Sejarah Permainan Sepak Bola

Sejarah Permainan Sepak Bola

Sejarah permainan sepak bola – Dalam asal-usul kemunculan sepak bola dunia, ternyata memiliki macam-macam makna yang tersirat di dunia olahraga.

Namun pada dasarnya semua merujuk kepada kejadian yang telah terjadi di masa lampau.

Nah pada artikel ini kami akan mengulas tentang sejarah perkembangan sepak bola secara lengkap yang ada di dunia dan Indonesia sampai sangat populer pada zaman sekarang. Mengenai hal tersebut pada zaman dahulu dalam permainan sepak bola belum terbentuknya sistem secanggih pada zaman sekarang.

Dalam ajang pertandingan sepak bola memilki strategi permainan, yang sering kita sebut dengan formasi permainan sepak bola. Hal ini bertujuan untuk membentuk serangan kepada lawan.

Mengenai hal semacam ini pastinya perkembangan pada permainan sepak bola zaman sekarang. Saking tekenalnya permainan sepak bola, banyak bermunculan pada acara TV, serta kejuaraan-kejuaran yang terus berlangsung di dunia sepak bola nasional maupun internasional.

Pada artikel sebelumnya kami membahas mengenai teknik dasar sepak bola.

Namun dalam artikel ini kami akan membahas secara lengkap tentang sejarah permainan sepak bola yang ada di dunia dan Indonesia.

Langsung saja yuk, simak pembahasan di bawah ini.

Sejarah Permainan Sepak Bola Dunia

asal usul sepak bola di dunia
asal usul sepak bola di dunia

Dalam membahas tentang sejarah, terdapat cerita tersendiri mengenai hal olahraga sepak bola. Kata-kata sejarah mengandung unsur kisah menurut beberapa para ahli sejarah.

Para ahli sejarah memiliki pendapat yang kuat mengenai sejarah sepak bola, menjadikan sejarah kemunculannya olahraga ini memiliki banyak versi.

Belajar tentang sejarah, memang bisa dijadikan ilmu pengetahuan yang berguna dalam menambah informasi dan ilmu pengetahuan mengenai kebenarannya. Kita bisa mengambil kesimpulan dari beberapa pendapat yang menurut kita paling benar dalam artikel ini.

Sejarah Permainan Sepak Bola Kuno

sejarah sepak bola dari china
Sejarah sepak bola dari China

Sejak ditemukan artefak dari kebudayaan kuno yang ditemukan oleh para ahli sejarah. Permaian sepak bola ternyata sudah dimainkan di Mesir, Roma, Italia dan Tiongkok. Prinsip ini menjadi prinsip yang paling kuat hingga bertahan sampai abad pertengahan.

Permainan sepak bola sudah dikenal ribuan tahun yang lalu, diantara sebutan dari beberapa negara dalam sejarah atau asal usul permainan sepak bola adalah :

  • Dalam sejarah negara Jepang, sepak bola dikenal dengan sebutan tsu-chu setelah 500-600 kemudian sepak bola berganti nama dan dikenal dengan sebutan Kemari.
  • Sejarah olahraga di Cina, sepak bola disebut dengan nama cuju.
  • Dalam perkembangan sejarah Yuanani, olahraga sepak bola disebut dengan nama episkyros.
  • Dalam sejarah Romawi (Italia), sepak bola disebut dengan nama Haspartum.
  • Dalam sejarah Perancis, sepak bola disebut dengan nama chuele.

Sejarah Permainan Sepak Bola Mesir

Pada tahun 2500 SM, telah ditemukan penggunaan bola dari linen di Mesir, dan sebagian berbahan usus dan kulit binatang. Bersumber dari beberapa gambar yang telah ditemukan para ahli sejarah berteori.

Bahwa sepak bola pada mesir kuno dimainkan untuk perayaan kesuburan bumi. Mereka membungkus bola dengan kain berwarna cerah untuk ditendang diatas permukaan tanah.

Sejarah Permainan Sepak Bola di Tiongkok

Dalam bahasa Tiongkok sepak bola dikenal dengan sebutan cuju (menendang dalam kaki telanjang).

Sekitar 221 SM sampai 476 SM, cuju menjadi olah raga yang populer di kalangan masyarakat Tiongkok. Dalam permainan cuju, mereka memakai kulit yang diisi dengan boneka bulu atau sejenisnya untuk ditendang di lapangan berbentuk persegi.

Kebiasaan permainan cuju di Tiongkok menjadi sorotan perhatian pejabat kerajaan untuk mulai menata aturan dalam permainan.

Meski begitu dalam permainan cuju belum ada pembatasan maksimal jumlah pemain.

Dalam satu tim bisa terdiri atas 2 sampai 10 pemain dalam permainan bisa. Namun bila terjadi turnamen dari kerajaan, dalam satu tim bisa terdiri atas 12 sampai 16 pemain yang siap.

Meraka juga tidak membatasi untuk para pemaian laki-laki dan perampuan, dalam artian untuk menjadi rekan satu tim.

Dalam sistem yang telah ditentukan tidak hanya ditentukan oleh banyaknya jumlah gol. Tapi kemenangan juga bisa tentukan dengan cara bermain dalam sebuah tim itu sendiri. Contohnya, dalam sebuah permaian terlalu pendek mengumpan atau menendang bola keluar lapangan bisa terkena pengurangan poin. Dengan ini, tim yang sedikit mendapat pelanggaran tidak bisa menang.

Penurunan popularitas sepak bola Tiongkok mulai menurun pada abad ke-17. Namun masih sering dimainkan sehingga jejak sejarah cuju di Tiongkok masih membekas.

Asal Usul Sepak Bola Roma

Dengan periode yang hampir sama Roma juga memainkan salah satu permianan sepak bola dengan vesri yang sedikit berbeda dengan cuju. Dalam aturan permainan di Roma, kurang mengenal aturan permainan ataupun teknik dasar permainan sepak bola.

Para gladiator negeri ini, sepak bola dimainkan 27 orang sehingga total pemain mencapai 54 pemain sepak bola dalam 1 pertandingan sepak bola. Dengan tujuan mencetak gol sebanyak-banyaknya.

Politikus, orator Roma, cicero menuliskan, bahwa sepak bola banyak dimainkan oleh kalangan anak anak muda.

Sementara permainan sepak bola di Inggris sering tejadi kerusuhan di akhir pertandingan selesai. Namun masyarakat Inggris-lah yang masih kerap memainkan sepak bola hingga abad pertengahan. Sekitar abad ke-14 sepak bola disebut dengan sepak bola mafia oleh masyarakat Inggris.

Bukan soal kemenangan untuk mencari ajang kesombongan, tapi dengan kemenangan meningkatkan tali persahabatan.

Sejarah Permainan Sepak Bola Era Zaman Modern

sejarah sepak bola modern
Sejarah sepak bola modern

Memasuki abad ke-19, permainan sepak bola mulai membentuk asosiasi sepak bola, yang bertujuan untuk membatasi aturan permainan.

Hingga memasuki tahun 1860, peraturan sepak bola mulai di terapkan demi menguirangi resiko kericuhan yang terjadi.  Dalam penyebaran aturan belum merata sehingga setiap daerah masih memiliki aturannya sendiri-sendiri.

Untuk membahas hal tersebut, akhirnya 12 club di London mengadakan rapat besar untuk membahas hal tersebut.

Aturan-aturan yang dihasilkan kemudian membentuk suatu badan The Football Association disebut FA.

Hasil tersebut juga mejadi pergelaran FA Cup yang pertama kali yang masih terkenal hingga sekarang. Bermula dari Inggris aturan ini dapat menyebar ke negara-negara sekitar seperti Eropa, Spanyol, Prancis, Belanda dan Swedia.

Hingga pada akhirnya terbentuknya FIFA (Federation Internationale de Football Association), pada tahun 1904 menjadi organisasi tertinggi sepak bola dunia.

Pernyataan berikutnya secara resmi FIFA menyatakan bahwa asal usul sepak bola berasal dari daratan Cina. Lebih tepatnya pada abad ke-2 hingga abad ke-3 SM.

Pada masa Dinasti Han, sepak bola dikenal dengan sebutan tsu-chu.

Dalam bahasa Cina tsu artinya menerjang bola dengan kaki, dan chu memiliki arti bola dari kulit yang berisi. Permainan ini dimainkan oleh para tentara Cina, dengan tujuan melatih fisik para tentara, sekaligus perlombaan dalam rangka ulng tahunkaisar kerajaan Cina.

Dari keterangan ini bisa disimpulkan bahwa asal usul sepal bola bukan dari Inggris, dan sebelum bangsa Inggris menemukan sepak bola. Peradaban Cina telah memainkan permaian sepak bola yang mereka sebut tsu-chu.

Sejarah Perkembangan Sepak Bola di Indonesia

sejarah sepak bola nasional pssi
Sejarah permainan sepak bola di tanah Indonesia

Sejarah sepak bola di Indonesia itu sendiri terbawa pada saat penjajahan pada masa kolonial Belanda. Hingga pada waktu itu sebuah organisasi sepak bola terbentuk.

Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia atau disingkat dengan PSSI.

PSSI terbentuk pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta, yang diprakarsai oleh Ir Soeratin Sosrosoegondo, yang kita kenal dengan bapak sepak bola Indonesia.

Sejak terbentuknya PSSI di Indonesia, membuat olahraga berkembang pesat di indonesia. Demi menghargai jasa-jasanya akhirnya di adakan ajang sepak bola Piala Soeratin (Soeratin Cup). Piala Soeratin diberlakukan untuk anak yang berusia di bawah 18 tahun.

Kemudian d tahun 2012, PSIS meregulasi dalam berjalannya kompetisi ini. Bahwa untuk Piala Soeratin diberuntukkan bagi anak yang berusia dibawah 17 tahun.

Diwaktu Pertandingan kita adalah rival, namun diluar pertandingan kita adalah kawan sejati.

Induk Organisasi Sepak Bola Nasional dan Internsional

sejarah fifa
Organisasi sepak bola dunia

Untuk menganal induk organisasi sepak bola baik itu Internasional maupun Nasional. Perlu diketahui bahwa induk organisasi memiliki makna dari pusat atau titik kontrol dalam sebuah perkumpulan tersebut.

Induk Organisasi Sepak Bola Internasional

FIFA merupakan induk organisasi sepak bola internasional yang di ikuti oleh beberapa negara di dunia. Atas inisiatif dari Julies Rimet, pada tahun 1930 yang diselenggarakanya kejuaraan dunia yang pertama di Montevideo, Uruguay.

FIFA terbentuk sejak tahun 1904, atas inisiatif Geure (Perancis), pada tanggal 21 Mei 1904

Turnamen sepak bola internasional pertama kali di selenggarakan di Uruguay yang terdiri atas 13 tim sepak bola yang di undang oleh organisai.

Induk Organisasi Sepak Bola Indonesia

Dalam sejarah terbentuknya PSSI, yang didirikan oleh bapak sepak bola kita yaitu Soeratin Sosrosoegando di Yogyakarta.

Kepanjangan dari PSSI adalah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia. PSSI sendiri sebagai badan yang tertinggi dalam olahraga sepak bola Indonesia.

Liga Sepak Bola

Liga merupakan sebuah laga kejuaraan dalam olahraga, terutama sepak bola. Kejuaraan yang ada dari masing masing negara juga berbeda, diantaranya sebagai berikut;

Liga Sepak Bola Dunia

  • UEFA
  • CONCACAF
  • CONMEBOL
  • CAF
  • AFC
  • OFC

Liga Sepak Bola Indonesia

  • Championship Cup
  • East Kalimantan Governor Cup
  • Inter Island Cup
  • IPL
  • ISC A
  • ISC B
  • Liga 1
  • Liga 2
  • Liga 3
  • Piala Indonesia
  • Piala Presiden

Itulah beberapa liga yang ada didunia sepak bola.

Penutup

Jadi kesimpulan yang bisa kita kaji dalam materi sejarah olahraga sepak bola ini, kita bisa tahu bahwa sejarah itu luas dan memang tidak akan bisa hanya terpatok dengan satu definisi atau sumber.

Namun dengan beragamnya sumber mengenai sejarah kita akan tahu bahwa sejarah itu berbeda-beda dari waktu ke waktu maupun dari setiap daerah perkembangannya pun juga berbeda. Untuk teman-teman pelajarilah materi sejarah, supaya bisa mengerti asal muasal dari kemunculan setiap susuatu yang ada di bumi.

Mungkin cukup sekian penjelasan yang dapat https://listrik.org/resaja sampaikan dengan lengkap mengenai sejarah perkambangan sepak bola dunia dan nasional. Semoga dengan artikel ini bisa membantu Anda dalam memahami sejarah olahraga yang ada di dunia.