4441+ Sketsa Gambar Pemandangan | Alam, Laut, Desa, Gunung, Simple (Lengkap)

4441+ Sketsa Gambar Pemandangan | Alam, Laut, Desa, Gunung, Simple (Lengkap)
Sketsa Gambar Pemandangan - Hektaran sawah dan tingginya gunung bisa dijadikan sebagai bahan referensi dalam membuat sketsa lukisan pemandangan. Bukan hanya memberikan keindahan alam dan hijaunya perbukitan alam yang luas, seni lukis juga mempunyai nilai-nilai yang tinggi untuk mereka yang mencintai kegiatan ini.

Kegiatan menggambar bisa kita kerjakan dengan cara santai atau bisa juga dikerjakan pada saat kita berlibur ke suatu tempat wisata-wisata uang ada di pegunungan. Misalnya saja seperti di daerah Sukabumi, Yogyakarta, Bandung, Tuban dan sekitarnya, yang memiliki banyak potensi wisata alam yang indah.

1. Sketsa Gambar Pemandangan

Sketsa Gambar Pemandangan
Sketsa Gambar Pemandangan

Apakah sobat ilmunik sudah mengetahui bahwa banyak sekali sketsa gambar pemandangan yang bisa dijadikan objek dalam menggambar? Pastinya sudah tau kan, misalnya saja seperti sketsa pemandangan gunung, laut, taman, bintang, air terjun, dan juga sketsa pemandangan berwarna serta bawah laut.

Apabila sobat masih belum menemukan spot atau pemandangan wisata yang indah dan menarik dalam membuat sebuah sketsa, bisa Anda cari pada artikel ini.

Selain menggunakan artikel ini sebagai referensi, Anda juga dapat secara langsung datang ke tempat wisata yang diinginkan. Tujuannya adalah untuk memperjelas dalam membuat sebuah sketsa gambar pemandangan.

Para seniman profesional pastinya memerlukan tempat dan lokasi yang menarik serta bisa menambah daya inspirasi sesuai yang diinginkan. Agar lukisan yang dihasilkan memiliki nilai yang baik dan mempunyai nilai jual seni yang tinggi.

Selain itu, kegiatan melukis adalah salah satu aktivitas yang sangat positif bisa mengasah kemampuan kita dalam berimajinasi. Bisa juga mengekspresikan isi yang terdapat di dalam otak kita ke dalam sebuah kertas lembaran putih atau kanvas.

Pada zaman dulu ketika kecil, pastinya kita pernah di ajari untuk menggambar sebuah pemandangan alam, seperti pegunungan, sawah dan para petani yang sedang menanam dan memanen padi. Kita juga pastinya sering sekali menggambar suasana yang ada dipedesaan.

Di dalam menggambar sketsa pemandangan atau melukis sketsa pemandangan alam, misalnya pemandangan gunung. laut. pantai dan air terjuan.

Tentunya kita akan membutuhkan beberapa tahapan atau langkah yang harus kita kuasai terlebih dulu. Untuk langkah-langkah dasar dalam menggambar sketsa pemandangan ada pada pembahasan di bawah ini:

2. Cara Menggambar Sketsa Pemandangan

Cara Menggambar Sketsa Pemandangan
Cara Menggambar Sketsa Pemandangan

Cara atau langkah dalam menggambar sketsa pemandangan pada umumnya ada empat macam, antara lain sebagai berikut;

1. Cari Inspirasi Ide Gambar Terlebih Dulu

Seorang seniman pastinya akan membutuhkan inspirasi ide sebelum menggambar sketsa atau sebuah lukisan. Hal ini pastinya tidak jauh berbeda bagi mereka yang ingin melakukan kegiatan membuat gambar sketsa, namun masih belum mempunyai ide inspirasi yang cukup bagus.

Inspirasi atau ide memanglah sangat dibutuhkan apabila ingin mendapatkan hasil lukisan menjadi lebih bagus dan nyaman ketika dipandang.

Apabila Anda ingin menghasilkan karya lukisan yang indah dan elegan, cara terbaik adalah dengan menemukan inspirasi ide terlebih dulu dengan mencari keluar untuk menemukan sesuatu yang sesuai untuk kalian dalam menggambar.

Jika Anda ingin membuat sebuah lukisan atau sketsa tema pemandangan, kalian dapat menuju ke sebuah tempat seperti perbukitan, sawah, pantai, atau ke daerah rerumputan hijau yang luas.

Pastinya disetiap lokasi ini harusnya ada sesuatu yang menarik dan muncul di benak kalian. Supaya nantinya Anda bisa menuangkan ide itu di lembaran kertas putih atau kanvas sebagai medianya.

2. Cobalah Membuat Sketsa Dasar

Apabila kalian sudah menemukan inspirasi ide, maka selanjutnya Anda bisa membuat bagian sketsa dasar sesuai dengan inspirasi yang kalian miliki. Tahap ini berguna untuk mengatur komposisi pada suatu gambar.

Kemudian gunakan juga alat untuk gambar berupa pensil, dan jangan langsung menggunakan bolpoin atau spidol. Sebab nantinya akan malah menyusahkan kalian sendiri, sebab pasalnya susah untuk dihapus (apabila terjadi kesalahan dalam menggambar sketsa dasar).

3. Usahakan Membentuk Gambar Sesuai Aslinya

Setelah membuat sketsa dasar, selanjutnya Anda bisa langsung membuat gambar sesuai dengan objek aslinya. Bisa dikatakan dalam menggambar hasil yang sesuai dengan aslinya memang cukup sulit. Jadi dalam hal ini, Anda harus belajar dengan terus menerus hingga karya yang dibuat sesuai dengan aslinya.

Sebab menggambar yang sesuai dengan objek aslinya tidak mudah seperti saat kalian menggambar sketsa. Pada tahap ini, kesabaran dan waktu banyak dibutuhkan dalam membuat seperti aslinya.

4. Usahakan Memberi Warna Sesuai Aslinya

Setelah kalian bisa membuat gambar sketsa sesuai dengan aslinya, maka masuk ke dalam langkah terakhir, yakni pewarnaan. Pada tahap ini, pemilihan warna harus sesuai dan usahakan sesuai dengan objek yang dijadikan inspirasi.

Dalam tahap pewarnaan, Anda bisa menggunakan krayon, pensil warna dan cat air. Tetapi khusus kalian yang baru belajar menggambar, alangkah baiknya menggunakan pensil warna atau krayon terlebih dulu.

Lukisan yang memiliki nilai jual tinggi merupakan sebuah lukisan bisa menyulap setiap orang pada saat melihatnya menjadi takjub. Biasanya di dalam lukisannya mempunyai nyawa atau suasana yang ada di dalam lukisan bisa masuk ke alam pikiran kita.

Dibawah ini merupakan berbagai sketsa gambar pemandangan yang mudah saya rekomendasikan untuk Anda, seperti pemandangan alam pantai, gunung, dan laut.

Nah, apa saja sih sketsa tersebut? Langsung saja sob kita simak macam-macamnya.

3. Sketsa Gambar Pemandangan Alam

Sketsa Gambar Pemandangan Alam
Sketsa Gambar Pemandangan Alam
Sketsa Gambar Pemandangan Alam 2
Sketsa Gambar Pemandangan Alam 2

Banyak sekali sketsa gambar pemandangan alam yang bisa dijadikan sebagai objek dalam melukis, diatas ini adalah berbagai sketsa pemandangan alam yang mudah untuk digambar bisa Anda pilih sesuai keinginan hati.

Disini saya hanya menyarankan untuk melukis pemandangan dengan menambahkan berbagai hal sebagai hiasan, misalnya orang-orang, kerbau membajak ladang, bisa dilihat seperti diatas.

4. Sketsa Gambar Pemandangan Alam Berwarna

Sketsa Gambar Pemandangan Alam Berwarna
Sketsa Gambar Pemandangan Alam Berwarna
Sketsa Gambar Pemandangan Alam Berwarna 2
Sketsa Gambar Pemandangan Alam Berwarna 2

Di dalam menggambar sebuah sketsa pemandangan alam yang penuh akan warna, Anda bisa menggunakan perlengkapan seperti pensil warna dan krayon sebagai bahan untuk memberi warna.

Usahakan ketika memberi warna jangan sampai melebihi batas garis setiap objek.

5. Sketsa Gambar Pemandangan Bawah Laut

Sketsa Gambar Pemandangan Bawah Laut
Sketsa Gambar Pemandangan Bawah Laut
Sketsa Gambar Pemandangan Bawah Laut 2
Sketsa Gambar Pemandangan Bawah Laut 2

Gambar pemandangan bawah laut adalah gambar yang cukup unik dan menarik untuk dijadikan objek dalam menggambar. Banyak sekali pemandangan indah di bawah laut yang berisikan berbagai macam hewan laut, terumbu karang, rumput laut dan juga berbagai keindahan lainnya.

Ketika proses pembuatan sketsa pemandangan bawah laut, Anda bisa juga menambahkan berbagai macam jenis ikan-ikan lucu seperti dan dapat menambahkan seperti karakter Nemo dan lain-lain.

Namun perlu diperhatikan, jika ingin mendapatkan hasil karya seni yang indah dan bernilai tinggi, maka usahakanlah ketika menggambar jiwa dan tangan kalian ikut menyatu dengan objek.

6. Sketsa Gambar Pemandangan Laut

Sketsa Gambar Pemandangan Laut
Sketsa Gambar Pemandangan Laut
Sketsa Gambar Pemandangan Laut 2
Sketsa Gambar Pemandangan Laut 2

Bukan hanya pemandangan bawah laut saja yang indah, sketsa pemandangan lautnya juga sangat indah dengan identik pohon kelapa yang dapat tumbuh di pesisir pantai. Selain itu, pada saat matahari terbenam maka pemandangan laut akan terlihat sangat indah terkena sinar senja.

Pada saat membuat sketsa pemandangan laut, Anda juga bisa menambahkan berbagai jenis hewan lain seperti burung yang sedang terbang di udara atas laut.

Baca Juga [su_button url="https://listrik.org/ilmunik/sketsa-kupu-kupu/" target="blank"]Sketsa Kupu-Kupu[/su_button]

7. Sketsa Gambar Pemandangan Desa

Sketsa Gambar Pemandangan Desa
Sketsa Gambar Pemandangan Desa
Sketsa Gambar Pemandangan Desa 2
Sketsa Gambar Pemandangan Desa 2

Sebelum menggambar sketsa pemandangan desa, Anda bisa melihat desa-desa yang terdapat sungai dan persawahan untuk menambah keindahan dari sketsa ini. Jika kalian sudah menemukan tempat itu, bisa kemudian dituangkan ke dalam media kertas yang digunakan.

Berbagai kompleks rumah di pedesaan yang menyediakan rumput liar dan juga pepohonan akan membuat kompleks perumahan di pedesaan akan menjadi lebih beragam, indah dan asri.

8. Sketsa Gambar Pemandangan Gunung

Sketsa Gambar Pemandangan Gunung
Sketsa Gambar Pemandangan Gunung
Sketsa Gambar Pemandangan Gunung 2
Sketsa Gambar Pemandangan Gunung 2

Nah, sketsa pemandangan yang satu ini pastinya sering sekali Anda buat ketika masa kecil, dengan dua jenis gunung dan ditengah-tengahnya terdapat matahari, ditambah lagi jalan di tepi jalan terdapat ladang persawahan panjang dan gubuk kecil. Pastinya kalian ingat kan sobat? Hehe.

Untuk mengingat berbagai ingatan kalian ketika kecil dalam menggambar gunung, berikut ini saya berikan contoh sketsa gambar gunungnya.

9. Sketsa Gambar Pemandangan Simple

Sketsa Gambar Pemandangan Simple
Sketsa Gambar Pemandangan Simple
Sketsa Gambar Pemandangan Simple 2
Sketsa Gambar Pemandangan Simple 2

Apabila Anda ingin menggambar sebuah pohon, maka terlebih dulu harus mencari sebuah ide atau inspirasi. kalian bisa mencari di sekitar kalian. Misalnya seperti pohon jambu, mangga, jeruk, atau pisang yang sangat mudah untuk kalian buat dan temukan di sekitar kalian.

Oleh sebab itu, Anda bisa menjadikan berbagai pepohonan itu sebagai referensi objek dalam menggambar suatu sketsa.

Jika Anda sudah bisa atau tergolong mahir dalam menggambar sketsa pohon, maka kalian dapat juga menambahkan ide kreatif gambar lainnya. Misalnya seperti gambar hewan atau orang dengan latar belakang pemandangan pepohonan yang simple.

Jika Anda kebingungan, coba perhatikan lagi contoh sketsa pemandangan simple diatas untuk dijadikan referensi dalam menggambar sketsa.

10. Sketsa Gambar Pohon Mudah

Sketsa Gambar Pohon Mudah
Sketsa Gambar Pohon Mudah
Sketsa Gambar Pohon Mudah 2
Sketsa Gambar Pohon Mudah 2

Seperti halnya gambar sketsa pemandangan diatas, termasuk ke dalam jenis pemandangan mudah dan sederhana. Selain itu, ada juga berbagai macam pepohonan besar di belakang gambar gunung dan ada juga sebuah bulan besar.

11. Sketsa Gambar Pemandangan Laut Yang Mudah Dibuat

Sketsa Gambar Pemandangan Laut Yang Mudah Dibuat
Sketsa Gambar Pemandangan Laut Yang Mudah Dibuat
Sketsa Gambar Pemandangan Laut Yang Mudah Dibuat 2
Sketsa Gambar Pemandangan Laut Yang Mudah Dibuat 2

Anda juga bisa mencoba menggambar sketsa dengan pemandangan laut yang begitu indah secara sederhana dan mudah untuk dibuat.

Lantas bagaimana cara membuat sketsa pemandangan laut yang mudah dibuat? Anda hanya perlau mencari inspirasi ide dengan berkunjung ke pantai secara langsung, kemudian ditempat itulah kalian bisa menemukan banyak ide-ide cemerlang dan menuangkannya sendiri. Apabila Anda kurang percaya diri, maka cobalah saran yang saya berikan ini.

12. Sketsa Gambar Pemandangan Yang Mudah

ketsa Gambar Pemandangan Yang Mudah
ketsa Gambar Pemandangan Yang Mudah
ketsa Gambar Pemandangan Yang Mudah 2
ketsa Gambar Pemandangan Yang Mudah 2

Mungkin tidak cukup sulit dan tergolong mudah untuk membuat gambar sketsa pohon ini. Untuk kalian yang khususnya belum menemukan inspirasi ide bentuk pohon apa yang akan dibuat.

Maka saya menyarankan agar mencoba keluar rumah, dengan begitu saya menjamin pasti kalian akan menemukan berbagai inspirasi ide pohon apa yang akan dijadikan sebagai sketsa.

Objek pohon juga bisa digunakan sebagai latar belakang dan objek utamanya adalah manusia atau hewan. Hal ini pastinya akan membuat lukisan atau gambar kalian akan lebih indah dan memiliki nilai seni tinggi.

13. Sketsa Gambar Pemandangan Indah

Sketsa Gambar Pemandangan Indah
Sketsa Gambar Pemandangan Indah
Sketsa Gambar Pemandangan Indah 2
Sketsa Gambar Pemandangan Indah 2

Selain membuat bentuk sketsa, Anda juga harus mencoba melukis terlebih dulu. Sebab dengan melukis memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, serta membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil yang baik dan indah.

Untuk kalian yang masih tahap belajar atau pemula, bisa saja mencoba melukis pemandangan disekitar lingkungan kalian. Pada intinya adalah belajar dan berlatih terlebih dulu, maka kalian akan memperoleh hasil yang memuaskan.

14. Sketsa Gambar Kebun Binatang

Sketsa Gambar Kebun Binatang
Sketsa Gambar Kebun Binatang
Sketsa Gambar Kebun Binatang 2
Sketsa Gambar Kebun Binatang 2

Sketsa diatas bisa Anda lihat dengan jelas berupa pemandangan kebun binatang yang indah dengan adanya berbagai jenis satwa. Anda juga bisa membuat sketsa gambar ini dengan mengubah objek binatang yang ada pada gambar diatas.

Baca Juga [su_button url="https://listrik.org/ilmunik/sketsa-burung/" target="blank"]Sketsa Burung[/su_button]

15. Sketsa Gambar Pemandangan Air Terjun

Sketsa Gambar Pemandangan Air Terjun
Sketsa Gambar Pemandangan Air Terjun
Sketsa Gambar Pemandangan Air Terjun 2
Sketsa Gambar Pemandangan Air Terjun 2

Untuk para seniman pemula, jika ingin membuat sketsa gambar pemandangan bisa mencoba untuk menggambar air terjun. Akan tetapi akan lebih menjadi mudah lagi apabila disekitar rumah kalian terdapat sebuah air terjun. Maka kalian akan menemukan berbagai macam ide dan inovasi yang lebih banyak lagi tentunya.

Supaya lebih bagusnya, Anda juga bisa membuat daerah arsiran gelap terang yang akan menambah gambarnya menjadi terlihat bagus lagi.

16. Sketsa Pemandangan Kota

Sketsa Pemandangan Kota
Sketsa Pemandangan Kota
Sketsa Pemandangan Kota 2
Sketsa Pemandangan Kota 2

Sketsa gambar pemandangan kota pembuatannya memang membutuhkan pengalaman khusus. Sebab pada gambar sketsa pemandangan kota merupakan penggambaran sebuah suasana kota yang penuh dengan gedung-gedung atau apartemen.

Untuk para pemula sebaiknya hindari terlebih dulu menggambar bentuk sketsa ini. Sebab nantinya akan membutuhkan banyak waktu dan mengalami kesulitan, tapi jika kalian tetap ingin mencobanya saya persilahkan saja.

17. Gambar Sketsa Suasana Perkampungan

Gambar Sketsa Suasana Perkampungan
Gambar Sketsa Suasana Perkampungan
Gambar Sketsa Suasana Perkampungan 2
Gambar Sketsa Suasana Perkampungan 2

Selain pemandangan kota, Anda juga bisa membuat sketsa gambar perkampungan, sebab di sebuah perkampungan biasanya banyak terdapat berbagai pemandangan yang indah. Misalnya seperti keberadaan sawah, sungai, berbagai macam pohon yang nantinya bisa kalian aplikasikan ke dalam media kertas untuk menggambar.

18. Sketsa Gambar Cheetah

Sketsa Gambar Cheetah
Sketsa Gambar Cheetah
Sketsa Gambar Cheetah 2
Sketsa Gambar Cheetah 2

Cheetah juga bisa dijadikan sebagai sketsa dengan tambahan berbagai pepohonan hijau dan suasana hutan yang rindang. Cheetah merupakan hewan yang cukup buas dan tinggal di dalam hutan.

Jenis hewan ini mempunyai kecepatan berlari yang sangat cepat dan cukup lincah, bisa kalian gunakan sebagai inspirasi ide dalam menggambar sebuah sketsa.

Bukan hanya itu saja, tubuh cheetah memang sangat mirip dengan hewan singa, hanya saja cheetah badannya lebih panjang dan kurus. Perlu diketahui bahwa jenis hewan ini adalah hewan pemangsa yang sangat ganas dan liar di alam bebas.

19. Gambar Pemandangan Bunga

Gambar Pemandangan Bunga 2
Gambar Pemandangan Bunga 2
Gambar Pemandangan Bunga
Gambar Pemandangan Bunga

Bukan hanya chettah dengan berbagai tambahannya, sketsa pemandangan bunga juga dapat dijadikan sebagai inspirasi ide dalam menggambar. Anda bisa menggunakan bunga sakura yang menjadi ikon dari negara Jepang dan juga bunga yang di keramatkan oleh masyarakat Jepang.

Bunga sakura dengan ciri khas warna merah muda dan putih ini memanglah banyak ditunggu-tunggu kemunculannya oleh masyarakat Jepang. Sebab dengan mekarnya bunga ini akan bertepatan dengan musim semi yang indah dan hangat.

Akan tetapi, bunga ini hanya akan mekar dalam waktu kurang dari dua minggu saja. Sebab setelah bunga sakura tersebut akan berguguran lagi.

Salah satu musim yang banyak ditunggu oleh para turis asing yang sedang berkunjung ke Jepang dengan tujuan untuk menyaksikan keindahan bunga sakura yang hanya mekar di musim semi saja.

Baca Juga Sketsa Gambar Bunga

20. Sketsa Gambar Pemandangan Pantai

Sketsa Gambar Pemandangan Pantai
Sketsa Gambar Pemandangan Pantai
Sketsa Gambar Pemandangan Pantai 2
Sketsa Gambar Pemandangan Pantai 2

Sketsa gambar pemandangan pantai yang indah juga sangat cocok untuk dijadikan referensi melukis. Jika Anda masih belum mempunyai inspirasi ide dalam membuat sketsa tentang pemandangan pantai, maka Anda bisa juga menggunakan gambar yang saya berikan diatas sebagai referensi.

Pastinya bisa menambah ide atau inspirasi dijadikan sebagai objek dalam melukis. Khususnya untuk kalian yang ingin membuat sketsa dengan bentuk yang lebih mudah, pastinya pemandangan pantai yang dapat Anda tiru.

21. Gambar Sketsa Pemandangan Sawah

Gambar Sketsa Pemandangan Sawah
Gambar Sketsa Pemandangan Sawah
Gambar Sketsa Pemandangan Sawah 2
Gambar Sketsa Pemandangan Sawah 2

Bukan hanya bunga sakura yang indah bisa dibuat sebagai sketsa, Anda juga bisa menggambar sketsa pemandangan sawah yang luas, Anda bisa menambahkan berbagai latar belakang dengan bentuk matahari yang sedang terbit, atau berbagai macam burung sedang terbang dan pemandangan lain seperti gubuk atau gazebo.

22. Gambar Sketsa Mudah Dibuat

Gambar Sketsa Mudah Dibuat
Gambar Sketsa Mudah Dibuat

Apabila saran yang telah saya berikan diatas terasa sulit untuk dilakukan, maka Anda bisa menggambar sketsa mudah berupa pohon. Maka kalian akan mengembangkannya dengan mudah dalam sebuah bentuk sketsa gambar pemandangan hutan.

Untuk tingkat kesulitan dalam membuat sketsa gambar ini tidak terlalu sulit seperti lainnya. Sebab tekstur gambar harus disesuaikan agar mendapatkan hasil yang terlihat seperti aslinya.

23. Tips Untuk Menggambar Sketsa

Tips Untuk Menggambar Sketsa
Tips Untuk Menggambar Sketsa

Bagian terpenting dalam membuat sebuah karya seni seperti sketsa pemandangan adalah dengan mengasah secara terus menerus kemampuan dalam menggambar. Dengan cara ini akan membuat kalian terbiasa dan secara terus menerus akan membuat jiwa kalian menyatu ketika menggambar.

Dengan belajar terus-menerus atau melihat gambar-gambar yang telah dihasilkan para seniman profesional juga akan menambah kemampuan kalian.

Penutup

Nah, mungkin hanya itu saja penjelasan atau gambaran singkat yang dapat saya berikan tentang sketsa gambar pemandangan untuk sobat ilmunik. Semoga dengan adanya artikel ini bisa dijadikan sebagai referensi kalian dalam membuat sketsa, cukup sekian dan terima kasih.