Pengertian Kick Off

Pengertian Kick Off

Pengertian Kick Off - Tentunya sudah kita ketahui semua, Sepak bola merupakan olahraga populer yang memiliki banyak penggemar. Menendang bola bukanlah hal yang asing bagi manusia yang ada di dunia ini.

Sepak bola menjadi olahraga yang sangat dicintai dan disukai oleh semua kalangan. Hal tersebut wajar, mengingat Sepak bola sudah banyak berjasa mendamaikan beberapa konflik yang ada di dunia ini. Selain itu keindahan yang ada dalam dunia Sepak bola sangat sayang untuk tidak di nikmati.

Sesuai dengan peraturan yang telah di buat oleh FIFA yang merupakan Induk Organisasi Sepak bola Dunia. Sepak bola dimulai dari awalnya peluit Kick Off dibunyikan hingga peluit akhir ditiup oleh wasit. Waktu yang dibutuhkan dalam satu pertandingan Sepak bola ialah 90 menit.

Tapi apakah kamu tahu apa itu pengertian Kick Off ? Dan bagaimana sejarah adanya Kick Off ? Dalam artikel ini olahraganesia juga akan menjelaskan hal yang berkaitan dengan pengertian Kick Off.

Berikut ini olahraganesia rangkum beberapa hal yang berkaitan dengan pengertian Kick Off.

Pengertian Kick Off

Pengertian Kick Off

Suatu pertandingan akan dimulai apabila pemain dari salah satu tim melakukan tendangan yang disebut Kick Off. Kick Off juga akan dilakukan pada awal babak, baik itu babak pertama, kedua ataupun babak tambahan.

Hal itu dikarenakan Kick Off sudah menjadi peraturan yang masuk ke dalam Laws of The Game. Semua peraturan yang wajib dilakukan pada saat pertandingan Sepak bola sudah tercantum dalam peraturan tersebut.

Isi dari Laws of The Game terdiri dari 17 Law, dimana semua peraturan mulai dari lapangan pertandingan hingga tendangan sudut diatur dalam buku peraturan ini. Kick Off sendiri termasuk ke dalam Law 8 yang isinya menyangkut tentang Awal dan Pelanjutan Ulang Permainan.

Apabila kita pahami pengertian Kick Off ialah sebuah tendangan yang dilakukan oleh pemain sebagai tanda dimulainya permainan. Tendangan Kick Off ini akan dilakukan di tengah lapangan oleh pemain dari salah satu kesebelasan.

Pada awal pertandingan tim yang memenangkan undian koin lah yang berhak melakukan Kick Off terlebih dahulu dan tim yang satunya melakukan Kick Off di babak kedua.

Baca Juga: Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Sejarah Kick Off

Sejarah Kick Off

Apabila kita lihat sejarah awal adanya Sepak bola, tentunya olahraga ini tidak ada peraturan yang bernama Kick Off.

Pada awal hingga sebelum 1863, untuk memulai sebuah pertandingan Sepak bola dibeberapa tempat dilakukan pelemparan bola ditengah lapangan oleh seorang pejabat netral. Dan kemudian para pemain dari kedua kesebelasan akan bertarung merebut bola tersebut.

Begitu juga dengan peraturan “Surrey Football Club”, menetapkan bahwa pertandingan Sepak bola akan dimulai dengan pelemparan bola ditengah tanah.

Peraturan yang diterbitkan pada tahun 1849 tersebut ini mengatur tentang bagaimana melakukan peng-awalan dalam pertandingan Sepak bola.

Kemudian pada tahun 1845 di Rugby School, sebuah peraturan tertua diterbitkan. Peraturan ini menetapkan bahwasanya sebuah pertandingan Sepak bola harus dimuali dengan melakukan Kick Off yaitu menendang bola oleh pemain salah satu tim di tengah-tengah lapangan permainan.

Barulah pada tahun 1863, Hukum FA menetapkan tim yang memenangkan undian lah yang melakukan Kick Off dan pemain lawan harus berada di jarak 10 meter dari bola.

Kemudian pada tahun 1873, peraturan diubah lagi bahwa tim yang memenangkan undian diberi pilihan akan memulai Kick Off terlebih dahulu atau memilih tempat tujuan mencetak gol.

Pada tahun 1997, peraturan Kick Off diubah lagi, bahwa Kick Off dilakukan oleh tim yang kalah dalam undian. Dan pada akhirnya tepat pada 1 Juni 2019, pihak yang memenangkan undian mendapatkan pilihan bahwa timnya boleh melakukan Kick Off atau memilih tujuan tempat mencetak gol.

Dan untuk arah yang dilakukan pada tendangan Kick Off juga masuk ke dalam peraturan yang tercantum pada Laws Of The Game.

Peraturan ini merupakan hasil dari Konferensi Sepak bola Internasional yang dilakukan pada tahun 1882 dan diimplementasikan setahun kemudian. Bahwasanya tendangan kick haruslah ditendang kearah depan.

Pada tahun 1875 juga ditetapkan bahwa tidak boleh mencetak gol langsung dari Kick Off. Kemudian pembatasan ini di balik sekitar tahun 1997, yaitu pemain boleh langsung mencetak gol dari Kick Off.

Cara Melakukan Kick Off

Cara Melakukan Kick Off

Sebelum tahun 2016, Kick Off dilakukan oleh dua pemain, dimana pemain pertama tidak boleh menyentuh bola sebelum bola disentuh pemain lainnya. Dan juga bola harus mengarah kedepan.

Namun pada tahun 2016, FIFA menghapus peraturan tersebut dan menggantinya. Cara melakukan Kick Off yang baru sesuai aturan FIFA ialah bola boleh langsung diarahkan ke belakang dan dilakukan oleh satu pemain.

Selain bisa ditendang kebelakang, tendangan pertama ini juga boleh langsung mengarah ke gawang lawan. Dan apabila tendangan tersebut masuk ke dalam gawang lawan maka dianggap sebagai gol yang sah.

Namun tetap saja pada saat akan dilakukan Kick Off pemain lawan yang tidak melakukan Kick Off tidak boleh melewati garis yang berada ditengah lapangan.

Baca Juga: Syarat Menjadi Pelatih Sepak Bola

Perkembangan Kick Off

Perkembangan Kick Off

Tentunya perkembangan Kick Off mempunyai kaitan dengan pengertian Kick Off. Karena Kick Off beberapa kali mengalami perkembangan walaupuntidak terlalu mencolok. Hanya beberapa perubahan sedikit pada saat melakukan Kick Off.

Namun perkembangan tersebut masuk kedalam buku sejarah adanya Kick Off, dimana perkembangan yang terjadi tersebut harus diikuti oleh semua pemain.

Tidak ada yang mengetahui kedepannya FIFA akan mengubah lagi atau tidak peraturan dalam melakukan Kick Off.

Penyebab Terjadinya Kick Off

Penyebab Terjadinya Kick Off

Pengertian Kick Off merupakan tendangan pertama yang dilakukan untuk memulai sebuah pertandingan. Kick Off saat ini dilakukan oleh pemain dari salah satu tim yang bebas mengarahkan bola kedepan atau kebelakang.

Selain pengertian Kick Off, olahraganesia juga akan menjelaskan beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya Kick Off. Berikut ini penyebab terjadinya Kick Off dalam dunia Sepak bola.

Memulai Pertandingan

Sudah dijelaskan diatas, bahwa sebuah pertandingan Sepak bola akan dimulai setelah dilakukan Kick Off.

Pemain dari salah satu tim akan melakukan tendangan Kick Off setelah wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan.

Saat Terjadi Gol

Kick Off juga akan dilakukan apabila salah satu dari tim mencetak gol. Tim yang kebobolan akan melakukan Kick Off dari tengah.

Memulai Babak Kedua

Tendangan dari tengah ini juga dilakukan pada saat kedua tim telah menyelesaikan babak pertama dan istirahat di ruang ganti masing-masing.

Sama seperti babak pertama, maka pada awal babak kedua juga salah satu tim harus melakukan Kick Off sebagai tanda dimulainya pertandingan.

Memulai Babak Perpanjangan Waktu

Dalam pertandingan Sepak bola dengan sistem gugur, seringkali kedua tim mengalami hasil imbang dalam waktu normal 90 menit. Nah imbas dari hasil tersebut maka kedua tim harus melakukan pertandingan dengan perpanjangan waktu.

Perpanjangan waktu juga dilakukan dengan dua babak dengan waktu 15 menit perbabak. Dalam perpanjangan waktu ini juga, untuk memulainya salah satu tim harus melakukan Kick Off sebagai tanda dimulainya babak perpanjangan waktu.

Baca Juga: Pola Permainan Sepak Bola

Akhir Kata

Tentunya pengertian Kick Off ini bisa kita pahami dengan mudah yaitu sebuah tendangan yang dilakukan oleh beberapa sebab yang sudah dijelaskan diatas.

Dan beberapa perkembangan yang terjadi dalam dunia Sepak bola juga terkadang ikut membuat cara melakukan Kick Off berubah. Maka dari itu peraturan yang ada pada saat ini belum tentu menjadi peraturan Kick Off di masa yang akan datang.

Demikian penjelasan mengenai pengertian Kick Off ini dijelaskan oleh olahraganesia, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita seputar dunia olahraga khususnya Sepak bola. Salam Olahraga!