Daur Hidup Kucing | Pengertian, Klasifikasi, Karakteristik, Fakta Unik (Lengkap)

Daur Hidup Kucing | Pengertian, Klasifikasi, Karakteristik, Fakta Unik (Lengkap)

Daur Hidup Kucing - Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling banyak dipelihara oleh manusia yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Namun apakah kalian sudah tau tentang daur hidup hewan ini? Nah, jika belum tau silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Kucing melalui daur hidup atau metamorfosis yang cukup lama, sebab melewati beberapa tahap yang cukup lama pada setiap kondisinya.

Pada artikel ini akan saya jelaskan secara lengkap tentang tahapan daur hidup kucing, beserta klasifikasi dan karakteristiknya. Tidak usah menunggu lama, langsung saja kita masuk ke pambahasan utama.

Pengertian Kucing

Pengertian Kucing
kucing.co.id

Kucing merupakan salah satu hewan yang termasuk dalam kelompok mamalia yang lucu dan memiliki bulu yang lembut. Oleh sebab itu kucing sangat banyak dipelihara karena memiliki banyak kelebihan serta dapat memberikan keuntungan bagi pemiliknya.

Berbagai tingkah laku lucu yang ditunjukan oleh kucing sangat menggemaskan. Selain itu juga, kucing memiliki berbagai warna yang bervariasi untuk setiap spesies kucing. Sebab itulah, tidak mengherankan jika kucing menjadi hewan peliharaan rumah favorit orang-orang.

Klasifikasi Kucing

Klasifikasi daur hidup kucing
hobinatang.com

Berikut ini data tentang klasifikasi kucing:

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Sub-Filum : Vertebrata
Kelas : Mamalia
Ordo : Canivora
Famili : Felidae
Genus : Felis
Spesies : Felis Catus

Baca Juga [su_button url="https://listrik.org/ilmunik/daur-hidup-nyamuk/" target="blank"]Daur Hidup Nyamuk[/su_button]

Karakteristik Kucing

karakteristik kucing
opinikoe.com

Kucing termasuk hewan ordo atau bangsa karnivora sama seperti harimau dan singa. Akan tetapi kucing mempunyai bentuk tubuh yang ukurannya lebih kecil serta terdapat gigi-gigi tajam yang berfungsi untuk merobek dan mengunyah makanan.

Tubuh kucing jantan dewasa memiliki berat mencapai 3 hingga 4 kg, sedangkan untuk kucing betina dewasa memiliki berat sekitar 2 hingga 3 kg. Hewan lucu dan menggemaskan ini ternyata memiliki umur yang cukup panjang sekitar 13 hingga 17 tahun.

Kucing akan memburu mangsanya sama seperti jenis kucing-kucing besar lainnya, yaitu dengan mengintai kemudian menyergapnya. Kucing juga memiliki kemampuan lari yang cukup cepat, tidak kalah dengan kecepatan lari kucing besar.

Terdapat perilaku unik dari kucing ini, yaitu akan menandai kawasannya dengan menggunakan kencingnya. Kucing dalam waktu sehari dapat tidur mulai 13 hingga 16 jam.

Daur Hidup Kucing

Tahapan daur hidup kucing
Google.com

Dalam proses daur hidup kucing, hewan ini dikategorikan sebagai hewan diestrus atau hewan yang merakan 2 siklus birahi dalam waktu 1 tahun. Kucing pada umumnya tidak memerlukan tahapan fase metamorfosis dalam keberlangsungan hidupnya, mulai dari lahir hingga melahirkan.

Secara sederhananya, skema daur hidup kucing adalah anak kucing akan menjadi remaja dan memasuki masa dewasa, setelah dewasa akan memasuki usia tua dan pada akhirnya akan mengalami kematian. Berikut ini tahapan daur hidup kucing secara lengkap beserta penjelasan.

  • Anak Kucing

Proses daur hidup kucing diawali oleh pembuahan yang akan menghasilkan anak kucing. Ketika anak kucing lahir, inderanya masih belum dapat berfungsi secara sempurna, misalnya bagian matanya masih buta dan telinganya tuli.

Indera yang sudah dapat digunakan kucing sejak lahir adalah penciuman yang berfungsi dengan baik.

Mata kucing akan mulai dapat terbuka dan melihat ketika umurnya sudah mencapai 7 hingga 15 hari. Sekitar di hari ke-15 setelah dilahirkan, anak kucing sudah dapat merespon suara yang ada.

Untuk dalam hal makanan, induk kucing akan terus memberinya asi hingga anak kucing tersebut berusia 7 minggu.

Penjelasan singkat pada tahap anak kucing sebagai berikut:

  1. Usia 0 hingga 2 minggu, pergerakan kakinya masih belum dapat berfungsi secara normal. Untuk bagian mata masih buta dan bagian telinga masih mengalami tuli.
  2. Usia 3 hingga 8 minggu, makanannya dari sang induk berupa asi mulai berkurang, dan akan belajar untuk memakan jenis makanan padat. Gigi susu pada usia ini sudah mulai muncul dan sudah memulai beberapa pergerakan.
  3. Usia 9 hingga 16 minggu, gigi susunya mulai berganti dan sudah memakan makanan padat serta memiliki kemampuan untuk bersosialisasi. Akan tetapi anak kucing masih sering bermain dengan sang induk serta perilaku pemangsa sudah mulai terbentuk.
  • Remaja

Dalam proses daur hidup kucing yang sudah memasuki usia remaja, biasanya berlangsung di sekitar umur 17 minggu hingga 1 tahun. Meskipun masih terdapat beberapa tahapan yang ditunjukkan sebagai tahapan sebelumnya.

  • Dewasa

Tahapan selanjutnya dalam daur hidup kucing adalah memasuki masa dewasa. Tahapan ini biasanya dilalui oleh kucing ketika umurnya sudah mencapai diatas 1 tahun.

Akan tetapi pertumbuhan akan berhenti sebab metabolismenya sudah mulai berkurang. Selain itu juga, saat masuk dalam tahap ini, kucing mengalami proses berkembang biak.

Untuk berkembang biakan kucing, berikut ini prosesnya:

Fase Pubertas

Fase pubertas merupakan fase yang umumnya terjadi pada jenis hewan lainnya untuk mencari lawan jenis. Di dalam daur hidup kucing, fase remaja adalah puncak pubertas akan dijalani.

Fase Birahi

Ketika memasuki masa birahi, kucing akan mengalami 2 hingga 3 kali dalam satu tahun. Kucing jantan akan berperilaku untuk menarik perhatian kucing betina dengan cara bersuara dengan keras, bahkan menggosokkan badannya.

Sedangkan kucing betina akan lebih sensitif dan sangat agresif. Kucing betina akan mengijinkan sang jantan untuk menghampirinya.

Fase Perkawinan

Ketika kucing memasuki masa kehamilan, biasanya kucing betina tidak mau didekati oleh sang jantan hingga usia mencapai 3 hingga 4 minggu setelah melahirkan.

Masa kehamilan kucing terjadi sekitar 63 hingga 67 hari. Biasanya kucing akan melahirkan anak kucing sekitar 4 hingga 6, bahkan juga bisa lebih.

Baca Juga Daur Hidup Katak

  • Usia Tua

Kucing yang berada dalam usia tua adalah sekitar umurnya sudah mencapai 7 tahun lebih. Perilaku yang ditunjukkan oleh kucing akan berkurang dan turunnya nafsu makan.

  • Kematian

Daur hidup kucing yang terakhir adalah masa kematian yang akan dialami juga oleh semua makhluk. Akan tetapi, bagi kucing ketika sudah menunjukkan gejala diatas, maka mereka akan menyendiri dan mencari tempat jauh dari keramaian.

Sebab perilaku kucing yang aneh inilah jarang kita temui bangkai kucing. Terkecuali jika kucing tersebut mati karena kecelakaan.

Fakta Unik Tentang Kucing

Fakta Unik Tentang Kucing
Kucing.co.id

Kucing juga memiliki beberapa fakta unik yang jarang diketahui orang, berikut ini beberapa fakta unik tentang kucing.

  1. Apabila kucing mendengkur menjadi pertanda bahwa si kucing berada pada suasana hati yang senang.
  2. Kucing juga sangat gemar memijat.
  3. Kucing mempunyai refleks untuk meluruskan tubuhnya.
  4. Kucing memiliki pendengaran dan penciuman yang sangat sensitif.
  5. Kucing juga termasuk hewan perasa yang kuat.
  6. Kucing juga sering dibicarakan memiliki sembilan nyawa.
  7. Tidak mempunyai bakteri kotor didalam tubuhnya.
  8. Kucing dikabarkan memiliki efek positif bagi kesehatan manusia.

Baca Juga Daur Hidup Lebah

Penutup

Nah, mungkin hanya itu saja informasi yang dapat saya berikan tentang daur hidup kucing beserta pengertian, karakteristik, klasifikasi dan juga fakta uniknya. Semoga dengan sedikit informasi yang saya berikan di atas dapat membantu dan memberikan sedikit pengetahuan kepada kalian tentang hewan lucu satu ini.

Jika terdapat kekurangan informasi yang saya berikan, mohon dimaklumi sebab itu datangnya dari keterbatasan pengetahuan yang saya miliki. Jika masih ada informasi yang kurang lengkap kalian juga dapat mencari referensi lainnya, hehe.