Syarat Menjadi Pemain Sepak Bola

Syarat Menjadi Pemain Sepak Bola

Syarat Menjadi Pemain Sepak Bola - Sepak bola kini telah menjadi olahraga favorit di seluruh dunia. Untuk mejadi pemain bola yang profesional, merupakan impian banyak anak di Indonesia dan seluruh dunia.

Namun agar bisa menjadi pemain sepak bola yang hebat dan berkelas, dibutuhkan komitmen yang kuat. Semua pasti paham, bukan sekedar hanya mempunyai bakat dan kemampuan menguasai teknik dasar permainan sepak bola saja yang harus dimiliki.

Berikut ini olahraganesia akan sedikit memberikan informasi, syarat apa saja yang harus dimiliki agar bisa menjadi pemain sepak bola profesional.

Syarat Menjadi Pemain Sepak Bola

Syarat Menjadi Pemain Sepak Bola

Berikut ini merupakan beberapa syarat menjadi pemain sepak bola yang wajib kamu ketahui.

1. Memiliki Motivasi dan Semangat Membara

Bukan hanya tentang permainan indah dan skill, sepak bola membutuhkan visi dan misi dalam bermain. Mental berjuang adalah ciri-ciri pemain sepak bola profesional. Motivasi dan semangat adalah dua yang hal akan membantu kamu untuk tetap konsisten dengan tujuanmu menjadi pemain sepak bola profesional. Dua hal ini harus kamu tanamkan juga agar menjadi pemain sepak bola profesional.

Menjadi lebih baik, apabila seorang pemain sepak bola profesional tidak terlalu termotivasi dengan uang. Dengan poin-poin diatas tersebutlah seseorang akan menjadi pemain sepak bola sesuai dengan hati dan fikirannya.

Tips dari admin agar kamu mempunyai motivasi dan semangat membara.

  1. Kamu tentukan tujuan kamu dalam menjadi pemain profesional untuk apa.
  2. Buat target kamu dalam bermain sepak bola, seperti "Saya akan membawa Indonesia ke Piala Dunia".
  3. Tanamkan dalam diri kamu, "kalau saya berhenti sekarang, hal kemarin yang saya lakukan akan menjadi sia-sia".

2. Kepercayaan Diri yang Besar

Percaya diri dalam bermain sepak bola harus ditumbuhkan sedari awal. Dikarenakan kepercayaan diri inilah yang akan menopang kamu saat karirmu sedang jatuh.

Saat pertandingan pun, pelatih tak jarang akan berkata bahwa permainanmu tak baik atau bahkan teman satu timmu sendiri juga akan meneriakimu dengan permainanmu yang buruk menurut mereka. Diluar itu, banyak orang yang akan menjatuhkan kamu saat dirimu berada di puncak karir.

Nah kepercayaa diri yang besar inilah yang akan tetap menjaga dirimu dalam trek yang benar untuk meraih kesuksesan dalam karir sepak bolamu. Semakin besar kepercayaan dirimu maka akan semakin cepat kamu bangkit saat semua masalah itu datang kepadamu.

Untuk melatih rasa percaya dirimu, kamu harus tanamkan dalam dirimu kalau kamu bisa dan tidak boleh ada seorangpun yang meremehkan kemampuanmu.

3. Disiplin

Tentunya disiplin adalah salah satu faktor utama yang akan membantu untuk percepatan karirmu. Semua pelatih pasti menyukai pemain yang disiplin. Datang latihan tepat waktu salah satu contohnya, pelatih akan memberikan nilai tambah untukmu saat kamu datang latihan tepat waktu. Bahkan ada salah satu pelatih yang tidak akan memasang pemain yang tidak disiplin. Jadi sehebat apapun pemain kalau dia tidak disiplin tidak ada gunanya.

Selain disiplin waktu latihan, kamu juga harus disiplin saat ada di pertandingan. Kamu harus disiplin terhadap perintah pelatih, saat pelatihmu memintamu untuk mundur, maka kamu harus mundur atau juga sebaliknya.

4. Teknik Baik

Teknik dalam bermain sepak bola yang baik merupakan syarat yang wajib kamu miliki. Walaupun kamu sudah memiliki mental pejuang dan disiplin, apabila kamu tidak mempunyai teknik yang baik kamu tidak akan bisa menjadi pemain profesional. Teknik inilah yang menjadi ukuran para pelatih sepak bola saat melakukan pemilihan atau seleksi pemain untuk penerapan formasi dalam timnya.

Sering berlatih adalah kuncinya, tanpa latihan sehebat apapun pemain akan berkurang dari segi permainannya. Dan sebaliknya, semakin sering kamu latihan, maka akan semakin meningkat teknik yang kamu miliki.

5. Fisik Proporsional

Teknik bermain sepak bola mu akan semakin lebih baik lagi apabila di imbangi dengan fisik yang proporsional. Banyak pemain sepak bola yang mempunyai fisik yang proporsional, walaupun ada beberapa pemain yang tidak memenuhi syarat ini.

Biasanya fisik yang proporsional dibutuhkan pada posisi tertentu, misalkan pemain bertahan. Meskipun beberapa pemain bertahan tidak mempunyai fisik proporsional, seperti Mascherano. Tetapi pemain tipe ini mempunyai ketahanan tubuh yang kuat dan sulit untuk dijatuhkan lawan-lawannya.

Fisik proporsional juga menjadi salah satu ukuran penilaian beberapa pelatih. Seperti mantan pelatih Indonesia di Piala AFF 2010 dan 2016, Alfred Riedl. Dirinya menilai pemain bertahan dengan tinggi 190 cm merupakan kriteria yang dibutuhkan dalam timnya.

6. Berlatih 10 Ribu Jam

Berlatih 10 ribu jam merupakan kata kiasan yang ditujukan agar kamu sering berlatih untuk meningkatkan teknik permainan sepak bolamu. Selain berlatih bersama dengan timmu, kamu juga harus menambah porsi latihanmu sendiri.

Berdasarkan studi yang dilakukan baru-baru ini, seorang harus berlatih minimal 3 jam sehari atau 20 jam seminggu. Hal tersebut ditujukan untuk meningkatkan skill bermain sepak bolamu.

7. Latihan dengan Benar

Latihan dengan benar atau dalam bahasa lain bersungguh-sungguh dalam latihan menjadi salah satu faktor pentingmu dalam memenuhi syarat sebagai pemain sepak bola.

Latihan dengan benar akan memberikan dampak yang besar dalam perkembangan sepak bolamu, dan sebaliknya berlatih dengan tidak benar atau bermain-main saja maka kamu tidak akan mendapatkan apa-apa dari latihanmu atau latihanmu menjadi sia-sia.

8. Evaluasi

Hal ini tidak kalah penting juga untuk memenuhi syarat menjadi pemain sepak bola. Sering melakukan evaluasi terhadap dirimu akan membawa kebaikan dan perkembangan untuk dirimu dalam bermain sepak bola.

Misalkan pada pertandingan ini kekuranganmu yaitu tendanganmu selalu meleset dari gawang lawan, maka yang harus kamu lakukan yaitu berlatih tendangan ke arah gawang yang baik dan benar. Setelah itu kamu lakukan, pasti dipertandingan selanjutnya kamu tidak akan mengulangi kesalahan yang sama dari pertandingan sebelumnya.

Baca Juga: Tugas dari Wasit Sepak Bola

Tips Menjadi Pemain SepakBola

Tips Menjadi Pemain SepakBola

Setelah sebelumnya kita bahas tentang syaratnya, dibawah ini akan kami jelaskan juga beberapa tips supaya kamu menjadi pemain sepak bola profesional.

1. Tekun

Latihan yang tekun dan rajin akan membantumu pada kesuksesan di dunia sepak bola. Sudah banyak contoh beberapa pesepak bola hebat yang mengawali karirnya dari nol hingga mendulang kesuksesan. Tentu saja mereka tidak bermalas-malasan dan selalu tekun dengan apa yang mereka kerjakan.

2. Kerja Keras

Selalu berusaha dan tak kenal lelah merupakan salah satu ciri dari seorang pesepak bola. Maka dari itu selalu kerja keraslah untuk meraih cita-citamu. Pemain dunia saat ini Cristiano Ronaldo pun mengawali karirnya dengan selalu kerja keras dan tak kenal lelah. Dirinya berhasil mengubah persepsi banyak orang tentang dirinya. Seperti gurunya berkata bahwa Ronaldo tidak akan pernah bisa menjadi pemain sepak bola.

Namun buktinya, dirinya berhasil menjadi pesepakbola top dunia dengan pernah menjuarai Ballon D'or sebanyak 3 kali dan berhasil membawa Portugal menjuarai Piala Eropa di tahun 2016.

3. Istirahat yang Cukup

Pola tidur juga sangat mempengaruhimu dalam bermain sepakbola, dengan tidur minimal 8 jam sehari organ tubuhmu akan bekerja dengan baik.

4. Pola Makan yang Sehat

Makanan sebagai asupan tenaga bagi tubuhmu juga harus diperhatikan, pasalnya makanan yang bergizi akan menambah staminamu. Sebaliknya, makanan yang tidak sehat akan menjadikan tubuhmu bekerja tidak dengan baik.

Hal itu juga bisa membuat latihan yang sudah kamu jalankan akan sia-sia, maka dari itu untuk menjadi pemain sepakbola kamu harus menjaga pola makan.

5. Lihat Pemain Sepakbola Profesional

Kamu juga bisa menjadikan para pemain sepak bola top dunia untuk dijadikan contoh. Tipe jenis permainan seperti siapakah yang cocok dengan karakter dan skill yang kamu miliki.

Mulai dari cara bermain individu maupun permainan tim harus kamu lihat. Setelah itu kamu bisa kembangkan sesuai dengan kebutuhan pelatih dan tim.

Baca Juga: Istilah dalam Sepak Bola

Akhir Kata

Sepak bola merupakan olahraga yang paling digemari di dunia, sehingga banyak anak yang menjadikan sepakbola sebagai cita-citanya sedari kecil. Maka dari itu, olahraganesia coba memberikan beberapa syarat dan tips untuk menjadi pemain sepakbola.

Baca Juga: Sejarah Permainan Sepak Bola Dunia

Demikian pembahasan ini kami berikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai sepakbola. Salam Olahraga!