23+ Contoh Hewan Omnivora | Pengertian, Ciri-Ciri (Lengkap)

23+ Contoh Hewan Omnivora | Pengertian, Ciri-Ciri (Lengkap)

Contoh Hewan Omnivora - Untuk kalian yang masih bertanya-tanya, apa sih hewan omnivora itu? Untuk menjawab itulah artikel ini saya buat. Secara singkatnya hewan omnivora adalah gabungan dari hewan herbivora dan karnifora. Herbivora merupakan hewan pemakan tumbuhan, sedangkan karnivora pemakan daging.

Nah, jika digabungkan dari dua pengertian di atas, maka omnivora adalah hewan pemakan tumbuhan-tumbuhan dan juga daging atau dapat dikatakan sebagai pemakan semuanya.

Pada artikel ini akan saya berikan penjelasan tentang pengertian, ciri-ciri, dan juga contoh hewan omnivora itu sendiri. Langsung saja tidak usah menunggu lama, mari kita masuk ke dalam pembahasan.

Pengertian Hewan Omnivora

Pengertian hewan omnivora
tportal.h

Hewan omnivora atau sarwaboga merupakan salah satu jenis hewan yang sumber makanannya meliputi tumbuhan dan daging. Seperti yang sudah sedikit jelaskan diatas, bahwa omnivora gabungan dari herbivora dan karnivora (dalam hal makanan).

Hewan omnivora tidak seperti hewan herbivora yang mempunyai gigi khusus yang berguna untuk memakan tumbuh-tumbuhan. Tidak juga seperti hewan karnivora yang memiliki gigi khusus yang berfungsi untuk mencabik-cabik daging.

Oleh sebab itu, hewan omnivora memiliki gigi yang tajam di bagian depan yang berguna untuk mengoyak makanan berupa daging. Serta terdapat jenis gigi datar pada bagian belakang yang berguna untuk menghaluskan makanan, baik berupa tumbuhan ataupun daging.

Namun yang unik dari hewan omnivora adalah meskipun mereka juga pemakan daging, akan tetapi tidak buas seperti jenis hewan karnivora. Hewan omnivora biasanya memakan daging dari binatang yang lebih kecil darinya, serta bukan menjadi makanan utamanya.

Ciri-Ciri Hewan Omnivora

ciri-ciri hewan omnivora
wowkeren.com

Secara umumnya, ciri-ciri dari jenis hewan omnivora adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki bentuk gigi yang tajam di bagian depan.
  2. Memiliki bentuk gigi yang datar di bagian belakang.
  3. Memiliki pencernaan yang sempurna (kompleks).
  4. Makanannya berupa daging dan tumbuhan.

Selain dari ciri-ciri di atas, hewan omnivora juga mempunyai berbagai kelebihan, antara lain:

  1. Dapat mengkonsumsi berbagai jenis makanan, serta memiliki pola makan yang fleksibel.
  2. Memiliki banyak pilihan jenis makanan, seperti tumbuhan dan juga hewan kecil yang berada di sekitarnya.
  3. Dapat membantu keberlangsungan hidup hewan karnovora dan herbivora, sebab dapat memakan semuanya.
  4. Memiliki sistem pencernaan khusus.
  5. Dapat bertahan hidup walaupun kondisi sekitar sangat buruk.

Baca Juga Contoh Hewan Ovovivipar

Contoh Hewan Omnivora

Setelah kita mengetahui pengertian dan juga ciri-ciri hewan omnivora, sekarang akan saya berikan berbagai contoh hewan omnivora disekitar kita. Berikut ini contoh hewan omnivora beserta penjelasannya.

Anjing Hutan

Hewan omnivora anjing hutan
Ilmunik.com

Contoh hewan omnivora adalah anjing hutan, sebab anjing hutan memakan tumbuh-tumbuhan dan juga memakan hewan kecil di sekitarnya. Anjing hutan juga termasuk hewan buas, akan tetapi tidak sebuas jenis hewan karnivora.

Hewan ini akan menjadi buas jika dirinya sedang terancam saja, dan hanya akan menyerang makhluk hidup lain yang berada di tingkat bawahnya.

Babi

Hewan omnivora babi
Ilmunik.com

Babi merupakan hewan yang memiliki bentuk hidung yang sangat khas serta memiliki telinga yang lebar. Babi juga termasuk hewan omnivora yang memakan tumbuh-tumbuhan dan juga serangga. Babi juga dikatakan bahwa memiliki tingkat kecerdasan yang cukup tinggi diatas anjing dan kucing.

Beruang Hitam

Beruang Hitam
cornwallseawaynews.com

Contoh hewan omnivora yang satu ini memiliki ukuran tubuh yang sama besarnya dengan beruang coklat atau beruang kutub. Hewan ini lebih sering hidup di hutan, serta memakan buah-buahan dan mamalia kecil seperti ikan, serangga, dan lain-lain.

Berang-Berang

Berang-Berang
jabar.idntimes.com

Hewan yang satu ini dikenal sebagai hewan yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi dan juga sebagai arsitek alami. Berang-berang memiliki kemampuan untuk membuat bendungan secara alami.

Berang-berang mempunyai bentuk tubuh yang panjang, kaki pendek, dan berwarna hitam atau coklat tua. Berang-berang termasuk contoh hewan omnivora karena memakan tumbuhan dan ikan-ikan kecil di sungai.

Rakun

Hewan omnivora rakun
Ilmunik.com

Rakun adalah hewan omnivora yang memakan berbagai serangga, ikan, katak, siput, telur burung, dan juga tumbuhan seperti kacang-kacangan. Hewan ini juga terkadang memakan anak burung yang masih belum bisa terbang atau baru saja menetas.

Udang

Hewan omnivora udang
Ilmunik.com

Udang merupakan jenis hewan yang memiliki ekosistem di air serta termasuk omnivora sebab memakan plankton dan tumbuhan air. Udang juga memakan daging dari binatang lain yang sudah mati.

Baca Juga Contoh Hewan Mamalia

Ikan Lele

Hewan omnivora ikan lele
Ilmunik.com

Ikan lele atau ikan keli merupakan jenis ikan yang memiliki ekosistem di air tawar. Ikan ini sangat mudah untuk kita jumpai di sekitar kita karena banyak yang membudidayakan ikan ini.

Ikan lele juga memakan berbagai jenis tumbuhan dan juga daging berupa cacing tanah, katak, dan berbagai serangga. Oleh karena itu, ikan lele termasuk ke dalam contoh hewan omnivora.

Ikan lele ini dapat hidup di dalam kondisi air yang sangat keruh

Serigala Merah

Hewan omnivora serigala merah
Ilmunik.com

Serigala merah (Canis Rufus/Canis Lupus Rufus) atau yang sering dikenal sebagai serigala florida atau serigala mississippi. Hewan ini termasuk spesies langka yang terdaftar pada Federasi Amerika Serikat dan juga di lindungi.

Mungkin jika mendengar kata-kata serigala pasti yang terpikirkan adalah hewan buas. Namun berbeda untuk serigala satu ini, hewan yang memiliki bentuk tubuh lebih kecil dan tergolong hewan omnivora. Serigala merah ini memakan berbagai jenis tumbuhan dan juga hewan kecil lainnya, seperti kelinci, udang karang, belalang, dan lain-lain.

Tupai

Hewan omnivora tupai
Ilmunik.com

Tupai adalah jenis hewan omnivora pemakan tumbuh-tumbuhan, seperti biji-bijian, jamur, buah, kulit kayu, dan lain-lain. Makanan khas dari hewan satu ini adalah biji kenari, dan juga memakan berbagai jenis serangga kecil yang ada di pohon.

Musang Atau Luwak

Hewan omnivora musang
Ilmunik.com

Hewan yang satu ini biasanya hidup di atas pepohonan yang tinggi, seperti kelapa, pohon aren, pohon kopi, dan lain-lain. Musang ini pada umumnya akan memakan buah-buahan di perkebunan, seperti pisang, pepaya, dan lain-lain.

Musang juga menjadi hewan omnivora dengan memakan berbagai jenis serangga, cacing, molusca, tikus, dan hewan kecil lainnya. Hewan ini juga biasanya akan masuk ke permukiman penduduk jika tidak mendapatkan makanan di alam bebas.

Beruang

Hewan omnivora beruang
Ilmunik.com

Beruang adalah hewan omnivora yang memakan apa saja, termasuk tumbuh-tumbuhan ataupun daging dari hewan kecil lainnya. Hewan yang satu ini sangat identik dengan makanan kesukaannya, yaitu madu.

Gorila

Hewan omnivora gorila
Ilmunik.com

Gorilla merupakan hewan jenis pertama yang termasuk ke dalam contoh hewan omnivora. Gorilla ini adalah pemakan tumbuh-tumbuhan, terkadang juga akan memakan serangga-serangga kecil.

Hewan yang satu ini sangat identik dengan memiliki DNA yang hampir mirip dengan manusia setelah simpanse, yaitu sekitar 97-98%. Kesamaan DNA tersebut dapat dilihat dari struktur tubuh yang bertubuh tegak, mempunyai tangan dan kaki yang berfungsi sama seperti manusia.

Monyet

Hewan omnivora monyet
Ilmunik.com

Monyet merupakan hewan omnivora yang sering kita jumpai di sekitar kita. Hewan ini biasanya di gunakan untuk pertunjukan kethek ogleng para pengamen jalanan.

Monyet ini akan memakan berbagai jenis sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan juga jenis serangga kecil. Hewan ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dan bentuk ekor yang panjang.

Orang Utan

Hewan omnivora orang utan
Ilmunik.com

Orang utan merupakan salah satu contoh hewan omnivora yang identik memiliki bulu coklat kemerahan dan lengannya yang panjang. Orang utan umumnya memakan tumbuh-tumbuhan dan serangga-serangga kecil.

Hewan primata yang satu ini kebanyakan dari mereka memakan tumbuhan seperti kulit pohon, bunga, dedaunan, buah-buahan, madu, nektar, jamur dan lain-lain. Orang utan juga tidak perlu turun dari pohon jika akan mencari minum, sebab orang utan dapat mendapatkan minuman dari lubang-lubang pada pohon yang terkumpul air dari air hujan.

Simpanse

Hewan omnivora simpanse
Ilmunik.com

Simpanse merupakan hewan berbulu yang memakan tumbuh-tumbuhan seperti buah, biji, bunga dari pepohonan, serta akan memakan serangga seperti semut, rayap, dan lain-lain.

Simpanse mempunyai kelompok sosial yang hierarki dalam komunitasnya yang terdiri dari multi jantan dan multi betina. Untuk kehidupan sosial simpanse ini terlihat mempunyai tingkatan yang saling mempengaruhi.

Burung Flamingo

Hewan omnivora burung flamingo
Ilmunik.com

Burung falmingo merupakan salah satu burung yang memiliki bulu dengan warna kemerahan dan memiliki kaki jenjang serta paruh yang unik. Burung flamingo ini makanannya berupa alga biru dan hijau serta jenis-jenis udang. Udang dan alga adalah makanan utama dari burung ini, karena kedua makanan tersebut kaya akan nutrisi untuk burung flamingo.

Bentuk paruh yang unik pada burung ini berfungsi sebagai alat untuk menyaring berbagai makanannya. Warna tubuh mereka yang kemerah-merahan merupakan efek dari tingginya beta karotin yang dikonsumsi.

Makanan berupa alga dan udang memiliki beta karotin yang cukup tinggi.

Burung Jalak

Hewan omnivora burung jalak
Ilmunik.com

Burung jalak merupakan hewan omnivora yang memiliki tubuh berukuran 20 hingga 25 cm. Burung jalak di dominasi oleh warna bulu yang hitam, serta sangat lincah.

Burung jalak mempunyai kicauan suara yang kuat dan dapat juga menirukan suara burung lain. Burung ini memakan buah-buahan dan berbagai serangga kecil.

Paus

Hewan omnivora paus
Ilmunik.com

Hewan omnivora satu ini memiliki ekosistem di laut yang memakan crusteceae dan cumi-cumi. Paus mempunyai ukuran tubuh yang sangat besar dan hidup di samudera lepas. Paus juga memakan krikil dan sopepoda walaupun dalam jumlah yang tidak banyak.

Bada Juga Contoh Hewan Amfibi

Lumba-Lumba

Hewan omnivora lumba-lumba
Ilmunik.com

Lumba-lumba merupakan satwa air yang dikenal memiliki hubungan sangat baik dengan manusia. Hewan lucu dan cerdas ini merupakan mamalia laut sama seperti paus yang termasuk jenis omnivora.

Lumba-lumba juga memakan cumi-cumi sama seperti paus, ikan-ikan kecil, plankton dan lain-lain. Hewan ini memiliki sinar sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan melihat keberadaan benda-benda di sekitarnya.

Bebek

Hewan omnivora bebek
Ilmunik.com

Bebek juga termasuk hewan omnivora yang memakan tumbuh-tumbuhan dan daging. Bebek biasanya akan memakan rerumputan, dadak, cacing tanah, dan juga daging keong sawah. Untuk keong sawah ini akan diberikan oleh sang peternak hewan bebek.

Tikus

Hewan omnivora tikus
Ilmunik.com

Tikus atau Rattus argentiventer adalah jenis hewan mamalia yang termasuk dalam kategori omnivora. Tikus biasanya memakan berbagai macam tumbuh-tumbuhan, seperti padi, jagung, kelapa dan juga hewan kecil lainnya, seperti serangga, ikan asin dan lain-lain.

Tidak mengherankan jika tikus banyak ditemukan di pemukiman penduduk serta menjadi hama bagi para petani. Sebab hewan ini cukup mengganggu bagi kebutuhan pangan manusia.

Ayam

Hewan omnivora ayam
Ilmunik.com

Ayam juga termasuk kategori hewan omnivora karena selain memakan tumbuh-tumbuhan, ayam juga memakan serangga kecil, cacing tanah, keong, dan lain-lain. Ayam akan mencari serangga yang ada di tanah dengan cara mengais-ngaisnya menggunakan kakinya.

Burung Kasuari

Hewan omnivora burung kasuari
Ilmunik.com

Burung kasuari adalah jenis hewan omnivora yang hidup di hutan menyerupai unggas. Burung ini memiliki kaki yang kuat dan kuku-kuku yang sangat tajam.

Burung kasuari memiliki warna bulu yang unik di berbagai bagian tubuhnya. Burung ini memakan buah-buahan dan sayur-sayuran, serta serangga yang berada di dedaunan.

Penutup

Nah, mungkin hanya itu saja sedikit penjelasan yang dapat saya berikan tentang pengertian, ciri-ciri, dan juga contoh hewan omnivora. Semoga dengan sedikit informasi ini dapat membantu dan menambah pengetahuan bagi kalian.