10+ Contoh Simbiosis Amensalisme Beserta Penjelasan [Lengkap]

10+ Contoh Simbiosis Amensalisme Beserta Penjelasan [Lengkap]

Contoh Simbiosis Amensalisme - Simbiosis adalah suatu pola interaksi atau hubungan khusus dan sangat erat antara dua makhluk hidup. Sama seperti yang telah saya jelaskan di dalam contoh simbiosis lainnya, secara garis besarnya pengertiannya sama.

Untuk pengertian simbiosis amensalisme secara umumnya adalah hubungan timbal balik diantara dua makhluk hidup dimana salah satu pihak akan dirugikan, sedangkan pihak lainnya tidak akan dirugikan dan tidak diuntungkan.

Untuk lebih mengerti lebih jelas tentang simbiosis amensalisme, silahkan pelajari contoh-contoh berikut ini.

Simbiosis Gulma Dengan Tumbuhan Produksi

Simbiosis Gulma dengan Tumbuhan Produksi
mengakujenius.com

Contoh simbiosis amensalisme yang pertama adalah hubungan antara gula dengan berbagai tanaman produksi, misalnya padi. Tanaman gulma ini akan mengeluarkan senyawa alelopati.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, tanaman alang-alang atau impereta cylindrica termasuk ke tanaman gulma yang memiliki efek senyawa alelopati sangat kuat. Sehingga tidak heran juga jika tanaman-alang-alang memiliki pertumbuhan lebih cepat dibandingkan tanaman lain yang berada di sekitarnya.

Kehadiran tumbuhan gulma tersebut jika tidak secepatnya dikendalikan dengan secepat mungkin akan menjadi penyebab turunnya hasil panen. Contoh yang dapat kita amati adalah tumbuhan gulma yang berada di dekat pohon jambu, maka hasil buah dari pohon jambu tersebut akan berbeda dengan pohon jambu yang normal.

Hal ini disebabkan karena tumbuhan gulma tersebut akan mengambil air, mineral, unsur hara, ruang dan juga cahaya matahari dari pohon. Berbagai energi tersebut akan digunakan sendiri oleh tumbuhan gulma yang menjadi penyebab menurunnya hasil panen pohon tersebut.

Senyawa alelopati adalah senyawa yang memiliki sifat kimia yang dapat merusak berbagai jenis tanaman.

Simbiosis Jamur Penicillium SP Dengan Bakteri Gram Positif

Simbiosis Jamur Penicillium sp dengan Bakteri Gram Positif
wisnuadi.com

Pada umumnya jamur mempunyai berbagai macam jenis yang cukup banyak. Namun, tidak semua jamur akan menyebabkan kerugian, ada juga sebagian jenis jamur yang menghasilkan berbagai manfaat.

Nah, misalnya pada penicillum sp yang merupakan salah satu jamur biasa digunakan dalam bioteknologi modern. Jenis jamur ini adalah jamur yang bisa diolah menjadi antibiotik untuk manusia.

Walaupun jamur ini bermanfaat bagi manusia, tetapi jenis jamur ini dapat menghambat perkembangan dari bakteri gram positif. Bakteri gram positif merupakan jenis bakteri yang dapat ,menyebabkan berbagai macam jenis penyakit mematikan.

Pola hubungan antara dua organisme ini akan mengeluarkan senyawa alelopati yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Bahkan bisa juga sebagai pembunuh dari bakteri gram positif.

Baca Juga [su_button url="https://listrik.org/ilmunik/contoh-simbiosis-komensalisme/" target="blank"]Contoh Simbiosis Komensalisme[/su_button]

Simbiosis Brokoli Dengan Kubis

Simbiosis Brokoli dengan Kubis
blog.titipku.com

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki berbagai manfaat yang begitu dalam bagi kehidupan sehari-hari. Brokoli mempunyai senyawa resindu yang bisa mencegah jamur verticillium yang menyebabkan tanaman menjadi layu.

Tetapi, senyawa pada brokoli tersebut dapat menyebabkan efek negatif pada sayuran kubis. Senyawa tersebut akan membuat sayuran kubis lebih cepat membusuk.

Oleh sebab inilah disarankan jika menyimpan sayuran kubis jangan di dekatkan dengan sayuran brokoli. dari keterangan diatas hubungan antara brokoli dan kubis termasuk ke dalam contoh simbiosis amensalisme.

Simbiosis Lamtoro Dengan Gandum

Simbiosis Lamtoro Dengan Gandum
Ilmunik.com

Jenis tumbuhan lamtoro atau yang dikenal dengan kemladingan ini adalah salah satu tanaman yang dapat dengan mudah kita temui. Walaupun tanaman ini memiliki manfaat yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit, akan tetapi tanaman ini termasuk merugikan untuk tanaman lainnya.

Meskipun jenis tumbuhan lamtoro memakai sistem tumpang sari pada sebagian tanaman, namun hal ini tidak berlaku untuk tanaman gandum dan kunir.

Hal ini disebabkan oleh senyawa yang dikeluarkan oleh lamtoro tersebut yang memberikan dampak buruk bagi gandum atau kunir. Tapi, hal ini tidak berlaku bagi tanaman padi dan jagung, sebab mereka tidak akan mendapatkan dampak buruk dari senyawa yang dikeluarkan oleh lamtoro.

Simbiosis Lantana Dengan Gulma Anggur

Simbiosis Lantana dengan Gulma Anggur
mengakujenius.com

Hubungan antara lantana dengan gulma anggur juga termasuk contoh simbiosis amensalisme. Lantana atau salaira adalah kelompok tanaman bunga yang masuk dalam family Verbenaeae yang biasa ditemukan di daerah tropis seperti Amerika Tengah dan Selatan.

Sama hanya dengan jenis tanaman yang sudah saya jelaskan diatas, tumbuhan lantana akan mengeluarkan senyawa alelopati yang dapat memberikan dampak buruk bagi perkembangan gulma anggur.

Walaupun gulma anggur termasuk tanaman yang merugikan, tapi gulma anggur masih kalah dengan senyawa yang dihasilkan dari latana. Hubungan kedua organisme ini termasuk ke dalam simbiosis amensalisme.

Hal tersebut disebabkan oleh tanaman lantana yang mengeluarkan senyawa tergolong merugikan bagi tumbuhan lain. Sedangkan tanaman lantana sendiri tidak akan mendapatkan keuntungan ataupun kerugian.

Baca Juga [su_button url="https://listrik.org/ilmunik/contoh-simbiosis-mutualisme/" target="blank"]Contoh Simbiosis Mutualisme[/su_button]

Simbiosis Pohon Pinus Dengan Tumbuhan Disekitarnya

Simbiosis Pohon Pinus Dengan Tumbuhan Disekitarnya
Ilmunik.com

Hubungan antara pohon pinus dengan tumbuhan di sekitarnya juga termasuk dari contoh simbiosis amensalisme. Apakah kalian pernah melihat ada jenis pohon lain yang dapat tumbuh disekitar pohon pinus? Hal tersebut sangatlah tidak mungkin karena pohon juga mengeluarkan senyawa alelopati.

Sehingga, tidak mengherankan apabila dalam satu lahan yang luas hanya ditumbuhi tanaman pinus saja. Sebagian orang menyebutnya dengan hutan pinus, karena tidak ada tumbuhan lain yang dapat hidup di dekat pohon pinus.

Senyawa alelopati juga memiliki fungsi lain yang berguna untuk mempertahankan diri dari serangan patogen yang dapat merugikannya.

Simbiosis Pohon Walnut Dengan Tumbuhan Disekitarnya

Simbiosis Pohon Walnut Dengan Tumbuhan Disekitarnya
Ilmunik.com

Pohon walnut merupakan tumbuhan yang menghasilkan kacang walnut, yang pada saat ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Walaupun menguntungkan bagi manusia, tetapi keberadaan pohon walnut dapat merugikan bagi tanaman lainnya.

Kenapa hal ini dapat terjadi? Jawabannya sebenarnya simpel saja, karena  pohon walnut mempunyai senyawa alelopati sama seperti tumbuhan-tumbuhan diatas.

Tujuan dari tanaman walnut mengeluarkan senyawa alelopat adalah untuk mendapatkan nutrisi yang bagus dan berkompetisi dengan tanaman yang berbeda di sekitarnya. Oleh sebab itulah, hubungan antara pohon walnut dengan tanaman disekitarnya hanya menguntungkan untuk dirinya sendiri.

Namun, untuk tumbuhan lainnya akan mengalami hambatan dalam proses perkembang biakan, sebab adanya senyawa tersebut.

Simbiosis Rumput Teki Dengan Tumbuhan Disekitarnya

Simbiosis Rumput Teki dengan Tumbuhan Disekitarnya
Pixabay.com

Hubungan antara rumput teki dengan tumbuhan disekitarnya jua termasuk ke dalam contoh simbiosis amensalisme. Rumput teki atau sering juga disebut dengan suket teki adalah termasuk tumbuhan yang sangat subur.

Mereka akan semakin tumbuh dan bereproduksi secara cepat dalam satu wilayah, sehingga tidak heran jika pada suatu pekarangan rumah atau lahan yang luas terdapat banyak suket teki.

Hal ini disebabkan oleh suket teki mengeluarkan senyawa yang beracun. Senyawa tersebut akan mengakibatkan tumbuhan di sekitarnya akan mengalami hambatan dalam perkembangan dan pertumbuhan.

Selain itu, suket teki juga akan mengambil unsur hara lain di dalam tanah yang ditempati tumbuhan lain. Sehingga tanaman lain akan mengalami kekurangan nutrisi yang berguna dalam proses fotosintesis.

Baca Juga Contoh Simbiosis Parasitisme

Simbiosis Dinoflagellata Dengan Fitoplankton

Simbiosis Dinoflagellata Dengan Fitoplankton
Ilmunik.com

Dinoflagellata merupakan termasuk jenis mikroorganisme yang masuk dalam kelompok alga. Tetapi, dinoflagellata ini mempunyai bentuk yang sangat unik yang berbeda dengan jenis lainnya.

Dinoflagellata sering dikenal sebagai mikroorganisme uniseluler atau memiliki sel tunggal, namun dinoflagellata  ternyata mengeluarkan senyawa yang berbahaya bagi binatang lain seperti. Bentuk dari dinoflagellata menyerupai diatome.

Senyawa yang dikeluarkan oleh dinoflagellata berupa alelokimia yang dapat mengubah warna air laut menjadi kemerah-merahan. Hal inilah yang akan menyebabkan binatang laut menjadi terganggu karena airnya tidak mengandung oksigen yang bersih.

Simbiosis Ganggang Hydrodictyon Dengan Bakteri Gram Positif

Simbiosis Ganggang Hydrodictyon Dengan Bakteri Gram Positif
Ilmunik.com

Contoh simbiosis amensalisme yang terakhir adalah hubungan antara ganggang hydrodictyon dengan bakteri gram positif.Sama halnya seperti hubungan antara penicillum sp, hydrodictyon juga akan mengeluarkan senyawa alelopati yang dapat menghambat hingga mematikan bakteri gram positif. Organisme ini juga dapat dijadikan sebagai antibiotik bagi pengobatan penyakit pada manusia.

Baca Juga Contoh Tumbuhan Gymnospermae

Mungkin hanya ini sedikit penjelasan yang dapat saya berikan tentang contoh-contoh simbiosis amensalisme. Semoga dengan sedikit keterangan ini dapat membantu dan menambah pengetahuan kalian.