5+ Perbedaan Sarana Dan Prasarana | Pengertian, Fungsi, Contoh (Lengkap)

5+ Perbedaan Sarana Dan Prasarana | Pengertian, Fungsi, Contoh (Lengkap)

Perbedaan Sarana dan Prasarana - Pada umumnya, di dalam sebuah kegiatan organisasi atau kepanitiaan, pasti sobat ilmunik sering mendengar kata sarana dan prasarana. Dua kata ini pastinya tidak asing di dalam sebuah kegiatan, namun banyak orang yang salah dalam mengartikan dua kata ini, tidak sedikit juga orang yang berfikir tentang bangunan dan fasilitas.

Nah, bagi sobat ilmunik yang masih belum mengetahui tentang apa itu sarana dan prasarana, artikel ini sangat cocok untuk kalian pelajari. Pada tulisan kali ini, saya akan menjelaskan tentang berbagai pengertian, fungsi dan contoh dari sarana dan prasarana.

Sudah penasaran atau belum sob? Langsung saja kita masuk pembahasan utama.

Pengertian Sarana Dan Prasarana

Pengertian Sarana Dan Prasarana
Pengertian Sarana Dan Prasarana

Pengertian sarana adalah segala sesuatu yang bisa digunakan sebagai alat dalam mencapai suatu maksud ataupun tujuan. Dalam artian, kata sarana ini mengarah kepada benda-benda atau alat yang bisa bergerak. Contoh mudahnya seperti sarana di dalam sekolah atau kantor seperti komputer, meja, kursi, dokumen, rak, papan tulis dan lain-lain.

Sedangkan pengertian prasarana adalah semua yang menjadi bagian penunjang utama terselenggaranya suatu proses. Nah, proses tersebut bisa berupa pembangunan usaha ataupun proyek yang pada intinya tertuju pada benda-benda yang tidak bisa bergerak. Misalnya seperti prasarana yang ada pada suatu sekolah atau kantor yakni gedung, ruang belajar, ruang rapat, tanah lapang dan lain-lain.

Pengertian Sarana Dan Prasarana Menurut Ahli

Selain pengertian secara umum diatas, ada juga pengertian menurut para ahli tentang sarana dan prasarana. Berikut ini adalah berbagai pengertian yang diungkapkan:

  • Moenir

Moenir berpendapat bahwa saran dan prasarana adalah suatu jenis peralatan, perlengkapan kerja dan fasilitas yang bisa berfungsi sebagai media pembantu dalam menjalankan pekerjaan. Bahkan di dalam rangka kepentingan yang sedang berhubungan dengan organisasi kerja.

  • Hamalik

Beliau berpendapat sebagai keseluruhan bentuk perantara yang dipakai untuk menyebar gagasan, serta memungkinkan gagasan tersebut bisa dituju pada penerima.

  • KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Mengartikan sebagai sesuatu hal yang dipakai untuk mencapai tujuan, baik berupa benda yang dapat bergerak dan tidak dapat bergerak untuk tercapainya pekerjaan kantor.

  • Depdiknas

Mengartikan sebagai segala sesuatu alat yang bisa digunakan secara langsung ataupun tidak langsung dalam hal pekerjaan kantor.

  • The Liang Gie

Mendefinisikan sebagai hal lain untuk pembekalan kantor sebagai penunjang terlaksananya pekerjaan kantor.

  • Tatang M. Amirin

Mengartikan sebagai sebuah alat atau media yang dapat digunakan secara langsung ataupun tidak langsung untuk melaksanakan pekerjaan kantor.

Fungsi Sarana Dan Prasarana

Fungsi Sarana Dan Prasarana
Fungsi Sarana Dan Prasarana

Adapun fungsi dari sarana dan prasarana pastinya berbeda-beda berdasarkan lingkup penggunaannya. Biasanya meliputi sarana dan prasarana transportasi berbeda dengan kesehatan.

Namun pada dasarnya mempunyai segala dan tujuan yang sama, yakni untuk mencapai suatu hasil yang diharapkan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Berikut ini adalah fungsi-fungsi yang terdapat dalam sarana dan prasarana:

  1. Bisa menjadi lebih sederhana atau mudah dalam gerak para pengguna ataupun pelaku.
  2. Pendapatan kerja akan lebih berkualitas dan terjamin mutunya.
  3. Bisa menghasilkan rasa nyaman pada orang yang menggunakan kebutuhannya.
  4. Memberikan keputusan secara tersusun stabilitas pekerjaan yang akan lebih terjamin.
  5. Bisa mempersingkat suatu proses di dalam menjalankan pekerjaan sehingga mempercepat keadaan.
  6. Dapat menjadikan peningkatan produktivitas barang ataupun jasa.
  7. Bisa memberikan rasa kenyamanan bagi setiap kebutuhan.

Perbedaan Sarana Dan Prasarana

Perbedaan Sarana Dan Prasarana
Perbedaan Sarana Dan Prasarana

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari sarana dan prasarana, selanjutnya adalah perbedaan dari sarana dan prasarana itu sendiri. Secara singkatnya, terdapat lima perbedaan saran dan prasarana, berikut ini tabelnya:

PERBEDAAN SARANA PRASARANA
Fungsi Alat utama dalam satu kegiatan Pendukung kegiatan secara umum
Biaya Pengadaan Individu dan peserta kegiatan Pemerintah, masyarakat dan pelaku kegiatan
Bentuk Fasilitas ataupun alat Fasilitas umum
Kepemilikan Dimiliki oleh individual, swasta dan pemerintahan Dimiliki oleh pemerintah
Sifat Tidak bisa habis dan tidak bisa dipindahkan Bisa dipakai berulang-ulang

1. Perbedaan Berdasarkan Fungsi

Perbedaan sarana dan prasarana yang pertama adalah berdasarkan fungsinya. Fungsi dari sarana ialah sebagai bagian utama dari suatu kegiatan dan tujuan. Dalam hal ini, alat tersebut sangat penting diperlukan untuk kelancaran kegiatan, sebab bisa menjadi bagian paling utama.

Contohnya, sarana untuk seorang karyawan yang sedang bekerja, ia pastinya membutuhkan sarana yang terdiri dari komputer, kertas, dan lain sebagainya agar bisa menjalankan tugas atau pekerjaan. Jika tidak ada sarana tersebut, maka karyawan tidak bisa menyelesaikan secara maksimal.

Sedangkan fungsi dari prasarana adalah sebagai alat pendukung atau penunjang kegiatan. Prasarana juga tidak secara langsung bisa menyelesaikan tugas.

Contohnya, karyawan akan bekerja dengan prasarana kantor yang berupa ruangan nyaman dan terdapat AC.

2. Perbedaan Berdasarkan Biaya Pengadaan

Perbedaan sarana dan prasarana berikutnya yang mendasar adalah dari biaya pengadaannya. Secara penuh sarana yang digunakan di fasilitasi dan biayai oleh pihak yang mengadakan kegiatan. Namun biaya juga bisa di dapatkan dari peserta atau orang yang mengikuti kegiatan tersebut.

Sedangkan untuk prasarana, pembiayaan sepenuhnya bersumber dari pemerintah. Biaya yang digunakan untuk proses pengadaan berasal dari APBN dan pajak yang diterima pemerintah wajib pajak.

Wajib pajak yang dimaksud disini adalah pihak yang menyelenggarakan kegiatan dan menggunakan prasarana tersebut sebagai pendukung kegiatan mereka.

3. Perbedaan Berdasarkan Bentuk

Perbedaan sarana dan prasarana juga bisa dilihat berdasarkan bentuknya. Sarana disini memiliki bentuk yang kecil, sedangkan prasarana memiliki bentuk yang lebih besar dibandingkan sarana.

Bentuk sarana juga bisa dipindahkan, sedangkan bentuk prasarana tidak bisa dipindahkan karena relatif besar dan menetap di suatu tempat.

4. Perbedaan Berdasarkan Kepemilikan

Jika berdasarkan kepemilikannya, semua benda atau alat yang dipunyai individual dapat dikelompokkan menjadi sarana. Individual disini diartikan sebagai perorangan, swasta dan pemerintah. Alat ini termasuk bebas untuk digunakan dalam melakukan suatu kegiatan sebagaimana mestinya.

Sedangkan, prasarana secara resmi sudah dimiliki oleh pihak pemerintah. Prasarana adalah alat atau faktor yang berfungsi sebagai pendukung dan tidak hanya untuk satu kegiatan saja di lokasi, melainkan kegiatan lain yang masih berhubungan juga.

5. Perbedaan Berdasarkan Sifatnya

Perbedaan sarana dan prasarana juga bisa dilihat dari sifatnya, sebab keduanya memiliki sifat yang berbeda. Untuk sarana lebih bersifat habis pakai dan dapat dipindahkan, sedangkan sifat prasarana yakni tidak bisa habis pakai dan tidak bisa berpindah atau dipindahkan.

Jadi, sifat dari sarana cenderung mengarah pada benda-benda yang jika digunakan secara terus menerus akan mengalami penyusutan secara kualitas dan segi jumlah. Sedangkan sifat prasarana adalah bisa digunakan secara berulang-ulang kali tanpa mengalami penyusutan jumlah, namun hanya sebatas kemampuan yang berkurang.

Contoh Perbedaan Sarana Dan Prasarana

Contoh Perbedaan Sarana Dan Prasarana
Contoh Perbedaan Sarana Dan Prasarana

Jika sobat ingin mengetahui contoh sarana dan prasarana, memang sangat mudah ditemui di sekitar kita. Apabila ada fasilitas kesehatan, pasti akan ada dua kata tersebut, jika ada sekolah pasti juga ada sarana dan prasarananya. Berikut ini adalah contoh-contoh dari sarana dan prasarana:

  • Sekolah

Bidang sarana berupa alat tulis, peraga, alat praktikum, alat olahraga, komputer, dan lain-lain.

Bidang prasarana berupa ruang kelas, ruang guru, lapangan olahraga, ruang praktek, dan lain-lain.

  • Rumah Sakit

Bidang sarana berupa alat-alat operasi, alat kesehatan, obat-obatan, mobil ambulance, dan lain-lain.

Bidang prasarana berupa gedung rumah sakit.

  • Kantor

Bidang sarana berupa peralatan mesin seperti komputer, mesin foto copy, scanner, printer, proyektor, mesin ketik, meja, kursi dan lain-lain.

Bidang prasarana berupa gedung kantor.

  • Hotel

Bidang sarana berupa tempat tidur, lemari, peralatan mandi, peralatan spa, bus pariwisata.

Bidang prasarana berupa gedung lobi, kamar hotel, kolam renang, lapangan golf, dan lain-lain.

Penutup

Nah, mungkin hanya itu saja penjelasan yang dapat saya berikan tentang 5 perbedaan sarana dan prasarana untuk sobat ilmunik. Semoga dengan sedikit penjelasan ini bisa membantu dan menambah pengetahuan kalian. Jika ada saran ataupun masukan bisa disampaikan lewat komentar, serta cukup sekian dan salam dari penulis.