√20+Peraturan Permainan Bola Voli [Materi Bola Voli]

√20+Peraturan Permainan Bola Voli [Materi Bola Voli]

Peraturan bola voli - Permainan bola voli memiliki banyak aturan yang harus bisa difahmi atau juga harus di mengerti oleh pemain bola voli.

Tidak hanya dalam olahraga bola voli saja akan tetapi juga dalam permainan sepak bola maupun bola basket juga memiliki peraturan sesuai peraturan standar internasional.

Setiap pemain bola voli juga harus memahami tentang teknik dasar permainan bola voli, sebagai langkah awal mengenal aturan permainan bola voli. Untuk bisa menjadi pemain yang lebih profesional dalam olahraga ini.

Berikut ini mari kita simak tentang peraturan bola voli, supaya Anda bisa faham secara detail dan tidak membuat kesalahan yang besar.

Peraturan Permainan Bola Voli

ketentuan dan peraturan permainan bola voli
shop.r10s.jp

Peraturan permainan bola voli memakai aturan yang lama kembali setelah mengeluarkan peraturan yang baru. Perbedaan peraturan bola voli lama dan baru bisa membuat pemain bingung.

Pada tahun 2016 peraturan bola voli indoor telah memakai peraturan lama yaitu, setiap anggota tubuh pemain yang menyentuh net maka akan dikenakan pelangaran berupa poin untuk lawan.

Peraturan tersebut diterapkan setelah hasil rapat Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) di padepokan Sentul, Bogor.

Peraturan bola voli tersebut mengacu kepada yang kini diterapkan kembali oleh FIVB sejak 2014 lalu. Negara lain mulai menerapkan aturan ini pada tahun 2016.

Namun peraturan pertandingan bola voli sebelumnya adalah, permainan yang berlangsung akan dihentikan ketika salah satu pemain hanya menyentuh bagian pita putih net.

Jadi ketika pemain menyentuh net, pada bagian atas net maka permainan akan terus berjalan. Ini merupakan Peraturan yang ditepakan pada tahun 2009 sampai 2014 oleh FIVB.

Keputusan tersebut akan memudahkan tugas wasit dalam setiap pertandingan bola voli. Setiap anggota tubuh pemain yang menyentuh net, sekaligus baju pemain, maka poin bertambah untuk lawan.

Peraturan ini mudah diterima oleh pemain yang dulunya sering melakukan protes atas keputusan wasit. Alasan mereka karena terkadang net bergerak dan menyentuh tubuh, tetapi wasit tidak mengehentikan permainan. "kata salah satu wasit internasional."

Peraturan Dan Perlengkapan Bola Voli

sarana dan prasarana bola voli beserta gambarnya
volleycountry.com

Dalam permainan bola voli selain mengetahui posisi pemain bola voli, hal yang utama lainya adalah mengenal sarana dan prasarana dalam mendukung jalannya permainan bola voli.

Diantara perlengkapan dan peralatan yang harus diketahui meliputi, lapangan bola voli, bola, dan net sebagai sarana dan prasarana yang umum kita ketahui.

Mari kita simak pembahasanya dibawah ini.

Peraturan Lapangan Permainan Bola Voli

Sarana dan prasaran yang pertama adalah lapangan bola voli. Untuk ukuran lapangan sesuai dengan keputusan standart internasional yang dibuat FIVB.

Mengenai ukuran lapangan juga telah ditetapkan serta dipakai sebagai aturan yang paling sah. Ukuran luas dan keliling lapangan bola voli menurut PBVSI sesuai dengan standar internasional :

  • Ukuran P x L lapangan bola voli adalah 9 x 18 meter.
  • Ketebalan garis tepi pada lapangan bola voli adalah 5 cm.
  • Garis serang dalam permainan bola voli adalah 3 meter dan garis pertahanan bola voli adalah 6 meter.
  • Untuk batas garis serang pemain belakang bola voli yakni 3 meter dari garis serang lapangan.
  • lebar dan panjang standart lapangan bola voli adalah 6 x 9 meter.

Peraturan Net Bola Voli

Net merupakan pembatas antara kedua tim bola voli. Untuk tinggi net bola voli dibagi menjadi 2 yaitu untuk puta dan putri.

  • Tinggi net bola voli putra : 2,43 meter
  • Tinggi net bola voli putri : 2,24 meter.

Ukuran tersubut telah memenuhi standar nasional maupun internasional dalam peraturan pertandingan bola voli.

Peraturan Antena Net Bola Voli

Antena pada net yang berada pada di ujung atas tiang bertujuan untuk pembatas gerakan bola agar tidak melebar melebihi garis lapangan. Ukuran standar antena bola voli adalah 80-100 centimeter.

Bola Voli

Sarana dan prasarana bola voli yang selanjunya adalah bola. Bola juga merupakan sarana yang penting, dalam ukuran bola voli memiliki keliling diameter 65-67 centimeter. Berat 260-280 gram. Sebagaimanan yang juga standar nasinal dan internasional yang di pakai oleh seluruh dunia.

"Tahukan Anda pada awal mula bola voli bernama mintonette"

Sistem Pertandingan Bola Voli

sistem pertandingan bola voli di indonesia
media.istockphoto.com

Selain sarana dan prasarana permainan bola voli, namun ada sistem waktu permainan bola voli juga hal yang mendasar yang harus diketahui oleh setiap pemain.

Berikut ini macam-macam sistem pertandingan bola voli yang harus Anda ketahui :

  1. Sama halnya dengan permainan olahraga lainya. Dalam permainan bola voli juga mempunyai wasit sebagai pemimpin pertandingan bola voli.
  2.  Selain wasit sebagai pemimpin pertandingan bola voli. Wasit dibantu oleh 4 orang lain, yang memiliki tugas lain dalam menjalanakan tugas untuk membantu wasit. Tugas 4 orang wasit ini adalah penjaga garis serta pencatat skor.
  3. pada petandingan bola voli terdiri dari 8 tim, dimana dari 8 tim ini akan dibagi menjadi 2 grub yang berbeda. Jadi ada 4 tim dari masing-masing grub.
  4. Dalam 1 tim bola voli baik putra dan putri terdapat 10 pemain.
  5. Dari 10 pemain ini, hanya ada 6 orang yang akan menjadi pemain utama yang berpartisipasi di dalam lapangan. Sedangkan 4 pemain yang lainya berjaga-jega untuk menjadi pemain pengganti.
  6. Dalam permainan bola voli tidak ada batasan untuk keluar masuk pemain tersebut. Jadi berbeda dengan permainan sepak bola pemain yang digantikan tidak bisa masuk kembali bermain.
  7. Mnimal pemaian pengganti dalam bola voli ada 4 orang.
  8. Ketika pertandingan bola voli akan diselenggarakan, ada salah satu anggota tim yang sedang bermain untuk cabang olahraga yang lainya selain olahraga bola voli. Maka akan ada penundaan pertandingan dalam pertandingan yang akan berlangsung.
  9. Ketika dalam 1 tim tidak memiliki 4 pemain. maka secara otomatis pihak panitia akan menganggap   tim tersebut akan kalah tanpa ada penyelengaraan pertandingan.
  10. Masing-masing tim akan diberikan kesempatan untuk memainkan bola sebanyak 3 kali sentuhan.
  11. Larangan untuk memainkan bola secara 1 kali secara berkelanjutan.
  12. Permainan bola voli dimulai dengan coin toss. Coin toss merupakan pelemparan koi ke udara yang dilakukan oleh wasit. Kemudian wasit akan menangkapnya kembali dengan posisi koin ditutup dengan tangan. Satu pemain mewakili untuk kedua tim, yang diberi kesempatan untuk menebak antara angka atau gambar. Ketika tim itu menang bisa memilih untuk melakukan servis dahulu atau memilih tempat.
  13. Pemain yang menang harus mempersiapkan anggota tim untuk bersiap memulai pertandingan dengan melakukan servis di belakang garis lapangan.
  14. Apabila bola servis keluar garis belakang lawan atau istilanya out, dan apabila bola tidak menyebrangi net maka akan terkena pelanggaran berupa 1 poin untuk lawan.
  15. Bola servis yang bisa masuk lapangan lawan, maka lawan akan melakukan passing bola pada sentuhan pertama.
  16. Passing dilakukan dengan sentuhan pertama menggunakan kedua tangan pemain yang menyentuh pertama kali kecuali dilakukan dengan cara ditendang seperti sepak bola.
  17. Pertandingan akan selesai ketika salah satu tim telah menang sebanyak  2 kali berturut-turut.
  18. Apabila porolehan kemenangan seri bisa ditambahkan 1 set putaran kembali sebagai penentu untuk mejadi pemenang.
  19. Dalam perhitungan poin bola voli adalah 25 poin. Ketika masing-masing memperoleh poin yang sama yaitu 24-24 maka akan dilakukan deuce. Deuce memiliki makna penambahan poin, penambahan poin ini dilakukan untuk mencari pemenang utama yang meraih 2 angka lebih unggul antara tim A dan tim B.
  20. Pada pertandingan penyisihan, perolehan nilai 1 yang akan didapat dari tim tersebut.
  21. ketika terjadi perolehan angka yang sama maka akan dihitung dengan perolehan angka pada setiap tim yang telah dimainkan oleh tim tersebut.
  22. Time out dalam satu babak hanya ada 1 kali yang bedurasi 1 menit.
  23. Ketika telah mencapai game poin maka satu tim akan berpindah poisi ke lapangan lawan, begitu juga tim lawan.
  24. Dalam babak penentuan atau babak ke-3. Maka dari tim yang memperoleh poin yang paling rendah, dapat meminta tukar tempat, jika tim lawan memperoleh poin 13 pertama.

Sistem Perhitungan Angka Dalam Bola Voli

hitungan angka poin atau skor dalam permainan bola voli
pakmen.com

Perhitungan skor dalam permainan bola voli tiap 1 setnya adalah 25 poin. Jadi kemenangan dalam permainan bola voli ditentukan atas perolehan poin. Berikut ini sistem perolehan angka dalam permainnan bola voli.

  • Dari tim lawan akan memperoleh poin ketika dapat memasukan bola kewilayah musuh dengan syarat jatuh bola menyentuh lantai.
  • Tim lawan akan memperoleh poin apabila bola servis tidak melewati net atau out.
  • Gerakan lawan yang menyentuh net dengan sepengetahuan wasit, pertandingan akan diberhentikan dan poin untuk lawan.

Sistem Permainan Bola Voli

Permainan bola voli adalah permainan yang dilakukan dengan 6 pemain dalam 1 tim yang dilakukan oleh 2 tim yang bebeda di atas lapangan. Kedua tim saling merebutkan poin dan mengatur strategi serangan hingga dapat mencapai 25 poin.

Tim yang mendapatkan poin 25 terlebih dahulu adalah pemenang set dalam permainan tersebut.

berikut ini peraturan bola voli yang harus diketahui oleh pemain boa voli.

  1. Peran dari 4 pemaian dalam permainan bola voli meliputi smasher, toser, defender, dan libero.
  2. Bola hanya boleh dimaiankan sebanyak 3 kali sentuhan sejak sentuhan pertama penerima bola servis.
  3. Tugas toser adalah pengumpan bola kepada rekan satu tim untuk bisa memperoleh poin. Selain mengoper toser juga mengatur jalanya permainan bola voli.
  4. Pemain toser harus bisa mengimbangi dalam mengatur jalannya permainan. Keputusan toser harus cepat sehingga musuh tidak bisa menebak apa yang telah direncanakan.
  5. Smasher bertugas untuk menjebol pertahanan lawan untuk memperoleh poin.
  6. Tugas libero adalah membantu pertahanan pada lini belakang.
  7. Defender berperan sebagai pemain bertahan dalam permainan bola voli di lini belakang bersama dengan libero. Tapi mereka juga berhak untuk membantu dalam penyerangan.
  8.  Poin ke-25 adalah angka yang perlu dicapai untuk bisa memperoleh set kemenangan.

Pelanggaran Permainan Bola Voli

5 pelanggaran bola voli
si.wsj.net

Pelanggaran dalam permainan bola voli dianggap sebagai kesalahan. Dalam permainan agar bisa terhindar dari kesalhan dan bisa bermainan dengan baik dan kompak.

Berikut adalah pelanggaran dalam bola voli yang perlu untuk Anda simak.

  1. Pelanggaran ketika pemain menyetuh langsung dengan net, baik kontak langsung atau baju.
  2. Pemain yang melewati garis tengah, karena memasuki area lapangan lawan.
  3. Pemain dilarang melempar atau menangkap bola.
  4.  Pemain yang memantulkan bola voli harus berhati-hati dengan tidak mengenai lantai dasar lapangan bola voli.
  5. Bola masuk ke area lapangan tidak akan dianggap out, kepuitusan ini terjadi bila bola melewati garis belakang.
  6. Double foults ketika pemain mengenai net berturut-turut secara 2 kali.
  7. sentuhan pertama boleh dengan menggunakan anggota badan kecuali dengan menendangnya.
  8. Ketika pemain melakukan smash, pemain tersebut tidak memasuki wilayah lawan.
  9. Ketika servis dimulai semua pemain mempsisikan sesuai dengan posisi masing-masing.
  10. Servis yang tidak masuk ke lapangan maka akan dihitung poin untuk lawan atau sebalinya.
  11. Pelanggaran untuk pemain yang meninggalkan lapangan tanpa ada instruksi dari wasit.
  12. Pelanggaran untuk pemain yang melakukan protes dengan berlebihan kepada wasit.
  13. Pelanggaran untuk peamian yang berkata kasar kepada lawan ataupun wasit.
  14. Pelanggaran untuk sentuhan ke-3 dan bola belum melewati net.
  15. Wasit memberikan keputusan bedasarkan peraturan bola voli.

Sistem Pertahanan Libero

libero dalam bola voli bertuga untuk menahan serangan di dearah defend atau pertahanan. kesalahan dalam bola voli pada lini depan ketika membiarkan smasher memukul bola tanpa ada gerakan bloker.

Libero sebagai pemain yang memproitaskan bola pada sentuhan pertama. Aturan pertahanan pemaian libero juga perlu diperhatikan. Berikut keteranganya:

  1. Libero bisa menjadi pemain pengganti di lini belakang.
  2. Pemain dalam posisi libero tidak boleh menyerang pada garis 3 meter di depan.
  3. Libero tidak bertugas untuk melakukan bloker.
  4. Pemain yang bertugas sebagai libero bisa keluar masuk pada garis depan bangku cadangan antara garis serang dan bertahan.
  5. Pemain yang berperan sebagai libero bisa mengantikan secara lebih dari 1 kali, dengan syarat selingan 1 reli antara pergantian pemain.

Wasit Bola Voli dan Tugasnya

jumlah wasit dalam bola voli dan tugasnya
fivb.org

Dalam peraturan bola voli peran wasit sangatlah penting. Sehingga wasit dalam bola voli juga tidak berjumlah 1, melainkan wasit bola voli berjumlah 2 orang, melainkan lebih. berikut pembahansanya mengenai wasit bola voli.

Syarat Menjadi Wasit Bola Voli

Untuk bisa menjadi wasit dalam pertandingan bola voli. Berikut ini syarat untuk menjadi seorang wasit permainan bola voli adalah sebagai berikut :

  • Sehat secara jasmani maupun rohani.
  • Berpengalaman menjadi wasit bola voli.
  • Memiliki rasa tertarik mengenai olahraga terutama bola voli.
  • Minimal lulusan SMA.
  • Umur sekitar 20-40 tahun.
  • Berdedikasi dengan tujuan yang baik.
  • Menjadi anggota dari club voli.

Pakaian dan Perlengkapan Wasit Bola Voli

Wasit bola voli harus memakai atribut lengkap sesuai dengan ketentuan yang ada, dalam memimpin jalannya pertandingan bola voli.

  • Memakai celana panjang dan baju berkerah.
  • Memakai sepatu karet atau sejenisnya dengan warna putih.
  • Memakai badge sesuai dengan ketentuannya.

"Pascal Wilmar adalah sosok legenda bola voli Indonesia yang dulunya bercita-cita sebagai pemain piano yang telah ia tekuni selama 7 tahun dan beralih sebagai pemain bola voli ketika pertama kali bermain voli di rumah kakeknya, semenjak itu dia meninggalkan dunia piano dan beralih ke dunia bola voli"

Tugas dan Ketentuan Wasit 1 dan 2 Dalam Permainan Bola Voli

Posisi wasit bola voli berbeda dengan wasit sepak bola. pada wasit bola voli, mereka mengawasi di sisi lapangan serta menjalankan perannya masing-masing sebagai wasit.

Tugas Wasit 1 Dalam Permainan Bola Voli

Dalam pertandingan bola voli tugas wasit 1 sebelum pertandingan dimulai harus memeriksa kondisi lapangan serta perlengkapan yang lain. Undian tos dengan masing-masing perwakilan tim bola voli yang akan bertanding serta sebagai pengawas saat kedua tim melakukan pemanasan.

Berikut tugas dan wewenang wasit 1 dalam permainan bola voli:

  • Memberikan sanksi salah sikap dan memperlambat permainan.
  • Mengawasi servis yang salah untuk di beri pelanggaran.
  • Ketika pertandingan berlangsung mengwasi pemain yang salah dalam memainkan bola.
  • Mengawasi pada area rawan seperti area net.

Keputusan wasit 1 dalam permainan bola voli meliputi:

  1. Kekuasaan penuh atas hak wasit 1.
  2. Wasit 1 memimpin jalannya pertandingan mulai dari awal hingga akhir. Selama pertandingan berlangsung keputusan dari seorang wasit 1 adalah mutlak tidak bisa diganggu gugat. Wasit 1 juga bisa menggantikan tugas dengan syarat tugas yang dilakukan tidak dikerjakan dengan baik.
  3. Wasit 1 mengawasi tugas adri tugas masing masing tim bembantu yang lainya seperti; pembersih lantai dan pengepel lapangan.
  4. Wasit 1 mempunyai hak untuk memutuskan rencana dalam permainan termasuk peraturan yang tidak termasuk demi terjadinya permainan yang sportif.
  5. Wasit 1 tidak akan melayani pertanyaan tentang keputusan wasit yang terjadi.
  6. Wasit 1 berhak menentukan sarana dan prasarana bola voli, sebelum dimulainya pertandingan.

Tugas Wasit 2 Dalam Permainan Bola Voli

Secara umum wasit 2 merupakan wasit pembantu dalam menjalankan tugas dari wasit 1. Namun, dalam situasi tertentu tagas dari wasit 1 juga bisa digantikan dengan wasit 2.

Beriku ini tugas secara khusus wasit 2 dalam permainan bola voli adalah:

  1. Wasit 2 mengawasi posisi para pemain bola voli.
  2. Mengawsi pergerakan yang dilakukan oleh pemain pengganti, dan melaporkan kepada wasit 1 jika ada kesalahan yang dilaukukan.
  3. Mencegah pemain pengganti yang melakukan pemanasan di luar lapangan pertandingan pada saat permainan berlangsung.
  4. Mengawasi jumlah time out yang telah terjadi.
  5. mengawasi pergantingan pemain yan dilakukan oleh tim serta melaporkan hasilnya.
  6. Menyetujui permintaan time out atas permintaan pelatih.
  7. Menolak time out yang tidak sah.
  8. Menunjukkan kesalahan tanpa meniup peluit, dengan syarat tidak menekan wasit 1.
  9. Menentukan perlu atau tidaknya pengeringan lapangan yang dianggap masih licin atau basah.

Tugas Pencatat Nilai Dalam Permainan Bola voli

Sudah jelas bahwa tugas pencatat nilai atau score dalam permainan bola voli adalah mencatat berapa poin yang masuk atau yang diperoleh oleh setiap tim.

Selain mecatat score pertandingan tugas pencatat skor dalam permainan bola voli juga melaporkan informasi kapada wasit 1. Diantaranya:

  1. Melaporkan jumlah pergantian dan team out kepada wasit 1 bila di minta.
  2. Mencatat dan mengawasi semua urutan servis, dan mencatata teguran yang dilakukan olah wasit 1 saat pertandingan berlangsung.

Tugas Linesman atau Hakim Garis Bola Voli

Jumlah linesman dalam permainan bola voli adalah 4 orang dalam permainan internsional dan minimal ada 2 orang yang bertugas sebagai hakim garis.

Berikut ini adalah tugas linesman atau hakim garis dalam permainan bola voli :

  1. Mengawasi jatuhnya bola tersebut di dalam lapangan atau di luar lapangan bola voli, untuk dilaporkan ke wasit 1.
  2. Mengangkat bendera bila bola keluat dan mengarahkan bendera ke bawah bila bola masuk ke area lapangan.

Demikian pembahasan tentang peraturan bola voli, ketentuan dan tugas wasit sebagai ketentuan dalam pertandingan bola voli. Semoga dengan artikel dalam tema peraturan permainan bola voli oleh https://listrik.org/resaja bisa membantu serta menambah wawasan Anda sehingga bermanfaat.