Permainan Futsal

Permainan Futsal

Sejarah Futsal - Pada zaman sekarang ini permainan sepak bola telah tersebar luas, namun seiring perkembangan zaman terbentuklah olahraga yang mirip dengan sepak bola.

Pastinya Anda tahu dengan apa yang kami maksud!

Permainan itu adalah futsal.

Pada artikel ini kami akan membahas mengenai materi olahraga futsal yang terdiri dari pengertian, sejarah, teknik bermaian, lapangan, peraturan dan manfaat olahraga futsal dalam kesehatan jasmani dan rohani.

Simak yuk, pemabahasan mengenai olaharaga futsal.

Pengertian Futsal

Pengertian Futsal Menurut Para Ahli
kolakaonline.com - Pengertian Futsal

Apa itu permainan futsal?

Pengertian permainan futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh 2 tim yang berlawanan, yang masing-maing beranggotakan 5 orang, dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan gerakan kaki.

Permainan futsal juga dikenal dengan berbagai nama lain dan istilah futsal, dimana futsal itu sendiri merupakan istilah dalam bahasa internasional. Futsal berasal dari kata Spanyol dan Portugis yaitu futbol (sepak bola) dan sala (dalam ruangan).

Apabila kedua nama tersebut digabungkan maka akan akan menjadi permainan sepak bola di dalam ruangan atau futsal.

Pengertian permainan Futsal Menurut Para Ahli

tujuan utama permainan futsal
fifa.com

Adapun pengertian futsal menurut para ahli dalam materi ini. Ada beberapa definisi pengertian permainan futsal oleh beberapa ahli.

Adapun definisi mengenai permainan futsal adalah:

  • Kamus Pintar Futsal

Pengertian permainan futsal adalah sebuah olahraga bola yang dimainkan oleh 2 regu dengan 5 anggota di setiap regu, dengan tujuan memasukkan bola kedalam gawang lawan.

  • Dendy Sugono

Permainan futsal adalah permainan sepak bola dengan lapangan dan gawang yang memiliki ukuran lebih kecil dan dimainkan di lapangan cukup besar dengan 5 orang pemain.

  • Justinus Lhaksana

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan secara cepat dengan segi lapangan yang lebih kecil.

  • Roeslan Hatta

Olahraga futsal adalah permainan sepak bola mini yang dipertandingkan dalam sebuah ruangan dengan panjang lapangan 38-42 meter dan lebar 15-25 mater

  • John D. Tenang

Permainan futsal merupakan permainan bola yang dimainkan oleh 2 regu, yang masing-masing beranggotakn lima orang. Selain lima orang menjadi pemain utama, setiap regu juga diizinkan untuk memiliki pemain cadangan.

Jadi semua pendapat di atas benar menganai permainan futsal. Karena olahraga ini salah satu dari cabang yang hampir sama dengan sepak bola yang bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknye ke gawang lawan.

Itulah pengertian futsal menurut para ahli.

Sejarah Permainan Futsal

sejarah singkat permainan futsal
camaravacaria.rs.gov.br - Sejarah Futsal

Dalam sejarah olahraga futsal dikatakan bahwa permainan ini dipopulerkan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930-an.

Asal usul permainan futsal di perkenalkan oleh Juan Carlos beliau merupakan salah satu pelatih sepak bola.

Ketika melatih murid-muridnya Juan Carlos di dalam ruangan, dengan tidak memungkiri untuk bermain di lapngan yang sempit dengan 11 orang melawan 11 orang pemain.

Nah, barulah beliau mengubah dan membagi menjadi 5 lawan 5 secara bergantian. Dari situah baru permainan futsal tercipta dengan peraturan 5 vs 5.

Perbedaan futsal dan sepak bola dapat kita lihat dalam jumlah pemain dalam lapangan pertandingan,

Dapat dikatakan olahraga  futsal, berhasil mendapat perhatian dunia, terutama di Amerika Selatan, terutama pada wilayah Brazil.

Permainan ini dapat dilihat dari segi mengatur taktik dan skil dari setiap pemain, terutama bagi negeri yang memiliki julukan samba ini. Dimana lagi kalau bukan negeri Brazil.

Keindahan permainan ini dapat dilihat seperti yang diperlihatkan oleh pemain Brazil, dalam bermain sepak bola di luar lapangan.

[su_quote]Edison Arantes do Nascimento atau Pele adalah salah satu pemain asal Brazil yang menjadi sortan dalam olahraga futsal di dunia.[/su_quote]

Brazil menjadi pusat dalam olahraga futsal di dunia. Hingga kini, permainan ini dimainkan dalam perlindungan Federation Internationale de Football Association atau FIFA di seluruh dunia.

Hingga sekarang ini, permainan futsal berada dibawah naungan FIFA di dunia, seperti:

  1. Eropa
  2. Amerika Tengah
  3. Amerika Utara
  4. Afrika
  5. Asia
  6. Oseania

Sejarah permainan futsal versi FIFA tidak bisa diterima langsung begitu saja, karena ada beberapa negara yang juga mengklaim olahraga ini. Seperti negara Kanada dan Brazil yang juga mengklaim permainan futsal.

Adapun sejarah pertandingan futsal yang pertama kali diadakan pada tahun 1965, di Amerika Selatan dan berhasil dijuarai oleh Paraguay.  Enam perebutan piala Amerika Selatan selanjutnya diadakan pada tahun 1979, dan semua pergelaran olahraga disapu oleh Brzail pada waktu itu.

Dalam sejarah olaharaga futsal, Brazil berhasil menjuarai piala Pan Amerika pertama kali pada tahun 1982.

Amerika pada waktu itu juga sempat mendirikan sebuah organisasi futsal yang bernama FIFUSA atau The Federacao internationale de Futebol de Salao / Federassi Futsal Amerika Serikat.

Karena dalam olahraga futsal ini dapat memajukan industri olahraga sepak bola maka futsal semakin terorganisir dan mendapat dari tarik FIFA.

Sehingga pada tahun 1989 FIFA secara resmi mengambil alih penyelenggaraan kejuaraan dunai futsal.

Sejarah pertandingan futsal pertama yang diselengarakan oleh FIFA, digelar di Belanda pada tahun 1989 dan yang kedua di Hongkong pada tahun 1992.

Dengan beberapa pertimbangan akhirnya FIFA menetapkan untuk mengadakan turnamen futsal empat tahun sekali.

Itulah sejarah perkembangan permainan futsal dunia.

Sejarah Permainan Futsal Indonesia

Adapun sejarah permainan futsal di Indonesia, Ronny Pattinasarani pantas disebut sebagai pelopor olahraga futsal masuk ke Indonesia. Beliu adalah sorang pelatih yang langsung terjun ke masyarakat dalam memperkenalkan futsal.

Bung Ronny adalah nama panggilannya, beliau pernah mengikuti Coaching Clinic Futsal yang di adakan di Malaysia atas intruksi dari PSSI pada tahun 2000.

Semanjak itulah sejarah masuknya olahraga futsal baru dikenal di Indonesia, Bung Ronny menyebarkan permainan ini lewat SSB serta para pemian timnas.

Teknik Dasar Permainan Futsal

tata cara bermain futsal
cdn2.tstatic.net - Teknik Futsal

Dalam materi tentang teknik dasar permainan futsal berikut ini, ada bebrapa poin yang akan kami sampaikan.

Pada dasarnya permianan futsal memiliki kesamaan dengan permainan sepak bola, begitu juga dengan teknik dasar bermain. Diantaranya seperti:

  • Teknik dasar menggiring atau men-dribble bola futsal.
  • Cara untuk menendang bola.
  • Cara mengumpan.
  • Mengoper bola.
  • Passing.
  • Menghentikan bola.
  • Menyundul bola.
  • Menyapu.
  • Merebut.
  • Menangkap bola.

→KLIK DISINI← untuk baca teknik dasar sepak bola.

Supaya Anda bisa mudah dalam bermain futsal atau dalam berlatih olahraga ini.

Peraturan Pertandingan Futsal

peraturan permainan bola futsal
asset-a.grid.id - Peraturan Futsal

Adapun aturan pertandingan futsal yang akan kami sampaikan, termasuk peraturan umum dan standar internasional dan nasional.

Dari sekian banyaknya macam-macam olahraga bola kecil dan bola besar, setiap olahraga pastinya memiliki aturan yang telah disepakati bersama dan secara sah, wajib untuk ditaati.

Peraturan tersebut juga berlaku pada peratndingan futsal baik dalam kompetisi nasional maupun internasional.

Paraturan permainan futsal apabila kita perhatikan hampir mirip juga dengan peraturan permainan sepak bola. Namun pada setiap olahraga, pastinya memiliki banyak ciri khas yang berbeda sampai unik.

Ada beberapa tata tertib dalam pertandingan futsal yang telah disepakai oleh pihak FIFA selaku induk organisasi dalam olahraga sepak bola dan futsal.

Berikut ini beberapa peraturan yang telah diresmikan oleh FIFA mulai dari peraturan:

  1. Lapangan
  2. Gawang
  3. Bola
  4. Pemain
  5. Waktu
  6. Wasit

Mari kita bahas satu per satu, mengenai peraturan olahraga futsal dibawah ini.

Ukuran Lapangan Futsal

lapangan bola futsal
djsport.id - Lapangan Futsal

Berbeda dengan permainan sepak bola, bahawasannya olahraga futsal dimainkan di dalam ruangan lapangan yang tertutup, seperti gor dll. Lapangan futsal juag dibatasi dengan garis bukan net.

Nah, maka dari itu ada beberapa syarat ketentuan yang harus diketahui mengenai ukuran lapngan dan komponen lainya:

ukuran lapangan bola futsal
tokorumput.com - ukuran lapangan bola futsal

A. Ukuran Lapangan Futsal dalam Kompetisi Nasional

Adapun ukuran lapangan permainan futsal yang sesuai dengan standar nasional memiliki panjang dan lebar, sebagai berikut:

  • Panjang lapangan futsal 25-42 meter.
  • Lebar lapngan futsal 16-25 meter.

B. Ukuran Lapangan Futsal dallam Kompetisi Internasional

Sedangkan untuk ukuran lapangan futsal tingkat internasional atau dunia memiliki panjang dan lebar sebagai berikut:

  • Panjang lapangan futsal 38-42 meter.
  • Lebar lapngan futsal 20-25 meter.

C. Garis dan Titik Tengah Lapangan Futsal

Lapangan futsal dibagi menajdi dua bagian dengan garis tengah sebagai pembatas tengah lapangan. Titik tengah lapangan dikelilingi lingkaran dengan radius 3 meter.

D. Area Pinalti 

Area pinalti diperoleh dari busur 6 meter dari titik kedua tiang gawang dan memperoleh masing-masing lingkaran dengan garis tengah sepanjang 3,16 meter.

  • Titik pinalti pertama berjarak 6 meter.
  • Titik [inalti kedua berjarak 10 meter.

E. Titik Tendangan Sudut 

Pada sisi lapangan terdapat 4 sudut yang masing-masing memiliki garis ¼ lingkaran dengan ukuran radius 25 cm.

Baca juga : Olahraga atletik

Ukuran Panjang dan Lebar Gawang Futsal

ukuran gawang futsal
ukuran gawang futsal

Berikut ini adalah ukuran panjang dan lebar dari gawang futsal.

Bentuk dari tiang dalam permainan futsal adalah persegi panjang, sama halnya gawang pada permainan sepak bola. Namun ada beberapa ketentuan yang harus Anda ketahui mengenai ukuran gawang futsal yang sesuai dengan standar internasional.

Berikut ini ukuran tiang futsal:

  • jarak kedua tiang gawang atau panjang gawang adalah 3 meter di ukur dari bagian dalam.
  • Jarak tiang dari tiang palang ke lantai atau tinggi gawang adalah 2 meter dari permukaan lantai lapngan futsal.
  • Ketebalan tiang atau diamternya adalah 8 cm.
  • Kedalaman gawang 80 cm bagian atas dan 100 cm pada bagian bawah.

Ukuran Bola Futsal Standar Internasional dan Nasional

ukuran bola futsal
Bola Futsal

Adapun ukuran bola futsal yang sesuai dengan satndar secara umum berikut ini pembahasannya. Bola futsal yang sesuai dengan ketentuan standar peraturan FIFA adalah:

  • Berbentuk bulat / bundar.
  • Terbuat dari bahan kulit.
  • Lingkaran bola minimal 62 cm dan maksimal 64 cm.
  • Berat bola minimal 400 gram dan maksimal 440 gram.
  • Tekanan udara dalam bola 0,4-0,6 atmosfir (400-600g/cm³).
  • Pantulan bola tidak boleh kurang dari 50 cm dan tidak melebihi dari 65 cm, ketika pantulan pertama jatuh dari ketinggian 2 meter.

Jumlah Pemain Futsal

Berapa jumlah pemain futsal yang berada di dalam lapangan permainan?

Dalam 1 lapangan pertandingan futsal, terdapat 2 tim atau regu yang behadapan. Pihak dari FIFA, telah memutuskan bahwa setiap regu memiliki 12 pemain dengan masing-masing 5 pemain inti. Jumlah pemaian  sisanya adalah 7 orang sebagai pemain pengganti atau cadangan.

Waktu Permainan Futsal Menurut FIFA

Adapun lama permainan dalam pertandingan futsal internasional dan secara resmi.

Nah , durasi waktu permainan futsal adalah 20 menit per babak, yang terbagi menjadi menjadi 2 babak pertandingan. Setelah babak pertama selesai pemain diberik waktu istirahat 15 menit.

Ketentuan tersebut merupakan ketentuan dari FIFA dalam sebuah pertandingan futsal.

Jumlah Wasit Futsal

wasit futsal
statik.tempo.co - Wasit Futsal

Berapa jumlah wasit dalam pertandingan futsal.

Adapun jumlah wasit dalam pertandingan resmi, wasit dalam permainan futsal terbagi menjadi 4 wasit yang memilki tugas dan peran dalam sebuah kompetisi yang berlangsung.

4 wasit tersebuat adalah:

  1. Main Refere.
  2. The 2nd refere
  3. The 3nd Refere
  4. The Timer Keeper

Berikut ini penjelasan mengenai tugas dan fungsi dari masing-masing wasit.

A. Wasit utama / Main Refere

Diantara tugas dan wewenang wasit pertama dalam permainan futsal adalah:

  • Meluruskan peraturan pertandingan futsal dengan tegas.
  • Mengecek lapangan dan bola futsal yang akan dipergunakan dalam pertandingan.
  • Mengecek perlengkapan para pemain futsal.
  • Mencatat semua kejadian ketika berlangsungnya pertandigan.
  • Memberhentikanm pertandingan jika terjadi pelanggaran atau gangguan dari luar.
  • Memberik hukuman kepada pemain futsal yang melakukan pelanggaran baik ringan atau berat.

B. Wasit kedua / The 2nd Refere

Wasit kedua dalam pertandingan futsal memiliki tugas yang hampir sama dengan tugas pada wasit pertama, tetapi dengan mengawasi daerah yang berlawanan dengan tugas dari wasit pertama tersebut.

C. Wasit ketiga / The 3nd Refere

Diantara tugas dari wasit ketiga futsal:

  • Mencatat setiap pelanggaran yang telah terjadi.
  • ketika salam satu pemain meakukan pelanggaran 5 kali, wasit ketiga akan memberikan kabar atau tanda yang akan ditujukan kepada wasit pertama.
  • Mempunyai catatan pemain yang ada dalam lapangan.
  • Mencatat semua jumlah gol dalam pertandingan.
  • Mengawasi pergantian bola dan pemain.
  • Mengecek pemain cadangan ketika akan masuk kedalam lapangan permainan.

D. Penjaga Waktu / The Timer Keeper

Tugas dari pengitung waktu pertandingan futsal adalah:

  • Mengecek durasi waktu pertandingan futsal sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.
  • Menyalakan alat penghitung waktu pertandingan ketika kick-off dimulai.
  • Menghentikan alat penghitung waktu ketika terjadi pelanggaran atau bola keluar lapangan.
  • Mencatat jumlah gol.
  • Memberikan tanda jika pertandingan akan segera selesai.

Itulah jumlah wasit dalam permainan futsal.

Manfaat Permainan Futsal Bagi Tubuh

manfaat bermain futsal
amazonaws.com - Manfaat Futsal

Olahraga futsal semakin ke sini terus mengalami perkembangan yang sangat baik, terutama di Indonesia sendiri yang telah ikut berperan dalam ikut kompetisi futsal.

Kegiatan berolahraga yang dilakukan dengan rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta badan akan terasa lebih sehat.

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, berolahraga futsal juga ada beberapa manfaat.

Adapun manfaat permainan futsal bagi kesehatan tubuh yang akan kami sampaikan. Berikut ini beberapa manfaat dalam bermain futsal:

  1. Bermain futsal dengan rutin dapat menambah kreatifitas individu untuk kelompok.
  2. Dapat meningkatkan kecepatan berpikir / quick thinking.
  3. Melatih kekompakan atau kerjasama antar pemain.
  4. Dapat menjaga dan menambah kebugaran jasmani dan rohani.
  5. Menghilangkan stres.

Mungkin cukup sekian materi mengenai permainan futsal mulai dari pengertian, teknik dasar sampai sejarah secara  lengkap kami bahas satu persatu dalam artikel ini.

Semoga dengan adanya artikel futsal ini dapat membantu Anda dalam mendalami ilmu olahraga terutama olahraga futsal.