Wisata Pantai Tuban

Wisata Pantai Tuban

Assalamualaikum sob!. Sudah pernah mendengar Kota Tuban atau belum?. Malah barangkali sudah ada yang pernah mengekspor wisata-wisata yang dipunyai Kota Tuban. Kota yang tempatnya strategis dilewati oleh jalan yang sangat panjang yaitu jalan Pantura.

Menjadikan Tuban cocok sebagai kawasan perdagangan lo sob. Apa lagi tuban terkenal dengan wisata religi dan wisata alamnya.

Saya ingin berbagi sedikit keseruan  yang pernah terjadi ketika mengunjungi beberapa tempat wisata di Tuban.

Oke sob. Mari simak ceritaku mengekspor wisata di Tuban.

Lets goo.

Kota Tuban

Kota Tuban
Sumber dianumizn.weebly.com

Tuban, siapa yang tidak kenal dengan kota yang satu ini. Kota yang menyimpan berbagai pesona keindahan yang ada di dalamnya. Kota yang tidak terlalu sangat besar yang di lewati oleh jalan pantura dan berletak di tepi laut.

Kota ini menyimpan banyak objek wisata, mulai dari wisata religi, wisata alam, wisata laut, hingga minuman khasnya.

Tak sedikit juga yang menjuluki kota Tuban ini sebagai bumi wali. Karena terdapat banyak wali yang berada di Tuban. Mulia dari yang terkelan di Nusantara sampai yang tak begitu terdengar populer namanya.

Tak kalah menarik dari wisata religinya. Tuban mempunyai wisata alam pegunungan dan wisata lautnya. Saking Sangat banyaknya objek wisata yang berada di Tuban hingga membuatnya begitu terkelan di kalangan wisatawan.

Mari simak ceritaku sob, hehehe

Wisata- Wisata Kota Tuban

kontraktorkubahmasjid.com
Sumber kontraktorkubahmasjid.com

Wisata yang berada di Tuban letaknya pun sangat strategis. Jika kalian melewati jalur pantura kalian bisa mampir ke tempat wisata di sekitaran jalur itu.

Ada wisata yang dekat dengan jalur pantura. Yaitu wisata Pantai Boom, Pantai Cemara, Pantai Pasir Putih Remen, Pantai Kelapa, dan Pantai Sowan, dll.

Wisata alamnya tidak kalah ketinggalan. Ada Goa akbar, dan wisata pegununga. Sampai membuatku bingung menyebutkan sob, hehe

Di sini saya hanya menceritakan sedikit saja sob, soalnya saya tidak di hari yang sama ketika berwisata. jadi hanya penggalan-penggalan saja.

Semoga bisa memberi sedikit inspirasi wisata buat kalian sob, heehe

Pantai Boom

Pantai Boom
Sumber ihategreenjello.com

Petualangku dimulai dari Pantai Boom sob. Konon di pantai ini ada sejarahnya juga lo ya sob.

Menurut jejak sejarah yang pernah tercacat, disinilah Adipati Ronggolawe bersama dengan pasukannya menyerbu tentara Mongol. Pada waktu itu, tentara ini mencoba untuk menyerang kerajaan singasari.

Oleh karena itu,tidak heran bahwa di kawasan ini ditemukan banyak sekali benda-benda bersejarah. Sebagai contoh yang bisa dilihat wisatawan disini adalah guci, senjata-senjata kuno, dan keramik-keramik menarik yang bisa dijadikan sebagai saksi bagaimana kejayaan pantai boom dahulu.

Pantai boom terletak berdekatan dengan 3 lokasi wisata sob, masih satu kawasan dengan pantai bom yaitu Alun-alun kota Tuban, Masjid Agung Tuban, dan dekat pula dengan slah satu makam 9 wali tanah jawa yaitu Sunan Bonang.

Dapat paket lengkap sob jika kalian berwisata di pantai bom ini, hehe

Saya dan teman-teman menikmati  indahnya pantai boom sambil memanfaatkan foto di setiap momen. Jika kalian ingin mencari sunset matahari terbenam di sini juga bisa kok.

Saya dan teman-teman juga begitu ketika berada di situ. Soalnya ketika kami di situ bertepatan pada saat sore menjelang magrib.

Tak sampai di situ ketika sudah masuk waktu magrib. Sekalian sob solat jama’ah di masjid agung tuban sambil menunngu waktu solat isya’.

Jangan lupa bagi kalian yang ingin dapat paket lengkapnya. Sekalian berziarah ke makam mbah Mbonang.

Biar dapat bekahnya sob, hehe.

Pantai Cemara

Pantai Cemara
Sumber kumparan.com

Mungkin bagi kalian yang pernah ke Tuban pasti tak asing dengan nama Pantai Cemara. Tempat wisata yang berada di Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Indonesia. Tempat ini tak kalah indah dengan pantai lainya, pemandangan yang saya rasakan ketika berada di sana cukup membuat hati senang dan tidak rugi ketika sampai.

Ketika saya berada di sana terlihan banyak pohon Cemara yang lumayan banyak. Mungkin itu sebabnya di namakan pantai Cemara ya sob, hehe.

Saya tidak sendiri ketika di pantai cemara. Saya dengan teman-temanku yang juga ingin mengeksplor wisata di Tuban.

Kami berfoto-foto sembari menikmati angin pantai yang saat itu lumayan sejuk.

Tempat ini sama dengan halnya wisata lainya sob. Sangat ramai ketika hari libur, sampai-sampai ketika kalian ke tempat ini pas hari libur. Harus bersabar untuk bisa memasuki area, karena saking banyaknya wisatan.

Pantai Pasir Putih Remen

Pantai Pasir Putih Remen
Sumber doripos.com

Salah satu ceritaku lagi sob. Masih dalam kawasan kota yang sama yaitu Tuban, tak ada habisnya jika membicarakan kota Tuban.

Wisata ini terletak di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Jika melewati jalan utama jalur pantura kita harus menempuh perjalanan yang lumayan agak jauh untuk masuk ke area wisata ini.

Ketika saya berwisata ke tempat ini. Bertepatan pula dengan liburan hari raya Idul Fitri pengunjung yang datang sangat ramai, hingga rasanya mata lelah untuk memandang wisatawan yang ada.

Walaupun begitu susasana pantai masih sangat asyik untuk di nikmati, ada yang berenang, ada yang memancing, ada juga yang hanya menikmati untuk berfoto.

Maklum tempat ini sangat cocok untuk di jadikan tempat foto, banyak tempat yang sengaja di buat untuk menunjang sarana yang di suguhkan kepada wisatawan.

Ketika saya rasa sudah lelah mengitari area ini. Saya dan teman-teman mencari makan di sekitar area pantai, sambil merasakan tiupan angin laut dan menikmati  pemandangan ombak yang berguling-guling.

Sepertinya sama dengan pantai Cemara sob, nama ini di ambil juga karena semua pasir yang berada di situ berwarna sangat putih.

Pantai Kelapa

Pantai kelapa
Sumber wisatadestinasi.com

Satu lagi sob. Pantai kelapa, pantai yang juga menjadi tempat tujuan wisata jika berada di Tuban.

Pesona pemandangan yang indah yang saya rasakan. Karena perpaduan antara lautan di hiasi pasir putih dan di payungi oleh daun pohon-pohon Kelapa. Mungkin ini juga yang menjadi sebagai julukan pantai ini sob, hehe

Tempat wisata  Pantai Kelapa ini berlokasi di desa Panyuran Kecamatan Palang kabupaten Tuban. Cukup lama perjalan yang saya tempuh untuk menuju tempat ini sob. Kurang lebih antara 1 jam setengah  perkirakan dari rumah saya.

Ketika saya berada di situ. Tempatnya memang sangat teduh karna di payungi dedaunan pohon kelapa. Ada juga jembatan yang di bangun di atas tepi  laut untuk di jadikan area foto.

Tempatnya pun lumayan bersih sob. Karena perawatanya juga rutin dilakukakn oleh petugas kebersihanya sob, hehe.

Tak mau melewatkan tempat yang cocok untuk berfoto. Saya dan teman-teman saling bergantian untuk berfoto, tak jarang kami meminta bantuan kepada pengunjung lain untuk memfotokan kami.

Pemandangan yang wajib ada di setiap tempat wisata tepi pantai adalah pedagang yang membuka stand berjejer di kawasan tepi pantai.

Agar mempermudah para wisatawan jika merasa lapar tinggal pesan dan makan sambil menikmati pemandangan sekitar.

Hikmah Yang Dapat Diambil

Hikmah Yang dapat Diambil
Sumber stagramer.com

Hikmah yang dapat diambil dari sedikit cerita saya. Mari mensyukuri nikmat tuhan dengan cara meningkatkan kualitas keimanan kita. Dan juga menjauhi larangannya.

Karena dengan cerita di atas. Itu adalah sebagian kecil dari ciptaan Allah SWt. Coba bayangkan siapa manusia yang bisa menciptakan gunung, laut dan beranekaragaman yang ada di bumi ini.

Mari kita mensyukuri nikmatnya jangan malahmengkufuri nikmatnya.

Allah berfirman dalam satu kalamnya,

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ ﴿٧﴾ وَقَالَ مُوسَىٰ إِن تَكْفُرُوا أَنتُمْ وَمَن فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا فَإِنَّ اللَّـهَ لَغَنِيٌّ حَمِيدٌ ﴿٨

“Dan (ingatlah juga), tatkala Rabbmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih. Dan Musa berkata: “Jika kamu dan orang-orang yang ada di muka bumi semuanya mengingkari (nikmat Allah) maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (QS. Ibrahim: 7-8)