17+ Dampak Positif Globalisasi Beserta Penjelasan (Lengkap)

17+ Dampak Positif Globalisasi Beserta Penjelasan (Lengkap)

Dampak Positif Globalisasi - secara garis besarnya, globalisasi dapat diartikan sebagai suatu proses yang menyeluruh atau proses mendunia. Dimana setiap orang tidak mengenal atau pun tidak terikat pada batas-batas wilayah negaranya.

Globalisasi sendiri pastinya akan menimbulkan sebuah dampak yang sangat besar, baik yang bersifat positif atau pun negatif. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit informasi untuk sobat ilmunik tentang dampak dari globalisasi yang bersifat positif.

Secara umumnya, dampak positif globalisasi meliputi di bidang politik, bidang pendidikan, bidang ekonomi, sosial budaya, dan juga transportasi. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah penjelasannya.

1. Kenyamanan Berkendara Meningkat

Dalam hal ini dampak positif globalisasi ini termasuk ke dalam bidang transportasi, yakni kenyamanan dalam berkendara semakin meningkat. Pada dampak pertama ini pastinya tidak bisa dilepaskan oleh pengaruh teknologi, dan juga fitur-fitur canggih yang sudah digunakan.

Oleh sebab itu, masyarakat semakin nyaman dalam berkendara dimanapun mereka berada, dengan fasilitas alat transportasi yang canggih dan modern.

2. Pola Pikir Masyarakat Lebih Modern Dan Maju

Selain di bidang transportasi, ada juga dampak positif globalisasi lain, yakni semakin berkembang dan majunya pola pikir masyarakat. Hal ini pastinya akan membuat mereka lebih terbuka dalam menerima setiap informasi, dan mereka tidak langsung menolaknya secara mentah-mentah.

Dengan adanya dampak positif ini, masyarakat pastinya akan lebih mendahulukan pemikiran yang sehat atau rasional dalam menerima segala informasi.

3. Bertambahnya Wawasan Keberagaman Suku Dan Budaya Di Seluruh Dunia

Selanjutnya adalah dampak positif globalisasi di bidang sosial dan budaya, yakni semakin bertambahnya wawasan dari keberagaman suku dan budaya di seluruh dunia. Dengan adanya globalisasi, masyarakat akan semakin banyak mengenal wawasan tentang suku dan budaya yang ada di seluruh penjuru dunia.

4. Kendaraan Pribadi Dan Umum Yang Semakin Canggih

Dengan adanya suatu globalisasi, akhirnya semua negara yang mengikutinya akan merasakan dampak positif globalisasi di bidang transportasi, seperti yang telah saya berikan contohnya di bagian pertama. Selain contoh tadi, ada juga dampak di bidang transportasi lainnya seperti semakin meningkat dan canggihnya kendaraan pribadi dan umum.

Pada saat ini banyak sekali jenis-jenis kendaraan pribadi yang canggih-canggih dengan dilengkapi berbagai fitur teknologi masa kini. Akan tetapi, jenis kendaraan umum juga tidak kalah canggihnya, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya berbagai macam negara yang membuat alat transportasi umum berbasis teknologi masa kini yang sangat canggih. Fungsinya adalah agar masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan cepat, aman dan menyenangkan.

5. Memicu Sikap Kreatif Dan Inovatif Di Kalangan Masyarakat Dalam Kaitannya Dengan Usaha Dan Ekonomi

Selain empat contoh dampak positif globalisasi diatas, dalam bidang ekonomi pun globalisasi memiliki dampak yang cukup positif. Dalam sektor ekonomi, globalisasi dapat mendorong sikap kreatif dan inovatif di kalangan masyarakat dalam kaitannya dengan usaha dan ekonomi.

Sikap kreatif dan inovatif ini timbul dengan adanya teknologi yang tergolong canggih, dimana setiap orang dapat mengakses berbagai macam informasi tersebut. Mereka tidak hanya mencari tentang informasi saja, melainkan mempraktikannya dalam usaha yang sedang mereka tekuni.

Baca Juga Masyarakat Madani

6. Biaya Untuk Transportasi Semakin Murah

Dampak globalisasi ini dapat dirasakan oleh semua masyarakat, yakni biaya yang dikeluarkan untuk transportasi semakin murah dan terjangkau. Hal ini disebabkan oleh adanya globalisasi membuat setiap negara saling bekerjasama dalam lingkup pasar internasional.

Dengan adanya kerjasama tersebut, menjadikan barang-barang tersebut semakin murah termasuk juga alat transportasi itu sendiri. Oleh sebab itu, dengan adanya pasar internasional yang diakibatkan globalisasi membuat biaya untuk transportasi menjadi murah.

7. Meningkatkan Perkembangan Sektor Turisme Dan Pariwisata Dalam Negeri

Dampak positif globalisasi di bidang ekonomi adalah semakin meningkatnya penghasilan suatu negara dari para turis yang berwisata di dalam negeri. Dengan semakin banyaknya turis-turis yang berdatangan untuk berwisata, pastinya akan menambah penghasilan negara dari sektor turisme dan pariwisata dalam negeri.

8. Kesempatan Bekerja Di Luar Negeri Semakin Terbuka Lebar

Dengan adanya suatu globalisasi, maka kesempatan untuk masyarakat dalam negeri yang ingin bekerja di luar negeri semakin terbuka lebar. Sebab dadanya hubungan antar negara, menjadikan masing-masing negara pun akan mendapatkan keuntungan yang sama. Contohnya saja adalah kerjasama dalam bidang pekerjaan.

9. Meluaskan Pasar Untuk Produk-Produk Dalam Negeri Sampai Ke Kancah Internasional

Selain mudahnya kesempatan untuk bekerja di luar negeri, dampak positif globalisasi ini juga dapat memperluas pasar untuk produk-produk mereka hingga ke lingkup internasional. Hal ini pastinya akan menguntungkan sekali untuk para pengusaha lokal yang ingin ikut andil dalam pasar internasional.

Jika produk-produk lokal dari mereka mampu bersaing di sektor internasional, maka hasilnya bukan hanya pengusaha itu sendiri yang mendapatkan keuntungan. Negara juga akan mendapatkan keuntungan yang tidak kalah banyak dari keuntungan pengusaha tersebut.

10 Semakin Mudah Untuk Membeli Dan Mendapatkan Barang Impor Dari Luar Negeri

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya ya sobat ilmunik, dengan adanya globalisasi akan memudahkan mendapatkan barang-barang impor dari luar negeri. Oleh sebab itu, maka kebutuhan primer atau pun sekunder yang awalnya tidak bisa terpenuhi akhirnya dapat terpenuhi oleh negara sendiri dari bantuan luar negeri. Nah dengan adanya sistem seperti ini, pastinya akan memberikan keuntungan bagai kedua negara.

Baca Juga Dampak Negatif Globalisasi

11. Sistem Pendidikan Menjadi Lebih Berkembang Karena Adanya Alat Dan Teknologi Yang Lebih Modern

Dampak positif globalisasi lainnya adalah sistem pendidikan menjadi semakin berkembang sebab adanya alat dan teknologi yang lebih modern dan canggih. Hal ini pastinya sangat banyak bermanfaat dan menguntungkan sekali bagi negara, sebab akan bermunculan bibit unggul dikemudian hari yang akan membantu negara menjadi lebih maju lagi.

12. Menumbuhkan Sikap Toleransi Antar Masyarakat Karena Adanya Ketergantungan Dan Keterhubungan

Globalisasi juga akan memunculkan sikap toleransi antar masyarakat sebab adanya ketergantungan dan keterhubungan yang menjadi salah satu dampak positif dari adanya globalisasi itu sendiri. Oleh sebab itu, masyarakat pun akan bersikap rukun dan damai karena diantara mereka masing-masing saling ketergantungan dan keterhubungan satu sama lainnya.

13. Melakukan Komunikasi Menjadi Lebih Mudah, Cepat, Dan Murah Pada Siapa Saja Di Seluruh Dunia

Globalisasi sendiri akan memberikan berdampak positif pada sektor komunikasi , seperti melakukan komunikasi akan menjadi lebih mudah, cepat, dan murah pada masyarakat di seluruh dunia. Berbagai macam teknologi yang canggih dapat menghubungkan dua orang yang berjauhan untuk  bisa saling bertukar informasi dengan biaya yang sangat murah.

14. Kerjasama Antar Negara Lebih Mudah Dan Cepat

Globalisasi juga akan mendorong kerjasama antar negara akan lebih mudah dan cepat. Hal ini pastinya akan sangat menguntungkan sekali bagi dua negara yang saling bekerjasama satu sama lain. Berbagai kemudahan dan kecepatan tersebut akan dirasakan ke dalam berbagai macam sektor di dalam negara itu sendiri.

15. Mampu Meningkatkan Serta Memperluas Hubungan Kerjasama Internasional

Globalisasi di bidang politik pun, mempunyai dampak positif yakni dapat meningkatkan dan memperluas hubungan kerjasama internasional. Oleh sebab itu, hubungan antar negara pun akan menjadi semakin kuat dan bisa menguntungkan antara satu sama lainnya.

Baca Juga Metodologi Penelitian

16. Menambah Lapangan Pekerjaan Karena Adanya Investasi Asing

Selain dapat meningkatkan serta memperluas hubungan kerja sama internasional, dampak positif dari adanya globalisasi yang lainnya ialah dapat menambah lapangan pekerjaan sebab adanya investasi asing.

Oleh sebab itu dengan adanya globalisasi sendiri, negara yang satu dengan negara yang lainnya akan berlomba-lomba berinvestasi satu sama lain. Hal ini pastinya akan membuat lapangan pekerjaan semakin bertambah.

17. Meningkatkan Mobilitas Masyarakat

Globalisasi tentu saja dapat meningkatkan mobilitas masyarakat dalam bepergian antar wilayah. Seperti yang telah saya jelaskan di bagian atas, transportasi sehari-hari tidak lagi hanya sebatas antar provinsi atau antar kota, tetapi juga antar negara.

Kerjasama antar berbagai negara menimbulkan para professional yang bekerja di bidang-bidang tertentu harus berpindah pindah kantor di beberapa negara dalam kurun waktu yang singkat.

Contohnya saja seorang pegawai world bank bisa saja ditempatkan di kantor New York, tetapi dipanggil ke Singapura untuk melakukan analisa kelayakan program perdagangan di wilayah Asia Timur. Setelah melaksanakan tugasnya, bisa saja ia dipanggil lagi ke kantor Berlin untuk menganalisa dampak ekonomi dari penerapan subsidi pangan di Uni Eropa. Semua itu terjadi dalam jangka waktu hanya beberapa bulan saja.

Nah mungkin hanya itu saja sedikit pengetahuan yang dapat saya berikan untuk sobat ilmunik tentang dampak positif globalisasi. semoga dengan sedikit tulisan yang saya buat ini dapat membantu dan menambah

pengetahuan kalian, cukup sekian dan salam dari penulis.