Coban Rondo Punya Cerita

Coban Rondo Punya Cerita

Assalamualaikum guys!. Apa kabar kalian hari ini?. Semoga baik-baik saja, sudah pernahkah kalian berlibur atau sekedar jalan-jalan di kota wisata Malang?.

Saya ingin berbagi sedikit cerita saya ketika berada di Malang. Cerita tentang keseruan tracking, petualangan dan indahnya pemandangan kota Malang dari atas bukit.

Lebih tepatnya pada acara kegiatan Outbound yang di adakan dari salah satu lembaga kursus yang saya ikuti di Surabaya.

ada cerita juga tentang memasak nasi sampai gosong lo guys, karena memakai alat serba apa adanya.

Mari simak ceritanya semoga bisa menambah referensi kalian untuk sekedar liburan di Kota Ngalam, sebutan yang tenar untuk kota Malang.

Persiapan Pemberangkat

MEC
Sumber https://listrik.org/ilmunik

Setelah liburan pembelajaran di LKP MEC (Mndiri Enterpreneur Center), selama kurang lebih satu minggu. Ada kegiatan yang namanya Outbound, yang diikuti peserta didik dari tiga asrama,yaitu Sragen, Surabaya, dan Semarang.

Kegiatan yang wajib ada setelah proses liburan ini.Untuk memperkuat rasa pedui kepada sesama, lingkungan, meningkatkan kedisiplinan, dan rasa tanggung jawab.

Semua kegiatan tersusun rapi, kegiatan yang akan dijalankan selama kurang lebih 3 hari 2 malam bersama tim Sina Sinu Indonesia.

Kegiatan diadakan pada hari senin dan diakhiri hari rabu. Sebelum berangkat menuju lokasi semua berkumpul di asrama Surabaya. Untuk check in barang bawaan, dan mendapatkan arahan dari bapak Direktur LKP MEC (Mandiri Entepreneur Center).

Setelah melaksanakan solat subuh berjamaah, semua peserta didik berkumpul di halaman depan kampus,untuk melaksanakan pemberangkatan ke area Outbound.

Saya dan peserta didik lain saling bercanda menceritakan liburanya selama seminggu. Wajah mereka pun sangat ceria, mungkin habis liburan bertemu dengan keluarganya masing-masing ya guys, hehehe.

Setelah semua siap, semua masuk kedalam bus untuk berangkat ke Coban Rondo. Ada tiga bus yang dipakai untuk memisahkan antara, ikhwan dan akhwat.

Pembacaan Al-Ma'surat

Ketika semua sudah masuk kedalam bus, ada kegiatan rutinan yang dijalankan setiap subuh biasanya di masing-masing asrama, yaitu pembacaan Al-ma’surat.

Karena habis subuh sudah harus berangkat, jadi kegiatan rutinanya diganti didalam bus, hehe.

Pembacaan Al-ma’surot di dalam bus yang saya naiki di pimpin oleh Ustad mu’alimin. Bapak kepala asrama Sragen, sambil bus mulai berjalan biar selamat sampai tujuan dan kembali dengan selamat.

KegiataAl-ma’surat rutin dilakukakan di masing-masing asrama, supaya mendapatkan kemudahan dan kelancaran dari Allah SWT, dalam setiap pembelajaran.

Seiring berjalanya waktu, bus pun melucur ke tempat yang sudah di tentukan, Bapak Direktur.

Tak terasa lamanya perjalanan membuat para peserta didik mengantuk dan akhirnya tertidur sambil menikmati bunga mimpi mereka, hehe.

Dan ketika sudah samapi tujuan, ustad Mu’alimin pun membangunkan para peserta didik untuk mengikuti kegiatan selanjutnya.

Kegiatan Selama Out Bound

Outbound ke Cuban Rondo bukan hanya untuk bermain saja. Tapi ada kegiatanya juga lo guys ada berbagai macam kegiatan mulai dari tracking, belajar hidup dengan keterbatasan peralatan, dll

Semua itu, adalah cara untuk meningkatkan kualitas kepribadian. Agar lebih baik dari sebelumnya, agar ketika lulus dari LKP MEC, kita dapat berbaur dengan masyaraka di lingkungan masing-masing.

Agar tercipta generasi penerus bangsa yang mempunyai kualitas baik, ketika terjun ke dalam dunia pekerjaan dan lingkungan sekitar.

Memiliki sifat yang kuat di dalam tim, mempunyai semangat yang tinggi, dan tak lupa agar bisa menjadi mahkluk ciptaan ALLAH Swt. Yang berbudi luhur dan mempunyai tingkat ketaqwa’an yang tinggi.

Para peserta didik tidak langsung di turunkan ke tempat lokasi. Tapi diturunkan di samping jalan yang menuju tempat lokasi, kurang lebih 1 kilo kalau lewat jalan utama,.

Kita di turunkan untuk melalui tracking pertama, atau bisa di sebut percobaan, hehe. Biar tidak kaget ketika ada rute tracking selanjutnya.

Setelah kurang lebih satu jam melalui tracking sampailah para peserta didik di tempat perkemahan yang sudah di tentukan, alhamdulillah.

Pembukaan dan Pembekalan

Ketika semua peserta didik sampai di lokasi, tiba untuk acara pembukaan kegiatan Outbound. Yang akan di pimpin Direktur MEC untuk proses penyerahan tanggung jawab kepada tim Sina Sinu Indonesia selama kegiatan  Outbound.

Setelah pembukaan dan penyerahan tanggung jawab. Tim sina sinu menyampaikan kegiatan selama out bound, dan peralatan apa saja yang akan di berikan pada peserta didik selama kegiatan.

Para peserta didik di berikan peralatan  tenda satu set per kelompok, peralatan memasak. Tapi pada peralatan memasak ada yang tidak lengkap, seperti yang dapat kompor gas tidak mendapatkan kompor spirtus, dan begitupun alat yang lain seperti untuk mengukus nasi, ada juga yang dapat tidak sesuai dengan fungsinya.

Itu untuk melatih kreativitas para peserta didik menggunakan alat seadanya tapi dapat memanfaatkanya untuk banyak hal.

 

Pendirian Tenda

Pendirian Tenda
sumber https://listrik.org/ilmunik

Setelah peralatan di bagikan giliran melatih kerja sama tim untuk mendirikan tenda yang akan di tempati para peserta masing-masing kelompok.

Disini kerja sama tim sangat penting. Apabila ada anggota kelompok yang masih mempunyai sifat egois tinggi, pasti kerjasama dalam kelompok akan susah untuk mendirikan tenda.

Karena tenda-tenda yang diberikan tidak semua bagus, ada yang agak sobek ada juga yang kerangkanya akan patah.

Kalau dari setiap kelompok jika tidak bisa bekerja sama pasti mendirikan tenda akan memakan banyak waktu.

Alhamdulillah, kelompok saya kerjasama timnya lumayan bagus, oleh ketua kelompok dibagi tugas-tugasnya ada yang merangkai kerangka, ada yang mempersiapkan rendanya. Dan berkat kerjasama tim yang lumayan baik akhirnya tenda kami berdiri, alhamdulillah.

Belajar Memasak

Setelah tenda berdiri, waktunya para anggota bersih diri dan persiapan memasak.

Para anggota kelompok kamipun diatur, sebagian ada yang mandi sebagian masak. Begitupula sebaliknya, agar tidak menyita banyak waktu.

Tak sedikit peserta yang memasak nasi sampai agak gosong, hehehe. Maklum guys, biasanya kalau masak tinggal pakai elektrik saja kalo di rumah, di sini kita dilatih untuk bertahan hidup dengan apa adanya.

Walau nasinya agak gosong, kita harus memakanya karna itu hasil karya kita dan juga mensyukui nikmat tuhan yang telah di berikan, hehehehe

Setelah kegiatan selesai, sebelum tidur ada kegiatan evaluasi. Yang bertujuan untuk saling bertukar oikiran agar dapat menjadikan lebih baik lagi pada kegiatan selanjutnya, dan di dampingi oleh salah satu anggota dari Sina Sinu.

Waktupun tak terasa larut malam waktunya para peserta istirahat untuk kegiatan hari berikutnya.

 

Game-game

game

Tiba pada hari kedua, semua peserta akan melakukan game-game yang sudah dipersiapkan dari tim Sina Sinu.

Tapi sebelum acara game,para peserta di wajibkan untuk melakukan kegiatan olahraga. Walau cuma gerak pemanasan dan lari-lari kecil itu sudah cukup.

Tiba pada acara gamenya guys, semua peserta kumpul sesuai kelompok masing-masing, yang akan didampingi anggota tim Sina Sinu perkelompok. Untuk diarahkan mengikuti kegiatan.

Ada banyak game, mulai dari lempar bola tidak boleh jatuh. Karena harus sama waktu melempar bola kepada temanya, karena bola yang ada tandanya harus mencapai titik semula, agak tinggi sedikit guys bahasanya, hehe.

Ada juga game melewati kotak-kotak, di salah satu kotak itu ada bomnya. Jika terkena bom kita harus mengulanginya dari awal.

Dan masih banyak game lainya, sampai saya bingung merangkai kata-katanya, hehe.

Tracking

tracking
Sumber https://listrik.org/ilmunik

Setelah kegiatan hari kedua, tiba saatnya kegiatan hari ketiga yaitu tracking atau mendaki.

Sebelum melakukan tracking ke tempat tujuan akhir yaitu Air Terjun Coban Rondo. Para peserta harus membereskan semua tenda, untuk di bawa ke tempat akhir dan melakukan kegiatan penutupan disana.

Setelah semua bersih, tiba saatnya kita tracking menaiki bukit-bukit dan jurang-jurang untuk sampai ke tempat yang di tentukan. Tracking perkelompok dipimpin salah satu dari tim Sina Sinu.

Ketika melakukan kegiatan tracking, kita disuguhkan dengan medan yang lebih menantang dari kegiatan tracking pertama.

Pemandangannya pun indah saat kita berada diatas bukit dijalur tracking. Tak terasa lelah saat mendaki karna kami lalui dengan hati yang senang dan bersemangat.

Ketika bukit dan jurang sudah dilalui. Tibalah para peserta ditempat akhir yang sudah di tentukan yaitu dibawah Air Terjun Coban Rondo.

Penutupan Kegiatan

out bound
sumber by https://listrik.org/ilmunik

Setelah semua peserta sampai pada lokasi akhir, tiba saatnya persiapan upacara penutupan.

Acara ditutup dengan pembangian hadiah untuk kelompok terbaik, dan peserta terbaik. Walaupun kelompok kami tidak mendapatkan yang terbaik setidaknya kami mendapatkan banyak ilmu yang bisa dipraktekan untuk kehidupan seterusnya.

Dan mengembalikan tanggung jawab kepada bapak Direktur LKP MECMandiri Enterpreneur Center).

Setelah acara penyerahan tanggung jawab selesai, dilanjut dengan acara menyanyikan lagu Indonesia raya. Tak ketinggalan sesi foto pasti ada untuk kenang-kenangan pribadi ataupun kenang-kenangan LKP MEC.

Untuk menambah semangat para peserta didik, walaupun kondisi fisiknya sudah pada capek karena dipakai mengikuti kegiatan selama 3 hari.

Persiapan Pulang

Setelah kegiatan out bound selesai tiba saatnya peserta didik kembali menuju asrama masing-masing untuk melanjutkan kegiatan belajar.

Bus yang kami naiki saat berangkat pun sudah datang untuk menjemput kami. Itu tandanya waktu kami di Coban Rondo sudah selesi.

Semua peserta didik memasuki bus untuk melakukan perjalanan pulang. Para dosen LKP MEC pun menghimbau agar mengecek lagi apa ada barang yang ketinggalan atau tidak untuk antisipasi.

Setelah semua dirasa tidak ada yang ketinggalan, bus pun mulai berjalan menuju Surabaya.

Waktu itu pukul jam 16;00, didalam bus peserta melakukan kegiatan rutinan sore pembacaan Al-ma’surat yang biasa di lakukan.

Pembacaan pun selesai, tiba saatnya para peserta istirahat atu tidur, melepaskan semua rasa lelah selama kegiatan.

Kami tiba di Surabaya sekitar jam 18;30, kami turun untuk melaksanakan solat magrib dan sekalian menunggu solat isya’, agar ketika setelah solat isya’ bisa dilanjutkan untuk istirahat diasrama.

Itulah sedikit ceritaku guys, semoga dapat memberi sedikit motivasi untuk kalian, hehe

Simak kelanjutan dari postinganku ya guys.