Induk Organisasi Sepak Bola

Induk Organisasi Sepak Bola

Induk Organisasi Sepak Bola- Setiap cabang olahraga pastinya memiliki Induk Organisasinya masing-masing, baik itu tingkat nasional atau tingkat Internasonal. Organisasi adalah kepengurusan dari masing-masing cabang olahraga.

Pada kesempatan kali ini olahraganesia akan membagikan informasi tentang induk organisasi sepak bola dunia dan sepak bola indonesia.

Baiklah, untuk menyingkat waktu berikut ini merupakan induk dari organisasi sepak boal dunia dan sepak bola indonesia.

Apa itu organisasi?

Apa itu organisasi

Organisasi adalah salah satu perkumpulan dari orang-orang yang telah dibentuk dalam sebuah kelompok yang mana kelompok atau organisasi tersebut betugas untuk saling bekerjasama untuk mencapai keberhasilan dan tujuan bersama.

Arti dari kata organisasi yaitu bentuk dari pembagian kerja antar sekelompok orang yang melakukan kerja sama dengan cara tertentu untuk mengapai tujuan dan cita-cita bersama.

Baca Juga: Pengertian dari Sepak Bola Gajah

Mengenal Induk Organisasi Sepak Bola Tingkat Nasional (PSSI) Dan Internasional (FIFA)

Mengenal Induk Sepak Bola Nasional dan Internasional

Tentu bagi anda yang menggemari permainan sepak bola pastinya Anda mengetahui Induk dari organisasi sepak bola seperti PSSI dan FIFA.

Jadi bagi Anda penggemar sepak bola khususnya, jangan sekedar hanya mengenal sepak bolanya saja, yuk mari kita sedikit mengenal organisasi sepak bola untuk menambah wawasan kita.

Induk Organisasi Sepak Bola Indonesia

Induk Organisasi Sepak Bola Indonesia

Iya benar Induk Organisai Sepak Bola Indonesia adalah PSSI atau kepanjangan dari persatuan sepak bola seluruh Indonesia merupakan induk organisasi sepak bola tingkat nasional, tugasnya mengurus dan mengawasisepak bola Indonesia.

PSSI berdiri pada tanggal 19 april 1930 saat itu diketuai oleh Soeratin Sosrosoegondo. Pada tahun 1952, PSSI mulai berkabung dengan FIFA.

PSSi sendiri sudah mengalami pergantian ketua sebanyak 17 kali, dan yang terakhir menjabat sebagi ketua PSSI saat ini adalah Mochamad Iriawan atau biasa disebut dengan Iwan Bule.

Tugas umum dari PSSI adalah mengatur dan mengawasi sepak bola Indonesia. Namun, PSSi juga berperan penting dalam mendukung dan memfasilitasiolahraga sepak bola Indonesia. PSSi juga bertanggung jawab atas semua kegiatan pertandingan, baik nasional maupun internasional.

Secara materil, PSSI adalah sumber semua anggaran dan pengeluaran untuk sepak bola Indonesia.

Berikut lima tugas PSSI yang diwajibkan FIFA:

PSSI menyiapkan player relation. Selain itu PSSI dan APPI akan menetapkan standar kontrak bagi pemain sekaligus menyiapkan asuransi.

Mereview statuta PSSI agar sama dengan statuta FIFA yang baru sekaligus berkomunikasi dengan pemerintah terkait dengan kesepatakan yang bisa dijalankan bersama dan yang tidak.

Mereview Indonesia Super League sebagai kompetisi resmi PSSI. Sekaligus mengkaji status Indonesia Soccer Championship (ISC) dalam kongres Exco PSSI, 1 Juni di Balikpapan.

Mempersiapkan Tim Nasional Indonesia untuk memgikuti bebrapa agenda FIFA yang terdekat seperti Piala AFF 2016, Sea Games 2017, dan Asian Games 2018.

PSSI berkoordinasi dengan pihak yang terkait dengan pengembangan infrastruktur untuk memajukan sepak bola nasional.

Baca Juga: Makna dari Logo Sepak Bola Indonesia

Organisasi Sepak Bola Dunia

Organisasi Sepak Bola Dunia

Berbedan dengan PSSI, ternyata FIFA atau kepanjangan dari federation internasional football association adalah induk dari organisasi sepak bola internasional yang membawahai organisasi sepak bola semua yang ada pada setiap negara, termasuk Indonesia.

FIFA sendiri mulai berdiri pada tanggal 21 Mei 1904 di Perancis.

Tugas umum dari FIFA yaitu mempromosikan sepak bola serta mengatur dan mengawasi transef pemain antar tim. Dalam pemberian peringkat, FIFA memiliki hak yang penuh untuk memberikan predikat, gelar pemain terbaik dunia FIFA dan menerbitkan daftar peringkat dunia FIFA setiap bulannya.

Dalam sistem hukum dan peraturan sepak bola, FIFA juga berkuasa atas pembuatan ataupun menetapkan peraturan dalam sepak bola.

Dari sector fundrishing, FIFA merupakan sumber dana terbesar bagi penyelenggaraan sepak bola dalam pertandingan antar Negara.

Dalam tugasnya tersebut FIFA memiliki asosiasi di beberapa benua, yaitu, AFC di Asia, CAF di Afrika, CONMEBOL di Amerika Selatan, CONCACAI di Amerika Utara, Tnegah dan Karibia. OEC di Oceania dan UEFA di Eropa.

Akhir Kata

Demikian mengenai induk organisasi sepak bola tingkat nasional (PSSI) dan internasional (FIFA). Anda sebagai penggemar olahraga sepak bola, wajib mengetahui induk organisasi yang mengayomi sepak bola karena sejarah sepak bola itu sendiri tidak pernah lepas dari keberadaan induk organisasi sepak bola tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih. Salam Olahraga!