Tari Kupu Kupu | Pengertian, Makna, Gerakan, Iringan, Pakaian (Lengkap)

Tari Kupu Kupu | Pengertian, Makna, Gerakan, Iringan, Pakaian (Lengkap)

Tari Kupu Kupu - pulau Bali yang lebih sering kita kenal pulau dewata ini adalah pulau yang paling banyak diminati, baik dai wisatawan lokal ataupun dari mancanegara. Selain terkenal dengan berbagai keindahan pantainya, ternyata juga terkenal dengan berbagai keseniannya dalam bidang tari-tarian.

Salah satunya yang akan kita bahas dalam kesempatan kali ini ya sobat ilmunik, yaitu tarian tradisional jenis kreasi baru berupa tarian  kupu-kupu. Tarian ini termasuk jenis tari kreasi baru yang dihasilkan oleh seniman Bali yang bernama I Wayan Beratha sekitar tahun 1960.

Pada kesempatan ini akan saya berikan sedikit informasi tentang tarian ini, mulai dari pengertian, sejarah, makna atau filosofi, gerakan, iringan, properti dan setting panggung. Langsung saja yuk sobat ilmunik kita masuk ke pembahasan utama.

Pengertian Tari Kupu Kupu

pengertian tari kupu-kupu
myimage.id

Tari kupu kupu adalah tarian tradisional jenis kreasi baru yang lebih banyak digunakan untuk hiburan. Biasanya tarian akan dibawakan oleh lima atau lebih para penari wanita.

Tidak jauh dari namanya, tarian ini terinspirasi dari dari kupu-kupu yang berwarna tua atau tarum yang sedang terbang dan hinggap dari satu bunga ke bunga lain. Gerakan tarian ini juga sangat gemulai dengan komposisi gerak yang dinamis dan menawan, menjadikan tarian ini sedikit berbeda dengan nuansa tari Bali lainnya.

Tarian kupu-kupu ini termasuk jenis tarian yang cukup mudah untuk dipelajari disetiap gerakannya. Jadi tidak heran jika banyak anak kecil tingkat sekolah dasar yang sudah banyak menguasai gerakan tarian ini, serta menjadi bentuk pengenalan budaya.

Makna Dan Filosofi Tari Kupu Kupu

Makna Dan Filosofi Tari Kupu-Kupu
adat-tradisional.blogspot.com

Tari kupu kupu ini menurut penciptanya, yaitu I Wayan Beratha memiliki filosofi berupa tarian yang menggambarkan eksotisme, kedamaian, dan juga keindahan yang ada di pulau Bali. Gerakan tarian kupu-kupu ini jika sobat ilmunik lihat, maka sekilas akan nampak seperti kupu-kupu yang sedang terbang, sesuai dengan nama yang digunakan.

Pakaian yang digunakan oleh para penari terlihat warna-warni sehingga akan menambah kesan yang harmonis.

Baca Juga Tari Topeng

Gerakan Tari Kupu Kupu

gerakan tari kupu-kupu
Ilmunik.com

Gerakan yang ada didalam tarian kupu-kupu lebih di dominasi dengan geraknya semua bagian tubuh. Akan tetapi, bagian tubuh yang sering bergerak adalah bagian kaki dan tangan yang terus mengikuti irama iringan musik.

Gerakan yang paling menarik dalam tarian ini adalah ketika sang penari mulai menggerakkan selendang naik turun seperti gerakan kupu-kupu. Warna-warni selendang yang digunakan akan menciptakan suasana yang cerah dan meriah. Ditambah lagi jika semua gerakan para penari terlihat kompak, maka akan menambah kesan keelokan dari tarian kupu-kupu tersebut.

Berikut istilah gerakan yang terdapat di dalam tarian kupu-kupu:

  • Ngagem.
  • Ngegol.
  • Nyledet.
  • Nyeliyer.
  • Ngeseh.
  • Ngaed.
  • Ileg-ileg
  • Cegut.

Iringan Tari Kupu Kupu

iringan tari kupu-kupu
kurniawatialfita.blogspot.com

Tari kupu kupu ini biasanya akan diiringi dengan alat musik gamelan Bali. Jika dilihat, gerakan tarian kupu-kupu ini dapat membuat sejuk hati, sebab suara dari gamelan orkestra yang sangat padu padan dengan gerakan yang sesuai irama.

Alat musik tersebut akan dimainkan oleh kelompok orang, dimana alat tersebut menjadi pengiring dalam gerakan tarian. Untuk jumlah dari para pengiring musik tergantung dari jumlah alat musiknya.

Irama yang dikeluarkan alat musik tersebut akan dipadukan dengan suara penyanyi atau sinden, sehingga membuat musik tersebut lebih hidup.

Baca Juga [su_button url="https://listrik.org/ilmunik/tari-janger/" target="blank"]Tari Janger[/su_button]

Properti Tari Kupu Kupu

properti tari kupu-kupu
news.okezone.com

Bagian yang paling penting dalam tarian adalah adanya properti, begitu juga pada jenis tarian ini. Properti yang digunakan dalam tarian ini berupa selendang yang diikat di bagian pinggang para penari, sehingga selendang tersebut di ibaratkan seperti sayap kupu-kupu.

Semakin cepatnya perkembangan zaman, tarian ini telah mempunyai banyak versi yang bermunculan. Pembaruan biasanya terdapat pada gending yang dinyanyikan, gending yang digunakan biasanya menyesuaikan bahasa setempat.

Tata Rias Dan Pakaian Tari Kupu Kupu

tata rias tari kupu-kupu
myimage.id

Agar tarian lebih sama dengan aslinya, maka pakaian yang digunakan dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Untuk pakaian atas yang digunakan adalah kemben, dan untuk bahwannya berupa kain batik.

Sedangkan untuk hiasan tambahan dibagian kepala para penari menggunakan mahkota berwarna emas dan terdapat antena, sehingga terlihat sama seperti bentuk kupu-kupu. Warna pakaian yang digunakan tidak terdapat patokannya, biasanya warna yang digunakan cenderung cerah agar lebih menyerupai dengan karakter aslinya yaitu warna kupu-kupu.

Setting Panggung Tari Kupu Kupu

setting panggung tarian kupu-lkupu
silontong.com

Tari kupu kupu biasanya dibawakan oleh para penari pria ataupun wanita. Akan tetapi, di dalam tarian kupu-kupu ini dapat membuat sejuk hati, sebab adanya suara dari gamelan orkestra yang sangat padu-padan dengan gerakan dan irama.

Ketika para penarinya laki-laki, semua yang ikut di dalam panggung tersebut juga laki-laki semua, begitupun sebaliknya. Dalam segi jumlah, seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa rata-rata adalah berjumlah ganjil, minimal jumlah penari dibawakan oleh 3 orang, namun yang sering dijumpai adalah berjumlah 5 orang.

Baca Juga Tari Payung

Penutup

Nah, mungkin hanya itu saja informasi yang dapat saya bagikan untuk sobat ilmunik semua tentang tari kupu kupu. Semoga dengan sedikit informasi ini dapat membantu dan menambah pengetahuan sobat ilmunik.

Jika terdapat kesalahan dalam penulisan atau terdapat informasi yang kurang jelas, mohon dimaklumi ya sobat ilmunik, sebab itu datangnya dari keterbatasan ilmu yang saya miliki. Cukup sekian dan salam dari penulis.