15+ Perbedaan Sel Prokariotik Dan Eukariotik Beserta Tabel

15+ Perbedaan Sel Prokariotik Dan Eukariotik Beserta Tabel

Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik - kedua sel ini merupakan pembagian dari jenis sel pada pembahasan ilmu biologi. Perbedaan dari kedua sel ini dapat di lihat dari ada tidaknya selaput ini serta dapat dilihat juga dari berbagai organel yang menyusun kedua sel tersebut.

Pada kesempatan ini akan saya jelaskan dulu mulai tentang apa itu sel, pengertian sel prokariotik dan eukariotik dan yang paling penting perbedaan pada keduanya secara keseluruhan.

Untuk memudahkan pemahaman kalian, sudah saya buatkan juga tabel perbedaannya untuk lebih mempersingkat lagi. Oke sobat ilmunik, langsung saja kita masuk ke pembahasannya di mulai dari pengertian terlebih dahulu.

Pengertian Sel

gambar pengertian sel
Pixabay.com

Sel adalah unit terkecil yang menyusun setiap organisme. Sel juga dapat melaksanakan fungsi hidupnya sendiri dan berkembang biak dengan cara bereplikasi atau memperbanyak diri. Sel juga diartikan sebagai penyusun tubuh suatu organisme.

Pembagian sel berdasarkan jumlah yang di miliki makhluk hidup dibedakan menjadi dua, yaitu organisme uniseluler dan organisme multiseluler.

Pada organisme uniseluler, tubuhnya terdiri atas satu sel sehingga seluruh kegiatan hidupnya dilaksanakan oleh sel itu sendiri. Misalnya pada Amoeba, Virus, Bakteri dan lain-lain. Sedangkan untuk organisme multiseluler, tubuhnya tersusun dari banyak sel yang memiliki fungsi masing-masing seperti jenis arthropoda



Pengertian Sel Eukariotik

Pengertian sel eukariotik
www.tentorku.com

Sebelum membahas tentang perbedaan sel prokariotik dan eukariotik, kita harus mengerti dulu apa itu sel prokariotik dan eukariotik. Istilah eukariotik berasal dari bahasa Yunani Eu yang berarti baik dan Kariotik artinya kacang atau biji. Secara garis besarnya sel eukariotik adalah sebuah sel yang mempunyai membran inti atau inti selnya telah terbungkus oleh membran inti.

1. Karakteristik Umum Sel Eukariotik

Organisme yang termasuk dalam golongan sel eukariotik dapat bersifat uniseluler ataupun multiseluler,. Ukuran diameter sel ini sekitar 10 hingga 100 mikro meter (mm), sekitar 10 kali lebih besar dari sel prokariotik.

2. Struktur Dan Fungsi Sel Eukariotik

Pada sel Eukariotik terdapat berbagai organel penyusun sel yang mempunyai fungsi tersendiri, beberapa organel tersebut antara lain:

  • Nucleus (inti sel), adalah organel yang terselubung membran, mengandung sebagian besar materi genetik sel yang berbentuk kromatin. Kromatin adalah suatu DNA kompleks dan protein histon yang berhubungan.
  • Nukleous (anak inti), adalah struktur yang paling jelas pada suatu sel yang tidak sedang membelah, anak inti merupakan tempat rRNA serta protein ribosom yang membentuk ribosom.
  • Selubung inti, adalah suatu organel yang mengitari inti serta terdiri dari dua membran. Untuk molekul saling dipertukarkan antara inti dengan sitoplasma melalui pori-pori yang terdapat pada membran inti.
  • Mitokondria, merupakan membran ganda yang berikatan dengan membran dalam yang penuh dengan lekukan, yang berfungsi untuk respirasi sel.
  • Vakuola, adalah kantong membran yang berguna dalam terjadinya reaksi kimia, mengatur keseimbangan air, dan sebagai tempat masuknya makanan.


Pengertian Sel Prokariotik

pengertian sel prokariotik
gurupendidikan.co.id

Istilah kata prokariotik, yaitu pro yang berarti sebelum dan karyon berarti inti. Sehingga dapat diartikan prokariotik adalah sel yang tidak mempunyai inti sel, tetapi semua sel prokariotik mempunyai membran plasma, nukleoid, serta sitoplasma yang mengandung ribosom. Contoh dari golongan yang tergolong prokariotik adalah sel pada bakteri dan ganggang.

1. Karakteristik Umum Sel Prokariotik

Klasifikasi sel prokariotik membentuk kingdom atau kerajaan prokaryotae atau monera. Semua dai spesies yang disebut prokariota merupakan bakteri. Semua jenis bakteri sendiri adalah organisme sel tunggal yang sederhana, serta merupakan organisme terbanyak yang ada di bumi.

Jenis sel prokariota mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda. Ada yang berbentuk sferis, batang ataupun spiral dengan ukuran antara 1 hingga 5 mikro meter (mm) atau 1 hingga 10 dari ukuran sel eukariota. Untuk struktur dari sel prokariota tidak mempunyai inti yang di tutup membran. Oleh sebab itu, DNA yang berada dalam kompartemen terpisah seperti pada sel eukariota.

Organisme bakteri ada yang bersifat menguntungkan dan ada yang bersifat merugikan.

2. Riwayat Hidup Sel Prokariotik

Pembelahan yang terjadi, secara umumnya dilakukan oleh bakteri atau sel untuk bereproduksi secara aseksual dengan melakukan pembelahan biner. Selain pembelahan biner, sel prokariotik dapat juga bereproduksi secara seksual yaitu dengan cara konjugasi.

Konjugasi adalah jenis perkawinan yang dilakukan oleh bakteri dengan pemindahan DNA antara kedua sel yang mempunyai hubungan sementara. Untuk konjugasi satu sel, merupakan pendonor dan sel yang lainnya sebagai resipen.



Perbedaan Sel Prokariotik Dan Eukariotik

perbedaan sel prokariotik dan eukariotik
pelajaran.co.id

Secara garis besarnya terdapat 15 perbedaan sel prokariotik dan eukariotik. Untuk penjelasannya sebagai berikut:

1. Inti Sel

Perbedaan sel prokariotik dan eukariotik yang pertama adalah pada inti selnya. Untuk sel prokariotik tidak mempunyai sebuah membran inti atau disebut juga nucleus tidak nyata dan dapat tersebar dalam sitoplasma. Sedangkan pada sel eukariotik, mempunyai sebuah inti sel yang nyata, karena mempunyai sebuah membran inti.

2. Ukuran Sel

Perbedaan sel prokariotik dan eukariotik yang selanjutnya ada pada ukuran sel. Untuk sel prokariotik mempunyai ukuran 0,2 - 2,0 µm, sedangkan untuk sel eukariotik mempunyai ukuran 10 - 100 µm. Dari sini dapat kita ketahui bahwa sel eukariotik mempunyai ukuran yang lebih besar dari sel prokariotik.

3. Flagela

Perbedaan dari kedua sel ini dapat di lihat juga dari flagellanya. Untuk sel prokariotik mempunyai kandungan dua protein penyusun. Sedangkan untuk sel eukariotik, flagelanya disusun atas banyaknya mikrotubula.

4. Membran Sel

Perbedaan sel prokariotik dan eukariotik dapat dilihat juga dari membran selnya. Jika pada sel prokariotik mempunyai membran sel yang tidak mengandung karbohidrat dan kurang memiliki kandungan steroid. Sedangkan pada sel eukariotik, mempunyai kandungan steroid dan karbohidrat yang berguna sebagai reseptor.

5. Ribosom

Perbedaan pada ribosomnya, pada sel prokariotik ukurannya cenderung kecil, sedangkan untuk sel eukariotik mempunyai ukuran ribosom yang lebih besar dari sel prokariotik.

6. Operon

Untuk operon hanya terdapat pada sel prokariotik. Jadi, sel eukariotik tidak mempunyai operon.

7. Reproduksi Seksual

Jenis sel prokariotik tidak dapat melakukan meiosis, tetapi dapat melakukan konjugasi. Sedangkan pada sel eukariotik dapat melakukan sebuah meiosis.

8. Kloroplas

Untuk kloropas hanya terdapat pada jenis sel prokariotik saja. Jadi, untuk sel eukariotik tidak terdapat sebuah kloroplas.

9. Susunan Kromosom (ADN/DNA)

Perbedaan sel prokariotik dan eukariotik dapat juga dilihat dari susunan kromosomnya. Untuk sel prokariotik memiliki kandungan kromosom sirkular, tetapi tidak mempunyai kandungan histon. Sedangkan untuk sel eukariotik, memiliki bentuk multiple linear dan mempunyai kandungan histon.

10. Sitoplasma

Untuk sitoplasma pada sel prokariotik tidak mempunyai sitoskeleton, sedangkan pada sel eukariotik mempunyai sitoskeleton dan akiran sitoplasma.

11. Dinding Sel

Perbedaan pada dinding selnya yaitu, untuk sel prokariotik mempunyai sebuah dinding sel yang cukup kompleks dan memiliki kandungan peptidoglycan. Sedangkan untuk sel eukariotik, dinding selnya hanya mempunyai bentuk komposisi kimia yang sederhana.

12. Permeabilitas Membran Inti

Untuk permeabilitas membran inti pada sel prokariotik bersifat selektif, sedangkan untuk sel eukariotik tidak bersifat selektif.

13. Pembelahan Sel

Untuk pembelahan pada sel prokariotik membelah diri dengan cara binari sisi, sedangkan untuk sel eukariotik dengan cara mitosis.

14. Organel Terbungkus Membran

Untuk perbedaan organel terbungkus membran, hanya terdapat pada jenis sel eukariotik semua organelnya terbungkus membran, seperti mitokondria, retikulum endoplasma, lisosom, dan organel sel lainnya.

15. Glikokaliks

Perbedaan sel prokariotik dan eukariotik yang terakhir dapat dilihat dari glikokaliksnya. Untuk jenis sel prokariotik, mempunyai glikokaliks pada bentuk sebuah kapsul atau lapisan lendir. Sedangkan untuk jenis sel eukariotik terdapat sebuah sel, tetapi tidak mempunyai sebuah dinding sel.



Tabel Perbedaan Sel Prokariotik Dan Eukariotik

Agar kalian dapat memahami dengan singkat dan jelas coba perhatikan tabel perbedaan sel Prokariotik dan Eukariotik di bawah ini:

No  Nama Organel  Prokariotik  Eukariotik
1 Ribosom Ada Ada
2 Mesosom Ada Ada
3 Sitoplasma Ada Ada
4 Membran Plasma Ada Tidak Ada
5 Dinding Sel Ada Tidak Ada
6 Badan Mikro Tidak Ada Ada
7 Lisosom Tidak Ada Ada
8 Mitokondria Tidak Ada Ada
9 Kompleks Golgi Tidak Ada Ada
10 Sentriol Tidak Ada Ada
12 Retikulum Endoplasm a (RE) Tidak Ada Ada

Mungkin dengan gambaran perbedaan pada tabel ini lebih memudahkan kalian dalam membedakan sel prokariotik dan eukariotik, berbeda dengan penjelasan diatas karena terdapat 15 perbedaan, tetapi yang dapat di masukan tabel ini hanya 12 saja. Kalian juga bisa mempelajari perbedaan monoktil dan dikotil pada penjelasan ini.



Kesimpulan

Sel Prokariotik Dan Eukariotik
Pixabay.com

Dari pembahasan kita diatas, terdapat berbagai kesimpulan sebagai berikut:

  1. Sel adalah bagian terkecil dari penyusun suatu organisme yang sangat penting untuk menjaga serta melakukan aktivitas kehidupan.
  2. Struktur sel dapat dibagi menjadi dua, yaitu struktur sel prokariotik dan struktur sel eukariotik.
  3. Sel prokariotik dan sel eukariotik mempunyai perbedaan yaitu, sel prokariotik merupakan sel yang tidak memiliki selaput ini. Sedangkan sel eukariotik merupakan sel yang memiliki selaput inti.Untuk perbedaan lainnya seperti yang sudah saya jelaskan diatas

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan untuk sobat ilmunik semua tentang perbedaan sel prokariotik dan eukariotik, semoga dengan artikel ini dapat membantu kalian untuk memahami materi yang diberikan oleh guru. Cukup sekian dan salam dari penulis untuk sobat ilmunik dimanapun Anda berada.