basket
imagesvc.timeincapp.com

Untuk teknik selanjutnya dalam permainan bola basket adalah teknik bola rebound. Bola rebound diperoleh ketika seorang pemain gagal memasukan bola ke ring lawan. Teknik rebound ini sendiri bertujuan untuk mengambil bola yang gagal tersebut.

Rebound adalah salah satu istilah dalam permainan bola basket dimana pemain basket memperoleh bola pantulan yang tidak berasil dimasukan oleh teman satu tim.

Kebanyakan posisi center dan power forward pemain basket yang sering memperolah bola rebound.

Jadi ada dua kesempatan yang diperolah oleh dalam satu serangan yang terjadi dalam kesempatan tersebut. Macam-macam rebound dalam permainan bola basket :

  • Defensive rebound merupakan teknik dalam merebut bola rebound yang gagal dimasukan oleh tim lawan.
  • Offensive rebound merupakan usaha untuk memasukan kembali ke dalam ring bola basket yang sebelumnya gagal.

9. Teknik Screen Bola Basket

cara melakukan screen dalam bola basket
team.fastmodelsports.com

Teknik screen merupakan upaya untuk menyusun serangan dalam permainan bola basket. Gerakan screen ini bertindak ketika pemaian kita yang ada dalam penjagaan tim lawan.

Teknik sreen dilakukan dengan cara menutup gerakan lawan untuk membuka celah yang kosong agar bebas dari penjagaan lawan. Dalam melakukan teknik ini perlu kontak langsung dengan tim lawan, tapi tidak sampai mendorong lawan. Pastikan langkah saat menganbil pola ini dengan langka yang tepat.

10. Teknik Slam Dunk Bola Basket

cara slam dunk bola basket
i-love-png.com

Teknik slam dunk adalah teknik yang paling banyak menjadi sorotan apabila seorang pemain bisa melakukan teknik ini. Teknik ini sangat menguntungkan untuk pemain yang memiliki postur tubuh yang tinggi.

Cara melakuakn slam dunk dalam bola basket adalah dengan cara melompat setinggi mungkin dan sejauh mungkin kemudian pemain tersebut bisa menembak bola ke dalam ring lawam.

Ketika melompat tubuh, akan terlihat seolah-olah akan melayang di udara. Pada saat teknik ini berhasil kebanyakan tangan pemain juga menyentuh ring bola basket.

Begitulah pembahasan tentang teknik dasar permainan bola basket beserta gambarnya oleh https://listrik.org/resaja yang mungkin bisa membantu, terutama bagi Anda yang suka dengan olahraga bola basket.