11+ Cerita Rakyat Jawa Tengah Beserta Penggalan Kisahnya (Lengkap)

11+ Cerita Rakyat Jawa Tengah Beserta Penggalan Kisahnya (Lengkap)

Cerita Rakyat Jawa Tengah - Masyarakat Jawa memang sudah tidak asing lagi bahwa mempunyai banyak sekali kisah atau cerita rakyat yang sangat beragam . Daerah Jawa Tengah juga tidak kalah banyak dan populer di Indonesia tentang cerita rakyatnya.

Nah, apakah sobat ilmunik sudah pernah berkunjung ke daerah Jawa Tengah atau barangkali ada sobat ilmunik yang dari daerah ini yang terkenal dengan kebudayaannya yang masih tradisional sekali. Adat tradisional di daerah Jawa Tengah hingga saat ini masih sangat terjaga, sebab terdapat dua keraton yang sangat terkenal, yakni Kesultanan Yogyakarta dan Keraton Surakarta Hadiningrat.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan sedikit tentang berbagai cerita rakyat yang populer di Jawa Timur, seperti legenda Aji Saka, hingga asal mula gunung merapi. Berikut ini adalah berbagai cerita rakyat yang berasal dari daerah Jawa Timur yang masih banyak di ceritakan saat ini:

1. Cerita Rakyat Jawa Tengah Aji Saka

Cerita Rakyat Jawa Tengah Aji Saka
Cerita Rakyat Jawa Tengah Aji Saka

Cerita rakyat Jawa Tengah paling terkenal yang akan saya bahas pertama adalah legenda Aji Saka. Singkat cerita, pada zaman dahulu ada seorang pemuda yang bernama Aji saka, tinggal di desa bernama Medang Kawit.

Sehari-hari, Aji Saka ditemani pengawalnya yang bernama Dora dan Sembada. Ia kemudian mendengar berita kekejaman Raja Dewata Cengkar yang membuatnya geram. Aji Saka lalu merencanakan strategi untuk pergi ke Medang Kamulan untuk membantu masyarakat yang sedang teraniaya.

2. Cerita Rakyat Kawah Sikidang

Cerita Rakyat Kawah Sikidang
Cerita Rakyat Kawah Sikidang

Cerita selanjutnya adalah tentang legenda Kawah Sikidang, yakni pada zaman dahulu, terdapat sebuah kerajaan di Dieng yang mempunyai seorang putri cantik bernama Shinta Dewi. Banyak sekali para pangeran dan bangsawan yang ingin menjadikannya istri. Akan tetapi, belum ada satu pun yang berani datang untuk meminangnya.

3. Cerita Rakyat Ande-Ande Lumut

Cerita Rakyat Ande-Ande Lumut
Cerita Rakyat Ande-Ande Lumut

Singkat cerita, Dewi Candra Kirana merasa sangat sedih sekali setelah kepergian suaminya. Dia kemudian memutuskan untuk pergi meninggalkan istana dan berupaya mencari suaminya.

Dewi Kirana yang keluar dari istana menyamar menjadi seorang perempuan biasa. Kemudian di tengah-tengah pengembaraannya, ia bertemu dengan janda kaya raya bernama Mbok Randa Kawulusan. Mbok Randa ini sebelumnya sudah mempunyai tiga anak perempuan bernama Klentin Abang, Wungu dan Biru, dan kemudian mengangkat Candra Kirana yang menyamar menjadi anaknya.

Baca Juga Aksara Jawa

4. Cerita Rakyat Jawa Tengah Jaka Tarub

Cerita Rakyat Jawa Tengah Jaka Tarub
Cerita Rakyat Jawa Tengah Jaka Tarub

Cerita rakyat Jawa Tengah selanjutnya adalah tentang Jaka Tarub. Singkat cerita, Jaka Tarub sudah mulai tumbuh menjadi seorang pemuda yang rajin bekerja dan suka membantu ibunya. Wajah Jaka Tarub sangatlah tampan.

Jaka Tarub sering berburu binatang buas ke dalam hutan menggunakan alat berupa sumpit. Dengan ketampanan dan keterampilannya, membuat banyak gadis di desa jatuh hati padanya. Akan tetapi Jaka Tarub belum berniat untuk berumah tangga, sementara ibunya sangat menginginkannya agar cepat menikah.

5. Cerita Rakyat Timun Mas

Cerita Rakyat Timun Mas
Cerita Rakyat Timun Mas

Singkat cerita, Mbok Sirni kemudian membeli buah mentimun yang sangat besar itu. Namun alangkah terkejutnya dia setelah mengetahui bahwa di dalam mentimun raksasa tersebut ada seorang bayi perempuan yang sangat cantik jelita.

Mbok Sirni kemudian langsung mengambil dan memandikan anak tersebut, serta memberikan pakaian yang layak untuknya. Ia merasa sangat bahagia sebab keinginannya untuk mendapatkan anak telah terkabul dan memberikan nama Timun Mas.

6. Cerita Rakyat Rawa Pening

Cerita Rakyat Rawa Pening
Cerita Rakyat Rawa Pening

Banyak cerita beredar tentang legenda Rawa Pening terbentuk akibat kemarahan seorang pemuda miskin bernama Jaka Baru Klinting. Ketika masa itu, masyarakat tidak menyukai orang miskin sebab penampilannya yang lusuh, dekil, dan bau amis.

Mereka biasanya menghina Jaka Baru Klinting sebab kondisi materinya yang dirasa sangat kurang. Penduduk di sekitarnya selalu memperlakukannya secara tidak adil, dan membuat kemarahan dari Jaka Baru Klinting.

Baca Juga Cerita Rakyat Jawa Timur

7. Cerita Asal Mula Kota Salatiga

Cerita Asal Mula Kota Salatiga
Cerita Asal Mula Kota Salatiga

Di kisahkan bahwa Ki Ageng Pangandaran tidak terima, sebab merasa tersinggung dengan penolakan Sunan Kalijaga. Ki Ageng kemudian mengusir Sunan Kalijaga, namun sebelum pergi beliau berkata kepada Ki Ageng Pangandaran bahwa ada cara lebih baik untuk mencari kekayaan dibandingkan menimbun harta yang seharusnya menjadi hak rakyat.

8. Cerita Rakyat Baturaden

Cerita Rakyat Baturaden
Cerita Rakyat Baturaden

Menurut cerita yang beredar, baturaden adalah sebuah tempat wisata di sebelah utara Purwokerto atau di lereng gunung Slamet, kecamatan Banyumas, Jawa Tengah. Kata baturaden sendiri mempunyai arti pembantu dan bangsawan.

Asal mula dari kata "batur" yang artinya pembantu, dan "raden" yang artinya bangsawan. Masyarakat Jawa Tengah meyakini bahwa baturaden merupakan kisah cinta antara Suta, yakni seorang perawat kuda miliki adipati Kutaliman dengan putri adipati Kutaliman yang berdarah bangsawan.

9. Cerita Rakyat Kanjeng Ratu Kidul

Cerita Rakyat Kanjeng Ratu Kidul
Cerita Rakyat Kanjeng Ratu Kidul

Di kisahkan bahwa Kenjeng Ratu Kidul atau yang biasa disebut dengan Nyi Roro Kidul merupakan seorang peri sakti mandraguna penguasa laut pantai selatan pulau Jawa. Berdasarkan cerita yang beredar di kawasan Jawa Tengah, pada awalnya ia ialah seorang putri dari Raja Muding Wangi bernama putri Kandita yang diusir dari kerajaan.

10. Asal Mula Nama Lemah Gempal

Asal Mula Nama Lemah Gempal
Asal Mula Nama Lemah Gempal

Ketika masa penjajahan Belanda, daerah Semarang sering sekali di landa banjir sebab lokasinya yang berada di dekat pantai. Selain itu, di tengah kota juga mengalir sebuah sungai besar yang sering mendatangkan bencana banjir.

Hal itu tentunya membuat warga Semarang resah, apalagi ketika musim hujan telah tiba. Ketika banjir melanda, banyak harta benda warga yang hanyut terbawa arus air.

Baca Juga Kebiasaan Orang Jawa

11. Cerita Asal Mula Gunung Merapi

Cerita Asal Mula Gunung Merapi
Cerita Asal Mula Gunung Merapi

Cerita rakyat Jawa Tengah yang terakhir adalah tentang asal mula gunung merapi. Gunung merapi yang terletak di tengah-tengah pulau Jawa pada awalnya adalah gunung jumurdwipa. Yakni sebuah gunung tinggi yang menjulang dan terletak di laut selatan pulau Jawa.

Cerita ini cukup terkenal di masyarakat Jawa Tengah tentang asal mula bagaimana pindahnya gunung tersebut ke tengah pulau Jawa dan disebut merapi.

Nah, mungkin hanya itu saja sedikit penjelasan yang dapat saya tulis pada artikel ini tentang kumpulan cerita rakyat Jawa Barat yang populer. Semoga dengan sedikit penjelasan ini bisa membantu dan menambah pengetahuan Anda, cukup sekian dan salam dari penulis.