Syarat Menjadi Pelatih Sepak Bola

Syarat Menjadi Pelatih Sepak Bola

Menjadi Pelatih Sepak bola - Sepak bola merupakan olahraga dunia yang dimainkan oleh dua tim dimana masing-masing tim terdiri dari 11 pemain.

Sebuah tim juga di pimpin oleh satu pelatih kepala sebagai pengarah tim untuk menampilkan permainan seperti apa yang bisa memenangkan pertandingan.

Menjadi pelatih Sepak bola bukanlah suatu hal yang mudah, seorang pelatih harus pintar dan bijak dalam memilih taktik yang dibutuhkan oleh tim.

Maka dari itu ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam menjadi pelatih Sepak bola. Berikut ini olahraganesia akan membahas beberapa hal yang wajib Anda lakukan dan miliki agar menjadi pelatih Sepak bola yang hebat.

1. Punya Kesepakatan dengan Tim

Punya Kesepakatan dengan Tim

Tentunya menjadi pelatih Sepak bola merupakan hal yang sulit karena Anda harus bisa menjadi orang yang mempunyai wibawa di depan para pemain.

Hal tersebut ditujukan agar para pemain mau mendengarkan intruksi yang Anda berikan.

Maka dari itu Anda dan tim harus membuat kesepakatan di awal kedatangan Anda di tim tersebut. Dari situ juga Anda bisa melihat kedisplinan para pemain, sehingga saat latihan dan pertandingan Anda bisa melihat mana pemain yang benar memiliki jiwa profesional.

Kesepakatan-kesepakatan yang dibuat juga bisa dimulai dari hal kecil seperti, tidak boleh telat saat datang latihan atau tidak boleh pegang handphone saat jam kumpul dengan pemain lain dan staff pelatih serta pengurus.

Atau seperti kesepakatan yang pernah dibuat oleh pelatih Juventus Massimiliano Alegri. Dirinya pernah membuat kesepakatan bahwa pemain yang terkena kartu harus membelikan hadiah untuk pemain lainnya.

Pada pertandingan Liga Champions antara Juventus melawan Valencia di Mestalla, Cristiano Ronaldo mendapatkan kartu merah pada menit 29, akhirnya sesuai dengan kesepakatan yang dibuat, Sang Mega Bintang membelikan rekan setimnya hadiah berupa laptop IMAC.

Baca Juga: Teknik Dasar Sepak Bola

2. Punya Komunikasi yang Baik

Punya Komunikasi yang Baik

Begitu sulitnya menjadi pelatih Sepak bola ialah seorang pelatih harus mempunyai dua sisi kepribadian yang diterapkan sesuai dengan situasi dan kondisi.

Hal kedua ini tentunya hal yang harus di miliki oleh seorang pelatih Sepak bola. Ya komunikasi yang baik akan membantu Anda dalam memberi arahan kepada para pemain. Harus ada pendekatan yang baik dari seorang pelatih kepada pemainnya.

Seorang pelatih Sepak bola juga harus bisa membaca situasi dan kondisi hati seorang pemain. Ini bertujuan agar pendekatan yang dilakukan juga menggunakan cara yang tepat.

Seperti contoh, apabila suasana hati salah satu pemain sedang gelisah, maka Anda sebagai pelatih tidak bisa mengarahkannya dengan emosi, tapi harus dengan pendekatan yang lembut.

Nah dari hal tersebut juga Anda sebagai pelatih bisa melihat pemain yang siap dimainkan dan tidak. Karena sehebat apapun pemain apabila tidak bermain dengan hati dia tidak akan menampilkan permainan terbaiknya.

3. Memiliki Lisensi Kepelatihan

Memiliki Lisensi Kepelatihan

Lisensi kepelatihan merupakan hal yang harus dimiliki oleh seorang pelatih tim profesional. Regulasi kompetisi profesional mewajibkan tim-tim dilatih oleh pelatih yang sudah memiliki lisensi.

Nah lisensi kepelatihan ini diambil melalui suatu program atau kursus yang diselenggarakan oleh lembaga atau organisasi terkait. Lisensi kepelatihan juga mempunyai tingkatan-tingkatannya sendiri.

Namun bagi para pelatih pemula tidak usah risau, Anda bisa saja memulai karir pelatih Anda dari tim yang mengikuti kompetisi Amatir tingkat daerah. Dan ketika dirasa Passion Anda menjadi pelatih, Anda bisa mengikuti kursus Lisensi D yaitu lisensi kepelatihan tingkat dasar.

Setelah itu Anda baru bisa mengikuti kursus-kursus yang diatasnya.

4. Tenang Dalam Situasi Sulit

Tenang Dalam Situasi Sulit

Tentunya dalam melatih sebuah tim Sepak bola, Anda akan di hadapkan dengan situasi genting dan sulit.

Pada umumnya semua orang akan panik saat menghadapi situasi yang berat dan sulit. Nah Berbanding terbalik dengan seorang pelatih Sepak bola, menjadi pelatih Sepak bola haruslah tenang menghadapi situasi sesulit apapun.

Karena ketenangan tersebut akan membuat dirinya bisa menciptakan taktik-taktik jitu yang bisa membuat tim memenangkan pertandingan.

Saat pertandingan berada di menit-menit akhir dan tim sedang tertinggal, seorang pelatih juga harus bisa tenang dan menemukan taktik serta strategi yang tepat agar tim dapat mengejar ketertinggalan.

Baca Juga: Mengenal Posisi Pemain Sepak Bola

5. Terbuka dengan Hal Baru

Terbuka dengan Hal Baru

Menjadi pelatih Sepak bola juga tidak boleh terlalu egois kepada yag lainnya. Dirinya harus bisa menerima saran dan kritik dari pengurus serta staff pelatih lainnya.

Bahkan apabila ada pemain yang memberikan saran strategi atau yang lainnya seorang pelatih harus mendengarkan dan menerimanya dengan lapang dada.

Langkah ini juga bisa menjadikan Anda pelaith yang dicintai oleh semua orang di tim tersebut. Terbuka dengan hal baru juga bisa mempercepat karir Anda menjadi pelatih Sepak bola.

Intinya menjadi seorang pelatih Sepak bola harus bisa lapang dada setiap kali di kritik dan di salahkan oleh semua pihak, karena pelatih kepala menjadi penanggung jawab tim dalam melakoni pertandingan.

6. Paham Taktik

Paham Taktik

Pelatih sebagai juru taktik harus terlebih dahulu paham dengan taktinya sebelum yang lainnya. Hal ini ditujukan agar para pemain lebih mengetahui detail taktik dan strategi yang di inginkan oleh pelatih.

Bayangkan saja apabila seorang pealtih tidak menguasai taktik yang di terapkan, maka pemain yang kebingungan dengan taktik juga tidak bisa diluruskan oleh pelatih tersebut. Alhasil taktik itupun tidak akan berjalan sesuai dengan rencana dan malah bisa jadi menghancurkan permainan tim.

Maka dari itu seorang pelatih harus mau terus belajar memahami taktik-taktik yang akan dia terapkan di tim pada saat pertandingan dan jangan lupa untuk mengasahnya pada saat latihan.

Latihan adalah sarana dan tempat seorang pelatih mengarahkan secara detail taktik yang dia akan terapkan. Dan latihan juga adalah tempat dimana seorang pemain akan melakukan kesalahan dan belajar dari kesalahan tersebut.

7. Berani Ambil Resiko

Berani Ambil Resiko

Kursus kepelatihan memang merupakan hal yang berharga dalam menjadi pelatih Sepak bola. Tapi harus diakui pengalaman juga akan menjadi faktor yang mempengaruhi Anda dalam karir kepelatihan Anda.

Nah pengalaman-pengalaman tersebut Anda dapatkan karena Anda berani untuk mengambil resiko. Di beberapa kondisi dan situasi sulit Anda sebagai seorang pelatih harus bisa mengambil keputusan yang cenderung beresiko.

Dari keputusan tersebutlah Anda belajar untuk hal-hal kedepannya. Bayangkan saja apabila Anda tidak berani untuk mengambil keputusan tersebut, maka Anda tidak akan tau hal yang akan dilakukan dan bagian mana saja yang harus di benahi.

Baca Juga: Pengertian Kickoff

Akhir Kata

Menjadi pelatih Sepak bola memang bukanlah suatu hal yang mudah. Namun apabila itu cita-cita Anda, Anda tidak boleh menyerah.

Beberapa hal diatas bisa coba Anda terapkan dan gali lebih dalam supaya Anda bisa menjadi pelatih profesional dan bisa melatih klub-klub besar baik dalam maupun luar negeri.

Intinya tidak boleh berputus asa apabila belum Anda lakukan dan coba.

Demikian pembahasan menjadi pemain Sepak bola ini di sajikan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan menambah wawasan Anda seputar dunia olahraga. Salam Olahraga!