10+ Ciri Ciri Ideologi Tertutup Beserta Penjelasan (Lengkap)

10+ Ciri Ciri Ideologi Tertutup Beserta Penjelasan (Lengkap)

Ciri Ciri Ideologi Tertutup - Ideologi tertutup adalah ideologi yang bekerja secara penuh dan mutlak bagi setiap pengikutnya. Ideologi tertutup ini mengandung makna tidak boleh dijadikan suatu permasalahan, sebab sudah pasti dan tidak dapat dirubah, kecuali oleh pencetusnya sendiri.

Nah, maka ideologi tertutup harus senantiasa dipatuhi oleh semua penganutnya, tanpa terkecuali bagi semua masyarakat dimana negara atau kelompok pengikut ideologi ini. Sebagai falsafah dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Secara umumnya, terdapat 10 ciri ciri ideologi tertutup yang terdiri sebagai berikut;

1. Berasal Dari Pihak Pemerintah atau Sekelompok Masyarakat

Berasal Dari Pihak Pemerintah atau Sekelompok Masyarakat
Berasal Dari Pihak Pemerintah atau Sekelompok Masyarakat

Ciri ciri ideologi tertutup yang pertama adalah bersumber dari pihak pemerintah atau segolongan masyarakat atau yang berada pada wilayah tersebut. Hanya pemerintah atau kelompok yang bisa melakukan perubahan atau pengembangan ideologi itu sendiri.

Dalam hal ini masyarakat hanya bertindak sebagai robot dan pemerintah atau kelompok yang sedang berkuasalah sebagai pengendalinya. Masyarakat tidak sedikitpun diizinkan untuk ikut tangan dalam pembahasan ideologi.

Apabila ideologi tertutup diterapkan oleh Indonesia, maka pancasila sebagai ideologi nasional tidak lagi bisa berjalan menurut fungsinya secara baik.

2. Sifatnya Kaku Dan Otoriter

Sifatnya Kaku Dan Otoriter
Sifatnya Kaku Dan Otoriter

Ideologi ini biasanya cenderung kaku dan ototiter yang menjadikan ciri ciri ideologi tertutup. Seluruh warga negaranya harus wajib tunduk dan patuh dengan peraturan-peraturan negara yang bertumpuan pada ideologi tersebut.

Penggunaan ideologi tertutup ini yang biasanya kaku dan otoriter bisa lihat dalam negara Indonesia ketika masa pemerintahan orde baru. Dimana semua warga negara wajib mematuhi dan melaksanakan peraturan yang berlaku tanpa terkecuali.

Apabila melakukan pelanggaran, maka sanksi yang diterima akan berat bisa dikenakan pada setiap pelanggarannya.

3. Berupa Budaya Yang di Paksakan Dalam Masyarakat

Berupa Budaya Yang di Paksakan Dalam Masyarakat
Berupa Budaya Yang di Paksakan Dalam Masyarakat

Jenis ideologi tertutup bukanlah termasuk budaya yang muncul dari masyarakatnya sendiri, namun budaya yang timbul akibat dari kelompok atau golongan yang memiliki wewenang. Budaya tersebut dikeluarkan oleh kelompok atau golongan yang sedang memerintah dan harus dipatuhi sebab setiap anggota masyarakat dipaksa untuk menerapkan ideologi ini dalam kehidupan sehari-hari.

Pemaksaan penggunaan ideologi ini menjadi budaya di masyarakat cenderung mempunyai akibat negatif. Apabila ideologi ini dipaksakan bukan dengan budaya yang sudah ada dan berkembang di masyarakat sebelum ideologi tertutup diterapkan, maka kan menimbulkan banyak kekacauan. Hal ini juga yang menjadi ciri ciri ideologi tertutup.

Baca Juga Ideologi Pancasila

4. Hasil Dari Pemikiran Kelompok

Hasil Dari Pemikiran Kelompok
Hasil Dari Pemikiran Kelompok

Ciri ciri ideologi tertutup selanjutnya adalah berupa gagasan atau pemikiran hasil dari kelompok ketika masa itu. Hanya kelompok atau golongan yang sedang berkuasa saja yang berhak menentukan kebijakan-kebijakan dalam rangka menerapkan ideologi tertutup untuk masyarakatnya.

Oleh karena itu, masyarakat biasanya sama sekali tidak diberikan izin untuk menyumbangkan aspirasi atau idenya dalam rangka melakukan pengembangan ideologi.

5. HAM Kurang di Junjung Tinggi

HAM Kurang di Junjung Tinggi
HAM Kurang di Junjung Tinggi

Negara yang menggunakan ideologi ini pasti memiliki ciri ciri ideologi tertutup secara penuh, pemenuhan dan perlindungan hak asasi manusia kurang diperhatikan. Ideologi ini menganggap bahwa hak asasi manusia akan tercukupi apabila masyarakat atau warga negara tunduk dan patuh kepada pemerintahan yang menjalankan ideologi ini.

Akan tetapi, pada kenyatannya tidak seperti itu. Tidak sedikit juga ditemukan jenis HAM di negara-negara yang menerapkan ideologi ini untuk kelangsungan hidup negaranya.

6. Keberagaman Tidak di Perbolehkan Berkembang

Keberagaman Tidak di Perbolehkan Berkembang
Keberagaman Tidak di Perbolehkan Berkembang

Ideologi tertutup ini melarang keberagaman dan kemajemukan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Kata keberagaman dan kemajemukan tidak dikenal dalam jenis ideologi tertutup.

Ideologi ini beranggapan bahwa keberagaman bisa mengganggu sistem pemerintahan atau tatanan yang berjalan di dalam wilayah tertentu. Dengan adanya keberagaman dan kemajemukan akan memuat ideologi tertutup sangat sulit untuk diterapkan secara penuh.

Sehingga di dalam penerapan ideologi ini, keberagaman dan kemajemukan semakin dihilangkan sehingga menjadikan semuanya seragam. Keseragaman yang diciptakan oleh ideologi ini menjadi sama meskipun masyarakat tersebut berada pada daerah tempat tinggal, namun masih ikut di dalam negara yang sama.

Baca Juga Ciri-Ciri Ideologi Terbuka

7. Terdapat Pembatasan Kebebasan

Terdapat Pembatasan Kebebasan
Terdapat Pembatasan Kebebasan

Kebebasan pada ideologi ini sangat ketat, bahkan bisa saja dilarang, hal inilah yang menjadi salah satu dari ciri ciri ideologi tertutup yang sangat mudah untuk diperhatikan. Semua perkataan dan perbuatan yang dilakukan oleh masyarakat harus benar-benar lurus dan sesuai dengan ideologi yang berlaku.

Di dalam ideologi ini, kebebasan masyarakat sangat dikekang agar tidak menimbulkan gejolak yang bisa meruntuhkan ideologi yang berkaitan dengan wilayah tertentu. Adanya pembatasan pada kebebasan masyarakat pastinya bertentangan dengan ideologi tertutup.

Dimana dalam ideologi ini kebebasan diwujudkan dalam sistem kehidupan berupa sejarah demokrasi dipakai untuk mempertimbangkan dalam pemberian kebebasan kepada setiap warganya.

8. Berlakunya Sistem Hukum Yang Keras

Berlakunya Sistem Hukum Yang Keras
Berlakunya Sistem Hukum Yang Keras

Sistem hukum yang diterapkan oleh ideologi tertutup tergolong sangat keras dan tidak berkerumun yang melanggar. Individu yang dinyatakan ahli harus diadili sesuai dengan kesalahannya. Tidak sedikit juga pelaksanaan sistem hukum di negara atau wilayah yang menerapkan ideologi ini bertanggung jawab dengan hukum internasional.

9. Mencerminkan Kelompok atau Falsafah Hidup

Mencerminkan Kelompok atau Falsafah Hidup
Mencerminkan Kelompok atau Falsafah Hidup

Ciri ciri ideologi tertutup selanjutnya adalah mencerminkan kelompok atau falsafah hidup, maka cita-cita falsafah yang ada di dalam ideologi tersebut berupa cita-cita dari kelompok penggagas. Bukan berasal dari cita-cita masyarakat secara menyeluruh.

Maka dari itu, tidak sedikit juga dalam menentukan kebijakan dalam mewakili apa yang menjadi keinginan masyarakatnya. Untuk kelompok atau golongan yang menggagas ideologi ini, mewujudkan cita-cita kelompok adalah tujuan utama.

Baca Juga Ciri-Ciri Ideologi Pancasila

10. Memiliki Sistem Pemerintahan Yang Tertutup

emiliki Sistem Pemerintahan Yang Tertutup
emiliki Sistem Pemerintahan Yang Tertutup

Ciri ciri ideologi tertutup yang terakhir dan paling khas adalah sistem pemerintahan yang cenderung tertutup. Masyarakatnya tidak bisa ikut berpartisipasi di dalam sistem pemerintahan atau mencari informasi tentang pelaksanaan pemerintahan yang ada.

Apabila dilakukan, maka pihak pemerintah akan memberikan kriteria khusus kepada orang yang ingin mencari informasi dan menilai dalam pemerintah. Jalan ini sangat sulit di dapatkan oleh masyarakat yang ada di dalam lokasi yang dipandang penting oleh pemerintah.

Nah, mungkin hanya itu saja uraian singkat tenang 10 ciri ciri ideologi terbuka untuk sobat ilmunik. Semoga dengan sedikit penjelasan ini bisa membantu dan menambah pengetahuan Anda, serta menjadi referensi dalam kegiatan belajar kalian.