13+ Cara Menghilangkan Malas Paling Ampuh Cocok Untuk Kalian

13+ Cara Menghilangkan Malas Paling Ampuh Cocok Untuk Kalian

Cara Menghilangkan Malas - menghilangkan rasa malas merupakan langkah pertama yang harus kalian hilangkan dalam berbagai kegiatan seperti sekolah, kuliah, bekerja, aktivitas sehari-hari dan lain-lain. Sebab jika kalian sudah bisa menghilangkan rasa malas, tujuan dan cita-cita kalian akan mudah untuk tercapai. Namun, jangan lupa untuk selalu berdoa dan mengimbanginya dengan berusaha tanpa ada rasa malas.

Pada artikel ini akan memberi berbagai cara untuk menghilangkan rasa malas yang menyerang kalian. Cara ini juga dapat digunakan untuk kalian yang sudah terlanjur memiliki sifat malas.

Oke langsung saja yuk sobat ilmunik kita masuk ke pembahasan.

1. Jangan Menunda-nunda

tips melawan malas
Pixabay.com

Cara menghilangkan malas yang pertama kalian harus lakukan adalah cobalah jangan menunda-nundanya. Dengan menunda-nunda sebenarnya akan membuat beban kalian menjadi lebih berat, oleh sebab itu cobalah melaksanakan tugas yang kalian dapat sesegera mungkin. Hal ini untuk menghindari rasa malas juga sangat ampuh.

Cobalah lakukan hal ini untuk setiap kegiatan kalian setiap hari, dalam pekerjaan pribadi, tugas sekolah, tugas kantor. Jika kalian sudah terbiasa mengerjakan sesuatu hal secara langsung dan tidak menunda atau mengulur-ulurnya, pasti kesempatan kalian untuk terhindar dari rasa malas lebih besar.

2. Buatlah Target Harian

Buatlah Target Harian
Ilmunik.com

Cara menghilangkan malas kedua yang dapat kalian lakukan adalah dengan membuat daftar target apa saja yang ingin dicapai dalam satu hari. Dengan adanya target tertulis akan membuat kalian lebih semangat dalam mengerjakan kegiatan dalam satu hari karena sudah tersusun.

Cobalah tanamkan mindset kalian bahwa kalian pasti dapat menyelesaikan target harian itu. Dengan demikian kalian akan merasa lebih mempunyai semangat extra dalam setiap kegiatan.

Kalian tidak hanya menuliskan target dalam satu hari, tetapi bisa juga menuliskan kegiatan selama mulai bangun tidur hingga akan tidur lagi. Dengan begitu kalian akan mengerti kegiatan apa saja yang sudah kalian kerjakan serta dapat menjadi bahan evaluasi untuk membuat target harian selanjutnya.

3. Memberi Hadiah Diri Sendiri

Memberi Hadiah Diri Sendiri
Ilmunik.com

Cara menghilangkan malas selanjutnya yang dapat kalian lakukan ketika sudah membuat target adalah memberi penghargaan jika target kalian tercapai. Hadiah yang kalian gunakan tidak perlu yang besar-besar, cukup sederhana tetapi mempunyai kegunaan dan bisa mendorong lagi semangat belajar kalian.

Proses ini perlu dilakukan untuk bisa menjadikan semangat kalian itu tidak menurun ketika telah mencapai target, dengan adanya ini lebih menguatkan lagi dan dapat memberi keinginan untuk menambah target-target lainnya.

4. Memotivasi Diri Sendiri

metode menghilangkan malas
Pixabay.com

Kalian juga dapat menghilangkan malas dengan memberi motivasi kepada diri anda sendiri. Dengan motivasi dari diri sendiri yang kuat akan lebih membuat semangat lebih kuat dan tidak mudah untuk merasa malas.

Cobalah memulai motivasi dengan menanamkan mindset pada diri sendiri bahwa diri kalian adalah bukan tipe orang yang malas. Hal ini akan berdampak pada setiap kegiatan yang anda kerjakan. Tubuh kalian juga akan memberi perlawanan ketika merasakan rasa malas, tubuh secara otomatis melawan terhadap perasaan malas.

Baca Juga Pengertian Media Pembelajaran

5. Belajar Dari Orang Sukses

Belajar Dari Orang Sukses
Ilmunik.com

Cara menghilangkan malas yang dapat kalian lakukan adalah belajar dari orang-orang yang sudah sukses. Kalian dapat bertanya tentang bagaimana cara mereka melawan rasa malas sebelum menjadi orang sukses. Kalian juga dapat bertanya tentang cara mengatur waktu setiap harinya dan bagaimana melawan rasa malas ketika sudah muncul.

Pastilah jawaban dari masing-masing orang yang sukses itu berbeda, tetapi pada jawabannya terdapat beberapa kesamaan.

Jika perlu, kalian juga dapat mempraktekkan apa saja cara atau metode yang mereka gunakan dalam mengatasi rasa malas mereka.

6. Mencari Penyebab Malas

Tips mengalahkan rasa malas
Pixabay.com

Cara ini juga dapat kalian gunakan dalam mengatasi rasa malas dengan cara mencari tahu penyebab dari rasa malas itu sendiri. Penyebab dari rasa malas sangat banyak, mulai dari rasa bosan dengan rutinitas, kehilangan motivasi untuk melakukan pekerjaan, dan bisa juga akibat takut atau karena keteteran.

Setelah mengetahui penyebab dari rasa malas kalian, selanjutnya cobalah untuk memulai untuk mencari solusi dari masalah tersebut serta temukanlah kembali untuk mengerjakan hal yang seharusnya dikerjakan.

7. Mengingat Tujuan Awal

Mengingat Tujuan Awal
Ilmunik.com

Cara menghilangkan malas selanjutnya adalah dengan mengingat kembali tujuan dan keinginan yang ingin dicapai saat awal. Tujuan dan keinginan yang akan dicapai merupakan faktor pendorong yang luar biasa untuk melawan rasa malas pada diri kalian. Cobalah ingat kembali semua tujuan kalian ketika rasa malas menyerang kalian.

Jika perlu tingkatkan lagi tujuan dan cita-cita yang ingin kalian capai sebagai power lebih yang ada pada diri kalian.

8. Waktu Istirahat Dan Aktivitas Seimbang

Waktu Istirahat Dan Aktivitas Seimbang
Ilmunik.com

Waktu istirahat dan aktivitas kalian yang tidak seimbang juga dapat menimbulkan rasa malas. Oleh sebab itu, ciptakanlah keadaan yang seimbang antara istirahat dan aktivitas sebab hal ini sangat membantu menjadikan pikiran lebih positif dan cenderung lebih semangat dalam semua kegiatan.

Cara yang dapat kalian lakukan untuk menjadikan seimbang adalah dengan mengatur setiap jadwal ini pada catatan kegiatan dan target harian tadi. Cobalah lakukan cara ini dan rasakan hasilnya untuk cara berfikir kalian dan ketenangan kalian.

Baca Juga Cara Belajar Yang Baik

9. Biasakan Bangun Pagi

cara melawan rasa malas
Pixabay.com

Cara menghilangkan malas lainnya adalah dengan berusaha bangun tidur pagi. Dengan kalian terbiasa bangun tidur pagi, tubuh kalian akan merasa lebih segar dan lebih bersemangat. Kalian juga lebih siap untuk menjalani kegiatan-kegiatan dengan lebih bertenaga dan penuh energi.

Jangan lupa juga untuk sarapan dulu sebelum memulai aktivitas. Sebab, dengan sarapan akan membantu kalian lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan atau tugas dari pagi sampai siang ketika waktu makan siang tiba.

Untuk dapat bangun pagi, kalian juga harus mengatur waktu istirahat kalian agar tidak begadang terus menerus. Sebab dengan begadang akan menjadikan kalian sulit untuk dapat bangun tidur pagi.

10. Istirahat Yang Cukup

Istirahat Yang Cukup
Ilmunik.com

Faktor kelelahan juga dapat menjadi penyebab timbulnya rasa malas. Oleh sebab itu cara menghilangkan malas kalian adalah menjaga pola istirahat yang teratur, agar tidak menimbulkan rasa kelelahan sebab terlalu padat aktivitas.

Ketika sudah terkena rasa lelah, yang ingin kalian lakukan hanyalah bersantai dan akan menumbuhkan rasa malas itu sendiri.

Oleh karena itu, untuk mengatasi rasa malas akibat kelelahan, kalian jangan memaksa tubuh kalian untuk melebihi batas. Coba istirahatkanlah tubuh kalian secukup mungkin, terutama maksimalkan waktu istirahat ketika malam hari.

Tetapi, jangan sampai waktu istirahat kalian melebihi batas. Jika ini terjadi, yang timbul bukan rasa segar setelah istirahat, tetapi rasa malas sebab terlalu lama beristirahat.

11. Berolahraga

cara mencegah rasa malas
Pixabay.com

Cara menghilangkan malas lainnya adalah dengan cara melakukan olahraga rutin di pagi hari. Sebab jika melakukan olahraga rutin di pagi hari akan memacu aliran darah kalian. Metabolisme pada tubuh juga akan bekerja secara maksimal, serta dengan berolahraga adrenaline kalian akan muncul dan menjadi semangat untuk beraktivitas. Masih banyak lagi manfaat olahraga selain dari yang saya sebutkan.

Tetapi yang kalian kerjakan bukan olahraga berat, lakukan olahraga ringan saja. Jika kalian melakukan olahraga berat, dampaknya anda akan kelelahan dan berujung kemalasan. Cukuplah dengan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki mengelilingi tempat tinggal ada atau dengan lari-lari kecil.

12. Nilai Setiap Kegiatan Kalian

Nilai Setiap Kegiatan Kalian
Ilmunik.com

Kalian juga dapat menghilangkan rasa malas dengan memberikan nilai pada setiap pekerjaan atau aktivitas yang kalian kerjakan. Coba pikirkanlah apa saja keuntungan yang kalian dapatkan jika melakukan kegiatan tersebut dan begitu juga sebaliknya.

Dengan mengingat apa saja hal yang bida didapatkan dari kegiatan tersebut menjadikan kalian lebih bersemangat ketika melakukan kegiatannya.

Baca Juga Pengertian Strategi Pembelajaran

13. Mulai Perubahan Dari Sekarang

Mulai Perubahan Dari Sekarang
Ilmunik.com

Cara menghilangkan rasa malas terakhir dengan cara action atau mengerjakan. Apapun cara yang kalian pilih untuk menghilangkan rasa malas kalian, yang terpenting adalah action dari cara tersebut dalam artian segera melaksanakannya. Menghilangkan rasa malas dalam diri kalian harus sesegera mungkin untuk dilakukan, sebab jika tidak dihilangkan secepatnya akan berdampak besar di kemudian hari.

Seperti cara yang sudah saya tulis diatas untuk tidak menunda-nunda sebuah pekerjaan, coba lakukanlah mulai sekarang.

Nah, mungkin hanya itu saja yang dapat saya bagikan kepada sobat ilmunik tentang cara menghilangkan malas yang paling ampuh. Semoga dengan cara ini dapat membantu sobat dalam menghilangkan rasanya masing-masing, serta jika ingin menambah dengan kegiatan olahraga yang rutin bisa Anda pelajari dulu di Olahraganesia.com. Cukup sekian dan salam dari penulis.