13+ Kebiasaan Orang Jawa Yang Menarik Untuk Diketahui (Lengkap)

13+ Kebiasaan Orang Jawa Yang Menarik Untuk Diketahui (Lengkap)

Kebiasaan Orang Jawa - Indonesia merupakan negara besar yang terkenal kaya akan budayanya. Setiap daerah di belahan Indonesia tentunya mempunyai kebiasaan dan tradisi yang berbeda-beda juga, misalnya seperti kebiasaan orang Sunda, Betawi, atau Maluku yang berbeda antara satu dan yang lain.

Salah satu suku yang sangat terkenal dengan banyaknya tradisi dan kebudayaannya adalah suku Jawa, seperti dalam hal kesopanan, tata krama, dan kelembutannya. Hal itulah yang menjadikan ciri khas apabila mereka berbaur dengan suku lain, serta menjadi sifat-sifat dasar yang telah diturunkan oleh nenek moyang mereka.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit membagikan hal tentang 13 kebiasaan atau sifat orang Jawa yang paling terkenal. Meskipun tidak semuanya orang Jawa memiliki sifat ini, tapi cukup menarik untuk kita mengetahuinya.

Oke sob, langsung saja kita masuk ke pembahasan utama.

1. Terkenal Pemalu, Sungkan, Tapi Suka Menyapa

Terkenal Pemalu, Sungkan, Tapi Suka Menyapa
Terkenal Pemalu, Sungkan, Tapi Suka Menyapa

Kebiasaan orang Jawa yang pertama yang paling terkenal adalah sifat pemalu, sungkan dan mudah untuk menyapa. Hal ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi sobat ilmunik yang sudah pernah bertemu degan orang Jawa yang hanya senyam-senyum dan menunggu ketika berpapasan.

Pada umumnya, orang Jawa adalah pemalu da sungkan ketika mereka berada di dalam lingkungan yang benar-benar baru. Mereka juga terkenal suka menyapa, akan tetapi biasanya jarang berani untuk memulai pembicaraan.

Nah, untuk sobat ilmunik kalau di mana saja jika bertemu orang suku Jawa, mulailah untuk mengawali percakapan dengannya. Sebab sejatinua, mereka adalah orang-orang yang seru ketika diajak sharing atau sekedar mengobrol santai.

2. Pintar Menjaga Etika Dan Sopan Santun

Pintar Menjaga Etika Dan Sopan Santun
Pintar Menjaga Etika Dan Sopan Santun

Kebiasaan orang Jawa yang cukup terkenal lainnya adalah sopan, baik terhadap orang yang lebih tua ataupun terhadap sesama. Mereka juga biasanya pintar dalam menjaga etika pada saat berbaur dalam lingkungan bermasyarakat.

Kebiasaan merundukan badan pada saat berjalan di depan orang yang lebih tua sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Jawa sebagai wujud penghormatan, tata krama dan sopan santun. Badan merunduk juga menjadi tanda bahwa seseorang yang sungguh menghargai dan bisa menempatkan posisi dirinya.

3. Pekerja Keras Dan Penurut

Pekerja Keras Dan Penurut
Pekerja Keras Dan Penurut

Jika di lihat dalam lingkungan perusahaan, orang Jawa rata-rata adalah tenaga kerja manusia terbaik. Mereka umumnya akan mengerjakan apa saja yang seharusnya di kerjakan dan tidak pernah mengeluh dalam dedikasi tinggi terhadap apa yang dibebankan padanya.

Masyarakat Jawa juga terkenal disiplin dalam waktu dan mereka tidak banyak tingkah dalam kehidupannya. Apabila menerima gaji bulanan contohnya, mereka jarang sekali menggunakan uangnya secara boros untuk membeli sesuatu yang dirasa tidak diperlukan.

Biasanya mereka lebih tertarik untuk menabung atau mengirimkan kepada orang tua atau sanak saudaranya di kampung. Hal inilah yang patut ditiru dan dilestarikan pada zaman sekarang ini untuk semua orang.

4. Kebiasaan Orang Jawa Hidup Mengalir Seperti Air

Kebiasaan Orang Jawa Hidup Mengalir Seperti Air
Kebiasaan Orang Jawa Hidup Mengalir Seperti Air

Kebiasaan orang Jawa yang satu ini sebenarnya masih berkaitan dengan pembahasan nomer tiga. Masyarakat dari suku Jawa itu terlihat seperti menganut filosofi hidup mengalir layaknya sebuah air, artinya adalah menjalani kehidupan seolah tidak ada beban dan tanggungan.

Mereka seperti memiliki filosofi hidup seperti itu, serta mempunyai pemahaman yakni "Hidup itu yang penting bisa makan, ibadah, dan menghidupi keluarga". Pada umumnya mereka mengalir seolah tidak memikirkan hal atau beban lainnya. Entah sesuatu yang bisa dikatakan sebagai hal positif ataupun negatif.

Baca Juga Aksara Jawa

5. Suka Menerima Apa Adanya

Suka Menerima Apa Adanya
Suka Menerima Apa Adanya

Kebiasaan ini yang biasa orang Jawa miliki, yakni sikapnya yang suka menerima apa adanya, khususnya dalam masalah hubungan. Mereka biasanya menerima kondisi apapun dari pasangannya, asalkan merek saling suka dan merasa cocok. Selanjutnya mereka ya langsung ke jenjang pernikahan dan membangun rumah tangga.

6. Suka Mengalah, Kalem, Dan Menghindari Konflik

Suka Mengalah, Kalem, Dan Menghindari Konflik
Suka Mengalah, Kalem, Dan Menghindari Konflik

Dalam permasalahan keluarga, suku Jawa merupakan tipe orang yang suka mengalah. Hal ini pastinya menjadi nilai positif dalam keharmonisan sebuah rumah tangga yang sedang dibina.

Nah, untuk sobat ilmunik yang sedang mencari pasangan hidup, sebaiknya mempertimbangkan orang-orang Jawa dalam pencarian jodohmu.

7. Orang Jawa Mudah Di Tekak-Tekuk

Orang Jawa Mudah Di Tekak-Tekuk
Orang Jawa Mudah Di Tekak-Tekuk

Orang Jawa juga mempunyai sikap mudah di tekuk-tekuk atau luwes. Merak mudah dalam berbaur dengan orang-orang dari suku lain, meskipun mereka sedikit pemalu dan sungkan. Sikap kesopanan dan keramahan orang Jawa membuat banyak orang senang dalam bergaul dengannya.

8. Gaya Dan Nada Bicaranya Sopan-Sopan

Gaya Dan Nada Bicaranya Sopan-Sopan
Gaya Dan Nada Bicaranya Sopan-Sopan

Sudah tidak asing lagi, bahwa Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa yang mempunyai tingkatan halus, sedang, dan kasar. Suku Jawa khususnya yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Solo dikenal dengan kehalusan dan kelembutan bicaranya.

Beda lagi dengan orang-orang Jawa di bagian timur dan pesisir yang di kabarkan bahasanya sedikit kasar. Mungkin bahasa kasarnya juga sudah tidak asing di telinga kalian, hehe.

Baca Juga Cerita Rakyat Jawa Tengah

9. Sangat Mempertahankan Tradisi Dan Budaya

Sangat Mempertahankan Tradisi Dan Budaya
Sangat Mempertahankan Tradisi Dan Budaya

Memang sangat banyak sekali tradisi-tradisi yang berasal dari leluhur Jawa yang masih dilestariakn dan dikerjakan hingga saat ini. Berbagai tradisi yang dilakukan tersebut adalah simbol-simbol dari suatu peristiwa pada masa lalu atau bentuk rasa syukur yang di bungkus dalam sebuah acara.

10. Kebiasaan Makan Muluk

Kebiasaan Makan Muluk
Kebiasaan Makan Muluk

Kata "muluk" atau "puluk" mungkin sudah tidak asing lagi bagi sobat ilmunik yang mempunyai teman orang suku Jawa. Istilah muluk atau puluk adalah kebiasaan makan orang Jawa dengan menggunakan tangan tanpa sendok.

11. Kebiasaan Orang Jawa Yang Arif Dan Ramah

Kebiasaan Orang Jawa Yang Arif Dan Ramah
Kebiasaan Orang Jawa Yang Arif Dan Ramah

Walaupun sudah jarang ditemui di dalam kehidupan masyarakat sekarang ini, masih ada sedikit masyarakat yang menjunjung tinggi kearifan. Misalnya, ketika sedang berkunjung ke suatu desa, masyarakat akan menjamu tamunya dengan beragam hidangan terbaik mereka.

Nah, mungkin sobat ilmunik juga sudah mengalami hal ini jika mempunyai teman atau kerabat dari suku Jawa. Pastinya kearifan lokal ini jarang atau bahkan tidak akan ditemui di kawasan perkotaan, benar kan sobat ilmunik?

12. Orang Jawa Biasanya Suka Melarang

Orang Jawa Biasanya Suka Melarang
Orang Jawa Biasanya Suka Melarang

Apakah sobat ilmunik pernah mendengar perkataan dari orang Jawa berupa "ora ilok". Kata-kata ini di dalam bahasa Jawa mengandung pesan atau nilai moral serta bui pekerti bagi masyarakat suku Jawa.

Ungkapan ini mempunyai arti larang untuk melakukan perbuatan yang melanggar ungguh-ungguh atau nilai kesopanan. Contoh ungkapannya seperti ini "Ora ilok mangan karo ngomong", yang artinya tidak baik makan dengan berbicara.

Baca Juga Legenda Bahasa Jawa

13. Suka Menolong dan Suka Berkumpul Walaupun Apa Adanya

Suka Menolong dan Suka Berkumpul Walaupun Apa Adanya
Suka Menolong dan Suka Berkumpul Walaupun Apa Adanya

Istilah "mangan ora mangan sing penting ngumpul" artinya adalah makan tidak makan yang penting berkumpul, mungkin tidak asing bagi kalian. Ini merupakan salah satu filosofi Jawa yang paling terkenal, serta jika di maknai secara luas dapat diartikan sebagai orang-orang yang senang berkumpul, saling membantu dan gotong royong tanpa mengharapkan imbalan.

Nah, mungkin hanya itu saja ya sob sedikit tulisan yang dapat saya bagikan untuk sobat ilmunik tentang 13 kebiasaan orang Jawa. Semoga dengan sedikit tulisan ini bisa membantu dan menambah pengetahuan kalian.

Jika ada komentar atau masukan silahkan di ungkapkan saja di kolom komentar. Akhir kata, cukup sekian dan salam dari penulis.