Sejarah Bulu Tangkis

Sejarah Bulu Tangkis

Sejarah bulu tangkis - Bulu tangkis adalah salah satu permainan yang banyak disukai oleh banyak orang, terutama pada masyarakat Indonesia. Tidak sedikit atlet Indonesia yang berhasil memenangkan pertandingan di kancah dunia.

Memang Indonesia memeiliki asal usul permainan bulu tangkis yang panjang.

Sebenarnya sejak kapan sih, bulu tangkis itu di cipatakan serta, bagaimana penyebaran permainan ini, bisa menyebar ke seluruh dunia?

Dalam artikel sebelumnya kami membahas mengenai teknik dasar bermaian bulu tangkis. Pada artikel ini kami akan membahas mengenai sejarah bulu tangkis serta pengertian permainan bulu tangkis.

Langsung saja, yuk simak artikel dibawah ini.

Pengertian Bulu Tangkis

pengertian bulutangkis menurut para ahli
notbadminton.com

Bulu tangkis adalah olahraga yang memakai raket sebagai alat pemukul, serta dimainkan oleh dua orang (untuk permainan tunggal), dan empat orang (untuk permainan ganda) yang saling melawan.

Nama lain bulu tangkis adalah badminton

Pada awal kemunculanya permainan ini dinamakan dengan permainan badminton. Namun karena merujuk kepada sebuah pengertian, olahraga ini akhirnya disebut dengan olahraga bulu tangkis.

Secara harfiah permainan bulu tangkis berasal adari 2 kata yaitu : bulu dan tangkis.

  • Kata bulu ini diambil dari kata bulu yang terdapat pada shuttlecock, yang terbuat dari bulu angsa.
  • Kata tangkis diambil dari kata dasar yaitu menangkis.

Pengertian Bulu Tangkis Menurut Para Ahli

Adapun pengertian permainan bulu tangkis menurut para ahli yang banyak mengeluarkan beberapa pendapatnya, berikut ini pengertian bulu tangkis menurut beberapa para alhi:

  • Tony grace

Bulutangkis merupakan salah satu permainan olahrag yang dapat diamainkan dengan memakai net, raket dan bola.

Memiliki suatu teknik pemukul yang bervariasi mulai dari relative lambat hinga cepatserat terdapat juga gerakan tipuan.

  • M.L Johnson

Permainan bulu tangkis dapat diakatakan sebagai salah satu olahraga hiburan dan sebuah pertandingan yang digemari tua muda di seluruh dunia.

  • Depdikbud

Bulu tangkis adalah salah satu cabang olahraga yang termasuk ke dalam kelompok olahraga permainan.

Permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun di luar sebuah ruangan. Lapangan yang dibatasi dengan garis-garis dalam ukuran panjang dan kebar yang sudah ditentukan.

  • Herman Subardjah

Olahraga bulu tangkis adalah sebuah permainan yang bersifat individu yang dapat dilakukan dengan 1 orang yang melawan 1 orang atau 2 orang melawan 2 orang.

Bulu tangkis mempunyai sebuah tujuan bahwa, seseorang pemain yang berusaha menjatuhkan shuttlecock di daerah lawan. Supaya lawan tidak bisa memukul shuttlecock dan jatuh didaerahnya sendiri.

Tidak dapat dipungkiri dengan banyaknya pengertian dalam bulu tangkis. Untuk selanjutnya mengnai sejarah asal usul bulu tangkis, hingga dapat menyebar ke seluruh dunia.

Sejarah Bulu Tangkis

sejarah bulu tangkis
worldbadminton.com

Ada banyak pendapat mengenai asal usul permainan bulu tangkis, entah pendapat mana yang paling benar. Untuk penemu bulu tangkis yang pertama berasal dari Mesir kuno.

Konon ceritanya permainan bulu tangkis sudah ada di negara ini kurang lebih pada 2000 tahun yang lalu.

Penadapat ke-dua mengatakan bahwa, permainan bulu tangkis berasal dari negera Tirai Bambu atau Tiongkok. Pada awalnya bului tangkis disebut dengan nama jianzi dinegeri asalnya.

Namun pada awalnya permainan ini dimainkan dengan memakai shuttlecock atau kok tanpa raket.

Sedangkan untuk peraturanb permainan jianzi masih sama yaitu, menjaga kok agar tidak terjatuh ke tempat yang tidak seharusnya jatuh.

Sejarah Bulu Tangkis Dunia

sejarah bulu tangkis dunia
gobadminton.in

Pada zama pertengahan di Inggris, terdapat sebuah permainan tradisonal yang mirip dengan permainan bulu tangkis.

Permainan ini sering dimainkan oleh anak-anak, nama dari permainan ini adalah battledore and shuttlecock.

Anak-anak disana memainkan permainan ini dengan memakai tongkat dan kok. Pemain harus menjaga kok supaya tidak terjatuh ke tanah, dengan cara memukul kok selama mungkin.

Olahraga bulu tangkis permainan bulu tangkis pertama kali dimainkan di inggris sejak abad ke-17.

Menurut sejarah bulu tangkis berasal dari permainan yang bernama badminton house.

Nama badminton berasal dari sebuah rumah atau istana milik keluarga Duke of Beafort yang memiliki istana badminton house.

Pada istana badminton house ini mengadakan perlombaan bulu tangkis di istananya yang berada di daerah Gloucester Shire. Memiliki letak sekitar 200 KM sebalah barat dari kota London, Inggris.

Keluarga Duke of Beafort juga melakukan perubahan dengan mamsangkan sepasang jaring di tengah-tengah lapangan dengan tiang. Penambahan ini yang menjadi cikal bakal bulu tangkis yang kita kenal.

Kemudian pada akhir tahun 1850-an, olahraga ini terus mengalami perkembangan dengan pesat.

Pada tahun 1960-an melalui perantara pamflet buatan Isaac Spraat, nama permainan ini diubah dengan nama Badminton Battledore a New Game. Berawal dari sinilah permainan bulu tangkis dikenaal dengan sebutan badminton.

Baca juga : Teknik dasar pencak silat

Induk Organisasi Bulu Tangkis Dunia

induk organisasi bulu tangkis dunia
badzine.net

Dalam sejarah perkembangannya, organisasi bulu tangkis dunia, olahraga bulu tangkis memiliki organisasi yang bernama IBF.

Sejarah permainan bulu tangkis, organisasi yang disebut dengan International Badminton Federation atau disingkat dengan IBF sudah berdiri sejak tahun 1934.

Pada awalnya IBF memiliki 9 anggota negara yang mau untuk bergabung, serta bersedia menjadi pelopr dalam organisasi ini. Negara yang mau bergabung dengan IBF pada waktu itu adalah "

  1. Inggris.
  2. Skotlandia.
  3. Irlandia.
  4. Wales.
  5. Belanda.
  6. Denmark.
  7. Kanada.
  8. Perancis.
  9. Selandia Baru.

Dengan 9 anggota ini perkembangan IBF terus mengalami kemajuan, bahkan bisa mengadakan kejuaraan yang bergengsi. Semajak itu kemjuan organisasi IBF terus mengalami kemajuan hingga memiliki anggota 186 negara yang ikut dalam partisipasi IBF.

Dalam oragnisasi IBF itu sendiri memiliki 5 tingaktan kepengurusan yang  diawali dari :

  1. Executive Board.
  2. BWF Council.
  3. BWG Commiteesm.
  4. BWF Commissions.
  5.  Management Team.

Sejarah Bulu Tangkis Indonesia

sejarah bulu tangkis di indonesia secara singkat
tradgames.org.uk

Pada sejarah bulu tangkis di indonesia, olahraga bulu tangkis berada di bawah perkumpulan ISI atau Ikatan Sport Indonesia.

Sejarah masuknya bulu tangkis ke indonesia diawali pada tahun 1930-an. Namun, olahraga ini hampir menghilang karena adanya masa perang. Semenjak Indonesia mengalami masa proklamsi dan dinyatkan merdeka pada tahun 1945.

Olahraga bulu tangkis bisa muncul serta berkembang dengan cepat pada tahun 1947.

Perkembangan dari permainan ini sangat begitu menonjol pada tahun 1948, dengan adanya kampanye yang dilakukan oleh presiden Soekarno. Kampanye tersebut adalah National Building atau pergerakan dalam membangun bangsa yang betul-betul digalakan.

Sehingga olahraga ini sekaligus di kenalkan sebagai salam satu cabang olahraga. Bahkan Presiden Soekarno juga berjanji, bahwa olahraga ini akan mengalami kemjuan dan sukses dalam berpartisipasi di kanca Internasional.

Melalui Keppres No. 263/1953, Presiden Soekarno merencanakan bahwa dalam olaraga bulu tangkis Indonesia akan berada diposisi 10 besar di kanca dunia.

sejarah bulu tangkis thomas cup 1958

Oleh sebab itu, tatkala dalam meberi restu untuk Thomas Cup pertama kalinya.

"Hay anak-anakku pergilah menuju Thomas Cup.

Aku tidak bisa memberi bekal kepadamu selain dari restu dan permintaan kepadamu.

Agar engkau sekalian dedicate engkau-punja,

Hidup itu kepada sesuatu yang hal yang luhur dan suci"

Pesan dari Bung Karno

Hal ini memang tidak ada yang bisa menduga bahwa benar terjadi. Pada tahun 1958, Thomas Cup yang di adakan di negara tetangga yaitu Singapura. Indonesia berhasil keluar sebagai juara.

Hal ini menjadi sejarah dalam perkembangan bulu tangkis yang ada di indonesia, yang bisa menjuarai dalam kanca Internasional.

Sehingga bisa untuk memotivasi generasi-generasi yang terus berkembang hingga sekarang.

Baca juga : Pelengkapan bulu tangkis

Organisasi Bulu Tangkis di Insonesia

induk organisasi bulu tangkis indonesia
bwfworldchampionships.bwfbadminton.com

Organisai bulu tangkis di indonesia terbentuk pada tanggal 20 Januari tahun 1947. Oraganisai ini merupakan organisasi pertama didalam cabang olahraga bulu tangkis yang bernama PORI.

PORI atau Persatuan Olahraga Republik indonesia, mengalami perubahan nama menjadi PBSI atau Persatuan Bulu Tangks Seluruh Indonesia, pada tahun 1951.

PBSI sendiri adalah kepengurusan organisasi tingkat pusat cabang bulu tangkis di Indonesia.

Kemudian dibawahnya ada dua kepengurusan yang membantu, yaitu :

  • PENGDA atau Pengurus Daerah, yang mengurusi di tingkat provinsi.
  • PENGCAB atau Pengurus Cabang, yang mengurusi di tingkat kabupaten atau kota.

Perlu diketahui bahwa PBSI juga ikut dalam anggotan IBF.

Peraturan Permainan Bulu Tangkis

cara menghitung skor permainan bulutangkis
wikimedia.org

Dalam peraturan permainan bulu tangkis yang sesuai dengan standar Internasional, memiliki tujuan supaya pertandingan bisa berjalan dengan baik.

Masih sama dengan sejarah permainan bulu tangkis, dalam permainan olahraga yang terus megalami perkembangab pada zaman modern ini.

Perkembangan ini bisa dilihat dari segi cara perhitungan poin dalam bulu tangkis. Dalam masa pengembangan olahraga ini mengalami perkembangn yangberkaitan dengan sistem perhitungan poin.

Berikut ini ada beberapa peraturan yang perlu Anda ketahui dalam permainan bulu tangkis.

Mari simak pembahsanya di bawah ini.

Sistem Perhitungan Angka Klasik

Untuk peraturan yang akan kami sampaikan yang pertama mengenenai sistem perhitungan angka.

Dalam peraturan yang pertama, dalam olahraga bulu tangkis bertahan sampai pada tahun 2002, yang kemudian diagnti dengan sistem 5x7 poin.

Dalam pertandingan tunggal dan ganda baik putra maupun putri, setiap set terdiri dari 15 poin, sedangkan dalam cabang putri hanya 11 poin.

Sistem Peraturan [5 X 7 Poin]

Dalam sistem perhitungan set ini, perhitungan poin hanya sampai 7 poin. Namun untuk set-nya, setiap pemain harus memenangkan 3 set pertandingan.

Jika pemain sama-sama kuat maka akan dilanjutkan dengan set yang ke-5, sekaligus keluar untuk menjadi pemenangnya.

Peraturan Klasik yang Dimodofikasi

Dalam sistem peraturan yang dimodifikasi dari sistem klasik, pada bulan Agustus 2002.

Setiap set terdir atas 15 poin untuk tunggal putra dan selurug ganda. Sedangkan untuk tunggal putri membutuhkan 11 poin dalam satu set-nya.

Peraturan Sistem Reli [3 X 21 Poin]

Sejak bulan Mei 2016, akhirnya sistem pertandingan 3x21 berlaku untuk semua jenis olahrag bulu tangkis.

Sistem ini berlaku untuk semua cabang olahrag bulu tangkis baik putra, putri dan ganda. Dimana pemain yang melakukan kesalahan, maka tim lawan akan mendapatkan poin.

Dalam peraturan ini, setiap set pertandingan terdiri atas 21 poin. Pemain bisa dikatakan menang bisa bisa memenangkan 2 set permainan.

Jika terjadi set yang imbang 1-1, maka akan dilanjutkan dengan set yang ke-3 untuk menentukan pemenangnya.

Baca juga : Peraturan permainan bulu tangkis

Demikian pembahsan mengenai sejarah bulu tangkis dunia dan Indonesia dalam artikel resaja

Semoga artikel ini bisa membantu Anda, sekaligus bisa memotivasi untuk dapat membangun generasi-generasi emas selanjutnya di Indonesia.