Peraturan Tenis Meja

Peraturan Tenis Meja

Peraturan tenis meja - Setiap olahraga tentunya memiliki peraturan-peraturan yang telah diresmikan sesuai dengan standar nasional dan juga internasional. Peraturan ini dibuat agar dalam sebuah pertandingan bisa berjalan dengan tertib dan menarilk.

Berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai peraturan dalam permainan tenis meja yang perlu Anda ketahui.

Simak penjelasan singkat tentang peraturan tenis meja dibawah ini.

Peraturan Tenis Meja Terbaru

ciri ciri rally point dalam tenis meja
1.pictures.zimbio.com

Permainan tenis meja juga bisa dilakukan dengan 1 lawan 1 yang disebut dengan tunggal, serta 2 lawan 2 atau yang disebut dengan ganda. Menganai hal tersebut mari kita simak peraturan pemain tunggal dan ganda dalam tenis meja.

Apa saja peraturan tenis meja?

Perlu Anda ketahui ada beberapa aturan yang digunakan dalam permainan tenis meja baik tungga maupun ganda dan campuran.

Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Peraturan Tunggal Tenis Meja

Peraturan pada permainan tunggal dengan ganda dalam permainan tenis meja sanglah berbeda. Dibawah ini adalah peraturan tenis meja tunggal:

  • 1 poin akan berpindah kepada lawan jika, pemain melakukan kesalahan.
  • Pemenang dalam satu game dihitung dengan perolehan 11 poin pertama.
  • Jika skor sama, seperti 10-10, maka akan ada penambahan game poin dengan 2 poin yang lebih unggul sebagai pemenang.
  • Pemain berhak melakukan 2 kali servis, berturut-turut walaupun poin untuk lawan.
  •  Setelah 1 game selesai maka pemain akan berpindah posisi.
  • Bila kedudukan sama 2-2, pertukaran tempat akan dilakukan setelah salah satu pemain mendapatkan poin 5 pertama.

Peraturan Ganda Tenis Meja

Permainan ganda dalam tenis meja bisa dilakukan antara pemain ganda puta, ganda putri, serta ganda putra dan putri.

Berikut ini adalah peraturan tenis meja ganda:

  1. Bola servis dipukul secara bergantian.
  2. Penerimaan bola atau waktu memukul bola dilakukan dengan bergantian.
  3. Pemain berukar posisi untuk melakukan servis, pemain yang melakukan servis berada di sisi kanan lapangan.
  4. Bola harus dipukul dengan menyilang.
  5. ketika game ke-2 pemain boleh melakukan servis tanpa urut, tapi penerima servis sesuai dengan penerima servis pada game ke-1.

Peraturan Tenis Meja

Secara umum ada banyak peraturan yang mesti Anda ketahui dalam permainan tenis meja. Jika Anda ingin bermain tenis meja, mulailah dengan beberapa teknik dasar tenis meja, sekaligus memperlajari peraturan yang ada pada permainan tenis meja.

Tahukan Anda dulunya tenis meja menggunakan alat-alat sederhana seperti net dari buku yang ditumpuk pada tengah-tengah meja.

Berikut ini adalah peraturan tenis meja langkap serata terbaru yang di urutkan dari muali perlengkapan yang dibutuhkan oleh pemain :

Peraturan Bola Tenis Meja

Ukuran bola tenis meja
image.dhgate.com

Dalam permainan tenis meja, tidak semua bola bisa digunakan dalam bermain. Permainan ini memakai bola kusus yang terbuat dari selulosa serupa dengan bahan plastik.

Untuk ukuran bola juga sudah ditentukan sesuai dengan standart internsional dengan bola yang berbentuk bundar serta berdiameter 4 cm. Bola tenis meja juga harus memiliki berat, maksimalnya berat bola adalah 2,7 gram. Berat bola telah diatur sedemikian rupa agar keseimbangan dan kenyamanan dalam bermain tenis meja.

Bola tenis meja memiliki dua jenis warna saja, yaitu oranye dan putih. dari kedua warna ini memiliki kualitas yang sama, karena dalam bola tenis meja yang menjadi perbandingan segi kualitas, dilakukan dengan melihat berapa jumlah bintang pada permukaan bola.

Peraturan Net Tenis Meja

tinggi net tenis meja
q-ball.com

Dalam sejarah tenis meja dikatakan bahwa, pada walnya permainan tenis meja tidak memakai net selayaknya net seperti sekarang. Melainkan memakai tumpukan buku yang di tumpuk bearada di tengah-tengah meja tenis.

Net dalam tenis meja di perkuat dengan bantuan penyangga pada pinggir lapangan. Penyangga pada tenis meja dilengkapi dengan penjepit untuk melekatkan pada meja dan mengatur tinggi dalam net permainan.

Tinggi net dan tiang haruslah sama yaitu 15,25 cm. Untuk dasar net harus sering diperhatikan kerapatanya terhadap permukaan dasar meja.

Peraturan Meja Tenis Meja

meja ping pong
rainbowpromotions.org

Permainan ini termasuk ke dalam permainan olahraga bola kecil dengan memakai meja sebagai pengganti lapangan dalam permainan tenis meja.

Meja dalam tenis meja tentunya harus meja yang 80% material utamnya adalah kayu. Meja yang dipakai juga meja yang berbentuk persegi dengan panjang 2,74 meter, dan memiliki lebar 1,525 meter.

Permukaan meja juga harus datar tidak cembung di tengah atau tinggi sebelah. Untuk tingginya sendiri meja harus setinggi 76 cm dari lantai.

Untuk meja yang memenui standar dapat menatulkan bola dari ketinggian 30 cm, bola tersebut bisa memantul setidaknya 23-25 cm normalnya. Warna pada permukaan meja haruslah warna pilihan seperi warna gelap, serta garis putih dengan lebar 2 cm.

Perlu diketahui bahwa meja pada teis meja dibagi menjadi 2 bagian, kedua meja disatukan oleh net pararel dan garis putih yang berada di tengah-tengah meja. Paraturan ini memang sudah sesuai dengan standart permainan tenis meja.

Peraturan Bet / Raket Tenis Meja

raket ping pong
sparrowtabletennis.com

Untuk peraturan bet atau raket pada tenis meja, memiliki peraturan tersendiri. Untuk peraturan dari segi ukuran, bet dalam tenis meja tidak memiliki ukuran dan berat yang pasti. Namun hanya ditentukan dengan bet atau raket yang kuat serta memiliki permukaan yang datar.

Dalam bet tenis meja minimalnya ada 85%, bahan dasar pembuatan bet terbuat dari kayu. Bahan campuran seperti serat kabron dan serat kaca sebagai penguat, pada tambahan bahan juga tidak bole melebihi dari batas ketebalan maksimal 0,3 mm.

Bet atau raket juga dilapisi karet yang memiliki ketebalan 2 mm. Karet ini dipasang pada kedua belah sisi yang berbeda pada bet, serta masing-masing sisi juga memiliki karakteristik yang berbeda.

Pada permukaan daun karet yang digunakan, harus memiliki warna yang berbeda. Satu sisi berwarna merah dan sisi lainya berwarna hitam.

Perekatan pada bet juga perlu diperhitungkan karena ada pemakaian lem serta spons tambahan dengan bintik-bintik menghadap ke luar. Untukitu ketebalan bahan tambahan ini tidakbole melebihi 4 mm.

Karet pada tenis meja harus karet utuh tanpa ada sambungan atau tambalan. Apabila ada permukaan di salah satu bet maka, wasit akan mengambil tindakan untuk mengganti dengan bet yang lainya. Karena sebelum pertandingan dimulai wasit berhak untuk mengecek perlengkapan yang telah disiapkan olah pemain.

Peraturan Servis dan Pengembalian Bola Tenis Meja

Cara melakukan servis permainan bola ping pong
thumbs.web.sapo.io

Adapun peraturan servis dalam permainan tenis meja yang benar adalah sebagai berikut ini. Dalam peraturan servis tenis meja memiliki 2 jenis untuk pemain tunggal dan ganda. Namun dalam urutan servis pemain tunggal tidak ada ketentuan mengenai hal tersebut.

Dalam teknik servis serta pengembalian, ada beberapa poin penting yang harus di mengerti dan diperhatikan :

  • Adapun servis tenis meja dapat dilakukan dengan bola berada satu tangan lain selain tangan yang memgang bet.
  • Bola berada di atas telapak tangan denagn posisi terbuka, serta siap untuk dilambungkan. Posisi badan saat melakuakn servis harus posisi menyamping atau vertikal.
  • Pelambungan bola sekiranya 15 cm dan bola tidak berputar saat dilambungkan dan siap untuk dipukul.
  • Bola yang dipukul harus memantul di area lapangan terlebih dahulu sebelum melewati net.
  • Pemain yang bet atau raketnya menyentuh net ketika sevis, maka akan dikenakan pelanggaran.
  •  Servis harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab, agar wasit mengetahui bahwa servis telah dilakukan dengan tata cara yang benar.

Urutan Permainan Tenis Meja

Cara melakukan gerakan servis pada nomor ganda ping pong
img2.chinadaily.com

Pada permainan tunggal, ketika servis sudah dilakukan barulah tim lawan bolah memukul atau membalas bola secara bergantian sampai salah satu pemain tidak bisa mengembalikan bola. Sehingga poin 1 untuk pemain yang menang dalam servis tersebut.

Untuk peraturan pemain ganda dalam tenis meja, pemain yang melakukan servis haruslah secara menyilang sesuai dengan urutan servis dan pengambilan bola tenis meja.

Urutan Servis dan Pengambilan Bola Pemain Ganda Tenis Meja

  1. Pemain P1 yang melakukan servis, akan diterima oleh pemain Q1.
  2. Pemain L1 yang melakukan servis, akan diterima oleh pemain A1.
  3. Pemain P2 yang melakukan servis, akan diterima oleh pemain Q2.
  4. Pemain L2 yang melakukan servis, akan diterima oleh pemain A2.
  5. Urutan ini berlangsung terus, tidak hanya pada servis melainkan waktu pukulan bola setalah servis. Apabila pemaain salah dalam urutan ini maka poin akan berpihak kepada lawan.

Namun aturan untuk pemain untuk pemain ganda yang memiliki kekurangan fisik atau cacat dan berada di kursi roda, servis dilakukan oleh pemain servis.

Namun untuk kelanjutan yang menjadi pernerima bola, boleh siapa saja dalm tim tersebut. Hanya saja ketika pemain melewati garis tengah, poin akan dialihkan kepada lawan.

Peraturan Satu Let Tenis Meja

Periode dalam permainan tenis meja atau yang disebut dengan reli. Namun ada beberapa reli yang bisa di katakan let apabila :

  1. ketika servis, bola menyentuh net dan pemain lawan menerima servis tersebut.
  2. Servis dilakukan dengan situasi pasangan pemain atau pemain tersebut dalam keadaan yang tidak siap, serta tidak ada kemungkinan untuk bisa menerima pukulan servis.
  3. Permian berhenti karena keputusan wasit yang memberhentikannya.
  4. Servis yang gagal karena ada gangguan dari luar, tanpa kesengajaan.
  5. Servis yang dilakuakan dengan tidak benar atau baik sesaui dengan keputusan wasit pada waktu itu.

Peraturan Satu Set Pertandingan Tenis Meja

Pemain akan memenangkan permainan, ketika 11 poin bisa diperoleh salah satu pemain. Namun apabila ada poin yang sama yaitu 10-10 maka perlu penambahan selisih 2 poin untuk bisa memenangkan set tersebut.

pemain yang bisa dinyatakan menang dalam set tersebut bila telah mencapai angka poin tersebut.

Peraturan Pemilihan Servis dan Tempat Tenis Meja

rally point dalam tenis meja
fw.atarde.uol.com.br

Untuk pemilihan dalam undian antara melakukan servis atau tempat. Berikut penjelasan lebih detailnya:

  • pemilihan biasanya dilakukan dengan wait yang melempar koin, sebelumnya wasit memberikan 1 pilihan kepada masing-masing pemain. Pemain bebas memilih antara melakukan servis atau menentukan tempat. Ketika wasit telah melempar dan hasilnya menjadi penentu keputusan yang telah diambil diawal tadi.
  • Pada permainan ganda pemain harus mentukan sisapa yang melakukan servis terlebih dahulu, dan untuk musuh juga mempersiapkan dalam siapa yang akan menerima bola servis terlebih dahulu.
  • Ketika dalam permainan ganda berpindah untuk melakukan servis, maka peran pemain yang melakukan servis sebagai penerima dan begitu seterusnya.
  • Setelah 5 poin telah dilakukan dalam permainan ganda, maka servis selanjutnya adalah pemain lawan yang akan melakukan servis.
  • Pertukaran posisi pemain berpindah setelah 5 poin terlaksana.

Kesalahan Tempat, Ururan dan Penerima

Dalam aturan permaina tenis meja, sering kali terdapat kesalahan yang terjadi yang diosebabkan oleh pemain yang kurang cermat dalam permainan.

Pemain yang melakan kesalahan dalam urutan servis, maka wasit akan meperingatkan kepada pemain. Untuk sementara wasit juga memberhentikan permainan tersebut dan pada kelanjutan permainan harus dilaksanakan dengan aturan yang benar.

Ketika pemain tidak melakukan pertukaran temapat, maka wasit juga akan memberhentikan permainan untuk memberi informasi bahwa tindkan tersebut tidak sesuai dengan aturan permainan tenis meja.

Peraturan Poin Tenis Meja

teknik perhitungan poin atau angka dalam permainan tenis meja
decathlon.co.uk

Ada beberapa peraturan dalam mentukan angka atau poin yang masuk dalam sebuah permainan tenis meja, serta cara untuk memperoleh angka yang menjadi tujuan dalam permainan tenis meja.

Adapun cara agar mendapatkan poin dalam olahraga tenis meja adalah:

  1. Anggota tubuh lawan menyentuh bola.
  2. Bola melewati net tanpa menyentuh permukaan meja.
  3. Lawan tidak bisa mngembalikan bola.
  4. Lawan gagal dalam melakukan servis secara sempurna dan dianggap pelanggaran oleh wasit.
  5. Lawan memukul bola dengan bet yang tidak ada lapisan karet atau tidak sesuai ketentuan wasit.
  6. Lawan memukul bola 2 kali dengan sengaja.
  7. Pemain menyentuh lapangan.
  8. Pemain menggerakan permukaan meja ketika berlangsungnya pertandingan.
  9. Kesalahan dalam urutan penerimann bola pada pemain ganda.
  10. Pemain dengan sengaja menyentuh permuakaan meja.

Perhitungan Poin

Adapun teknik dalam perhitungan poin atau angka ketika pertanidngan tenis meja yang sedang berlangsung yaitu:

  • Setiap game dimenangkan oleh pemain atau lawan yang gagal dalam mengembalikan bola maka akan dihitung poin.
  • Setiap game yang dimenangkan oleh pemain atau pasangan yang telah mencapai poin ke-21 kecuali terjadi duece.
  • Bila dalam permainan terjadi duece, maka akan ditambahkan 2 poin yang dapat memperolehnya terlebih dulu.
  • Didalam duece, bola berpindah setelah mencapai nilai, tetapi pemain tidak harus berganti.

Baca juga : Teknik dasar bulu tangkis

Sistem Percepatan Waktu / Expedite System

Sistem ini biasanya dilakukan sesudah berjalannya pertandingan dan sudah berlangsung selama 10 dalm 1 game, atau ketika pemain meminta kepada wasit lapangan.

Jika poin sudah mencapai angka 18 maka, sistem expedite system tidak berlaku lagi dalam satu set game tersebut.

Demikian pembahasan artikel tentang peraturan tenis meja yang kami jelaskan secara lengkap dan mudah difahami. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam menjadi pemain tenis meja yang handal dan profesional.