Tari Tandak | Sejarah, Fungsi, Kostum, Iringan, Perkembangan (Lengkap)

Tari Tandak | Sejarah, Fungsi, Kostum, Iringan, Perkembangan (Lengkap)

Tari Tandak - merupakan salah satu tarian tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Riau Kepulauan Riau. Tarian tandak ini tergolong jenis tarian pergaulan yang biasanya dibawakan oleh para penari pria dan wanita. Para penari tersebut akan menggunakan kostum tradisi Melayu dengan gerakan yang khas serta diiringi oleh lagu dan musik pengiring.

Tarian ini termasuk kedalam salah satu jenis tarian penyambutan tradisional yang terkenal di daerah Riau lo sobat ilmunik. Biasanya akan ditampilkan di berbagai acara, baik acara adat atupun acara budaya yang diselenggarakan di daerah tersebut.

Pada artikel kali ini, saya akan membagikan informasi seputar tarian tandak untuk sobat ilmunik semua. Mulai dari sejarah hingga perkembangannya, akan saya bagikan informasinya pada artikel ini.

Yuk langsung saja sobat ilmunik kita masuk ke pembahasan utama kita.

Sejarah Tari Tandak

Berdasarkan catatan sejarahnya, tari tandak ini sudah ada sejak zaman dahulu kala. Tarian ini pada mulanya merupakan suatu tradisi masyarakat yang dilakukan untuk mempertemukan muda-mudi dan menjadi media untuk saling mengenal dan bersilaturahmi.

Oleh sebab itulah, tidak sedikit juga dari mereka yang mengikuti tarian tarian tandak ini, sekaligus mencari jodoh atau pasangan hidupnya. Tarian ini bahkan dilakukan secara rutin setiap tahunnya, khususnya pada bulan juli-oktober dimana bulan tersebut menjadi musim panen bagi para petani.

Acara ini umumnya akan dipertunjukkan pada malam hari dan dipimpin oleh Kepala Ngejang selaku pemimpin tarian. Akan tetapi seiring berkembangnya zaman, tradisi ini mulai pudar dan semakin jarang sekali.

Akhirnya, untuk menjaga tarian ini untuk tetap berkembang, tarian ini kemudian dikembangkan lagi menjadi jenis tarian pertunjukkan.

Fungsi Tari Tandak

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya ya sobat ilmunik, bahwa tari tandak lebih difungsikan sebagai media bertemu, bersilaturahmi dan saling mengenal oleh masyarakat, terlebih lagi muda-mudi. Selain itu, tarian ini juga dapat menjadi suatu hiburan tersendiri bagi masyarakat ketika merayakan sesuatu.

Bagi masyarakat Riau, tarian ini dimaknai sebagai penggambaran ungkapan kegembiraan dan rasa syukur. Serta digambarkan juga sebagai simbol keakraban dan ikatan yang telah terjalin diantara mereka.

Baca Juga Tari Pendet

Pertunjukan Tari Tandak

Pada saat pementasannya, tari tandak ini biasanya dipentaskan secara berpasangan oleh para penari pria dan wanita. Mereka akan menggunakan busana khas Melayu, mereka akan menari dengan gerakan yang khas dengan diiringi oleh syair atau lagu dan alunan musik pengiring.

Gerakan tari tandak sendiri adalah berupa gerak dinamis. Gerakan ini lebih didominasi oleh gerakan kaki dan tangan yang bergerak lincah. Selain itu, pada saat penampilan tarian ini akan ada juga beberapa gerakan seperti pencak silat, serta gerakan-gerakan gaya Melayu Sumatera yang khas.

Jika sobat ilmunik perhatikan dengan cermat, di dalam setiap gerakan tarian ini mempunyai makna khusus di dalamnya.

Kostum Tari Tandak

Kostum yang digunakan dalam tarian tandak biasanya berupa pakaian tradisional. Untuk kostum para penari pria biasanya menggunakan baju lengan panjang dan celana panjang. Serta akan dilengkapi oleh kain yang dipakai dibagian pinggang, peci (penutup kepala), dan sarung.

Sementara untuk penari wanita akan menggunakan kostum kebaya dan kain panjang pada bagian bawahnya. Selain itu, para penari tandak wanita juga akan dilengkapi oleh aksesoris seperti hiasan kepala, gelang, kalung, dan pernak-pernik lainnya sebagai hiasan pemanis.

Baca Juga Tari Kuda Kumping

Iringan Tari Tandak

Pada saat penampilannya, tarian ini biasanya akan diiringi oleh alat musik tradisional seperti rebana, akordeon, serta beberapa alat musik tradisional Riau lainnya. Selain itu, tari tandak juga diiringi oleh lantunan syair, pantun, dan lagu yang berirama Melayu.

Sedangkan untuk gerakannya sendiri biasanya akan menyesuaikan dengan irama lagu dan alat musik yang dimainkan.

Perkembangan Tari Tandak

Dalam hal perkembangannya, tari tandak masih terus dilestarikan hingga saat ini. Berbagai macam kreasi dan variasi juga ditambahkan disetiap penampilannya agar terkesan lebih terlihat menarik, akan tetapi tetap mengutamakan ciri khas dan keasliannya.

Tarian ini masih sering dipertunjukkan di dalam berbagai acara seperti acara adat, penyambutan. perayaan dan acara daerah lainnya. Selain itu, tarian tandak juga sering dipentaskan di dalam berbagai acara festival budaya, serta promosi pariwisata.

Baca Juga Tari Cendrawasih

Penutup

Nah, mungkin hanya itu saja informasi yang dapat saya berikan tentang salah satu tarian tradisional Indonesia, yakni tari tandak yang berasal dari daerah Riau, Kepulauan Riau untuk sobat ilmunik semua. Tari tandak merupakan bukti keragaman budaya berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Semoga dengan sedikit informasi ini dapat membantu dan menambah pengetahuan Anda.

Jika ada kesalahan dan kekurangan informasi yang saya berikan mohon dimaklumi ya sob, sebab itu datangnya dari keterbatasan ilmu yang saya miliki. Cukup sekian dan salam dari penulis untuk sobat ilmunik dimanapun Anda berada.