Pesona Wisata Kota Jogjakarta

Pesona Wisata Kota Jogjakarta

Hay sob. Apakah ada yang sudah pernah berwisata ke Jogjakarta? Berpetualang menikmati indahnya kota Jogjakarta. Atau hanya sekedar mampir sebentar ke kota Jogjakarta, kota yang damai dan masih lumayan tradisional.

Mungkin tak asing lagi dengan berbagai wisata yang ada disana. Mulai dari kraton Jogja, Pantai laut selatanya, sampai oleh-oleh khasnya kota Jogjakarta.

Saya akan berbagi sedikit keseruan ketika berada di kota Jogjakarta ini, jangan terburu-buru kabur ya sob.

Simak ceritanya sampai habis dulu, siapa tau bisa membuatmu penasaran ingin wisata ke Jogjakarta.

Lets gooo. Simak ceritanya sob.!

Liburan Pengurus Asrama

Liburan pengurus asrama
Sumber https://listrik.org/ilmunik

Pada penghujung pembelajaran di LKP MEC (Mandiri Enterpreneur Center). Setelah berlajan selama satu tahun, peserta sudah diakui lulus oleh lembaga MEC. Pengurus asrama mengadakan refreshing atau berlibur untuk mencari suasana baru sambil jalan-jalan.

Acara dikhusukan untuk pengurus asrama Surabaya saja.

Tempat tujuan sudah disetujui sebelumnya oleh semua pengurus asrama Surabaya. Sebelumnya ada dua pilihan tempat yang dirapatkan oleh pengurus asrama Surabaya. Tapi masih satu tempat juga kok sob di Jogjakarta.

Dan setelah semua setuju, tiba hari untuk berangkat kesana. Semua pengurus berkumpul sekitar jam 04;00. Antisipasi agar sampai di Jogja tidak terlalu siang. Karena perjalanan yang ditempuh lumayan jauh.

Travel yang dipesanpun sudah siap untuk mengantarkan para pengurus ke kota Jogjakarta.

Para pengurus memasuki mobil untuk mempersaingkat waktu. Sambil menunggu waktu solat subuh. Semua melanjutkan tidur sebentar, hehe. Maklum pemandangan masih gelap karna masih sangat pagi. Jadi tidak bisa memandang sekitar.

Ketika sudah memasuki waktu solat subuh kami pun turun di pom bensin untuk melaksanakan solat subuh secara berjama'ah.

Wisata Jogjakarta

pesona jogja
Sumber bookinglokal.com

Jogjakarta, nama kota yang tidak asing lagi bagi para wisatawan.Karena banyak tempat -tempat yang dapat dikunjungi.

Kota yang sangat menarik para wisatawan dengan berbagai tempat wisatanya. Mulai dari kraton, Malioboro, Alun-alun, dan yang tidak ketinggalm oleh-oleh khas Jogjakarta.

Juga adat dan bahasanya yang masih rata-rata tradisional. Menjadikan sebagai tempat wisata kami.

Penasaran mari kita simak sob, hehe.

Sarapan di Kopi Klotok

kopi klotok
sumber https://listrik.org/ilmunik

Setelah selesai kami melaksanakan solat subuh. Kami melanjutkan perjalanan untuk mencari sarapan. Kami menuju ke warung yang cukup terkenal yang namanya “Kopi Klotok”, warung yang bangunanya bermodel seperti rumah Joglo.

Walaupun tempatnya agak masuk jauh kedalam pemukiman tapi tempatnya sangat ramai. Sudah banyak orang disana, sampai ketika kami masuk untuk sarapan. Kita harus antri yang cukup panjang.

Tempatnya unik masih sangat tradisional sekali. Ditambah suasana pedesaan yang sangat alami.

Udara disana sangat sejuk. Cocok untuk momen sarapan pagi. Setelah antri lama akhirnya giliran kami untuk mengambil makanan.

Disitu kita disuruh mengambil sendiri, bukan porsian satu piring, tapi sesuka kita ya sob. Tapi ingat jangan lupa bayar juga, hehehe.

Dalam ruangan joglo itu dipajang ornamen pernak-pernik tempo dulu. Ada radio lawas, sepeda onthel, dan lampu teplok.

Ada juga menu tambahan spesial yang sangat di gemari, yaitu kopi dan pisang goreng. Dua menu ini adalah andalanya. Kopi yang disajikan ialah kopi hitam. Boleh memilih rasa pahit sesuai selera. Dan pisangnya disajikan hangat-hangat.

 

Merapi Park

Merapi Park
sumber https://listrik.org/ilmunik

Setelah selesai sarapan. Kami melanjutkan perjalanan ke tempat wisata yang pertama yaitu Merapi Park. Yang berada di Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman.

Disana kita tidak begitu lama. Karena rata-rata wahana ditujukan untuk anak kecil saja. Kita hanya berfoto-foto sambil menunggu anak dari Bapak Kepala Asrama selesai bermain.

Setelah kurang lebih 1 jam di sana. Kita menuju ke Bus untuk melanjutkan perjalanan.

Karena anak-bapak Kepala Asrama kayaknya sudah capek bermain. Kita lanjut sob ketempat selanjutnya, hehe.

 

Kraton Jogjakarta

Masjid kraton Jogja
Sumber https://listrik.org/ilmunik

Setelah dari Merapi Park. Kami melanjutkan perjalanan menuju kraton. Baru pertama ini saya pergi liburan ke Jogja dan merasakan indahnya kota Jogja.

Ketika kami sudah sampai. Akhirnya kami keluar dari mobil untuk masuk ke Kraton.

Eeeiittssss. Sebelum kita ke Kraton tak lupa kita melakukan solat dzuhur dulu sob, karena waktu sudah menunjukan jam 13;00.

Sambil kita menunggu anggota dari pengurus Asrama yang masih dalam perjalanan menyusul kami. Karena dia sedang melakukan pendidikan di daerah dekat Jawa Tengah.

Setelah kita selesai solat dzuhur. Solat kami di jama’ ya sob. Biar lebih memudahkan kita. Orang yang kami tunggu itupun sudah sampai di serambi Masjid. Tak menunggu lama kami bersiap untuk masuk ke dalam Kraton.

Jangan lupa beli tiket ya sob, hehe. Setelah kita mendapatkan tiket masuk. Kami mulai berjalan menyusuri area dalam Kraton.

Disitu banyak peninggalann sisa Kraton Jogja. Seperti baju adat Kraton, peralatan Kraton, dan foto-foto Kraton.

Setelah dirasa cukup kami melanjutkan perjalanan. Simak kelanjutanya sob.!

Malioboro

Jogjakarta
sumber josouvenir.com

Setelah dari kraton kami menuju Malioboro. Dalam perjalanan kami melihat pemandangan yang masih cukup klasik atau tradisional.

Tak terasa kami sudah sampai  di Malioboro. Kita sampai disana sekitar habis waktu magrib. Sebelum berkeliling Malioboro kami melaksanak solat  magrib yang sekaligus di jama’ dengan solat isya’.

Setelah selesai melakukan solat. Kami mulai berjalan menyusuri padatnya Malioboro, wisatawannya sudah sangat banyak pada waktu itu.

Kami berpisah dengan kepala asrama. Karena  beliau ingin jalan-jalan dengan istri dan anak-anaknya.

Kamipun berjalan menyusuri jalanan Malioboro. Kami berjalan sambil mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Setelah kami menyusuri jalanan Malioboro. Perut kami terasa lapar, hehe. Maklum cuman sarapan tadi pagi sambil makan camilan yang kami bawa dari Surabaya saja.

Tak terasa waktu menunjukan Pukul 20;00. Kami melanjutkan ketempat terakhir untuk hari ini, kebetulan tempatnya tidak telalu jauh dari Malioboro.

Alun alun Jogjakarta

Alun alun jogjakarta
sumber wisatapedi.com

Sekitar 15 menit kami sudah sampai Alun-alun kota Jogjakarta. Kami pun turun dari mobil untuk melanjutkan menikmati suasana malam di Alun-alun Jogjakarta, sambil menikmati secangkir kopi.

Tak hanya begitu, kami juga menaiki wahana seperti mobil-mobilan. Cuman dengan cara diayuh seperti sepeda onthel.

Kami melihat-lihat pemandangan sambil menaiki wahana tersebut. Tapi jangan lupa bayar dulu ongkos sewanya sob, hehe.

Setelah puas mengitari Alun-alun. Tak terasa waktu menunjukan pukul 21;30, waktunya kita menuju rumah ibu salah satu Dosen di LKP MEC yang berada tidak jauh dari Alun-alun. Untuk menyinap semalam disitu.

Bakpia Patok

Bakpia Patok Jogja
Sumber https://listrik.org/ilmunik

Hari pun sudah pagi. Kami bangun untuk melaksanakan solat subuh berjam’ah, setelah Solat subuh kami jalan-jalan disekitar rumah ibu Dosen. Menikmati sejuknya pagi di Kota Jogja.

Tak lupa juga. Kami sambil beli sarapan untuk dimakan bersama dirumah ibu Dosen yang kami tempati menyinap.

Setelah selesai semuanya, kita persiapan menuju tempat selanjutnya. Yaitu tempat produksi bakpia patok untuk dibawa buat oleh-oleh.

Bakpia patok yang tak pernah ketinggalan ketika orang-orang berwisata ke Kota Jogja ini.

Jangan lupa mampir ya sob kalu jalan-jalan ke Jogja, lumayan buat oleh –oleh keluarga di rumah.

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti
Sumber https://listrik.org/ilmunik

Ketika kami sudah membeli oleh-oleh khas Kota Jogja. Kini waktunya untuk menuju ke tempat wisata terakhir. Yaitu Pantai Indrayanti tempatnya tak jauh dengan Pantai Selatan.

Perjalanan kami tempuh kurang lebih 2 jam. Karena itu satu arah dari jalan pulang ke Surabaya. Agar ketika pulang tidak berputar-putar rute pulang.

Ketika sampai di Pantai Indrayanti. Kami turun untuk menikmati liburan di tempat terakhir.

Pemandangan Pantai pun sangat indah.  Tak menunggu lama kami menuju ke tepi pantai untuk sekedar menikmati bermain air, dan berfoto.

Ketika kami datang disitu ternyata juga sudah ramai dengan pengunjung.

Kami mengabadikan setiap momen untuk berfoto.  Saling Bergantian untuk berfoto tak jarang juga meminta tolong kepada pengunjung lain untuk memfoto kami.

Kami berada di Pantai Indrayantri cukup lama. Samapai tak terasa waktu sudah menunjukan pukul 13;00. Kami pun bergegas untuk ganti pakaian melaksanakan Solat Dzuhur dan Ashar dengan cara dijama’.

Setelah selesai Solat berjama’ah. Kami istirahat ditepi jalan Pantai Indrayanti. Sambil menikmati segarnya es jeruk dan nikmatnya semangkok bakso.

Jangan pengen ya sob, beli sendiri saja dirumah kalian pasti banyak, hehehe

Persiapan Pulang

perjalanan Pulang
Sumber https://listrik.org/ilmunik

Setelah puas menikmati indahnya Pantai Indrayanti. Kami melakukan persiapan untuk pulang.

Bapak kepala asrama mengingatkan untuk mengecek apa ada yang terlupakan atau tidak. Sambil berjalan menuju mobil kami melihat-lihat baju yang dijual disamping jalan, untuk kenangan biar kelihatan pernah ke Pantai Indrayanti.

Setelah semua dirasa tidak ada yang ketinggalan. Semua pengurus memasuki mobil untuk melakukan perjalanan pulang.

Mobil pun mulai berjalan menuju Surabaya. Mungkin karena lelah tak terasa semua terlelap dalam tidur.

Hingga sampai disalah satu Terminal. Saya lupa namanya sob, hehe. Tiba saatnya untuk salah satu anggota tim Asrama untuk turun karena dia harus melanjutkan program pendidikannya.

Semua pengurus Asrama bangun untuk berpamitan. Semua saling mendoakan untuk kesuksesan dan kelancaran masing-masing pengurus.

Ketika sudah berpamitan. Perjalanan pun dilanjutkan menuju tempat Asrama Surabaya.

Kami tiba di Surabaya sekitar pukul 19;00. Sesampainya di Surabaya kami turun dan menurukan barang bawaan kami didalam mobil.

Setelah semua selesai. Kami melaksanakan Solat Magrib dan Isya’ secara jama’.

Akhirnya kami dapat beristirahat didalam Asrama dengan pulas, setelah dua hari lelah berkeliling Kota Jogjakarta.

 

Itu ya sob cerita singkat tentang liburan di Kota Jogjakarta. Jangan lupa simak kelanjutan dari postinganku sob.