√18 Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia Beserta Rajanya [Terlengkap]

√18 Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia Beserta Rajanya [Terlengkap]

Kerajaan Hindu Budha di Indonesia - tidak bisa lepas dari agama yang ada di Nusantara sebelum datangnya agama Islam. Lebih tepatnya lagi percampuran agama Hindu-Budha yang ada di Indonesia dengan yang ada di India. Sehingga banyak melahirkan kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Budha mulai dari yang kecil hingga kerajaan paling besar.

Kerajaan-kerajaan ini tersebar di berbagai wilayah Nusantara yang belum menjadi Negara Indonesia. Namun keberadaanya kini hanya tinggal sisa-sisa reruntuhannya saja.

Pada kali ini saya akan berbagi tentang kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Budha yang pernah berdiri di Indonesia. Semoga dapat menambah pengetahuan kalian.

1. Kerajaan Pajajaran (Sunda Galuh)

kerajaan hindu budha pajajaran
wajibbelajar.com

Kerajaan Hindu Budha di Indonesia yang pertama adalah Kerajaan Pajajaran. Sering dikatakan dengan Kerajaan Sunda Galuh adalah kerajaan yang bercorak Hindu-Budha yang berdiri sekitar tahun 669 Masehi. Kerajaan Pajajaran terbentuk karena adanya perpecahan dari Kerajaan Tarumanegara. Kerajaan ini juga berdiri atas penyatuan 2 kerajaan besar di tanah Sunda yaitu, Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh.

Kerajaan Sunda mempunyai ibukota di kota Bogor, sedangkan untuk ibukota Kerajaan Galuh berada di Ciamis, Kedua kerajaan ini sering disatukan menjadi Kerajaan Sunda Galuh, yang lebih dikenal dengan Kerajaan Pajajaran, walapun pada sejarahnya tidak bisa bersatu secara resmi.

Nama-Nama Raja Kerajaan Sunda

  1. Maharaja Tarusbawa.
  2. Sanjaya Harisdarma.
  3. Tamperan Barmawijaya.
  4. Rakeyan Medang Prabu Hulukujang.
  5. Rakeyan Banga.
  6. Pucukbumi Darmeswara.
  7. Prabu Gilingwesi.
  8. Prabu Darmaraksa.
  9. Prabu Gajah Kulon Rakeyan Wuwus.
  10. Rakeyan Kemuning Gading Prabu Pucukwesi.
  11. Rakeyan Jayagiri Prabu Wanayasa.
  12. Windusakti Prabu Dewageng.

Nama-Nama Raja Kerajaan Galuh

  1. Wretikandayun.
  2. Rahyang Purbasora.
  3. Rahyang Bratasenawa.
  4. Rahyang Mandiminyak.
  5. Manarah.
  6. Sanjaya Harisdarma.
  7. Guruminda Sang Minisri.
  8. Adimulya Premana Dikusuma.
  9. Sang Walengan.
  10. Prabhu Kretayasa Dewakusalesywara Sang Triwulan.
  11. Prabu Gajah Kulon Rakeyan Wuwus.
  12. Tamperan Barmawijaya.
  13. Prabu Linggabumi.

Nama-Nama Raja Kerajaan Sunda Galuh

  1. Darmaraja.
  2. Darmakusuma.
  3. Rakeyan Jayagiri Prabu Ménakluhur.
  4. Langlangbumi.
  5. Prabu Ajiguna Linggawisesa.
  6. Citraganda.
  7. Darmasiksa Prabu Sanghyang Wisnu.
  8. Prabu Bunisora.
  9. Prabu Maharaja Linggabuanawisesa.
  10. Prabu Ragamulya Luhurprabawa.
  11. Prabu Niskala Wastu Kancana.
  12. Ragasuci.
  13. Prabu Linggadewata.

2. Kerajaan Kalingga (Kerajaan Holing)

kerajaan hindu budha kalingga
romadecade.org

Kerajaan Hindu Budha di Indonesia selanjutnya adalah Kerajaan Kalingga didirikan pada tahun 594 Masehi yang terletak di Jawa Tengah. Kerajaan Kalingga adalah kerajaan pertama yang bercorak Budha di kawasan utara Pulau Jawa. Pemrintahan kerajaan ini berpusat di sekitar Pekalongan dan Jepara, lalu kemudian pindah ke Magelang dan Yogyakarta.

Kerajaan Kalingga juga sering dikenal dengan Kerajaan Holing. Kerajaan ini sempat tercpecah menjadi dua yaitu Keling dan Medang. Kerajaan Kalingga mengalami keruntuhan pada tahun 782 Masehi dan diteruskan oleh Rakai Mataram dan Rakai Panangkaran di Medang.

Nama-Nama Raja Kerajaan Kalingga

  1. Prabhu Wasumurti.
  2. Prabhu Wasukawi.
  3. Prabhu Kartikeyasingha.
  4. Prabhu Wasugeni.
  5. Ratu Shima.
  6. Dewi Parwati.
  7. Prabhu Kirathasingha.
  8. Sanjaya.
  9. Dewi Sannaha.
  10. Prabhu Wasudewa.
  11. Rakai Panangkaran.

3. Kerajaan Sriwijaya

kerajaan hindu budha sriwijaya
monitorriau.com

Kerajaan Sriwijaya adalah salah satu kerajaan bercorak Budha  pertama di Indonesia, kerajaan ini berdiri sekitar pada abad ke-6 Masehi yang terletak di Palembang, Sumatera Selatan. Kerajaan Sriwijaya sempat menjadi kerajaan besar yang berjaya dan menguasai Nusantara.

Kerajaan Sriwijaya banyak memberi pengaruh pada Nusantara dengan daerah kekuasaan berdasarkan peta membentang dari Kamboja, Thailand Selatan, Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Kerajaan Sriwijaya menjadi kerajaan bahari yang memanfaatkan perdagangan maritim lewat jalur perairan.

Kerajaan Sriwijaya mengalami masa keruntuhannya sekitar tahun 1100-an Masehi, disebabkan oleh beberapa peperangan, salah satunya serangan Rajendra Chola I dari Koromandel pada tahun 1025, hingga kemudian pada tahun 1183 kekuasaan kerajaan ini berada dibawah kendali Kerajaan Dharmasarya.  Hingga sekarang banyak peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang ditemukan.

Nama-Nama Raja Kerajaan Sriwijaya

  1. Dapunta Hyang (Sri Jayanasa).
  2. Sri Maharaja.
  3. Rudra Wikrama.
  4. Samaratungga (Rakai Garung).
  5. Samaragrawira (Rakai Warak).
  6. Sri Indrawarman.
  7. Dharanindra (Rakai Panangkaran).
  8. Sri Mara-Vijayottunggawarman.
  9. Sri Cudamani Warmadewa.
  10. Balaputradewa.
  11. Haji Sumatrabhumi.
  12. Sri Udayaditya Warmadewa.
  13. Srimat Trailokyaraja Maulibhusana Warmadewa.
  14. Sangrama-Vijayottunggawarman.

4. Kerajaan Kahuripan

kerajaan hindu budha kahuripan
budayajawa.id

Kerajaan Kahuripan merupakan kerajaan bercorak Hindu yang berdiri sekitar abad ke-7 Masehi. Kerajaan Kahuripan terletak di Desa Dinoyo Malang, Jawa Timur. Juga menjadi kerajaan tertua. Berdasarkan prasasti kerajaan ini raja pertamanya adalah Gajayana.

Peninggalan kerajaan ini salah satunya adalah Prasati Dinoyo yang ditulis dengan menggunakan bahasa Sansekerta dan menggunakan aksara Jawa Kuno. Jika ingin melihat artefak peninggalan kerajaan ini kalian bisa datang  ke Malang untuk melihat Candi Wurung dan Candi Badut.

5. Kerajaan Wijayapura

kerajaan hindu budha wijayapura
sportourism.id

Kerajaan Wijayapura merupakan salah satu kerajaan yang berada di Pulau Kalimantan, lebih tepatnya di kawasan Kalimantan Barat. Kerajaan Wijayapura diperkirakan berdiri sekitar abad ke-7 hingga 8 Masehi.

Kerajaan ini juga disebutkan termasuk  salah satu kerajaan bercorak Hindu-Budha. Sejarah juga menyebutkan bahwa Kerajaan Wijayapura yang berdiri sekitar abad ke-7 berada pada kawasan muara sungai Rejang di Kalimantan Barat, kerajaan ini juga dikenal sebagai Kerajaan Samabas Kuno.

Pendapat ini di dasakan keberadaan Kerajaan Wijayapura  yang memilki peninggalan benda arkeologis kuno yang terdiri dari patung, gerabah, dan masih banyak lainnya. Menurut para ahli yang melakukan penelitian, benda ini telah ada pada abad ke-6 dan ke-7 Masehi.

6. Kerajaan Tarumanegara

kerajaan hindu budha tarumanegara
toriolo.com

Kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan yang bercorak Hindu yang ada sekitar abad ke-5 Masehi, berada di daerah Jawa Barat. Pada saat kejayaannya, wilayah kekuasaanya sudah membentang Jawa Barat, Cirebon, hingga Jakarta.

Raja pertama dan sekaligus pendirinya bernama Purnawarman. Purnawarman digambarkan dalam beberapa sumber sejarah adalah seorang raja yang baik hati dan merakyat, dia selalu perhatian terhadap kemakmuran rakyatnya dan sering memberikan hadiah berupa lembu.

Kerajaan Tarumannegara mengalami keruntuhan sekitar abad ke-7 setelah mengalami serangan dari Kerajaan Sriwijaya.

7. Kerajaan Kediri

kerajaan hindu budha kediri
dosenpendidikan.co.id

Kerajaan Hindu Budha di Indonesia selanjutnya adalah Kerajaan Kediri. Kerajaan Kediri merupakan kerajaan yang mempunyai corak Budha, juga merupakan pecahan dari Kerajaan Airlangga yang terletak di kota Daha (Kediri), Jawa Timur. Kerajaan Kediri berdiri sekitar tahun 1042.

Berdasarkan dari prasasti Mahasubya, kitab Negarakertagama, dan kitab Calon Arang disebutkan bahwa terjadinya peperangan saudara setelah raja utama yaitu Airlangga meninggal.

Kemudian kedua putranya yaitu, Mapanji Garasakan dan Janggala masing-masing mendapatkan wilayah. Namun, Raja Mapanji Garasakanlah yang akhirnya mendirikan Kerajaan Kediri. Istilah kata Kediri beasal dari bahasa Sansekerta yaitu Khadiri yang mempunyai arti pohon mengkudu.

Nama-Nama Raja Kerajaan Kediri

  1. Raja jayabaya.
  2. Raja Kameswara.
  3. Raja Sarweswara.
  4. Raja Kertajaya.

8. Kerajaan Majapahit

kerajaan hindu budha majapahit
detik.in

Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan Hindu Budha di Indonesia terbesar yang berpusat di kawasan Jawa Timur. Kerajaan Majapahit berdiri sekitar tahun 1293 Masehi dan mengalami keruntuhan pada tahun 1500 Masehi. Wilayah kekuasaanya sangat luas, karena wilayah Indonesia sekarang masih kalah dengan luas wilayah kekuasaan Kerajaan Majapahit.

Wilayah yang pernah ditaklukanya diantaranya adalah terbentang di Jawa, Sumatera, Semenanjung Malaya, Kalimantan, hingaa sampai Indonesia Timur. Kerajaan Majapahit termasuk kerajaan yang bercorak Hindu-Budha.

Nama-Nama Raja Kerajaan Majapahit

  1. Raden Wijaya.
  2. Hayam Wuruk.
  3. Kalagamet.
  4. Suhita.
  5. Sri Gitarja.
  6. Rajasawardhana.
  7. Kertawijaya.
  8. Purwawisesa.
  9. Patih Udara.
  10. Bhre Kertabumi.
  11. Bhre Pandansalas.
  12. Girindrawardhana.

Baca JugaKerajaan Islam di Indonesia

9. Kerajaan Singosari

kerajaan hindu budha singosari
nativeindonesia.com

Kerajaan Singosari juga merupakan kerajaan yang mempunyai corak Hindu yang terletak di daerah Jawa Timur, lebih tepatnya adalah Malang. Kerajaan Singosari di dirikan oleh raja yang terkenal bernama Ken Arok sekitar abad ke-10 atau sekitar tahun 1222 Masehi.

Nama-Nama Raja Kerajaan Singosari

  1. Ken Arok.
  2. Tohjaya.
  3. Ranggawuni Wisnuwardhana.
  4. Anusapati.
  5. Kertanegara.

10. Kerajaan Bali

kerajaan hndu budha bali
makalahirfan.blogspot.com

Kerajaan Bali merupakan kerajaan yang bercorak Hindu yang berada di Pulau Bali, berdiri sejak tahun 914 Masehi. Terdapat beberapa dinasti yang pernah memerintah selama berdirinya kerajaan tersebut. Kerajaan Bali juga termasuk ke dalam daftar kerajaan Hindu Budha di Indonesia.

Nama-Nama Raja Kerajaan Bali

  1. Sri Kesari Warmadewi.
  2. Jayasingha Warmadewa.
  3. Ratu Sri Ugrasena.
  4. Sri Wijaya Mahadewi.
  5. Tabanendra Warmadewa.
  6. Anak Wungsu.
  7. Jaya sakti.
  8. Dharma Udayana Warmadewa.
  9. Bedahulu.
  10. Maraka.
  11. Jayashadu Warmaewa.

11. Kerajaan Mataram Kuno

kerajaan hindu budha mataram kuno
smsgrosir.co.id

Kerajaan Mataram Kuno atau sering juga disebut Kerajaan Medang merupakan kerajaan bercorak Budha yang berdiri pada abad ke-8 Masehi, terletak di daerah Jawa Tengah. Selama masa berdirinya, kerajaan ini terdapat beberapa dinasti yang pernah berkuasa yaitu, Dinasti Sanjaya, Dinasti Syailendra, dan Dinasti Isana.

Kerajaan Mataram Kuno sebenarnya terbagi menjadi dua yaitu, di kawasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Asalnya Kerajaan ini berada di Jawa Tengah, lalu Mpu Sendok memindahkan ibukota yang semula berada di Jawa Tengah ke Jawa Timur.

Setelah berpindah ibukota muncul dinasti baru yang bernama Dinasti Isana.

Kerajaan Mataram Kuno merupakan kerajaan Hindu Budha di Indonesia yang tertutup baik secara politik maupun ekonomi, sehingga sulit untuk berkembang. Tetapi ada masa kemajuaannya pada kerajaan ini diantaranya adalah masyarakat perdesaan dibebaskan dari pajak dan hubungan lalu lintas sungai lancar.

Nama-Nama Raja Kerajaan Mataram Kuno

  1. Sanjaya.
  2. Rakai Garung.
  3. Rakai Panangkaran.
  4. Rakai Pikatan.
  5. Rakai Panunggalan.
  6. Rakai Warak.
  7. Rakai Watukura Dyah Balitung.
  8. Rakai Watuhumalang.
  9. Rakai Kayuwangi.
  10. Rakai Sumba Dyah Wawa.
  11. Dharmawangsa Teguh.
  12. Sri Lokapala.
  13. Makuthawangsawardhana.
  14. Mpu Sindok.
  15. Rakai Layang Dyah Tulodong.
  16. Mpu Daksa.

Baca JugaPeninggalan Sejarah Bercorak Islam

12. Kerajaan Tulangbawang

kerajaan hindu budha tulangbawang
merahputih.com

Keberadaan Kerajaan Tulangbawang sebenarnya masih simpang siur dan tidak ada keterangan dan bukti-bukti yang jelas dari beberapa literatur. Namun berdasarkan sumber dari China yaitu I-tsing menyatakan bahwa adanya tentang kerajaan ini sekitar pada abad ke-7 Masehi. Kerajaan Tulangbawang terletak di daerah Lampung, berdasarkan tulisan dari prasasti Palas Pasemah.

Nama-Nama Kerajaan Tulangbawang

  1. Dapunta Hyang (Pendiri kerajaan).
  2. Sanggrama Wijayatunggawarman.
  3. Balaputradewa.

13. Kerajaan Melayu

kerajaan hindu budha melayu
kerinciinspirasi.blogspot.com

Kerajaan Melayu merupakan kerajaan Hindu Budha di Indonesia dan menjadi kerajaan tertua di Nusantara, khususnya di kawasan Sumatera.  Kerajaan ini sebelumnya pernah dikuasai oleh Kerajaan Sriwijaya, namun akhirnya merdeka lagi.

Beberapa bukti tentang keberadaan kerajaan ini adalah tercantum dalam kitab Negarakertagama dan Paraton yang isinya tentang jalinan persahabatan santara Kerajaan Singosari dan Kerajaan Melayu,

Nama-Nama Raja Kerajaan Melayu

  1. Adityawarman.

14. Kerajaan Sri Bangun

kerajaan hindu budha sri bangun
situsbudaya.id

Kerajaan Sri Bangun masih belum diketahui tentang awal berdirinya, namun Kerajaan ini terletak di daerah Bangun, Kalimantan Timur. Kerajaan ini merupakan salah satu kerajaan yang bercorak Budha. Kerajaan ini adalah penerus dari Kerajaan Martadipura.

Perbedaan dengan Kerjaan Martadipura yang bercorak Hindu.

Nama-Nama Raja Kerajaan Sri Bangun

  1. Raja Qeva.

15. Kerajaan Dharmasraya

kerajaan hindu budha damasraya
qureta.com

Kerajaan Dharmasraya adalah kerajaan bercorak Budha yang berdiri sekitar tahun 1183 Masehi, terletak di Sumatera, Indonesia. Lebih tepatnya Kerajaan ini terletak di hulu Sungai batanghari. Kerajaan ini muncul seiring dengan melemahnya Kerajaan Sriwijaya karena serangan Rajendra Chola I dan Koromandel pada tahun 1025 Masehi.

Kerajaan Dharmasraya mengalami keruntuhan pada tahun 1347 Masehi, setelah dikuasai oleh Adityawarman, lalu kerajaan ini berubah menjadi Kerajaan Malayapura serta menjadi salah satu kerajaan Hindu Budha di Indonesia.

Nama-Nama Raja Kerajaan Dharmasraya

  1. Srimat Trailokyaraja Maulibhusana Warmadewa.
  2. Srimat Sri Akarendrawarman.
  3. Srimat Sri Udayadityawarman Pratapaparakrama Rajendra Maulimali Warmadewa.
  4. Srimat Tribhuwanaraja Mauli Warmadewa.

16. Kerajaan Kutai

kerajaan hindu budha kutai
kumparan.com

Kerajaan Kutai merupakan kerajaan yang bercorak Hindu Budha di Indonesia  yang berada di Lembah Sungai Mahakam, lebih tepatnya Kalimantan Barat dan didirikan pada abad ke-5 Masehi.

Sumber sejarah dari kerajaan Kutai diketahui setelah ditemukannya sebuah prasasti di daerah Kutai, sebab ini masyarakat menyebut Kerajaan Kutai berdasarkan daerah tersebut.

Prasasti tersebut berupa yupa, berjumlah 7 dan merupakan sumber sejarah yang sangat penting karena memuat sejarah Kerajaan Kutai, khususnya nama-nama raja beserta silsilahnya.

Baca JugaTeori Masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia

17. Kerajaan Salakanegara

kerajaan hindu budha salakanegara
nusantarainstitute.com

Jika dilihat dari catatan dari naskah wangsakerta yang disusun, diperkirakan Kerajaan Salakanegara adalah kerajaan pertama di Nusantara. Dalam beberapa catatan, kerajaan ini dipercaya menjadi salah satu leluhur dari Suku Sunda.

Sumber ini dipertegas dengan adanya wilayah peradaban Salakanegara yang sangat mirip dengan wilayah peradaban dari orang sudah bertahun-tahun hingga berabad-abad.

18. Kerajaan Janggala

kerajaan hindu budha janggala
situsbudaya.id

Kerajaan Janggala merupakan kerajaan Hindu Budha di Indonesia, juga salah satu dari dua pecahan kerajaan yang pernah dipimpin oleh Airlangga yang ada di Wangsa Isana. Kerajaan ini sudah ada sekitar tahun 1042 dan mengalami keruntuhan sekitar tahun 1130-an. Walau demikian kerajaan ini mempunyai dampak yang sangat besar.

Kerajaan Janggala terletak di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Mungkin hanya itu informasi yang dapat saya bagikan tentang kerajaan Hindu Budha di Indonesia, semoga dapat menambah wawasan kalian dalam masalah sejarah Nusantara.