Fungsi Retikulum Endoplasma, Jenis, Dan Pengertian (Lengkap)

Fungsi Retikulum Endoplasma, Jenis, Dan Pengertian (Lengkap)

Fungsi Retikulum Endoplasma - Secara umum, terdapat 7 fungsi dari retikulum endoplasma, serta 3 fungsi utama  yang terdapat pada organel ini. Sebelum kita membahas tentang fungsi tersebut, sebaiknya kita pahami dulu apa itu retikulum endoplasma beserta jenis-jenisnya.

Saya juga akan menjelaskan tentang perbedaan yang ada pada RE kasar dan RE halus, serta retikulum endoplasma pada sel hewan dan sel tumbuhan. Oleh sebab itu, simak dengan teliti agar faham secara keseluruhan.

Oke langsung saja kita masuk ke pembahasannya ya sob.

Pengertian Retikulum Endoplasma

pengertian retikulum
clipart.email

Pengertian retikulum endplasma menurut ilmu biologi adalah sistem kontinue dimana membentuk sebuah rangkaian kantung rata di dalam sitoplasma sel eukariotik.  Retikulum endoplasma (RE) juga melayani beberapa fungsi agar menjadi penting, terutama dalam sintesis, pelipatan, modifikasi, dan transportasi protein.

Semua sel eukariotik memiliki retikulum endoplasma.

Retikulum endoplasma juga diartikan sebagai organel dalam bentuk kantung, seperti halnya membran tubular, kandung kemih, dan kantung pipih yang merambat di dalam sitoplasma sel eukariotik.

Organel ini berhubungan langsung dengan penutup kuman. Terdapat ribuan ribosom pada bagian-bagian tertentu dari retikulum endoplasma. Ribosom merupakan tempat di mana proses pembentukan protein dalam sel berlangsung.

Fungsi Retikulum Endoplasma

fungsi retikulum endoplasma
portalsejarah.id

Fungsi retikulum endoplasma yang utama antara lain sebagai berikut:

  • Sebagai pendukung sintesis protein dan menyalurkan bahan genetika antara inti sel dengan sitoplasma.
  • Membantu pengeluaran kalsium dari retikulum endoplasma untuk selanjutnya menuju ke sitosol.
  • Berfungsi sebagai transportasi zat-zat di dalam sel itu sendiri.
  • Sebagai sarana transportasi molekul-molekul dan bagian sel yang satu ke bagian sel yang lain. Fungsi ini bisa diberikan oleh retikulum endoplasma jenis kasar dan halus.
  • Membantu mensintesiskan lemak dan kolesterol yang terjadi di hati. Fungsi ini bisa diberikan oleh retikulum endoplasma jenis kasar dan halus.
  • Dapat menetralkan racun "detoksifikasi" pada retikulum endoplasma yang terdapat pada sel-sel hati.
  • Merubah protein yang disintesiskan oleh ribosom untuk disalurkan kompleks golgi lalu dikeluarkan dari sel.

Selain dari 7 fungsi diatas, retikulum juga mempunyai fungsi khusus sebagai berikut:

1. Detoksifikasi

Fungsi retikulum endoplasma yang pertama adalah detoksifikasi. Retikulum endoplasma selain mengandung enzim untuk sintesa lipid, juga mengandung enzim detoksifikasi obat-obatan dan metabolit yang tidak larut dalam air. Enzim yang ikut berperan dalam detoksifikasi adalah sitokrom P450.

Dengan adanya enzim ini, menjadikan obat-obatan yang tidak larut air menjadi larut dalam air melalui rangkaian proses kimia, sehingga bisa dikeluarkan tubuh lewat urine (air seni).

2. Sintesa Llipida

Fungsi retikulum endoplasma kedua adalah sintesa lipid. Pada retikulum endoplasma, menghasilkan hampir semua macam lipida yang dibutuhkan untuk pembentukan membran yang meliputi fosfolipida dan kolesterol.

Untuk fosfolopida yang dihasilkan akan dibawa oleh vesikel transpor ke membran sel, membran aparatus golgi, dan juga membran pada lisosom. Namun untuk fosfolipida untuk membran organel yang lain akan dibawa oleh protein transfer fosfolipida.

3. Menghasilkan Seramida

Fungsi retikulum endoplasma ketiga adalah menghasilkan seramida. Membran retikulum endoplasma akan dapat menghasilkan seramida yang akan dibawa ke aparatus golgi sebagai bahan pokok untuk sintesis gliko sfinholipida.

Struktur Retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma secara garis besar dibagi menjadi dua kategori, yaitu retikulum endolasma kasar (REK) dan retikulum endoplasma halus (REH).

Kedua kategori tersebut membentuk sistem membran yang menutupi ruang. Untuk bagian dalam membran disebut lumen atau ruang cisternal, dan untuk bagian luar disebut ruang sitolik.

Retikulum endoplasma kasar (REK) merupakan organel terikatoleh membran yang berlanjut dari kantong datar yang disebut cysterna.

Sruktur (REK)

Untuk permukaan retikulum endoplasma kasar (REK) adalah bintik-bintik yang ribosom, sehingga membran tidak terlihat bersih. Retikulum endoplasma kasar mempunyai struktur karakteristik, dimana setiap foil terdiri dari 2 membran sel, kemudian menjadi satu di tepi sel.

Struktur (REH)

Untuk retikulum endoplasma halus (REH) berbeda dengan (REK), REH tidak mempunyai bintik ribosom di permukaan. REH dibentuk dari lanirin dengan saluran yang halus, saling berhubungan, dan infiltrasi ke semua sitoplasma.

Jenis-Jenis Retikulum Endoplasma

jenis retikulum endoplasma
echotuts.blogspot.com

Secara garis besarnya, jenis retikulum endoplasma dibagi menjadi 3, antara lain:

1. Retikulum Endoplasma Kasar

Jenis retikulum endoplasma kasar (REK) merupakan retikulum yang memiliki tekstur kasar, karena pada permukaan retikulum endoplasma ini terdapat suatu bintik-bintik yang merupakan ribosom serta memiliki peran dalam proses sintesis protein.

Oleh karena itu, fungsi retikulum endoplasma kasar yang utama adalah sebagai tempat untuk melakukan sebuah proses sintesis protein.

2. Retikulum Endoplasma Halus

Untuk jenis retikulum endoplasma halus (REH) merupakan kebalikan dari (REK), sebab jenis ini tidak memiliki bintik-bintik ribosom, dimana berfungsi untuk membantu beberapa proses metabolisme.

Misalnya, untuk membantu metabolisme lipid, metabolisme karbohidrat, serta konsentrasi kalsium, detoksifikasi obat-obatan. REH juga menjadi tempat melekatnya respector pada protein membran sel tersebut.

3. Retikulum Endoplasama Sarkoplasmik

Jenis retikulum endoplasma sarkoplasmik merupakan suatu jenis khusus dari (REH) yang dapat ditemukan pada otot licin dan otot lurik.

Hal yang membedakan dari (REH) adalah terdapat kandungan protein  pada (REH) mensitesiskan molekul, sedangkan pada retikulum endoplasma sakoplasmik digunakan untuk menyimpan serta memompa ion kalsium dan memiliki peranan khusus untuk memicu kontraksi otot.

Retikulum Endoplasma Pada Sel Tumbuhan

retikulum endoplasma pada sel tumbuhan
id.wikipedia.org

Fungsi retikulum endoplasma pada sel tumbuhan adalah sebagai saluran untuk masuknya protein dalam membran. Retikulum endoplasma juga memiliki peran penting dalam biosintesis dan penyimpanan lipid. Terdapat sebagian membran larut yang berhubungan dengan enzim dan molekul pendamping.

Sedangkan fungsi umum retikulum endoplasma pada sel tumbuhan yang mensintesis protein dari pematangan. RE pada sel tumbuhan mempunyai beberapa fungsi tambahan yang tidak ditemukan pada sel hewan.

Fungsi tambahan RE melibatkan sel untuk komunikasi sel antara sel-sel khusus serta berfungsi sebagai tempat penyimpanan protein.

Retikulum endoplasma (RE) pada tumbuhan mengandung enzim dan protein struktural, yang terlibat dalam Biogenesis badan minyak dan penyimpanan lipid. Pada tumbuhan RE terhubung antara sel-sel melalui plasmodesamata.

Retikulum Endoplasma Pada Sel Hewan

Retikulum Endoplasma Pada Sel Hewan
Ilmunik.com

Retikulum endoplasma pada sel hewan adalah jaringan kantung, yang memiliki fungsi penting bagi manufaktur, pengolahan, dan pengangkutan berbagai jenis senyawa kimia untuk penggunaan di dalam dan di luar sel.

Sebab hal ini terhubung pada selubung nukleus berlapis ganda, yang menyediakan pipa antara inti dan sitoplasma dari sel-sel hewan. Retikulum endoplasma pada sel hewan merupakan organel multifungsi, yang mensintesiskan membran lipid, protein, serta mengatur kalsium intraseluler.

Perbedaan RE Kasar Dan RE Halus

perbedaan rek dan reh
biologi-sel.com

Perbedaan retikulum endoplasma kasar (REK) dan Retikulum endoplasma halus (REH) terdapat 3 macam. Perbedaan ini dilihat dari segi fungsinya, proporsinya, dan penampila, untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan sesingkat mungkin sebagai berikut:

  • Berdasarkan Fungsinya

Perbedaan retikulum endoplasma REK daN REH berdasarkan fungsinya, REK bertanggungjawab untuk proses sintesis protein serta rawan terlibat dalam sintesis metabolisme lipid. Sedangkan untuk REH hanya tempat untuk penyimpanan dan transportasi.

  • Berdasarkan Proporsinya

Perbedaan REK dan REH dilihat dari segi proporsinya adalah proporsi REH sangat kecil, sedangkan untuk proporsi REK lebih besar dari pada REH. Retikulum endoplasma muri terjadi terutama pada sel-sel yang secara aktif terlibat dalam sintesis dan metabolisme lipid.

Hal ini bisa kalian lihat jelas pada hati, ovarium, testis, otot, dan lain-lain.

  • Berdasarkan Penampilan

Perbedaan REK dan REH  dilihat dari penampilan, jenis REK mempunyai permukaan bergelombang, sedangkan REH mempunyai permukaan halus. REK terdiri dari struktur yang saling berhubungan dan longgar yang terlihat seperti disk yang disusun dalam baris reguler. Sedangkan REH seperti jaringan tubular yang saling berhubungan.

Penutup

Mungkin hanya itu saja ya sobat ilmunik, informasi yang dapat saya bagikan untuk Anda tentang fungsi retikulum endoplasma beserta penjelasan lainnya. Semoga dengan sedikit penjelasan yang dapat saya berikan semoga bisa membantu dan menambah pengetahuan Anda.