Sepak Takraw

Sepak Takraw

Sejarah sepak takraw - Masih dalam runag lingkup olahraga, memang kegiatan berolahrag tidak akan lepas dengan kegiatan dan kebutuhan manusia.

Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai permainan sepak takraw. Pastinya sudah tahu dong, dengan permainan yang satu ini.

Olahraga sepak takraw sering digelar dalam olimpiade olympics. Namun tidak banyak orang yang tahu tentang sejarah serta berasal dari mana permainan sepak takraw ini.

Nah, tujuan penulisan artikel ini untuk membahas mengenai sejarah perkembangan sepak takraw secara lengkap mulai dari pengertian sampai peraturan.

Langsung saja yuk, simak pembahasan di bawah ini.

Pengertian Sepak Takraw

ringkasan materi sepak takraw
Pengertian Sepak Takraw

Apa itu sepak takraw atau sepak raga?

Semenjak kemunculan olahraga sepak takraw yang ada di sekitar kita, mungkin Anda bertanya-tanya, apa sih definisi mengenai sepak takraw itu sendiri?

Sepak takraw adalah salah satu cabang olahraga yang memiliki perpaduan antara permainan bola voli dan sepak bola yang dimainkan dalam lapangan bulu tangkis, dan memiliki peraturan supaya bola tidak menyentuh tangan.

Itulah pegertian sepak takraw secara umum.

Dalam permainan sepak takraw dapat dimainkan dengan 4 orang pemain dimana 3 orang pemain sebagai pemain inti (tekong, apit kanan dan apit kiri), dan 1 pemain sebagai pemain pengganti atau cadangan.

Namun permainan ini belum banyak digemari olah masyarakat luas, karena merupakan permainan yang sulit serata dapat beresiko cidera.

Olah sebab itu sebagian masyarakat menganggap permainan ini sebagai permainan yang terbilang sebagai olahraga yang kasar.

Maski begitu khususnya masyrakat Indonesia permainan ini sering dimainkan dalam ajang 17-an agustus serta diselenggarakan di kejuaraan besar.

Itulah devinisi atau pengertian dari permainan sepak takraw.

Pengertian Sepak Takraw Menurut Para Ahli

Adapun pengertian sepak takraw menurut para ahli, yang diambil dari beberapa sumber buku diantaranya yaitu:

  • Pengertian sepak takraw manurut pendapat Darwis dan Basa (1992:2), permainan sepak takraw adalah perpaduan atau penggabungan tiga buah permainan yaitu permainan sepak bola, permainan bola voli dan permainan bulu tangkis.
  • Menurut pendapat PB. PERSETASI (1999:16), definisi depak takraw merupakan cabang olahraga beregu yang dimainkan di atas lapngan berbentuk persegi panjang, dengan permukaan yang rata, baik tempat terbuka/out-doors maupun tempat tertutup/in-doorsyang bebas dari rintangan.
  • Menurut pendapat Prawirasaputra (2000:5), permainan sepak takraw diakukan oleh dua regu yang saling behadapan di lapngan dipisahkan oleh jaring atau net yang terbentang membelah lapangan menjadi dua bagian. Setiap regu yang berhadapan terdiri atas 3 orang pemain yang bertugas tekong berada di paling belakang, dan dua orang lainya sebagai apit kanan dan kiri sepak takraw.
  • Menurut pendapat Sulaiman (2004:4), definisi sepak takraw merupakan permainan yang menggunakan bola terbuat dari rotan, dimainkan di atas lapangan datar yang berukuran panjang 13,40 m dan memiliki lebar 6,10 m. Di tengah-tengah terdapat net yang memiliki tinggi 1,55 m.
  • Menurut penadapat Iyakrus (2012:1), apa itu sepak takraw? pengertian sepak takraw adalah suatu permainan yang menggunakan bola "takraw" terbuat dari rotan dan dimainkan di atas lapangan yang berukuran panjang 13,42 m dan lebar 6,1 m.

Itulah pengertian sepak takraw menurut para ahli.

Sejarah Sepak Takraw

sejarah sepak takraw
Sejarah Sepak Takraw

Pembahasan mengenai sejarah sepak takraw yang tersebar ;uas di dunia terutama di Indonesia.

Sejarah olahraga sepak takraw berasal dari zaman kesultanan Melayu pada abad 634-713 M, yang dalam bahasa Melayu disebut dengan sepak raga.

Untuk bola takraw terbuat dari bahan anyaman rotan dan pemain berdiri mebentuk lingkaran.

Dalam perkembangan olahraga ini, pada zaman kesultanan Melayu, Tepatnya pada sekitar abad ke-15, sepak takraw pertama kali dimainkan dalam sejarah dunia olahraga sepak takraw. Akan tetapi, pada waktu itu permainan ini masih populer dengan nama sepak raga.

Dalam sejarah sepak takraw, permainan ini diambil dari bahasa Melayu dan juga dan juga bahasa Thailand. Yaitu kata sepak dalam bahasa Melayu berarti menendang.

Sementara untuk kata takraw berasal dari kata Thailand yang berarrti bola yang dianyam.

Penentuan nama tersebut merupakan hasil dari kesepakan kedua daerah yang telah menemukan olahraga ini, yaitu Malaysia dan Thailand.

dari kedua negara ini permainan mulai tersebar di Asia Tenggara serta bisa dimainkan dalam ajang nasional dan internasional.

Ditahun 1970-an, olahraga ini mulai masuk di tanah Indonesia yang dibawa langsung oleh Malaysia dan Singapura yang pada waktu itu sedang berkelana di tanah nusantara.

Kemahiran permainan sepak takraw sebenarnya telah dikuasai oleh bangsa Indonesia. Karena Indonesia sejak dulu sudah mengenal permainan ini namun sebatas permainan bola kecil yang bersifat tradisional.

Nah, sejarah sepak takraw pada waktu diawali atau berasal dari bangsa Malaysia dan Singapura ini barulah permainan takraw mulai banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Pada wilayah Sulawesi dan Sumatra, permainan sepak takraw sangat disambut dengan baik, sehingga perkembangan paling baik di waktu itu di wilayah tersebut.

Itulah asal usul singkat tentang permainan sepak raga atau sepak takraw.

Induk Organisasi Sepak Takraw

induk organisasi sepak takraw nasional dan internasional
langkahilmu.com - Organisasi Sepak Takraw Dunia

Setelah tahu sejarah singkat sepak takraw di atas.

Adapun induk organisasi sepak takraw dunia ada pada tanggal 5 Maret 1992, baru diresmikan konstitusi yang bergerak untuk mengatur olahraga sepak takraw internsional.

Nama induk organisasi tersebut adalah ISTAF.

Kepanjangan dari ISTAF adalah International Sepak Takraw Federation.

Induk organisasi sepak takraw ini pada awal terbentuknya memiliki 16 negara yang bergabung menjadi anggota.

Berikut penamaan sepak takraw dalam berbagai daerah:

Induk Organisasi Sepak Takraw Asia Tenggara

Perkembangan sepak takraw di dunia dapat dilihat dari tahun 1965-an. Ketika itu sepak takraw menjadi salah satu cabang olahraga yang diselenggarakan dalam ajang Pesta Olahraga South East Asia Peninsulars Games (SEAP GAMES).

Pertndingan ini diadakan dalam 2 tahun sekali yang diikuti oleh bebrapa negara Asia Tenggara, yaitu:

  1. Malysia.
  2. Thailand.
  3. Singapura.
  4. Laos.
  5. Philipina.
  6. Brunei Darussalam.
  7. Indonesia.

Namun Indonesia, Brunei dan Thailand menyusul setelah dua tahun setelahnya.

Pada tahun 1982 terbentuklah badan organisasi sepak takraw di negara Asia Tenggara yaitu, Asian Sepak Takraw Federation atau ASTAF.

Pasa asal usul terbentuknya organisasi ASTAF ini terdapat 14 negara yang ikut bergabing sebgai anggota, yaitu:

  1. Vietnam.
  2. Thailand.
  3. Sri Langka.
  4. Singapura.
  5. Myanmar.
  6. Malaysia.
  7. Laos.
  8. Korea.
  9. Jepang.
  10. India.
  11. Indonesia.
  12. Philipina.
  13. CIna.
  14. Brunei Darussalam.

Organisasi Sepak Takraw Indonesia

Induk organisasi sepak takraw diIndonesia adalah PERSETASI atau Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia.

Induk organisasi sepak takrai ini dibentuk pada tahun 1971 sekaligus organisasi yang pertama di Indonesia. Namun pada tahun 1986, PERSETASI berganti nama menjadi PERSERASI atau Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia.

Teknik Dasar Sepak Takraw

11 teknik dasar sepak takraw
Teknik Dasar Sepak Takraw

Teknik dasar sepak takraw ini dapat dilakukan dengan munggunakan bagian badan seperti; kepala, dada dan kaki.

Hal, terpenting dalam mengatur permainan ini dengan konsentrsi untuk mengontrol bola takraw. Untuk Anda yang ingin belajar teknik dasar sepak takraw berikut ini tata cara bermain yang benar:

Teknik dasar permainan sepak takraw beserta gambarnya:

  1. Sepak telapak kaki atau teknik dasar smash.
  2. Teknik servis.
  3. Teknik menyundul bola.
  4. Sepak sila.
  5. Sepak kuda.
  6. Teknik menahan bola.

Langsung saja yuk, ikuti tutuorial belajar teknik dasar latihan sepak takraw beserta gambarnya yang kami bahas secara singkat dan lengkap.

Sepak Telapak Kaki atau Teknik Dasar Smash Sepak Takraw

cara melatih smash sepak takraw
wikihow.com - Teknik Dasar Smash

Teknik dasar sepak takraw, teknik yang pertama adalah teknik smash, yang menjadi teknik yang paling ampuh dalam memperoleh poin dari lawan. Biasannya gerakan smash dilakukan dengan teknik sepak telapak kaki yaitu kekuatan dipusatkan ke pergelangan kaki.

Berikut ini teknik atau langkah awal dalam melakukan smash pada olahraga sepak takraw:

  • Anda harus berdiri dengan satu kaki, sedangkan kaki yang satunya berada lurus di depan badan. Arahkan telapak kaki dekat dengan bola takraw dan Posisikan badan untuk melakukan sepakan.
  • Setelah posisi kaki sudah siap lakukan dorongan atau sepakan sekeras mungkin dan kekuatan yang besar di pergelangan kaki.
  • Pandangan fokus kepada sasaran atau arah yang kosong.

Teknik Dasar Servis Sepak Takraw

teknik servis sepak takraw
wikihow.com - Teknik Servis

Cara untuk melakukan teknik servis merupakan, gerakan awalan dalam memulai pertandingan sepak takraw. Servis ini dilakukan oleh pemain yang disebut dengan tekong.

Apabila pemain dapat melakukan teknik servis yang baik maka, tidak akan menutup kemungkinan untuk memperolah angka atau poin.

Ada dua jenis teknik servis dalam sepak takraw yaitu:

  1. Servis atas.
  2. Servis bawah.

Tata cara untuk melakukan servis atas, dimulai dari bola yang dilambungkan di atas rata-rata kepala dan sepak dengan posisi sebaik mungkin ke arah lawan yang lemah.

Tata cara untuk melakukan servis bawah adalah ketika bola dilambungkan sekiranya di atas rata-rata pinggang, untuk melakukan tendangan dengan mudah.

Teknik Dasar Menyundul Bola

terangkan teknik menyundul bola dalam sepak takraw
wikihow.com - Teknik Menyundul Bola

Teknik dasar yang selanjutnya adalah teknik menyundul bola pada sepak takraw.

Bola takraw dapat disundul dengan kepala bagian depan yang mempunya tujuan untuk memberikan umpan kepada teman satu tim untuk melakukan serangan.

Berikut ini tata cara untuk melakukan teknik menyundul pada permainan sepak takraw:

  1. Berdiri dan mengambil sikao kuda-kuda siap untuk menyundul bola.
  2. Agak condongkan badan kebelakang, kemudian letakan kedua tangan di samping.
  3. Pandang mata fokus ke arah datangnya bola takraw.
  4. Ketika menyundul bola pastikan menggunakan kepala bagian depan, gerakan badan ke arah depan dan leher digerakan untuk menambah gerakan bola.

Tenknik Dasar Sepak Sila

teknik dasar sepak sila takraw
wikihow.com - Sepak Sila

Teknik dasar sepak takraw yang selanjutnya adalah teknik sepak sila

Teknik sepak sila merupakan cara untuk menahan bola dengan kaki bagian dalam.  Gerakan ini memiliki tujuan untuk mengontrol bola agar lebih seimbang dalam menghalau serangan dari lawan.

Tata cara untuk melakukan teknik ini adalah:

  1. Berdiri satu kaki dan satu kakinya diangkat setinggi rata-rata lutut usahakan untuk lurus.
  2. Ketika menendang bola takraw, gerakan kaki ke bawah dan ke atas. Untuk mengatur keseimbangan gunakan tenaga atau kecepatan sesuai dengan kebutuhan.
  3. Konsentrasi dan pandangan ke arah bola, untuk memilih sasaran baik menyerang atau mengoper bola.

Baca juga : Olahraga atletik

Teknik Dasar Sepak Kuda

teknik dasar sepak kuda takraw
wikihow.com - Sepak Kuda

Sepak kuda atau yang disebut dengan teknik salto pada permainan sepak takraw merupakan teknik yang banyak menjkadi sorotan dalam pertandingan.

Gerakan sepak kuda ini dilakukan dengan menggunakan punggung kaki, serta kontrol bola yang baik untuk melakukan salto dengan baik.

Berikut ini tata cara untuk melakukan teknik salto dengan benar untuk pemula atau dalam tahap belajar:

  1. Berdiri menggunakan satu kaki debagai tumpuan dan posisi sedikit ditekuk.
  2. kaki yang digunakan untuk melakukan teknik ini adalah kaki yang terkuat menurut pemain.
  3. Ketika menendang, kaki berada di depan pinggul dan lurus.
  4. Ktika menendang bola, gunakan punggung kaki kemudian gerakan ke arah lawan atau langsung menukik ke bawah.
  5. Gerakan ini dapat dilakukan dengan salto apabila Anda sudah mahir dalam melakukan lompatan salto. Jika Anda dapat melakukan teknik salto dengan benar maka tidak akan sulit untuk memperolah tendangan yang keras.

Teknik Dasar Menahan Bola

teknik menghentikan bola dengan dada
wikihow.com - Teknik Menahan Bola

Teknik dasar sepak takraw selanjurnya adalah teknik dasar menahan bola.

Untuk melakukan gerakan menahan bola pada permainan sepak takraw, terdapat dua yang dapat kita lakukan yaitu:

  1. Menahan bola dengan dada.
  2. Manahan bola dengan paha.

Berikut ini tata cara untuk melakukan teknik menahan bola dengan benar.

  • Menahan Bola Dengan Dada
  1. Jika dilakukan dengan dada, maka posisi badan harus lurus dan usahan tegar pada bagian dada.
  2. Sikap kuda-kuda dan dada agak dicondongkan ke depan.
  3. Saat bola datang maka dorong bola dengan keras atau sejauh mengkin dengan dada.
  4. Fokus dan konsentrasi dalam menahan serata arah datangnya bola.
  • Menahan Bola Dengan Paha
  1. Mengetahui posisi bola itu renadah, kiranya di rata-rata pinggul.
  2. Berdiri dengan satu kaki untuk bersiap mengontrol bola takraw.
  3. Satu kaki diangkat dengan agak ditontolkan.
  4. Setelah bola datang arahkan paha dan lakukan dengan pantulan ke darah yang diinnginkan olah pemain.

Pemabahasan di atasdapat Anda pelajari sendiri dengan latihan rutin untuk terus mengasah kemanpuan. Lakukan latihandenag rutin untuk supaya bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Saiful Rijal merupakan pemain asal indonesia yang mengharumkan nama bangsa dengan meraih emas dalam cabang sepak takraw.

Sarana dan Prasarana Sepak Takraw

Sarana dan prasarana sepak takraw sebagai wadah penyalur dalam berjalannya pertandingan sepak tkraw baik dalam laga nasional dan internasional.

Berikut ini sarana dan prasarana permainan sepak takraw, yang akan kami sampaikan.

Lapangan Sepak Takraw

lapangan sepak takraw
akamaized.net - Lapangan Sepak Takraw

Sarana dan prasarana sepak takraw yang paling utama adalah lapangan permainan.

Dimana tidak ada prasarana ini maka permainan sepakj takraw tidak bisa terlaksana. Lapangan merupakan hal yang paling uatama dalam berjalanya sebuah pertandingan. Ada beberapa kategori lapngan dalam olahraga sepak takraw yaitu lapangan in-door dan out-door.

Gambar Lapangan Sepak Takraw

peraturan dan ukuran lapangan sepak takraw
bp.blogspot.com - ukuran Lapangan Sepak Takraw
ukuran Lapangan Sepak Takraw

Gambar diatas merupakan ukuran lapangan sepak takraw.

Untuk dapat lebih faham secara mendalam berapa sih ukuran lapangan sepak takraw? mulai dari panjang dan lebar lapangan sepak takraw dan juga tinggi netnya.

Supaya lebih jelas berikut ini penjelasannya.

  1. Lapangan sepak takraw berbentuk persegi panjang dan memiliki ukuran panjang 13,4 meter dan lebar 6,1 meter.
  2. Terdapat lingkaran di tengah-tengah lapangan, yang berguna untuk tampat servis pemain tekong, dengan jari-jari lingkaran 30 cm.
  3. Garis ¼ lingkaran terdapat di setiap penjuru tenagah lapangan, untuk temapat memberikan umpan servis yang memiliki ukuran jari-jari lingkaran 90 cm.
  4. Empat sisi lapangan harus bebas dari hambatan apapun, minimal 3 meter.
  5. Garis pinggir ditandani dengan cat, kapur atau line paper yang memiliki ukuran lebar 4 cm dan diukur dari pinggir sebelah luar.
  • Area bebas adalah arae minimal 3 meter dari garis luar lapangan.
  • Center line adalah garis tengah dengan lebar 2 cm.
  • Quarte circle adalah garis yang menyerupai ¼ lingkaran denagan radius 90 cm, diukur dengan garis bagian dalam.
  • The servis circle ialah lingakaran servis pada tekong, yang memiliki jarak dari garis belakang 2,45 m, serta jarak ke garis tengah 4,25 m, jarak titik tengah ke sisi kanan dan kiri 3,05 m.

Ukuran Tinggi Net dan Tiang

net sepak takraw
siamsporttalk.com - Net dan Tiang Sepak Takraw

Gabar di atas merupakan ukuran panjang dan lebar dari net dan tiang pada permainan sepak takraw, untuk penjelasan tentang ukuran berikut ini penjelasannya:

  1. Tinggi net sepak takraw putra 1,55 meterdi pinggir dan minimal 1,52 meter di tengah.
  2. Tinggi net sepak takraw puti 1,45 meter dari pinggir dan minimal 1,42 di tengah.
  3. Panjang net sepak takraw 6,11 meter dan leba 70 cm
  4. Kedua ujung net ditandai dengan pita yang berukuran 5 cm, ditarik dan dikaitkan pada tiang.
  5. Kedudukan tiang 30 cm, diukur dari garis pinggir.
  6. Net terbuat dari tali benang atau nilon, yang lubang kotaknya berukuran 6-8 cm.

Ukuran Bola Takraw

gambar bola sepak takraw
bp.blogspot.com - Bola Takraw

Gambar di atas adalah bola rotan atau jalin dalam sepak takraw. Bola dalam sepak takraw memiliki ukuran standar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Adapun ukuran bola takraw adalah:

  1. Bola berbentuk bulat.
  2. Bahan dasar dari rotan atau plastik sintesis.
  3. Berat bola takraw antara 170-180 gram untuk pemain putra, serta 150-160 gram untuk putri.
  4. Ukuran keliling bola takraw adalah 42-44 untuk pemain putra dan 43-45 untuk putri.
  5. Setiap bola memiliki 9-11 anyaman / strains serta memiliki 12 lubang yang terdapay pada permukaan bola takraw.

Berapa Jumlah Pemain Sepak Takraw

Berikut ini jumlah pemain sekaligus susunan pemain dan nama pemain dalam sepak takraw adalah:

  1. Dimainkan oleh 2 tim, masing-masing tim dimainkan 4 pemaian, 3 orang pemain inti dan 1 orang cadangan.
  2. Satu tim terdiri dari tiga regu dan dalam satu regu terdapat 12 orang tidak boleh lebih.
  3. Pemain yang ditengah disebur dengan tekong dan pemain yang berada di depan disebut dengan apit kann dan kiri.

Peraturan Permainan Sepak Takraw

sistem pertandingan sepak takraw
radarcirebon.com - Peraturan Sepak Takraw

Dalam materi peraturan permainan sepak takraw.

Adapun aturan permainan sepak takraw yang akan kami jelaskan dalam pertaturan permainan sepak takraw Isesui dengan ketentuan STAF pada tahun 2011, yaitu:

  1. Pemain yang memilih sebagai pemula pada waktu undian akan memulai permainan pada set pertama. Pemenang set pertama akan memulai permainan selanjutnya.
  2. Pelambung harus segera melambungkan bola begitu wasit menyebut angka. Jika pemain mendahului, maka lambungan harus diulang kembali.
  3. Servis dinyatakan sah apabila bola berhasil melewati net dan ke area lawan.
  4. Pelaksan servis berawal dari tekong, dengan syarat satu kaki masih berada di dalm lingkaran.
  5. Angka akan mulai dihitung bila bola mati di area lawan.
  6. Angka kemenangan untuk satu setnya adalah 15 angka. Apabila terjadi 14-14 sama maka kemenangan bagi tim yang memperoleh selisih 2 poin dan dengan poin maksimal 17 angka, dengan sistem 3 set menangan.
  7. Servis dilakukan 3 kali berturut-turut oleh setiap regu secara bergantian. Ketika terjadi duicei 14-14 maka servis dilakukan leh pemain yang mendapatkan poin.
  8. Dalam pertukaran tempat istirahat dilakukan selama 2 menit per setnya.
  9. Jika kedua regu menang 2 set, maka kemenangan ditentukan oleh hasil tie break, dengan angka 15 poin. Apabila terjadi 14-14 sama maka kemenangan bagi tim yang memperoleh selisih 2 poin dan dengan poin maksimal 17 angka.
  10. Sebelum set tie break, wasit melakukan undian yang memenangkan undian melakukan servis pertama.
  11. Pergantian tempat pada set tie break salamsatu regu menacapai angka 8 poin.

Itulah beberapa poin tentang peraturan permainan sepak takraw.

Baca juga : Permainan bola tangan

Mungkin cukup sekian pembahasan mengenai permainan sepak takraw yang kami bahas dalam artikel in secara lengkap mulai dari pengertian, sejarah, teknik sampai peraturan permainan.

Demikian pembahasan artikel ini yang membahas mengenai permainan sepak takraw.