21+ Contoh simbiosis Mutualisme Beserta Penjelasan [Lengkap]

21+ Contoh simbiosis Mutualisme Beserta Penjelasan [Lengkap]

Contoh Simbiosis Mutualisme - Simbiosis ialah hubungan antara berbagai jenis makhluk hidup pada suatu tempat dan waktu tertentu, yang memiliki hubungan sangat dekat antara dua jenis organisme yang berbeda. Sedangkan mutualisme adalah suatu akibat yang dihasilkan dari dua hubungan makhluk hidup yang saling menguntungkan satu sama lain.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan untuk kedua belah pihak. Artinya bahwa dalam simbiosis ini dua makhluk yang terlibat akan saling mendapatkan keuntungan.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan contoh-contoh simbiosis mutualisme berikut ini.

Simbiosis Bunga dengan Kupu-Kupu

hubungan kupu-kupu dan bunga
Pixabay.com

Hubungan antara bunga dengan kupu-kupu menjadi contoh simbiosis mutualisme yang pertama dan yang paling terkenal. Kupu-kupu akan menghisap madu dan juga nektar di dalam sari kelopak bunga untuk dijadikan sebagai makanan. Proses ini juga akan memberikan keuntungan pada bunga berupa penyerbukan.

Keuntungan yang akan diperoleh kupu-kupu adalah mendapatkan makanan dengan cara menghisap madu dan nektar. Sedangkan pada bunga juga akan mendapatkan keuntungan dalam proses penyerbukan dalam bunga itu sendiri.

Simbiosis Kutu Daun Dengan Semut

Gambar Simbiosis Kutu Daun Dengan Semut
Ilmunik.com

Kutu daun merupakan organisme yang tergolong parasit yang mendapatkan makanan dengan cara menghisap getah daun. Kemudian semut akan mendatangi untuk menekan bagian punggung kutu, sehingga cairan getah yang telah diproses di dalam tubuh kutu akan keluar dan dimakan oleh semut.

Semut juga memiliki peran untuk membantu kutu dalam mencari makanannya dengan cara membawa ke pohon yang memiliki ukuran besar dan memiliki getah yang banyak.

Keuntungan yang akan diperoleh semut adalah mendapatkan makanan dari cairan getah dari kutu. Sedangkan keuntungan yang didapatkan oleh kutu adalah dengan dibantunya mencarikan makanan oleh semut.

Hal ini juga yang menjadikan hubungan antara dua makhluk hidup ini termasuk ke dalam contoh simbiosis mutualisme.

Simbiosis Bakteri Usus Halus Dengan Manusia

Gambar Simbiosis Bakteri Usus Halus Dengan Manusia
Ilmunik.com

Escherichia ecoli yang sering disebut dengan bakteri usus kecil juga termasuk dalam contoh simbiosis mutualisme. Hal ini disebabkan oleh bakteri usus kecil yang berfungsi untuk mengurangi pertumbuhan bakteri jahat yang mempercepat proses disintegrasi dalam usus besar pada tubuh manusia.

Keuntungan yang akan didapatkan oleh manusia adalah dapat mencegah pertumbuhan bakteri jahat dan proses degradasi akan dipercepat. Sedangkan keuntungan yang diperoleh bakteri usus kecil adalah mendapatkan sisa makanan dari usus besar.

Simbiosis Burung Hantu Dengan Petani

Simbiosis burung hantu dengan petani
8villages.com

Manusia yang berprofesi sebagai petani juga memiliki hubungan simbioisi mutualisme dengan burung hantu. Pada umumnya, burung hantu akan memangsa tikus yang berada di lahan para petani.

Hal ini juga termasuk hubungan yang menguntungkan bagi para petani. sebab dengan adanya burung hantu yang memangsa para tikus akan menjadikan lahan petani berkurang dari hama tikus.

Keuntungan yang akan didapatkan oleh burung hantu adalah tercukupinya kebutuhan makanan. Sedangkan untuk para petani juga akan mendapatkan keuntungan dengan berkurangnya hama tikus yang akan merusak tanaman mereka.

Baca Juga Contoh Simbiosis Komensalisme

Simbiosis Jamur Dengan Tanaman Alga

Simbiosis Jamur Dengan Tanaman Alga
Ilmunik.com

Hubungan antara jamur dengan tanaman alga juga menjadi contoh simbiosis mutualisme. Jamur akan menjadikan lingkungan di sekitarnya menjadi lembab agar tanaman alga dapat tumbuh dan melakukan proses fotosintesis. Kemudian jamur juga akan mendapat bagian dari hasil fotosintesis.

Keuntungan yang diperoleh tanaman alga adalah dapat melakukan proses fotosintesis. Sedangkan untuk organisme jamur akan mendapatkan makanan dari hasil fotosintesis.

Simbiosis Tumbuhan Dengan Manusia

Simbiosis Tumbuhan Dengan Manusia
Ilmunik.com

Contoh simbiosis mutualisme yang satu ini mungkin sudah kita ketahui dan kita rasakan manfaatnya sehari-hari. Tumbuhan dan manusia akan saling membutuhkan satu sama lain.

Manusia akan mengeluarkan karbon dioksida yang membantu dalam proses fotosintesis pada tumbuhan. Sementara untuk oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan akan dihirup oleh manusia.

Keuntungan yang akan diperoleh tumbuhan adalah dengan mendapatkan karbon dioksida dari manusia. Sedangkan pada manusia juga mendapatkan keuntungan berupa oksigen yang merupakan hasil dari fotosintesis tumbuhan.

Simbiosis Kacang-Kacangan Dengan Bakteri Rhizobium

Simbiosis Kacang-Kacangan dengan Bakteri Rhizobium
materi.rizkibio.com

Jenis tumbuhan kacang-kacangan dan bakteri rhizobium akan menjalin hubungan yang tergolong saling menguntungkan. Tumbuhan kacang-kacangan akan memerlukan tanah yang mengandung banyak nitrogen untuk pertumbuhannya.

Dengan adanya bakteri rhizobium di dalam tanah akan sangat membantu tumbuhan kacang-kacangan untuk mendapatkan nitrogen.

Keuntungan yang akan diperoleh tumbuhan kacang-kacangan berupa nitrogen dari bakteri rhizobium. Sedangkan untuk bakteri rhizoboium akan mendapatkan keuntungan karena mendapatkan makanan dari akar tumbuhan kacang-kacangan.

Simbiosis Buaya Dengan Burung Plover

Simbiosis Buaya Dengan Burung Plover
Ilmunik.com

Simbiosis yang dilakukan oleh buaya dengan burung plover juga termasuk dalam contoh simbiosis mutualisme. Burung plover mempunyai kebiasaan memakan kotoran atau sisa-sisa makanan yang ada di mulut para buaya.Sementara itu baya juga akan mendapatkan keuntungan dari kebiasaan tersebut.

Keuntungan yang akan diperoleh burung plover adalah dengan mendapatkan makanan secara gratis. Sedangkan pada buaya akan mendapatkan keuntungan dengan terbebas dari penyakit mulut karena kotorannya sudah dibersihkan oleh burung plover.

Simbiosis Burung Bangau Dengan Kuda Nil

Simbiosis Burung Bangau Dengan Kuda Nil
Ilmunik.com

Hubungan simbiosis antara burung bangau dengan kuda nil juga termasuk ke dalam contoh simbiosis mutualisme. Sebab burung  bangau akan memakan kutu-kutu dan parasit yang ada pada tubuh kuda nil. Kuda nil juga akan diuntungkan dengan adanya kebiasaan dari burung bangau tersebut.

Keuntungan yang diperoleh burung bangau adalah dengan mendapatkan  makanan. Sedangkan pada kuda nil mendapatkan keuntungan sebab tubuhnya menjadi bersih dan terbebas dari kutu.

Simbiosis Kerbau Dengan Burung Jalak

Simbiosis Kerbau dengan Burung Jalak
ebiologi.net

Simbiosis antara kerbau dengan burung jalak juga menjadi contoh simbiosis mutualisme selanjutnya. Burung jalak pada umumnya akan hinggap di punggung kerbau untuk mencari kutu di kulitnya. Kerbau juga akan terbantu dengan kehadiran burung jalak yang memakan para kutu di dalam kulitnya,

Keuntungan yang akan diperoleh burung jalak adalah dengan mendapatkan makanan berupa kutu. Sedangkan kerbau juga mendapatkan keuntungan karena rasa gatal yang disebabkan oleh kutu menjadi berkurang.

Baca Juga [su_button url="https://listrik.org/ilmunik/contoh-simbiosis-parasitisme/" target="blank"]Contoh Simbiosis Parasitisme[/su_button]

Simbiosis Oxpecker Dengan Zebra

Simbiosis Oxpecker Dengan Zebra
Ilmunik.com

Contoh simbiosis mutualisme selanjutnya adalah hubungan antara burung oxpecker dengan zebra .Burung oxpecker akan memakan kutu dan serangga lainnya yang berada di tubuh zebra, sama halnya dengan hubungan antara kerbau dan burung jalak.

Bagi zebra, burung oxpecker merupakan menjadi sinyal pertanda jika ada pemangsa yang datang.

Keuntungan yang akan diperoleh burung oxpecker adalah dapat mendapatkan makanannya berupa kutu. Sedangkan untuk zebra mendapatkan keuntungan dengan berkurangnya rasa gatal pada tubuhnya, serta dapat memberi sinyal tentang adanya pemangsa seperti harimau atau singa yang datang.

Simbiosis Bunga Dengan Lebah

Simbiosis Bunga Dengan Lebah
Ilmunik.com

Sama halnya dengan hubungan bunga dengan kupu-kupu, lebah juga akan menghisap madu atau nektar dari kelopak bunga yang membantu proses penyerbukan. Keuntungan yang akan diperoleh lebah adalah akan mendapatkan makanan berupa madu dan nektar. Sedangkan untuk bunga akan mendapatkan keuntungan dalam proses penyerbukan.

Simbiosis Bunga Dengan Kumbang

Simbiosis Bunga Dengan Kumbang
Ilmunik.com

Simbiosis antara bunga dengan kumbang juga termasuk ke dalam contoh simbiosis mutualisme yang tidak jauh berbeda dengan hubungan bunga dengan lebah. Kumbang akan mendapatkan keuntungan dengan menghisap madu dan nektar serta membantu dalam proses penyerbukan

Keuntungan yang diperoleh lebah adalah dengan mendapatkan kecukupan dalam kebutuhannya berupa makanan. Sedangkan untuk bunga mendapatkan keuntungan yang tidak jauh berbeda dengan terbantu dalam proses penyerbukan.

Simbiosis Zebra Dengan Wildebeest

Simbiosis Zebra dengan Wildebeest
depositphotos.com

Pada savana Afrika, banyak hewan yang tinggal termasuk juga zebra dan wildebeest. Kuda hewan ini dikenal memiliki hubungan yang sangat akrab satu sama lainnya. Dua hewan ini juga sering bermigrasi bersama.

Dalam hal makanan, kedua hewan ini juga sering melakukan pembagian dimana zebra memakan rumput panjang sedangkan wildebeest akan memakan rumput yang pendek.

Dalam masalah hubungannya dengan pemangsa, kedua hewan ini juga seling menguntungkan satu sama lain. Wildebeest mempunyai insting yang lebih peka, sementara zebra mempunyai penglihatan yang lebih tajam. Jika ada pemangsa, kedua hewan ini akan memperingatkan satu sama lain.

Simbiosis Bunga Rafflesia Dengan Lalat

Simbiosis Bunga Rafflesia Dengan Lalat
Ilmunik.com

Hubungan antara bunga rafflesia dengan lalat juga termasuk salah satu contoh simbiosis mutualisme. Bunga rafflesia merupakan bunga yang terkenal dengan bau busuk yang tidak sedap dan di sebut juga dengan bunga bangkai. Hal inilah yang di manfaatkan oleh lalat untuk hinggap di bunga rafflesia untuk mencari makan.

Keuntungan yang akan diperoleh lalat adalah mendapatkan makanan secara gratis. Sedangkan pada bunga rafflesia akan mendapat keuntungan karena dibantu dalam proses penyerbukan oleh lalat.

Simbiosis Rayap Dengan Bakteri Flagellata

Simbiosis Rayap Dengan Bakteri Flagellata
Ilmunik.com

Hubungan rayap dengan bakteri berflagell akan saking menguntungkan satu sama lain. Pada tubuh rayap terdapat bakteri flagellata yang akan membantu dalam proses pencernaan makanan. Flagellata akan mengeluarkan enzim selulosa yang berguna untuk membuat kayu yang asalnya keras akan menjadi lunak.

Keuntungan yang akan diperoleh rayap adalah terbentuknya proses pencernaan makanan secara baik. Sedangkan untuk bakteri flagellata akan mendapat keuntungan berupa bisa bertahan hidup di dalam usus rayap.

Simbiosis Semut Ranggang Dengan Tumbuhan

Simbiosis Semut Ranggang dengan Tumbuhan
jempolkaki.com

Hubungan antara semut ranggeng dengan tumbuhan juga menjadi salah satu contoh simbiosis mutualisme. Semut ronggeng biasanya hidup pada pepohonan. Semut rangggeng akan mendapatkan makanannya berupa hama yang tumbuh di daun pohon yang sedang mereka tempati.

Pohon yang ditempati semut ranggeng biasanya berupa pohon magga atau srikaya.

Keuntungan yang akan diperoleh semut ranggeng adalah dengan tercukupi kebutuhannya berupa makanan. Sedangkan tumbuhan yang di tempati akan mendapatkan keuntungan sebab hama yang ada pada tumbuhan tersebut telah dibasmi.

Baca JugaContoh Tumbuhan Gmynospermae

Simbiosis Burung Pelatuk Dengan Semut

Simbiosis Burung Pelatuk Dengan Semut
Ilmunik.com

Hubungan antara burung pelatuk dengan semut termasuk juga ke dalam kategori contoh simbiosis mutualisme. Pada umumnya, burung pelatuk akan membuat lubang di dalam pohon yang akan dijadikan sebagai sarangnya.

Kedua organsme ini akan saling menguntungkan satu sama lain. Semut akan menjaga telur-telur dari burung pelatuk, sementara burung pelatuk akan memberikan perlindungan kepada semut.

Keuntungan yang akan diperoleh burung pelatuk adalah telur-telurnya akan dilindungi oleh semut. Sedangkan untuk semut akan mendapatkan perlindungan dari burung pelatuk.

Simbiosis Tanaman Alga Dengan Kepiting Laba-Laba

Simbiosis Tanaman Alga dengan Kepiting Laba-Laba
belajarpedia.co.id

Jenis kepiting laba-laba merupakan kepiting asal negara Jepang yang tinggal di dalam lautan dengan ciri-ciri mempunyai kaki-kaki yang panjang. Organisme ini tinggal di wilayah tumbuhan laut yang hijau. Umumnya, tanaman alga akan tinggal di punggung kepiting laba-laba.

Keuntungan yang akan diperoleh tanaman alga adalah dengan mendapatkan tempat tinggal. Sedangkan untuk kepiting laba-laba akan memperoleh keuntungan berupa bisa melakukan kamuflase dengan lingkungan sekitarnya, sehingga tidak akan terdeteksi oleh para pemangsa.

Simbiosis Kantung Semar Dengan Kelalawar Berbulu Wol

Simbiosis Kantung Semar Dengan Kelalawar Berbulu Wol
Ilmunik.com

Hubungan simbiosis antara kantung semar dengan kelalawar berbulu wol merupakan hubungan yang saling menguntungkan. Kelalawar berbulu wol pada umumnya akan bertempat tinggal yang nyaman di sekitar tanaman kantung semar dan memberi akan memberi keuntungan.

Keuntungan yang akan diperoleh kantung semar adalah akan mendapatkan pupuk yang berasal dari kotoran kelalawar yang kaya akan unsur nitrogen. Sedangkan untuk kelalawar wol akan mendapatkan keuntungan berupa tempat tinggal yang nyaman.

Simbiosis Anemon Laut Dengan Ikan Badut

Simbiosis Anemon Laut Dengan Ikan Badut
Ilmunik.com

Contoh simbiosis mutualisme yang terakhir adalah hubungan antara anemon laut dengan ikan badut. Ikan anemon ini lebih dikenal dengan sebutan ikan nemo. Kedua jenis ikan ini memiliki hubungan yang saling menguntungkan satu sama lain.

Keuntungan yang diberikan anemon laut adalah berupa perlindungan dari serangan predator seperti ikan kupu-kupu. Sedangkan ikan badut akan membersihkan parasit berbahaya yang melekat pada tentakel anemon laut dan juga kotoran.

Nah, mungkin hanya itu saja penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga dengan adanya penjelasan yang sedikit dan singkat ini dapat membantu dan menambang pengetahuan kalian.