Peraturan Bulu Tangkis

Peraturan Bulu Tangkis

Peraturan bulu tangkis - Bulu tangkis adalah suatu permainan yang menggunakan shuttlecock sebagai bola. Bulu tangkis atau badminton, merupakan permainan yang tidak asing di Indonesia. Berbagai kejuaraan dunia juga sudah diraih oleh atlet Indonesia.

Banyak kerjuaraan dunia yang mengadakan olimpiade mengenai olahraga bulu tangkis. Diantanya kejuaraan internasional, All Englannd, Asian Games dan Sea Games.

Terlebih di indonesia pernah menjadi tuan rumah pada olahraga Asian Games tahun 2018.

Namun banyak orang diluar sana yang belum begitu faham mengenai aturan permainan bulu tangkis. Padahal di Indonesia sendiri permainan bulu tangkis telah dimainkan oleh banyak kalangan. Mulai dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa.

Dalam artikel sebelumnya kami membahas mengenai teknik dasar permainan bulu tangkis. Supaya Anda dapat mengerti dasar-dasar dalam bermain bulu tangkis.

Nah, pada artikel ini kami akan membahas mengenai peraturan permainan bulu tangkis PBSI, sesuai dengan standar internsional maupun nasional.

Peraturan Permainan Tunggal Bulu Tangkis

peraturan permainan bulu tangkis singkat
d1kcdqz8byx1ui.cloudfront.net

Peraturan permainan bulu tangkis yang pertama adalah peraturan permainan tunggal dalam bulu tagkis.

Seperti yang kita ketahui bahwa permainan bulu tangkis terbagi mejadi permainan Ganda atau pasangan, yang teridiri dari 4 orang pemaian dan permainan tunggal yang terdiri dari 2 pemain yeng berada di dalam lapangan.

Untuk peraturan dalam permainan tunggal bulu tangkis, berikut penjelasanya :

  • Sebelum permainan dimulai, pemain yang akan melakukan servis pertama sebagaimana yang telah di sepakati oleh wasit. Biasanya dengan menggunakan metode, pelemparan koin untuk ditebak oleh pemain.
  • Pemain bulu tangkis yang akan melakukan servis atau yang menerima servis hanya pada pelaku servis di sebelah kanan dengan angka 0 atau nilai bilangan genap seperti pada angka 2, 4, 6 dan seterrusnya. servis akan diterima oleh pemain di sebelah kiri lapangan dengan angka yang ganjil yaitu 1, 3, 5 dan seterusnya.
  • Kedau pemian akan mengubah bidang servis ketika masing-masing pemain bisa memasukan angka dalam setiap pertandingan.

Baca juga : Lapangan bulu tangkis

Peraturan Permainan Ganda Bulu Tangkis

peraturan bermain bulu tangkis ganda
assets.nst.com.my

Berikut ini merupakan peraturan permainan ganda dalam bulu tangkis atau badminton:

  • Pertandingan bisa dimulai dari salah satu pihak pemain yang akan melakukan servis petama sesuai dengan ketentuan wasit.
  • Pemain yang berada di sebelah kanan, akan melakukan servis dengan memukul shuttlecock ke area lawan,  Pemain juga harus mengarahkan shuttlecock ke arah lawan yang sedang berdiri diagional di hadapannyaa.
  • Pemain yang berdiri diagonal dengan pemaian yang melakukan servislah yang akan menerima servis. Namun jika pemain melakukan kesalahan dengan memukul shuttlecock yang bukan pemain yang berada di depan diagonal pemain servis. Maka poin akan diberikan kepada lawan.
  • Pukulan dilakukan dengan sisi kanan oleh pemain yang akan melakukan servis.

Pemain diagonal merupakan pemain yang berada di depan pemain yang melakukan servis. Pemain ini juga merupakan pemain yang akan malkukan sentuhan shuttlecock kedua setelah pemain servis.

Kesalahan Pemain Bulu Tangkis

kesalahan permainan badminton
media.thestar.com

Kesalahan pemain bulu tangkis, paling banyak dilakukan ketika penerapan servis yang salah.

Terkadang banyak kesalahan yang terjadi tanpa sepengetahuan pemian itu sendiri. Kesalahan yang dilakukan oleh pemain pada sisi dalam lapangan terutama pada servis.

Servis yang gagal dilakukan oleh pemain akan menggagalkan servis sekaligus akan menambah poin untuk lawan.

Berikut ini kesalahan gerakan saat melakukan servis bulu tangkis.

Kesalahan Servis Pemain Bulu Tangkis

kesalahan pada saat servis bulutangkis
medias.liberation.fr
  1. Ketika pemain melakukan servis, pemain harus memperhatikan posisi shuttlecock ketika akan dipukul dengan raket. Posisi raket harus lebih tinggi dari ketinggian pinggang pemain, atau salah satu dari kepala bagian raket tersebut berada lebih tinggi dari tangan yang memegang shuttlecock. Maka hal ini bisa menjadi servis judge, dimana wasit akan mengatakan pelanggaran dan lawan yang akan mendapatkan poin.
  2. Ketika pemain melakukan servis, dan shuttlecock yang dipukul pemain terjatuh pada bagian yang salah. Posisi yang salah ini memiliki arti jatuhnya shuttlecock tidak sesuai dengan arah diagonal pemain yang melakukan servis. Jika pemain memukul dengan sevis pendek maka pemain bisa membiarkan saja tanpa memukul shuttlecock dari lawan. Jika shuttlecock yang dipukul degan keras dan keluar lapangan maka pemain bisa membiarkan dan poin akan didapatkan oleh pemain yang akan menerima servis tersebut.
  3. Kesalahan selanjutnya terjadi, ketika pemain bulu tangkis tidak memperhatikan posisi kaki yang tidak pada bidang servis. Atau juga bisa penerima servis diaogonal tidak sesuai atau menyamping dengan posisi pemain servis.
  4. Kesalahan selanjutnya yang terjadi karena kesalahan pemain yang dengan sengaja melakukan gerakan tipun dengan sengaja kepada lawan. Hal ini bisa mengganggu konstrasi lawan, sehingga termsuk kedalam pelanggaran,
  5. Pada saat servis atau reli, ketika shuttlecock yang menyentuh badan, jatuh keluar lapangan dan mengenai net. Maka hal ini termasuk kesalahan pemain dan akan ada penambahan poin untuk lawan,
  6. Shuttlecock yang dipukul sebelum menyebrangi net, biasanya hal ini terjadi karena ada adu nettingi. Jika shuttlecock belum masuk ke dalam area sendiri maka shuttlecock tidak boleh dipukul. Jika shuttlecock dipukul maka akan terjadi pelanggaran dan poin untuk lawan.
  7. Ketika dalam pertandingan pemain yang menyentuh shuttlecock dengan anggota badan, badan yang menyentuh tiang, net, bagian tubuh pemain. Maka hal tersebut bisa dikatakan juag pelanggaran dan poin akan diberikan kepada tim lawan.
  8. Pemukulan shuttlecock yang dilakukan pemain dengan dua kali sentuhan. Hal ini sering terjadi ketika dalam pertandingan ganda, jika salah satu pemain telah menyentuh shuttlecock maka pemain satunya tidak boleh menyentuh shuttlecock kembali. Jika hal ini terjadi maka poin akan di berikan wasit kepada tim lawan.
  9. Pemain akan melakukan servis jika lawan sudah dalam keadaan siap menerima servis dari lawan. Penerima servis bisa membuat satu gerakan seperti mnerima servis sebagai tanda bahwa pemain siap. Apabila pemain belum siap bisa untuk mengangkat tangan, sebagai tanda bahwa pemain dalam keadaan belum siap.
  10. Pemain yang melakukan servis harus dalam keadaaan siap, serta poisisi kedua kaki harus menempel ke lantai dan diam, sampai pemain memukul shuttlecock dengan raket.
  11. Jika saat servis atau reli, shuttlecock tidak menyentuh raket  dan tidak melewati net, maka hal ini dianggap tidak sah. Dan untuk shuttlecock yang tidak menyebrangi net maka poin akan diberikan kepada lawan.

Peraturan Penilaian Bulu Tangkis

penilaian bulu tangkis
amazon.com

Dalam sistem perhitungan angka dalam bulu tangkis, terdapat beberapa jenis penilain poin atau angka. Berikut ini beberapa penilain poin dalam olahraga bulu tangkis :

  • Poin angka yang harus dicapai dalam satu babak pertandingan bulu tangkis adalah 21 poin. baik dalam permainan ganda atau tunggal, sesuai dengan peraturan bulu tangkis PBSI. Sebagai contoh : kedua tim bisa memperoleh pon yang sama yaitu 20-20, maka akan ada penambahan angka 2 poin, dan tim yang pertama bisa menjga jarak 2 poin, merakalah yang menang. Apabila sampai berkelaanjutan sampai angka 29-29, maka tim yang bisa mencapai angka 30 terlebih dahulu adalah pemenangnya.
  • Dalam permainan ganjil dan ganda , terdapat 2 kali set pertandingan. Jika pemain bia menang dengan 2 kali berturut-turut maka akan dinyatakan sebagai pemenang. Jika masing-masing tim samaa kuat dan menang 1-1 set, maka dalam set ketiga akan digunakan sebagai penentu dalam pertandingan.

Set ke-3 dalam pertandingan bulu tangkis disebut dengan rubber game

Demikian pembahasan mengenai peraturan permainan bulu tangkis oleh https://listrik.org/resaja, semoga artikel ini bisa bermanfaat.