Seni Rupa 3 Dimensi | Pengertian, Unsur, Contoh, Teknik (Lengkap)

Seni Rupa 3 Dimensi | Pengertian, Unsur, Contoh, Teknik (Lengkap)

Seni Rupa 3 Dimensi - jika dijelaskan secara singkatnya adalah sebuah karya seni yang terdiri dari 3 sisi, yaitu sisi panjang, tinggi dan juga lebar, atau seni rupa berbentuk sebuah bangun ruang yang mempunyai volume. Berbeda dengan jenis seni rupa 2 dimensi yang hanya mempunyai 2 sisi yakni panjang dan lebar saja.

Jenis seni rupa tiga dimensi ini tergolong lebih kompleks sebab dapat dilihat dari berbagai penjuru dan memudahkan dalam pemberian apresiasi. Bentuknya pun sama seperti obyek yang dibayangkan sebagai karya seni.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit informasi untuk sobat ilmunik tentang apa itu seni rupa tiga dimensi secara lengkap, mulai dari pengertian hingga nilai estetis yang terkandung. Yuk langsung saja kita masuk ke pembahasan utama.

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi
harmoni-seni.blogspot.com - Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Seni rupa 3 dimensi merupakan karya seni rupa yang mempunyai tiga sisi atau memiliki ruang ketiga berupa panjang, tinggi, dan lebar. Berbeda dengan karya seni rupa 2 dimensi yang hanya mempunyai panjang dan lebar saja, maka seni rupa tiga dimensi ini lebih lengkap dan indah jika dibandingkan dengan seni rupa dua dimensi.

Seni rupa tiga dimensi ini dapat dilihat dari segala sisi bukan hanya dari bagian permukaan depannya saja. Selain adanya sudut pandang yang diambil, hal itu juga dapat memberikan tambahan ruang gerak kreasi serta dapat memudahkan dalam memberikan penilaian apresiasi.

Ruang gerak kreasi yang dimaksud disini adalah suatu karya seni rupa tiga dimensi dapat memuat juga karya seni rupa dua dimensi lain di salah satu atau bahkan semua permukaan karyanya.

Unsur-Unsur Seni Rupa Tiga Dimensi

Unsur-Unsur Seni Rupa Tiga Dimensi
dictio.id - Unsur-Unsur Seni Rupa Tiga Dimensi

Di dalam karya seni rupa 3 dimensi, ada beberapa unsur yang nantinya akan menjadi sebuah kesatuan yang mana dapat menjadikan seni rupa ini lebih indah. Berikut ini adalah unsur-unsur yang terdapat di dalam jenis karya seni rupa tiga dimensi:

  • Garis

Unsur garis merupakan goresan yang membentuk suatu arah dan bisa menghubungkan unsur yang lebih besar, yaitu bidang dan bangun ruang. Sedangkan dimensi garis sendiri dapat berupa memanjang dan bisa di modifikasi menjadi bentuk lain.

Sifat-sifat dari unsur garis sendiri adalah panjang, pendek, lurus, melengkung, tebal, miring, patah-patah, dan lain-lain.

  • Bentuk

Unsur kedua dari seni rupa tiga dimensi adalah bentuk, yakni unsur yang menjelaskan identitas dari bangun ruang itu sendiri. Contohnya, bentuknya kubus, tabung, bola, dan lain-lain.

Jika dilihat dari hakikatnya, bentuknya bersifat polos dan hanya bisa diartikan sebagai wujud dari satu kesatuan garis yang terstruktur. Akan tetapi, jika menyebutkan sebagai bangunan, maka selain memuat unsur bentuk, juga ada nilai dan makna tersendiri yang dikandungnya.

  • Bidang

Dari unsur pertama, yakni tiap-tiap garis yang dikombinasikan bisa membentuk suatu kesatuan yang disebut dengan bidang. Sementara dimensi dari bidang sendiri adalah berupa panjang dan lebar, atau bentuknya sering disebut dengan bentuk pipih.

Setiap bidang yang dikombinasikan bisa membentuk suatu bangun ruang tertentu atau yang disebut dengan bentuk.

  • Tekstur

Unsur tekstur adalah karakteristik permukaan bangunan yang dapat dirasakan dengan indera mata dan indera peraba. Ada berbagai sifat tekstur, yakni halus, kasar, licin, mengkilap dan lain-lain.

Terdapat dua macam tekstur yakni tekstur nyata dan tekstur semu. Untuk ciri-ciri tekstur nyata sendiri adalah mempunyai kesesuaian kandungan dari apa yang telah ditangkap oleh indera mata dan indera peraba. Sementara ciri-ciri tekstur semu merupakan tidak mempunyai kesesuaian kandungan dari pada yang dilihat dan diraba.

  • Titik

Unsur titik merupakan unsur terkecil yang digunakan dalam menggambar atau mendesain, baik desain seni rupa ataupun desain seni-seni lain. Dengan menggunakan unsur titik, maka akan bisa dibentuk unsur lain seperti garis, bidang, simbol, rangka, dan ruang.

Jika diperhatikan secara seksama, setiap menorehkan tinta apapun, pastinya akan diawali dengan titik.

Artikel Terkait Seni Rupa 2 Dimens

Jenis Dan 10 Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Jenis Dan 10 Contoh Seni Rupa 3 Dimensi
- Jenis Dan 10 Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Jenis karya seni rupa 3 dimensi sangat mudah dan banyak kita temukan di kehidupan sehari-hari. Setiap bangunan 3 dimensi pastinya mempunyai konsep yang berbeda-beda dalam setiap cara pembuatannya. Berikut ini adalah 10 contoh seni rupa 3 dimensi:

  • Seni Kriya

Seni kriya merupakan suatu seni yang pada saat proses pembutannya menitik beratkan di keterampilan tangan dengan tetap memperhatikan fungsi. Keterampilan ini digunakan untuk mengolah bahan baku menjadi bahan yang memiliki nilai guna dan juga nilai estetis.

Seni kriya juga lebih sering mengikuti tradisi dari pada penemuan yang sering ditemukan secara individu oleh seorang perupa. Seni kriya ini biasanya berupa sebuah karya seni yang terbuat dari tanah, batu, kayu, logam dan kain.

  • Seni Patung

Patung juga termasuk ke dalam kategori seni rupa tiga dimensi yang cukup mudah pembuatannya. Semua orang pastinya bisa membuat patung, tidak menutup kemungkinan sobat ilmunik juga bisa membuatnya.

Patung merupakan seni rupa yang dapat dilihat dari segala sisi atau segala arah dan juga diraba bentuknya. Pembuatan seni ini dapat menggunakan teknik memahat, serta biasanya terbuat dari kayu, batu, logam. atau benda keras lainnya.

Bahan-bahan tersebut akan dipahat dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk menyerupai binatang, manusia, ataupun bentuk lainnya. Misalnya saja seperti patung batu yang bisa Anda lihat sama seperti bangunan candi, patung kayu lebih banyak dibuat di era modern.

  • Seni Keramik

Jenis batuan mengkilap yang terkturnya licin ini termasuk ke dalam contoh seni rupa 3 dimensi yang manfaatnya bisa Anda rasakan disekitar kalian. Keramik sendiri banyak digunakan sebagai bahan pelapis lantai dinding yang bisa memperkuat material bagian dalamnya.

Seni keramik sendiri memiliki banyak sekali macam motif yang cukup menarik, sehingga selain digunakan sebagai pelapis material bangunan, juga digunakan sebagai hiasan. Seni rupa keramik sendiri menjadi suatu karya seni tradisional ataupun kontemporer.

  • Seni Arsitektur

Seni arsitektur juga termasuk ke dalam contoh seni rupa tiga dimensi yang cara pembuatannya hingga saat ini dan nanti akan selalu digunakan. Misalnya saja seperti seni mendesain dan membentuk sebuah bangunan yang bermanfaat dari berbagai jenis material.

  • Batik

Perlu sobat ilmunik ketahui, bahwa semua hasil karya berupa gambar seni termasuk ke dalam jenis seni rupa 2 dimensi, misalnya seperti batik. Karya seni satu ini tergolong ke dalam jenis seni rupa tiga dimensi walaupun proses pembuatannya dengan cara digambar diatas permukaan kain.

Kain batik inilah yang kemudian akan diproses untuk dijadikan karya seni 3 dimensi yang sangat  banyak sekali macamnya, seperti baju, selendang, dan lain-lain. Untuk cara pembuatannya bisa dilakukan dengan beberapa teknik, seperti canting, lukis, tulis, dan cap.

  • Tenun

Selain seni batik, karya seni bernilai estetis tinggi seperti jenis dua dimensi akan tetapi tergolong ke dalam seni rupa tiga dimensi adalah kain tenun. Kain ini memanglah tidak dibuat dengan cara digambar atau dilukis, namun dengan teknik yang bernama tenunan.

Tidak jauh berbeda dengan batik, kain tenunan ini termasuk seni rupa tiga dimensi sebab dapat dilihat dan diraba. Bisa juga dijadikan sebagai beberapa barang bernilai guna, seperti baju khas daerah atau bentuk kain lainnya.

  • Seni Anyaman

Seni rupa dimensi anyaman merupakan karya seni yang cara pembuatannya cukup unik, yakni dengan cara dianyam. Tekniknya adalah dengan merangkai bambu dengan pola tertentu yang selanjutnya akan dibentuk menjadi aneka barang berguna untuk rumah tangga.

Berbagai hasil karya anyaman adalah seperti kursi anyaman rotan, tempat nasi dari anyaman bambu dan lain-lain. Benda-benda dari hasil seni anyaman ini lebih banyak digunakan sebagai peralatan rumah tangga.

  • Bordir

Karya seni rupa tiga dimensi yang satu ini sama seperti batik, anyaman, dan beberapa seni rupa tiga dimensi lainnya. Seni bordir dibuat dengan teknik yang cukup unik untuk menghasilkan suatu kain dengan hiasan atau pola tertentu dengan tekstur lembut serta dapat dilihat dan diraba.

  • Relief

Contoh seni rupa tiga dimensi satu ini memanglah sangat tinggi dan lebih terkenal serta memiliki banyak manfaat. Misalnya saja karya seni tersebut mempunyai nilai sejarah, yaitu relief yang menggambarkan peristiwa kehidupan di masa lalu.

Akan tetapi, seni relief tidak dapat dilihat dari berbagai sudut atau arah, dan hanya dapat dilihat dari dua arah saja, yaitu depan dan samping. Ciri khas dari karya seni ini adalah dipahat dengan cara satu arah saja.

  • Mebel

Contoh seni rupa 3 dimensi yang satu ini biasanya dimanfaatkan sebagai perabot rumah tangga sekaligus untuk mempercantik desain ruanganan. Berbagai bentuk dan jenis mebel dapat sobat ilmunik temukan dimana saja, seperti berupa meja, kursi, lemari, dipan, kusen dan lain-lain.

Artikel Terkait Pengertian Seni Musik

Teknik-Teknik Seni Rupa Tiga Dimensi

Teknik-Teknik Seni Rupa Tiga Dimensi
pintarnesia.com - Teknik-Teknik Seni Rupa Tiga Dimensi

Di dalam pembuatan seni rupa tiga dimensi, ada beberapa macam teknik yang bisa sobat ilmunik gunakan. Semua teknik ini pastinya memiliki konsep tersendiri dan hasil karya yang berbeda-beda pula. Berikut ini adalah teknik-teknik yang digunakan dalam pembuatan seni rupa tiga dimensi:

  • Teknik Aplikasi

Teknik seni rupa tiga dimensi yang pertama ini merupakan teknik karya hias yang dimanfaatkan dalam seni menjahit, yakni dengan cara menempelkan beberapa macam potongan kain yang telah di gunting. Biasanya guntingan itu berbentuk bunga, bintang, bulan atau bentuk-bentuk lainnya dalam sebuah kain yang bertujuan sebagai hiasan dan memperindah pakaian.

  • Teknik Merakit

Teknik merakit ini biasanya dilakukan dengan cara menyambung potongan-potongan bahan tertentu supaya menjadi suatu karya seni yang utuh. Teknik menyambung-nyambung itulah yang dinamakan merakit, sedangkan rakitan adalah hasil karyanya.

Teknik merakit dapat digunakan pada benda-benda yang cenderung lebih kompleks, seperti miniatur kapal, pesawat atau alat transportasi lainnya.

  • Teknik Mozaik

Teknik mozaik ini merupakan teknik menggambar dengan menggunakan bentuk geometris khusus. Tujuan dari penggunaan bentuk geometris adalah sebagai pengganti bahan utama pewarna. Oleh sebab itu, dengan adanya teknik mozaik, media seni tidak akan terlihat polos dan lebih mempunyai corak warna tertentu.

  • Teknik Cor

Teknik cor adalah sebuah cara yang digunakan dalam seni rupa tiga dimensi dengan menuangkan zat cair tertentu pada sebuah alat cetakan khusus. Bahan cair yang digunakan adalah bahan-bahan yang terbuat dari karet, semen, logam dan lain-lain.

Teknik yang satu ini lebih cocok digunakan untuk membuat sebuah bangunan besar dan bangunan bertingkat.

  • Teknik Pahat

Teknik pahat merupakan teknik karya seni yang dilakukan dengan cara membuang atau menyisihkan bahan-bahan yang tidak perlu digunakan. Alat bantu yang digunakan berupa martil, pahat, kikir, dan lain-lain. Pada umumnya digunakan pada jenis karya seni seperti patung dan miniatur tertentu.

Nilai Estetis Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Nilai Estetis Karya Seni Rupa 3 Dimensi
hamparan.net - Nilai Estetis Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Sebuah karya seni rupa memiliki nilai estetis dua macam, yakni dapat bernilai objektif dan subjektif. Nilai estetis yang objektif lebih menitik beratkan pada keindahan sebuah karya seni rupa yang ada di dalam hasil karya seni itu sendiri secara eksplisit atau kasat mata.

Selain itu, nilai estetis yang bersifat objektif akan memberikan nilai bagaimana keindahan fisik dari karya seni tersebut jika dinilai berdasarkan efektifitas penerapan unsur dan prinsip seni yang digunakan. Keindahan seperti inilah yang tersusun dari komposisi yang baik, perpaduan warna harmonis, penempatan objek yang seimbang dan terlihat menyatu.

Sedangkan nilai estetis subjektif merupakan keindahan yang ditentukan oleh selera penikmat seni itu sendiri. Contohnya saja ketika seseorang melihat karya abstrak, maka ia tidak bisa menemukan nilai estetis dari penataan unsur rupa pada karya tersebut dan menganggap karya seni itu jelek.

Proses Berkarya Seni Rupa 3 Dimensi

Proses Berkarya Seni Rupa 3 Dimensi
karyapemuda.com - Proses Berkarya Seni Rupa 3 Dimensi

Proses pembuatan karya seni rupa tiga dimensi pastinya dilakukan berdasarkan tata cara dalam berkarya.Setiap tahapan juga berbeda, tergantung dari karakteristik bahan, teknik dan alat yang digunakan untuk membuat karya seni tersebut.

Akan tetapi, secara umumnya, tahapan dalam membuat karya seni rupa tiga dimensi masih sama seperti karya seni lain pada umumnya. Biasanya dimulai dengan motivasi untuk berkarya terlebih dulu, motivasi inilah yang akan dibangun atau berasal dari dalam ataupun luar diri seniman.

Contohnya, perupa telah mempunyai ide atau gagasan dan alasan falsafah kenapa dia ingin menciptakan karya tersebut. Bisa juga mendapatkan inspirasi dari berbagai pemandangan alam atau benda yang berada disekitarnya.

Inspirasi atau ide gagasan dalam berkarya seni rupa tiga dimensi bisa diperoleh dari berbagai macam sumber yang berbeda.

Artikel Terkait Musik Kontemporer

Penutup

Nah. mungkin hanya itu saja informasi yang dapat saya berikan untuk sobat ilmunik semua tentang seni rupa 3 dimensi secara lengkap. Semoga bisa membantu dan menambah pengetahuan Anda, cukup itu saja dan salam dari penulis untuk sobat ilmunik.