Peralatan Tenis Meja

Peralatan Tenis Meja

Peralatan tenis meja - Dalam bermain tenis meja memang memerlukan persiapan tertentu. Maksud dari persiapan ini adalah menganai peralatan, atau sarana dan prasarana yang harus ada dalam permainan tenis meja.

Peralatan tenis meja untuk memukul bola seperti bet dan yang lainnya akan kami bahas dalam macam-macam peralatan tenis meja berkut ini.

Peralatan Tenis Meja

Peralatan tenis meja yang harus digunakan dalam permainan memang harus sesuai dengan standar yang telah berlaku, supaya apa? agar permainan bisa terlaksana dengan baik dan semestinya.

Tenis meja atau yang bisa disebut dengan permainan bola ping pong, yang memakai bola kecil dan raket sebagai pemukul. Permainan tenis meja bisa dimainkan di dalam ruangan atau juga di luar lapangan.

Dalam permainan tenis meja bisa dimainkan oleh 2 orang dan maksimal dimainkan oleh 4, atau yang disebut dengan permainan ganda.

Hal pertama yang perlu dipelajari dalam permainan tenis meja selain teknik dasar permainan tenis meja. Pembahasan mengenai perlengkapan tenis meja juga diperlukan untuk memenuhi sarana dan prasarana tenis meja. Diantara sarana dan prasarana tersebut mulai dari, lapangan, bet serta bola.

Apa saja peralatan tenis meja?

  1. Bet atau raket.
  2. Meja.
  3. Bola.
  4. Net.
  5. Koas atau kostum.
  6. Sepatu dan yang lainnya.

Supaya lebih lengkap, mari kita simak pembahasan mengenai macam-macam peralatan tenis meja.

Perlengkapan Bet atau Raket Tenis Meja

perlengkapan bet tenis meja
amazon.com

Nama alat pemukul tenis meja adalah bet atau raket tenis meja.

Bet atau raket dalam permainan tenis meja dipakai untuk memukul bola. Bet menjadi salah satu perlengkapan yang harus ada dalam permainan tenis meja. Karena tanpa adanya bet dalam tenis meja pemain tidak bisa memukul bola.

Bet dalam tenis meja memiliki bentuk yang berbeda dengan raket pada permainan bulu tangkis. Pada bet tenis meja memiliki bentuk yang bundar serta memiliki gagang kayu kecil yang penduk sebagai pegangan.

Tahukah Anda bet tenis meja terbuat dari apa?

Bet tenis meja terbuat dari kayu (wood) yang berlapis-lapis dan dijadikan satu. Secara tidak langsung bahan dasar bet juga berubah, hingga saat ini ditemukan kombinasi dalam permbuatan bet tenis meja yang terbuat dari kombinasi kayu dan karet.

Agar pemaian bisa bermian tenis meja dengan maksimal, maka diperlukan untuk penyesuaian begitu juga dengan karetnya.

Ada beberapa cara untuk memilih bet tenis meja yang bagus, diantaranya dengan meperhatikan, merek bet yang baik untuk digunakan, dalam kategori tanpa karet. Berikut karakteristiknya :

  1. Tamca gergely, bet yang satu ini memiliki ciri khas dengan pantulanya yang cepat dari pada yang lainya. Tamca gergely memiliki berat 95 gram, yang terbuat dari kayu cemara yang dimodifikasi dengan carbon dan plastik. Tamca gergely sangat cocok untuk pemain yang sering melakukan serangan cepat.
  2. Tamaropal, terbuat dari satu lapis kayu cemara murni tanpa ada modifikasi, tamaropal memiliki berat 100 gram, serta cocok juga untuk pemain cepat.
  3. Power drive, terbuat dari kayu cemara yang berwarna gelap,dan memiliki berat 95 gram.

Standart Bet Tenis Meja

  1. Bet memiiki berat ± 150 gram.
  2. Daun bet memiliki bentuk datar dan 85% terbuat dari kayu.
  3. Ketebalan bet busa karet biasa adalah 2 milimeter.
  4. Ketebalan bantik pada karet bet masksimal 4 milimeter.
  5. Memiliki tulisan ITTF pada permukaan karet bet.

Karet atau Pelapis Bet

peralatan karet bet tenis meja
picclickimg.com

Pelapis bet atau karet dalam tenis meja, merupakan perlengakapan yang juga penting. Seluruh pelapis bet biasanya berasal dari lambaran-lembaran getah karet yang memiliki bintik-bintik seperti biji kerucut kecil.

Pelapis ini juga memiliki benerapa bentuk atau tipe. Ada bebrapa tipe dasar dalam karet bet tenis meja, sebagai berikut adalah penjelasanya :

  1. Hard pimpled rubber yaitu karet pelapis yang berbintik keluar tanpa adanya spon.
  2. Inverted (pips-in) sponge rubber yaitu permukaan karet yang dilapisi spon dengan bintik-bintik menhadap ke dalam bet.
  3. Sandwich (pips out) sponge rubber yaitu permukaan karet yang dilapisi spon dengan bintik-bintik menghadap ke arah luar.
  4. Anti topspin sponge rubber yaitu permukaan karet yang dilapisi spon yang memiliki fungsi sebagai menetralisir bola-bola top-spin yang tajam.

Mengapa Bet Pada Tenis Meja Berwarna Merah dan Hitam?

warna karet bet tenis meja
takkyu-designer.com

Sebenarnya warna pada bet ini tidak begitu dipermasalahkan pada awal kemuncula permainan tenis meja. Pada dasarnya kemapuan dari masing-masing bet juga berbeda. Namun perbedaan itu tidak begitu jelas, tapi bisa dirasakan oleh setiap pemaian tenis meja.

Pada salah satu sisi bet memiliki power yang kuat. Jadi ketika bola dipukul bisa mengalir dengan deras ke arah lawan. Sementara sisi yang lainya memilik speed atau kecepatan.

Banyak pemain yang belu mengerti sehingga bertanya-tanya bahwa itu sebab dari power atau speed, untuk itu baru ada aturan mengenai warna dalm bet tenis meja.

Warna apa saja yang dipakai secara umum? warna tersebut adalah warna merah dan hitam

Menurut Robbinstablentenis, ada dua warna yang merupakan hasil musyawarah. Warna merah dan hitam dipilih karean sama-sama warna yang tidak mencolok.

Sementara itu, federasi tenis dunia menempatkan warna hitam sebagai power atau kekuatan dan dan warna merah sebagai speed atau kecepatan. Iutlah sebabnya pemakain warna ini dibagi menjadi 2.

Apa saja nama peralatan yang diperlkukan untuk tenis meja yang selanjutnya?

Peralatan Bola Tenis Meja

peralatan tenis meja bola ping pong
logoneco.com

Dalam permaiann tenis meja, bola ping pong atau bola tenis meja merupakan peralatan latihan tenis meja yang wajib ada, dalam pertandingan kemenangan sebuah pemaian ditentukan oleh lajunya bola kepada lawan.

Namun untuk pemilihan bola, tidak bola sembarang bola yang dipakai dalam permainan. Bola yang harus memiliki standar dalam bola tenis. Menurut ITFF, ukuran yang wajib dipakai dalam sebuah pertandingan tenis meja adalah bola yang memiliki ukuran 2,74 cm, dengan bola yang berbentuk bulat.

Bola yang sering diapakai adalah bola yang berwarna orange dan berwarna putih yang terbuat dari celluloid. Celluloid adalah plastik yang berbahan nitroselulosa yang dilembutkan dengan campuran kapur halus.

Itulah bahan dasar untuk pembuatan bola tenis meja.

Baca juga : Ukuran lapangan tenis meja

Meja

Ukuran Meja pingpong
aiyoh.com

Meja dalam olahraga ini memilik fungsi untuk wadah atau pengganti lapangan dalam berlangsungnya pertandingan tenis meja. Meja yang digunakan dalam tenis meja juga bukanlah meja-meja biasa melainkan, meja yang khusus dibuat untuk perlengkapan olahraga tenis meja.

Meja tenis terbuat dari kayu yang keras dan dimodifikasi, serta sifatnya yang keras bisa memantulkan bola dengan sempurna. Itulah mengapa permainan ini dinamakan tenis meja, karena dimainkan di atas meja.

lapangan Tenis Meja

meja tenis meja
pingpongperfect.com

Permainan tenis meja bisa juga dilakukan di dalam ruangan atau juga di luar ruangan. Namun tempat yang paling cocok dalam berlangsungnya permainan ini adalah di dalam ruangan.

Mengapa harus di dalam ruangan atau in-door? karena, dalam berlangsungnya pertandingan tidak ada gangguan dari luar seperti :

  • Gangguan dari angin yang bisa merubah arah gerak bola.
  • Bola yang keluar dari lapangan akibat smash atau yang sejenisnya, bola yang terhempas tidak akan mengilang jauh dan masih dalam satu lokasi.
  • Bisa dimainkan walaupun kondisi di luar ruangan hujan.

Net Tenis Meja

net pingpong
mediadecathlon.com

Macam-macam perlengkapan tenis meja setelah meja adalah net, yang berfungsi sebagai pembagi dalam dua lapangan permainan tenis meja. Sama seperti pemainan bola voli, yang juga memakai net dalam permainannya.

Untuk net tersebut, merupakan sebuah jaring yang terpasang pada bagian tangah-tengah lapangan dan sejajar dangan garis ujung.

Baca juga : Teknik dasar bulu tangkis

Tiang Penyangga

penyangga net tenis meja
tabletenniscoach.me.uk

Setelah mengetahui empat peralatan dalam permainan tenis meja, perlengkapan berikutnya adalah tian penyangga.

Fungsi sebuh tiang penyangga dalam tenis meja sebagai tiang sekaligus pembentang dalam net dalam tenis meja. Karena adanya tiang penyangga ini mampu menjadi pemisah antara kedua sisi lapangan.

Seragam atau Kostum

jersey tenis meja
alicdn.com

Perlengkapan tenis meja yang selanjutnya adalah seragam atau yang bisa disebut degan kostum.

Seragam dalam perminan tenis meja sebagai, loyalitas untuk mengikuti sebuah pertandingan. Seragam merupakan sebuah ungkapan kebanggaan sebuah tim, serta motivasi untuk menang karena mambawa almamater sebuah tim.

Dalam memilih seragam, khususnya dalam seragam untuk olahraga. Pemakaian seragam yang nyaman, bisa dibilang nilai plus tersendiri untuk pemain tersebut.

Pemain bisa fokus dalam bermain karena seragam yang dipakai sangat nyaman. Seragam yang dipakai hendaknya memakai seragam yang berbahan dasar kain yang dapat menyerap keringat dan besifat sejuk.

Fungsi seragam yang selanjutnya adalah seragam digunakan sebagai pembeda antara satu tim dengan tim yang lainya.

Kaos Kaki dan Sepatu

Perlengkapan tenis meja
dhresource.com

Sepatu dan koas kaki juga menjadi perlengkapan terakhir dalam peralatan tenis meja. Sepatu yang dipakai oleh pemain hendaknya juga bukan sepatu sembarangan.

Sepatu yang paling cocok untuk olahraga adalah sepatu atletik, khusus untuk permainan tenis meja menggunakan sepatu yang memiliki sol, serta terbuat dari karet.

Itulah pembahasan mengenai peralatan tenis meja dalam artikel ini. Dalam bermain tenis meja hendaklah menyiapkan peralatan semaksimal mungkin dalam mempersiapkanya.

Tujuannya supaya permainan bisa berjalan dengan baik tanpa ada kendala. Namun dalam bermain juga jangan lupa untuk menerapkan peraturan tenis meja yang berlaku.

Semoga pembahsan ini dapat bermanfaat, terimakasih dan salam olahraga.