2221+ Sketsa Masjid | Sederhana, Berwarna, Simple, Mudah (Lengkap)

2221+ Sketsa Masjid | Sederhana, Berwarna, Simple, Mudah (Lengkap)

Sketsa Masjid - Masjid adalah tempat yang dianggap sakral oleh umat Islam, yakni tempat bagi orang untuk bersujud atau beribadah umat Islam. Bangunan ini sangat mudah sekali ditemui khususnya di Indonesia, sebab mayoritas penduduknya beragama Islam. Bangunan ini di negara Indonesia memiliki banyak sebutan lain, seperti musola, surau, dan langgar.

Istilah ini digunakan untuk masjid yang tidak dipakai solat jum'at dan bentuknya cenderung lebih kecil. Masjid adalah pusat kehidupan umat Muslim, berbagai aktivitas agama dilakukan di tempat ini, seperti perayaan hari besar, tempat belajar Al-Qur'an, kajian agama, ceramah dan lain-lain.

Selain itu, tempat ini juga menjadi tempat umum yang terbuka untuk siapa saja, tanpa membedakan usia, jabatan, golongan dan lain-lain.

Apabila mendengar istilah Masjid, sebagian orang pastinya memikirkan gaya dari arsitektur bangunan yang otentik, warnanya, bentuk kubah, desain interior dan berbagai macam hiasan kaligrafi dindingnya.

Bangunan Masjid juga menjadi objek yang menarik untuk di gambar atau dijadikan lukisan. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit penjelasan dan berbagai macam contoh sketsa gambar masjid yang cocok untuk Anda jadikan referensi.

Oke lets go.

1. Sketsa Masjid 3D

Sketsa Masjid 3D
Sketsa Masjid 3D
Sketsa Masjid 3D
Sketsa Masjid 3D

Masjid adalah lambang kesucian untuk umat Muslim dan tempat yang disakralkan. Karakteristik pada umumnya adalah bangunannya selalu terdapat kubah dan juga menara sebagai tempat untuk menaruh alat pengeras suara.

Di dalam sejarah agama Islam, Masjid mempunyai peran yang sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan, seperti kegiatan sosial masyarakat, ekonomi dan hingga militer.

Bangunan Masjid pertama kali ada sekitar abad ke-7 dan yang paling terkenal adalah Masjidil Hara, yang berada di Saudi Arabia. Masjid tersebut di dirikan sekitar 638 AD yang menjadi bangunan masjid tertua di dunia.

Untuk membuat sketsa Masjid sekilas terlihat seperti kegiatan yang mudah untuk dilakukan. Sebab pada dasarnya alat dan bahan yang dibutuhkan tidaklah terlalu sulit, hanya saja memerlukan media kertas dan pensil saja.

Namun dari berbagai macam bahannya yang simpel tersebut, ternyata dapat menghasilkan sebuah karya yang sangat menakjubkan. Tidak sedikit orang bisa membuat sketsa atau lukisan, hanya orang-orang yang mempunyai jiwa seni tinggi dapat menghasilkan karya yang menakjubkan.

Untuk sobat ilmunik yang ingin membuat sketsa Masjid 3D, maka harus menguasai teknik-teknik dasarnya terlebih dulu. Sebab di dalam membuat sketsa 3D ini berbeda dengan biasanya, sketsa ini mempunyai bentuk yang gambarnya timbul seperti hidup meskipun dibuat tanpa memakai warna.

2. Sketsa Masjid Sederhana

Sketsa Masjid Sederhana
Sketsa Masjid Sederhana
Sketsa Masjid Sederhana-2
Sketsa Masjid Sederhana 2

Selain sebagai tempat ibadah umat Islam, Masjid juga digunakan sebagai pusat kegiatan umat Muslim seperti kegiatan ceramah, pengajian, pendidikan agama dan lain-lain. Tidak sedikit juga berbagai jenis kegiatan dilakukan di Masjid, oleh sebab itu Masjid dibangun dengan bentuk yang indah, nyaman, dan besar.

Fungsinya adalah supaya Masjid bisa menampung banyaknya jama'ah dan juga dibuat senyaman mungkin agar bisa melakukan ibadah dengan khusyu'.

Untuk sobat ilmunik yang masih dalam proses belajar dalam kegiatan menggambar, pastinya harus memahami terlebih dulu beberapa tahap dasar dalam menggambar. Oleh sebab itu, saya sudah memberikan berbagai macam contoh sketsa Masjid yang sederhana untuk memudahkan dalam proses belajar.

3. Sketsa Masjid Berwarna

Sketsa Masjid Berwarna
Sketsa Masjid Berwarna
Sketsa Masjid Berwarna
Sketsa Masjid Berwarna 2

Jenis gambar berwarna adalah gambar yang sangat menarik perhatian dengan berbagai perpaduan warna yang indah dan mengagumkan. Salah satu kelebihannya adalah menjadikan gambar terkesan lebih hidup.

Selain itu, warnanya juga bisa membuat orang yang melihatnya lebih mudah mengerti dan memahami maksud yang disampaikan oleh sang pembuat. Di dalam proses pewarnaannya juga memiliki teknik-teknik khusus yang harus dikuasai terlebih dulu, tidak hanya sekedar langsung memberikan warna saja.

Jenis warna sendiri dibagi menjadi beberapa macam warna primer, sekunder, tersier dan warna netral. Serta mempunyai hubungan tertentu antara warna satu dengan warna lainnya.

Akan tetapi perlu diperhatikan bagi Anda yang masih dalam proses belajar menggambar dan ingin memberikan tambahan sentuhan warna supaya terlihat lebih menarik. Maka Anda harus mempelajari teknik-teknik dasar mewarnai dan saya sarankan untuk menggunakan crayon agar jika ada kekeliruan bisa dihapus.

Jika sobat ilmunik sedang mencari referensi gambar, diatas sudah saya berikan berbagai macam contoh gambar sketsa Masjid berwarna yang indah dan juga megah.

Baca Juga Sketsa Gambar Bunga

4. Sketsa Masjid Simple

Sketsa Masjid Simple
Sketsa Masjid Simple
Sketsa Masjid Simple
Sketsa Masjid Simple 2

Nah, bagaimana contoh sketsa gambar Masjid berwarna yang saya berikan diatas? Apakah cocok dihati Anda? Semoga cocok untuk dijadikan referensi dalam menggambar atau melukis ya sob.

Untuk Anda yang masih kesusahan dalam menggambar sketsa Masjid hitam-putih atau berwarna, maka saya sarankan untuk menggunakan contoh yang saya berikan kali ini.

Sebab saya memberikan berbagai macam contoh sketsa Masjid simple yang mudah sekali untuk ditiru atau sekedar dijadikan bentuk dasar dalam gambar Anda.

Usahakan ketika proses menggambar dilakukan dengan hati-hati dan juga bersabar, sebab pada saat belajarlah yang akan menguras banyak kesabaran. Tetap semangat ya sob belajarnya.

5. Gambar Sketsa Masjid Nabawi

Gambar Sketsa Masjid Nabawi
Gambar Sketsa Masjid Nabawi
Gambar Sketsa Masjid Nabawi
Gambar Sketsa Masjid Nabawi 2

Masjid Nabawi adalah bangunan Masjid yang sangat istimewa, sebab bangunan Masjid ini adalah didirikan langsung oleh baginda Nabi Muhammad SAW. Letak Masjid ini berada di pusat kota Madinah Arab Saudi serta menjadi Masjid ketiga yang di dirikan dalam sejarah Islam dan saat ini menjadi salah satu Masjid terbesar di dunia.

Masjid Nabawi juga menjadi tempat paling suci kedua setelah Masjidil Haram di Makkah. Masjid ini pada mulanya adalah bekas rumah baginda Nabi Muhammad SAW yang beliau tempati setelah hijrah ke Madinah sekitar tahun 622M.

Asalnya Masjid Nabawi didirikan tanpa memakai atap, dan berfungsi sebagai tempat berkumpulnya masyarakat dalam berbagai kegiatan agama seperti majelis, kajian dan sekolah agama.

Masjid ini juga menjadi salah satu Masjid yang namanya diabadikan di dalam kitab suci Al-Qur'an. Selain itu, Masjid ini menjadi bangunan kedua yang langsung di dirikan oleh Nabi Muhammad Saw setelah membangun pertama yakni Masjid Quba ketika perjalanan hijrah dari Mekkah ke Madinah.

Pada mulanya Masjid Nabawi di dirikan tidak semegah dan sebesar sekarang ini. Dulunya Masjid ini hanya berukuran kurang lebih 50m X 50 m dengan tinggi atap sekitar 3,5m.

Nabi Muhammad ikut membangun Masjid ini dengan tangannya sendiri secara langsung, beserta para sahabat dan kaum Muslimin yang ikut hijrah ketika itu. Tembok Masjid ini terbuat dari batu dan tanah, untuk bagian atapnya terbuat dari pelepah kurma dengan ditopang oleh tiang-tiang yang terbuat dari batang kurma.

Atapnya sebagian dibiarkan sengaja terbuka begitu saja. Nah, kurang lebih selama sembilan tahun pertama Masjid ini belum ada penerangan ketika malam hari, hanya waktu Isya' diberikan sedikit penerangan dengan membakar jerami.

Kemudian Masjid Nabawi ini sudah dilakukan beberapa renovasi ketika masa pemerintahan Khulafaurrasyidin dan juga masa pemerintahan raja-raja modern. Sehingga pada akhirnya bangunan Masjid ini mempunyai luas hingga 100.000 m² ditambah luas lantai atas yang mencapai 67.000 m².

6. Sketsa Gambar Masjid Sederhana

Sketsa Gambar Masjid Sederhana
Sketsa Gambar Masjid Sederhana
Sketsa Gambar Masjid Sederhana 2
Sketsa Gambar Masjid Sederhana 2

Berbagai macam sketsa Masjid sederhana juga saya berikan di dalam artikel ini sebagai referensi Anda dalam menggambar. Bukan hanya macam-macam sketsa Masjid yang mewah dan megah saja yang bisa dijadikan sebagai objek dalam menggambar, namun sketsa gambar Masjid sederhana juga sangat cocok untuk dijadikan referensi.

Apalagi bagi Anda yang masih dalam proses tahap belajar dalam membiasakan tangan untuk memegang pensil supaya menghasilkan karya yang luar biasa.

Untuk Anda yang sedang mencari contoh gambar sketsa Masjid yang sederhana dapat sobat ilmunik perhatikan pada bagian atas ya. Semoga desain tersebut cocok dan bisa dijadikan referensi.

7. Gambar Sketsa Masjid Yang Mudah

Gambar Sketsa Masjid Yang Mudah
Gambar Sketsa Masjid Yang Mudah
Gambar Sketsa Masjid Yang Mudah 2
Gambar Sketsa Masjid Yang Mudah 2

Bentuk bangunan menara-menara dan kubah Masjid yang sangat besar, megah dan beragam, seolah menggambarkan betapa jayanya umat Islam di kurun abad pertengahan. Kurang lebih 1000 tahun lamanya, gaya arsitektur Masjid perlahan-lahan mulai menyesuaikan dengan gaya arsitektur lebih modern.

Pada zaman Rasulullah SAW, selain menjadi tempat ibadah, Masjid juga digunakan untuk tempat tinggal para sahabatnya yang telah masuk Islam dan belum memiliki tempat tinggal atau rumah yang disebut dengan musafir.

Tidak berbeda jauh juga dengan masa sekarang ini, Masjid menjadi tempat yang umum untuk siapa saja, bahkan sering kita temui banyak orang yang melakukan perjalanan jauh singgah dan tidur untuk sekedar beristirahat sementara, dan melanjutkan perjalanannya kembali.

Mereka biasanya menggunakan serambi Masjid untuk dijadikan tempat tidur dan beristirahat. Akan tetapi Masjid yang berada di kota-kota besar apabila ingin bermalam atau menginap maka harus meminta izin dari ta'mir Masjid terlebih dulu.

Bangunan Masjid pertama kali berasal dari tanah Arab yang menjadi pusat penyebaran agama Islam pertama. Lalu berkembang di daerah luar Semenanjung Arab, seiring dengan kaum Muslim yang bermukim di luar Jazirah Arab.

Negara Mesir adalah daerah pertama yang dikuasai oleh kaum Muslim Arab sekitar tahun 640 M. Serta sejak itulah kota Mesir dipenuhi dengan berbagai macam bangunan Masjid dan dijuluki sebagai kota seribu menara.

Yang harus diperhatikan pertama kali dalam membuat sketsa Masjid adalah dengan mengamati terlebih dulu detail bangunan tersebut seperti apa. Kemudian memfisualisasikannya ke dalam bentuk gambar dengan teknik dan kreatifitas yang sudah kita kuasai. Maka akan lebih mudah lagi dalam membuat sketsa Masjid sesuai dengan bentuk asli bangunan tersebut.

Baca Juga Doraemon

8. Sketsa Masjid Al-Aqsa

Sketsa Masjid Al-Aqsa
Sketsa Masjid Al-Aqsa
Sketsa Masjid Al-Aqsa 2
Sketsa Masjid Al-Aqsa 2

Masjid ini juga sering disebut dengan Baitulmaqdis yang terletak di Yerusalem dan menjadi salah satu yang disucikan oleh umat Islam, Kristen dan Yahudi. Masjid ini sering dikelirukan oleh Jami' Al Aqsa atau Masjid Al Qibli.

Jami' Al Aqsa adalah Masjid berkubah biru yang menjadi salah satu ciri khas satu bagian komplek Masjidil Aqsa yang berada di sebelah selatan. Sementara yang disebut Masjidil Aqsa adalah nama dari kompleksnya itu sendiri.

Masjid ini sebelumnya menjadi arah kiblat bagi umat Islam generasi awal selama 17 bulan setelah hijrah hingga kemudian dialihkan ke Ka'bah di Masjidilharam sampai saat ini digunakan sebagai kiblat semua umat Islam di seluruh dunia.

Tidak hanya umat Islam saja yang menganggap sakral Masjid ini, menurut kepercayaan umat Yahudi dan Kristen, tempat ini diyakini menjadi tempat berdirinya Bait Suci ketika zaman dulu.

Apabila di tinjau secara etimologi, Masjid Aqsa memiliki arti Masjid terjauh, sementara menurut istilah memiliki arti tempat sujud. Untuk membuat sketsa Masjid Aqsa pastinya harus melihat secara detail dari berbagai sisi bangunan.

Nah, untuk sobat ilmunik yang ingin menggambar sketsa ini sudah saya berikan berbagai macam contoh sketsa Masjid Aqsa diatas untuk dijadikan referensi dalam menggambar atau melukis.

9. Sketsa Masjid Agung Demak

Sketsa Masjid Agung Demak
Sketsa Masjid Agung Demak
Sketsa Masjid Agung Demak 2
Sketsa Masjid Agung Demak 2

Pasti sobat ilmunik sudah tidak asing lagi dengan Masjid Agung Demak yang memiliki catatan sejarah agama Islam yang sangat terkenal hingga sekarang ini. Masjid ini menjadi bukti bahwa pernah ada agama Islam yang disebarkan oleh para wali ketika masih masa pemerintahan kerajaan di Nusantara.

Masjid ini sangat ramai sekali di kunjungi oleh berbagai peziarah dari berbagai macam tempat, sebab masih satu lokasi dengan makam para wali di Jawa Tengah.

Masjid ini juga tidak kalah menarik apabila Anda jadikan sebagai sketsa, sebab memiliki ciri khas keindahannya sendiri. Oleh sebab itu sudah saya berikan pada bagian atas contoh-contoh sketsa Masjid Agung Demak.

10. Gambar Sketsa Masjid Dan Pemandangan

Gambar Sketsa Masjid Dan Pemandangan
Gambar Sketsa Masjid Dan Pemandangan
Gambar Sketsa Masjid Dan Pemandangan 2
Gambar Sketsa Masjid Dan Pemandangan 2

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa Masjid adalah bangunan sakral yang digunakan sebagai tempat ibadah umat Islam. Di dalam membuat sketsa Masjid, Anda juga bisa menambahkan dengan pemandangan agar nampak lebih menarik untuk dilihat.

Misalnya saja seperti menambahkan gambar taman di sekitar Masjid dan pohon-pohon yang mengitari bangunan. Bisa juga ditambahkan gambar lain sesuai dengan kreatifitas dan imajinasi yang Anda miliki.

Apabila semakin detail dan komplit gambar yang Anda sajikan, maka akan semakin mudah dipahami maksud dan tujuan dari gambar yang telah dibuat tersebut.

11. Sketsa Masjid Agung Jawa Tengah

Sketsa Masjid Agung Jawa Tengah
Sketsa Masjid Agung Jawa Tengah
Sketsa Masjid Agung Jawa Tengah 2
Sketsa Masjid Agung Jawa Tengah 2

Tidak jauh dari namanya, Masjid ini berlokasi di Provinsi Jawa Tengah tepatnya di kota Semarang. Masjid ini didirikan sekitar tahun 2001 dan selesai pembangunannya pada tahun 2006.

Lusa lahan yang digunakan untuk mendirikan Masjid ini luasnya sekitar 10 hektar, dan pastinya dapat menampung ribuan jamaah dan memiliki desain sangat mewah.

Selain desain yang megah, Masjid ini sangat unik sebab dirancang dengan gaya arsitektur antara bangunan Jawa, Romawi dan Islam. Arsitek yang membuatnya adalah Ir. H. Ahmad Fanani yang memenangkan sayembara desain MAJT pada tahun 2001.

Bentuk atap Masjid ini dibuat bentuk limas yang menjadi ciri khas bangunan Jawa dengan dilengkapi kubah besar berdiameter 20 meter. Bukan hanya itu saja, ada juga 4 tiang menara setinggi 62 meter pada tiap penjuru atapnya.

Ada juga sebuah menara tunggal yang menggambarkan bangunan Masjid pada umumnya, serta dibuat terpisah dengan bangunan utama setinggi 99 meter.

Selain digunakan sebagai tempat ibadah oleh umat Muslim, Masjid ini juga difungsikan sebagai tempat wisata religi. Salah satu daya tarik yang dimiliki Masjid Agung Jawa Tengah ini adalah pada menara Al Husna yang menjulang tinggi dan dilengkapi teropong yang bisa melihat keindahan kota Semarang dari atas menara.

Bukan hanya itu saja, di dalam bangunan Masjid ini juga memiliki berbagai macam koleksi Al Qur'an berukuran 145x95 cm² dan juga bedug raksasa berukuran 310 cm dengan diameter mencapai 220 cm yang merupakan tiruan dari bedug Pandowo Purworejo.

Untuk para sobat ilmunik yang sedang mencari gambar sketsa ini, Anda bisa melihat contoh yang saya berikan diatas untuk dijadikan sebagai referensi.

12. Sketsa Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Sketsa Masjid Raya Baiturrahman Aceh
Sketsa Masjid Raya Baiturrahman Aceh
Sketsa Masjid Raya Baiturrahman Aceh 2
Sketsa Masjid Raya Baiturrahman Aceh 2

Bangunan Masjid ini adalah menjadi ikon dari Provinsi Aceh yang dibangun sekitar tahun 1612 M ketika masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Masjid Baiturrahman juga menjadi bangunan termegah ketika abad ke-18 serta menjadi salah satu bangunan yang selamat ketika terjadi bencana tsunami Aceh.

Masjid ini mempunyai 7 kubah dan 8 menara termasuk yang tertinggi di kota Banda Aceh. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, Masjid ini juga difungsikan sebagai wisata religi dengan berbagai keindahan bangunan dan kemegahannya.

Pada bagian atas sudah saya berikan berbagai macam contoh sketsa Masjid Baiturrahman Aceh yang cocok untuk Anda jadikan referensi dalam menggambar atau melukis.

13. Sketsa Masjid Megah

Sketsa Masjid Megah
Sketsa Masjid Megah
Sketsa Masjid Megah 2
Sketsa Masjid Megah 2

Indonesia adalah salah satu negara yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam, maka tidak heran apabila sangat mudah Anda menemukan bangunan Masjid dimana-mana.

Bukan hanya itu saja, Indonesia juga memiliki jumlah penduduk terbesar ke 4 dunia, jadi tidak heran apabila banyak bangunan Masjid yang megah dan istimewa  yang dibuat untuk menampung banyaknya jama'ah.

Untuk sobat ilmunik yang sedang mencari contoh desain Masjid megah dan mewah bisa Anda lihat di bagian atas berbagai macam contoh yang telah saya berikan.

14. Sketsa Masjid Minimalis

Sketsa Masjid Minimalis
Sketsa Masjid Minimalis
Sketsa Masjid Minimalis 2
Sketsa Masjid Minimalis 2

Dengan cepatnya perkembangan zaman, gaya arsitekturnya juga mengalami berbagai perkembangan dalam hal desain Masjid.

Berbagai macam perpaduan gaya arsitektur yang di kolaborasikan dalam bentuk bangunan, akan tetapi tidak meninggalkan ciri khas bangunan utama Masjid. Masjid mempunyai kubah dan menara yang menjulang tinggi adalah menjadi karakteristik utama bangunan ini.

Baca Juga Sketsa Batik

15. Cara Membuat Sketsa Masjid

Cara Membuat Sketsa Masjid
Cara Membuat Sketsa Masjid

Anak-anak akan lebih mudah memahami suatu hal yang dianggapnya menyenangkan dan disukainya. Misalnya saja seperti mengajarkan anak menggambarkan sesuatu hal yang berhubungan dengan apa yang mereka inginkan.

Akan tetapi terdapat beberapa hal penting yang harus dilakukan dalam mengajarkan anak belajar menggambar, misalnya dalam menggambar Masjid.

Sebelum memberikan anak pengajaran tentang menggambar, saya sarankan Anda mengajarkan anak tentang ilmu agama terlebih dulu. Maka dari itu anak akan lebih mudah tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan Islam.

Anak tersebut akan terus menerus mengingat dan menyukai apa saja yang berhubungan dengan tema tersebut, salah satunya tempat ibadah atau Masjid.

Pada saat anak telah menyukai hal-hal yang berkaitan dengan Islam, barulah Anda mengajaknya untuk mengenal berbagai gambar seperti tempat ibadah, kaligrafi, Masjid, kubah, menara dan berbagai macam gambar lainnya.

Agar gambarnya terlihat bagus, maka diperlukan kreatifitas dan ilmu seni dalam menggambar, supaya hasilnya lebih terlihat realitas dengan pandangan mata dan terlihat seperti hidup.

Setiap orang pastinya dapat menghasilkan sebuah karya, baik dari tulisan, ukiran dan juga lukisan. Saya sarankan untuk menggunakan contoh sketsa yang mudah terlebih dulu ketika masih dalam tahap belajar, untuk memudahkannya dalam menggerakkan pensil.

Nah, mungkin hanya itu saja ya sob informasi yang dapat saya berikan tentang berbagai macam contoh sketsa Masjid yang mudah, keren dan megah. Semoga dengan sedikit informasi ini dapat membantu dan menambah pengetahuan Anda, cukup sekian dan terimakasih.