Legenda Bahasa Jawa | Pengertian, Ciri, Jenis Beserta Contohnya (Terupdate)

Legenda Bahasa Jawa | Pengertian, Ciri, Jenis Beserta Contohnya (Terupdate)

Legenda Bahasa Jawa - secara mudahnya, legenda sendiri dapat dikatakan sebagai dongeng di tengah kehidupan masyarakat. Asal usulnya sendiri masih belum jelas, atau masih membutuhkan rujukan untuk mendapatkan kebenarannya.

Sementara cerita rakyat merupakan kisah pada masa lalu yang memuat ciri khas suatu daerah dan mengisahkan tentang suatu kejadian yang terus berkembang di kehidupan masyarakat. Nah lalu apa sih penjelasan lebih lengkapnya tentang legenda bahasa Jawa itu?

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit penjelasan untuk sobat ilmunik tentang itu semua, mulai dari pengertian, ciri-ciri dan juga macam-macam ceritanya. Yuk, langsung saja kita masuk ke pembahasannya.

Pengertian Legenda (Bahasa Jawa)

Pengertian Legenda (Bahasa Jawa)
Pengertian Legenda (Bahasa Jawa)

Apa sih legenda itu? Istilah legenda berasal dari bahasa Latin "legere" adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang mempunyai cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. Sebab itulah, legenda biasanya dianggap sebagai sejarah kolektif atau folk history.

Walaupun demikian, sebab tidak mempunyai catatan yang objektif, maka kisah tersebut sudah mengalami distorsi. Sehingga tidak sedikit ceritanya yang jauh berbeda dengan kisah aslinya, atau adanya penambahan dan pengurangan cerita.

Oleh karena itu, para ilmuwan menggunakannya untuk melakukan rekontruksi sejarah. Mereka terlebih dulu melakukan pembersihan dari yang mengandung sifat-sifat folklore.

Jika di dasarkan pada Buku Seni Kata Bahasa Indonesia, legenda merupakan cerita rakyat pada zaman dulu yang berkaitan erat dengan suatu kejadian serta asal-usul terjadinya suatu tempat.

Misalnya legenda: Sangkuriang, Batu Menangis, serta Legenda Pulau Giliraja.

Sementara menurut Pudentia, legenda masih membutuhkan rujukan sebab legenda merupakan cerita yang diyakini oleh beberapa penduduk setempat sebagai sesuatu yang benar-benar pernah terjadi. Terdapat kemiripan dengan mite, tapi yang membedakannya adalah legenda tidak dianggap suci dan sakral.

Menurut KBBI pada tahun 2005, legenda merupakan cerita rakyat yang terjadi pada zaman dulu serta masih terdapat hubungan dengan peristiwa sejarah. Sedangkan menurut Emies, legenda masih memerlukan rujukan yang jelas, sebab legenda berupa cerita kuno yang setengah berdasarkan sejarah dan setengah lagi didasarkan dari angan-angan.

Legenda sendiri dapat juga dikatakan sebagai suatu cerita atau dongeng ditengah kehidupan masyarakat yang sumbernya masih belum pasti, atau masih membutuhkan rujukan untuk mendapatkan kebenarannya.

William R. Biscom sendiri mendefinisikan legenda sebagai cerita yang memiliki ciri-ciri sama dengan mitos, yakni dianggap benar-benar terjadi. Akan tetapi ceritanya dianggap tidak suci, sebab itulah legenda masih membutuhkan sumber yang sesungguhnya.

Sedangkan Hooykaas mendefinisikan legenda sebagai suatu dongeng ditengah-tengah masyarakat tentang hal-hal yang bersumber dari sejarah. Pada umumnya mengandung sesuatu hal yang luar biasa, ajaib atau kejadian yang menandakan kesaktian.

Pengertian Cerita Rakyat

Pengertian Cerita Rakyat
Pengertian Cerita Rakyat

Setelah mengetahui pengertian legenda bahasa Jawa secara lengkap, selanjutnya adalah cerita rakyat. Lalu apa sih cerita rakyat itu? Apakah ada kesamaan dengan legenda?

Cerita rakyat merupakan cerita yang berasal dari masyarakat sendiri dan terus mengalami perkembangan. Cerita rakyat juga dapat dikatakan sebagai sebuah kisah atau kejadian di masa lalu yang menyangkut ciri khas atau karakteristik setiap bangsa, serta memiliki kultur budaya yang sangat beraneka ragam.

Pada umumnya, cerita rakyat memuat hal-hal seperti kekayaan, sejarah, kebudayaan, yang dipunyai oleh masing-masing bangsa.

Jika dilihat secara umumnya, cerita rakyat mengisahkan tentang suatu kejadian pada suatu tempat atau yang biasanya disebut dengan asal-usul suatu tempat. Tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita rakyat diwujudkan dalam berbagai bentuk seperti manusia, dewa, atau pun binatang.

Akan tetapi, ada perbedaan antara cerita rakyat dengan cerita rakyat (legenda bahasa Jawa), yakni pada segi bahasa yang digunakan untuk menceritakan kisah dalam cerita tersebut.

Nah, dalam hal ini pada dasarnya antara cerita rakyat dan legenda bahasa Jawa (cerita rakyat bahasa Jawa) terdapat persamaan pengertian atau penafsiran. Hanya saja terdapat perbedaan bahasa yang digunakan saja di didalam menceritakannya ya sobat ilmunik.

Jadi untuk tidak menjadikan Anda bingung, antara cerita rakyat biasa dengan cerita rakyat yang menggunakan bahasa Jawa, dibawah ini cara mudahnya.

Cerita rakyat merupakan sebuah kisah yang terjadi di masa lalu, yang memuat ciri khas suatu daerah dan menceritakan tentang suatu kejadian yang terus berkembang di tengah kehidupan masyarakat.

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, perbedaan yang paling mendasar antara keduanya adalah dalam hal penggunaan bahasa dalam menceritakan.

Baca Juga Nama Jawa Kuno

Ciri-Ciri Cerita Rakyat

Ciri-Ciri Cerita Rakyat
Ciri-Ciri Cerita Rakyat

Setelah mengetahui pengertian antara legenda bahasa Jawa dan juga perbedaan yang ada diantara keduanya, yakni tidak terlalu signifikan. Selanjutnya kita masuk ke dalam pembahasan ciri-ciri cerita rakyat.

Sebab diantara keduanya memiliki perbedaan yang tidak signifikan, maka ciri-ciri yang ada di dalam cerita rakyat biasa dengan cerita rakyat yang menggunakan bahasa Jawa sama saja. Untuk penjelasan tentang ciri-cirinya secara lengkap adalah sebagai berikut:

  1. Nama pengarangnya tidak disebutkan atau bersifat anonim.
  2. Cerita rakyat mempunyai berbagai ragam variasi dan versi.
  3. Perkembangan ceritanya tidak melalui tulisan, namun berkembang dari media mulut ke mulut.
  4. Sumber atau pencipta cerita rakyat yang pertama kali tidak diketahui.
  5. Cerita rakyat bersifat tradisional.
  6. Cerita rakyat umumnya banyak memuat unsur nilai-nilai luhur.
  7. Kisah di dalam cerita rakyat bersifat turun temurun.
  8. Cerita rakyat menyebar melalui lisan dan tidak ada di dalam tulisan (melalui tulisan).
  9. Pada langkah susunan pengungkapannya memiliki bentuk klise.

Jenis-Jenis Cerita Rakyat

Jenis-Jenis Cerita Rakyat
Jenis-Jenis Cerita Rakyat

Ada berbagai jenis cerita rakyat yang telah mengalami perkembangan secara luas ditengah kehidupan masyarakat. Supaya sobat ilmunik dapat memahami dan membedakan jenis cerita rakyat satu dengan jenis cerita rakyat lainnya, maka saya akan menjelaskan tentang jenis-jenisnya.

Di bawah ini merupakan jenis-jenis cerita rakyat yang telah menyebar luas di tengah-tengah masyarakat, antara lain:

  • 1. Fabel

Fabel merupakan cerita rakyat yang berupa tokoh di dalam ceritanya adalah binatang. Binatang yang terdapat di dalam cerita fabel memiliki tingkah laku seperti manusia. Contoh dari jenis cerita rakyat fabel yang paling terkenal adalah Si Kancil yang sangat cerdas.

  • 2. Mite

Mite merupakan cerita rakyat yang mengisahkan tentang para dewa-dewi dan juga jenis cerita rakyat yang sifatnya sakral dan penuh mistis. Contoh dari jenis cerita mite yang paling terkenal adalah Kisah Nyai Roro Kidul atau Ratu Laut Selatan.

  • 3. Legenda

Legenda merupakan suatu cerita rakyat yang mengisahkan asal-usul terjadinya suatu tempat atau bisa juga disebut dengan asal muasal terbentuknya suatu daerah atau tempat. Contoh dari cerita rakyat jenis legenda yang paling terkenal adalah legenda Tangkuban Perahu.

  • 4. Sage

Sage merupakan jenis cerita rakyart yang memiliki unsur-unsur sebuah sejarah. Contoh jenis cerita rakyat sage yang paling terkenal adalah kisah Roro Jonggrang.

  • 5. Epos

Epos adalah suatu cerita rakyat yang biasanya menceritakan tentang sebuah perjuangan atau kepahlawanan. Contoh jenis cerita rakyat epos yang paling terkenal adalah Mahabarata.

  • 6. Cerita Jenaka

Cerita jenaka adalah cerita rakyat yang mengisahkan tentang sesuatu yang cenderung lucu atau humoris. Contoh jenis cerita rakyat jenaka yang paling terkenal adalah Pak Belalang dan Si Kabayan.

Baca Juga Aksara Jawa

Kumpulan Cerita Rakyat

Kumpulan Cerita Rakyat Singkat
Kumpulan Cerita Rakyat Singkat

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, untuk lebih memudahkan kalian dalam memahami tulisan ini, saya juga akan memberikan contoh-contoh dari cerita rakyat (legenda bahasa Jawa). Anda dapat melihatnya dengan cara baca disini.

Di bawah ini adalah kumpulan cerita rakyat bahasa Jawa, antara lain:

1. Legenda bahasa Jawa Candi Prambanan, baca disini.

2. Legenda Candi Borobudur, baca disini.

3. Legenda Kota Kudus Bahasa Jawa, baca disini.

4. Legenda Bahasa Jawa Sangkuriang, baca disini.

5. Legenda Gunung Bagus Bahasa Jawa, baca disini.

6. Legenda Bahasa Jawa Malin Kundang, baca disini.

7. Legenda Gunung Bromo Bahasa Jawa, baca disini.

8. Legenda Bahasa Jawa Kancil dan Merak, baca disini.

9. Legenda Banyuwangi Bahasa Jawa, baca disini.

10. Legenda Bahasa Jawa Danau Toba, baca disini.

11. Legenda Keong Mas Bahasa Jawa, baca disini.

12. Legenda Timun Mas Bahasa Jawa, baca disini.

13. Legenda Bahasa Jawa Joko Kendil, baca disini.

14. Legenda Rawa Pening Bahasa Jawa, baca disini.

Baca Juga Kebiasaan Orang Jawa

Penutup

Pada dasarnya cerita rakyat biasa dan cerita rakyat bahasa Jawa sebenarnya sama saja, yang membedakan hanyalah di bagian bahasa yang digunakan untuk menceritakan kisahnya saja. Mungkin hanya itu saja sedikit penjelasan yang dapat saya berikan tentang pengertian, ciri, dan jenis dari cerita rakyat biasa dan cerita rakyat bahasa Jawa (legenda bahasa Jawa).

Semoga dengan adanya sedikit tulisan ini dapat membantu dan memudahkan kalian untuk memahaminya. Cukup sekian dan salam dari penulis untuk Anda.