6+ Teknik Pembuatan Batik [Terlengkap Beserta Caranya]

6+ Teknik Pembuatan Batik [Terlengkap Beserta Caranya]

Teknik Pembuatan Batik – Batik adalah Salah satu budaya asli yang tidak bisa dipisahkan dari bangsa Indonesia. Satu dari sekian budaya yang ada, membuat batik menjadi pesona tersendiri bagi Indonesia. Kebudayaan turun temurun dari nenek moyang kita hingga sampai pada masa sekarang.

Kita harusnya sebagai generasi penerus bangsa harus bisa menjaga warisan nenek moyang. Dengan cara melestarikan budaya, salah satunya adalah batik ini. Sebagai warga Indonesia pasti malu kalau kita tidak mengenal teknik untuk membatik, maka disini saya akan menjelaskan teknik yang digunakan beserta caranya. Pada umumnya teknik pembuatan batik dibagi menjadi 6 macam.

Semoga bisa bermanfaat bagi kalian para generasi penerus bangsa, mari kita simak penjelasannya. Yuk langsung saja masuk ke pembahasan pertama tentang teknik pembuatan batik cap.

1. Teknik Cap

teknik pembuatan baik teknik cap

Teknik pembuatan batik cap adalah metode yang sering digunakan para pengrajin untuk membuat batik tradisional maupun modern. Tidak jauh berbeda, teknik membuat batik yang satu ini juga menggunakan alat membatik yaitu canting.

Tapi pada teknik ini canting yang digunakan berbeda dengan canting batik tulis. Untuk yang satu ini menggunakan canting cap timbul, canting cap ini dicelupkan pada cairan malam lalu di capkan ke kain mori.

Ciri dari teknik cap juga memiliki aroma cairan malam yang khas, karena bahan bahan yang dipakai relatif sama. Ciri lain yang ada dalam teknik satu ini adalah warna pada kain bagian depan lebih terang atau pekat, disamping itu bagian belakang lebih tipis.

Cap sendiri terbuat dari tembaga dengan berbagai ukuran-ukuran yang berbeda, tergantung motif yang ada dalam cap.

Cara Membatik Teknik cap

  1. Letakkan kain mori di atas meja yang di alasi bahan empuk.
  2. Cairkan bahan malam atau lilin batik ke dalam wajan yang lebih besar atau yang sama dengan ukuran cap.
  3. Kemudian celupkan cap ke dalam wajan dan lalu tempelkan ke kain mori secara simetris.
  4. Proses terakhir yaitu penjemuran kain yang sudah di cap.

Kelebihan dari teknik cap ini adalah konsistensi pada pola dan lebih cepat pada pemalaman. Untuk ukuran kain yang digunakan dalam teknik ini adalah 2 x 1 meter

2. Teknik Canting Tulis

canting untuk pembuatan batik
priyokurniawan135.wordpress.com

Teknik canting tulis, dari namanya saja sudah ada kata-kata tulis pastilah teknik pembuatan batik tulis yang satu ini menggunakan cara tradisional dan manual. Teknik ini biasanya cenderung lebih lama dalam prosesnya.

Teknik membuat batik yang satu ini menggunakan alat khas jawa yang digunakan untuk membatik yaitu canting. Canting ini berfungsi seperti pena dalam proses membatik, dan cairan malam ibaratkan tinta untuk penanya.

Canting tulis dilakukan secara manual, karena dalam motif gambar yang akan di batik cenderung tidak simetris atau tidak sama dalam keseluruhan motif, ukurannya pun berbeda-beda setiap motif.

Penggunaan canting tulis ini, warna motif bagian depan pada kain dan belakang memiliki kesamaan, hal ini disebabkan proses pembatikan dilakukan pada kedua sisi kain.

Teknik ini juga mempunyai aroma yang khas. Penyebabnya adalah proses pewarnaan pada canting tulis yang menggunakan warna alami, contohnya daun tom dan akarnya untuk warna biru, kayu teger untuk warna kuning, kulit kayu tingi untuk warna hitam dan kayu jambal untuk warna coklat.

Cara Membatik dengan Teknik Canting Tulis

Untuk teknik-teknik pembuatan batik tulis dengan menggunakan cara ini lumayan banyak tahap yang harus di jalankan. Tapi perlu diingat sebelum membuat batik, kita harus menyiapkan alat-alat yang dipakai untuk membatik. Oleh karena itu baca juga artikel tentang alat untuk membatik.

1. Membuat Desain

Tahap pertama yang harus dilakukan dalam proses pembuatan batik adalah membuat desain atau kerangka batik, disini kamu bisa membuat berbagai pola untuk batik yang akan kamu buat. Anda juga sebaiknya sudah memahami terlebih dulu teknik membuat pola batik yang baik dan benar.

Kalau kamu ingin membuat batik tulis tradisional ada dua motif, yaitu motif klasik dan motif pesisiran. Untuk bahan referensi kalian silahkan baca motif batik Jawa Timur barangkali bisa memunculkan desain yang inovatif.

2. Melukis di Kain

Tahap selanjutnya setelah kamu menggambar pola, tebalkan pola yang sudah jadi dengan lilin yang sudah dicairkan menggunakan canting. Orang jawa menyebutnya dengan menyantingi.

3. Menutup Bagian Putih

Proses lanjutannya adalah menutupi bagian putih menggunakan lilin. Maksud bagian putih disini adalah, bagian yang tidak akan kita warnai dengan macam-macam warna. Canting untuk bagian ini menggunakan canting yang halus, sementara untuk bagian yang besar menggunakan canting kuas.

Dalam proses ini bertujuan agar saat dilakukan pewarnaan menggunakan pewarna, bagian yang diberi lilin tidak terkena warna.

4. Pewarnaan Kain

Pewarnaan kali ini dilakukan pada bagian yang tidak tertutup oleh lilin. Lalu celupkan kain yang sudah di beri lilin kepada warna tertentu. lalu keringkan dengan cara di panaskan atau dijemur.

5. Melukis Kembali Dengan Canting

Setelah kain kering, langkah selanjutnya adalah melukis kembali dengan canting. Tujuanya adalah agar mempertahankan warna dalam proses pewarnaan tahap pertama. Setelah selesai celupkan lagi kain untuk pewarnaan tahap kedua.

6. Menghilangkan Lilin

Setelah proses pewarnaan selesai, selanjutnya kamu bisa menghilangkan lilin yang menempel pada kain. Untuk cara yang satu ini, siapkan tungku dan air yang sudah dipanaskan lalu celupkan kain ke dalam tungku.

7. Membatik Lagi

Setelah dirasa kain sudah bersih, dan kering, selanjutnya proses pembatikan lagi. Tujuannya adalah untuk mempertahankan atau memperkuat warna pada pewarnaan pertama dan kedua.

Satu lagi proses pelelehan, membuka atau menutup lilin ini bisa dilakukan berulang-ulang. Tergantung pada banyaknya warna yang dipakai.

8. Nglorot

Tahap ini adalah merebus kain yang sudah berubah warnanya dengan air panas. Tujuan dari tahap ini untuk menghilangkan lapisan lilin. Sehingga motif yang ada pada kain akan nampak terlihat lebih jelas.

9. Mencuci Kain Batik

Setelah melalui tahap demi tahap, tiba saatnya untuk tahap yang terakhir yaitu mencuci dan menjemur kain batik hingga kering. Baru setelah kering kain batik bisa kamu gunakan sesuai keinginan.

Ukuran kain yang biasanya dipakai untuk batik canting tulis adalah 2x 1,25 meter. Terdapat pengecualian untuk batik-batik kuno, inisial nama pembatik biasanya terdapat pada ujung kain.

Dalam teknik pembatikan yang satu ini harus mempunyai  jiwa seni dan kreatifitas yang tinggi. Proses ini juga memakan waktu yang cukup lama, oleh karena itu harga jual batik ,model canting tulis relatif mahal.

Teknik pembuatan batik dengan cara menutup gambar dengan menggunakan lilin batik disebut batik canting tulis.

3. Teknik Celup Ikat

teknik celup ikat
id.wikihow.com

Teknik pembuatan batik dengan warna yang mengikat juga disebut teknik celup ikat, banyak dipakai untuk praktek pada kegiatan kesenian sekolah. Tidak ada aturan -aturan yang sangat penting didalam teknik membuat batik yang satu ini.

Pembuatan pola atau motif pada kain dibuat dengan cara mengikat sebagian kain lalu mencelupkan ke dalam cairan pewarna. Dalam proses pewarnaan terkadang kain dicelupkan pada beberapa warna untuk menghasilkan warna campuran yang berpola.

4. Teknik Printing

batik printing

infobatik.id

Teknik printing termasuk dalam kategori teknik pembuatan batik, teknik ini bisa dikatakan yang paling modern. Tapi jangan lupa juga mempelajari apa itu batik yang merupakan warisan budaya bangsa Indonesia.

Dalam teknik ini sudah menggunakan alat-alat yang berbau modern, dan canggih untuk masalah pembatikan. Pewarnaan pada proses batik printing ini hanya diwarnai pada satu sisi kain saja.

Sehingga pada saat proses produksinya sangat cepat dan efesien. Bukan hanya itu saja, alat yang digunakan untuk batik printing sudah sangat canggih dan sudah komputerisasi, bisa membuat motif batik bervariasi,sangat detail, dan lain-lain.

Pada teknik ini tidak memiliki aroma yang dihasilkan seperti teknik-teknik sebelumnya. Sebab pada teknik ini menggunakan bahan pewarna kimia. Dengan keunggulan yang dimiliki batik printing ini bisa memberikan atau memilih warna yang disukai selera masing-masing.

Dari beberapa keunggulan yang dimiliki teknik satu ini, akhirnya menjadikan harga jual batik pabrikan ini jauh lebih murah dibandingkan harga batik tulis dan batik cap.

5. Teknik Colet

teknik pembuatan batik teknik colet
sayaajarkan.com

Teknik pembuatan batik dengan teknik colet ini diperkirakan muncul seiring dengan penggunaan zat pewarna batik dari kimia. Teknik colet ini sering juga disebut teknik lukis.

Teknik ini tidak jauh berbeda dengan nama yang digunakan, caranya adalah dengan mengoleskan pewarna kain dengan kuas atau kapas, juga bisa dengan proses mencanting malam panas yang sudah diberi warna lalu melukiskan motif diatas kain mori.

Pola yang dibuat pada teknik colet ini biasanya dibentuk dari coretan malam. fungsinya sebagai pembatas warna, sehingga kuas yang sudah dicelup zat warna di oleskan atau di sapukan didalam pola tersebut. Tujuannya agar warna tidak melebar ke bagian lain karena terbatasi oleh malam yang sudah dicoretkan ke kain.

Dalam proses satu ini kehati-hatian dari sang pembatik sangat diperlukan, agar ketika sedang mencoletkan warna, tidak ada yang menetes atau keluar dari pola yang sedang dalam proses pewarnaan.

Pada teknik pembatikan dengan colet ini tidak hanya sekedar membatik, namun ,merangkap seniman lukis, atau keterampilan dalam melukis. Karena membuat pola atau motif pembatik harus jeli dan teliti, juga memiliki imajinasi warna yang baik.

Coba baca juga batik yang terkenal di daerah Cirebon motif mega mendung untuk menambah pengetahuan kalian.

6. Teknik Campuran (Cap dan Tulis)

Teknik pembuatan batik ini adalah menggabungkan antara teknik batik tulis dan batik cap. Batik cap biasanya di gunakan di sisi pinggir kain,atau sebaliknya tulis digunakan  untuk sisi pinggir kain. Pewarnaan dan pencuciannya juga sama dengan sebelumnya.

Penutup

Mungkin itu saja ya sobat ilmunik, informasi yang dapat saya bagikan tentang berbagai teknik pembuatan batik secara lengkap. Semoga dengan penjelasan ini bisa membantu dan menambah pengetahuan Anda.