Akhir Zaman Menurut Islam Dan Amalannya [Recomended]

Akhir Zaman Menurut Islam Dan Amalannya [Recomended]

Akhir Zaman Menurut Islam - mungkin kata ini sudah tidak asing bagi kalian, akhir zaman adalah sebuah ujung dari kehidupan yang ada di alam semesta, alam yang begitu besarnya akan hancur tidak ada yang tersisa sedikitpun. Sebagai seorang mukmin kita harus mengetahui apa saja tanda-tanda akhir zaman, dan apa yang harus kita lakukan.

Menurut Islam akhir zaman tanda-tandanya ada dua yaitu kiamat sughro (kecil) dan kiamat kubro (besar). Pada artikel ini akan saya jelaskan tentang tanda-tanda dari kiamat tersebut.

Yuk baca sampai selesai dan semoga bisa menjadi pengingat bagi kita untuk senantiasa memperkuat iman dan ketaatan kita kepada Allah SWT.

Pengertian Akhir Zaman

penjelasan tentang akhir zaman
mizutex.com

Dalam agama Islam percaya dengan adanya hari akhir termasuk dalam rukun iman ke-5. Percaya bahwa setelah hari akhir akan ada hari pembangkitan juga sebagai tanda bahwa kita percaya pada Allah SWT. Pengetahuan tentang bagaimana kondisi pada akhir zaman tidak secara detail di terangkan oleh Allah SWT kepada para nabi-nabinya.

Agama Islam menerangkan bahwa akhir zaman adalah suatu kejadian di mana alam semesta akan hancur dan tidak ada manusia atau kehidupan yang tersisa. Akhir zaman juga sering disebut dengan kata kiamat.

Sebelum akhir zaman atau kiamat terjadi, dalam agama islam menerangkan bahwa ada dua tanda-tanda akan terjadinya akhir zaman yaitu kalimat sughro dan kiamat kubro.

Pada zaman Rasulullah SAW, beliau sering menyebutkan kiamat dan permasalahannya. Ada banyak sahabat yang bertanya tentang waktu dan kapan kiamat itu akan terjadi. Beliau menjawab bahwa kiamat merupakan masalah ghaib yang tidak ada makhluk manapun yang mengetahui kecuali Allah SWT.

Tanda Akhir Zaman Menurut Islam Kiamat Kecil

tanda kiamat kecil baitul maqdis
kasihpalestina.com

Tanda akhir zaman menurut islam yang pertama adalah kiamat sugro atau kiamat kecil. Kiamat kecil adalah kiamat yang terjadi sebelum terjadinya tanda kiamat besar. Untuk tanda kiamat kecil sebenarnya sudah terjadi ketika diutusnya Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi akhir zaman.

Selain tanda diutusnya Nabi Muhammad Saw, Akhir zaman menurut islam sebagai berikut:

1. Diutusnya Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW telah mengatakan bahwa diutusnya beliau sebagai rosul merupakan tanda awal terjadinya akhir zaman. Beliau merupakan nabiyussa'ah (nabi saat terjadi kiamat atau nabi akhir zaman). Dalam suatu hadist yang berbunyi:

Rasulluah SAW telah bersabda: “Aku telah diutus (sebagai nabi), aku dan hari kiamat seperti ini. Beliau menujuk pada dua jari jemarinya, lalu memanjangkannya. “(H.R al Bukhari).

2. Wafatnya Nabi Muhammad SAW

Sebagian dari tanda-tanda kiamat sughro selanjutnya adalah wafatnya Nabi Muhammad SAW, Dalam Suatu hadist yang diriwayatkan oleh Auf bin Malik r.a yang berbunyi:

Rasulullah SAW bersabda,” Aku menghitung ada enam perkara di depan hari kiamat. Diantaranya adalah kematianku”. (Shahih Al Bukhari).

Dengan kejadian wafatnya Nabi Muhammad SAW menjadikan salah satu bencana dan menjadi duka mendalam bagi kaum muslimin.

3. Penaklukan Bitul Maqdis

Salah satu tanda akhir zaman menurut Islam adalah di taklukannya baitul maqdis. Kejadian ini dijelaskan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Auf bin Malik yang berbunyi:

Rasulullah SAW telah bersabda: “aku telah menghitung enam perkara menjelang hari kiamat” beliau menyebutkan salah satunya adalah ditaklukkannya baitul maqdis(Shahih al Bukhari).

Sejarah mencatat bahwa penaklukan baitul maqdis terjadi pada masa pemerintahan khalifah Umar bi Khatab pada tahun 16 H.

4. Muncul Macam-Macam Fitnah

Fitnah dalam kiamat kecil adalah dalam artian cobaan atau ujian.

5. Muncul Nabi Palsu

Kemunculan nabi palsu adalah salah satu tanda akhir zaman menurut islam. Sesungguhnya pada saat zaman Nabi Muhammad Saw setelah wafat sudah ada beberapa orang yang mengaku sebagai nabi.

Para nabi palsu pada zaman Rasulullah adalah Musailamah al kazzab, Thulaihah bin Khuwailid al-Asadi, juga pada masa kini ada juga seperti Mirza ahmad al qadiyan, yang berasal dari India.

6. Hilangnya Amanat

Hilangnya amanat juga termasuk salah satu tanda akhir zaman menurut Islam.

Rasulluah SAW bersabda:

'Jika amanat telah disia-siakan, maka tunggulah Kiamat.’ (Abu Hurairah ra) bertanya, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana amanat itu disia-siakan?’ Beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab, ‘Jika urusan diserahkan kepada selain ahlinya, maka tunggulah Kiamat!’.” (HR. Al-Bukhari)

7. Banyaknya Pendukung Kedzaliman

Banyaknya pendukung Kedzaliman ini juga termasuk tanda akhir zaman menurut Islam. Mungkin hal ini sudah banyak terjadi dimana-mana pada saat ini.

8. Banyaknya Perzinaan

Pada masa saat ini tidak bisa disembunyikan bahwa fenomena perzinaan sudah ada dimana-mana. Fenomena ini juga termasuk tanda akhir zaman menurut Islam.

Dengan tanda ini semoga kita lebih berhati-hati dan selalu mendekatkan diri kepada Allah Swt dan memperbanyak ibadah.

9. Banyaknya Praktek Riba

Praktek riba pada masa kini sudah sangat banyak itu juga termasuk tanda akhir zaman menurut Islam. Riba adalah mengambil keuntungan dari harta yang dipinjam, hal ini juga dilarang oleh agama islam.

Praktek riba di Indonesia sendiri sudah tidak asing lagi, prakteknya juga secara terang-terangan tidak ada yang disembunyikan.

10. Banyaknya Minuman Keras Beredar

Minuman keras adalah minuman yang mengandung alkohol, Islam sendiri sudah menghukumi haram bagi minuman ini.

Tapi kita lihat fenomena yang satu ini pada zaman sekarang, sangat banyak beredar bebas dipasaran kita. Fenomena ini juga termasuk akhir zaman menurut islam.

11. Berlomba-Lomba Menghiasi Masjid

Fenomena yang satu ini mungkin juga tidak asing di mata kita saat ini. Banyak sekali masjid-masjid yang dibangun sangat indah tapi sedikit jama'ah yang ada pada masjid tersebut.

Fenomena ini juga termasuk tanda akhir zaman menurut islam.

12. Saling Meninggikan Bangunan

Pada masa kini mari kita lihat saja di setiap negara di dunia apakah bangunannya rendah-rendah atau tinggi-tinggi. Itulah tandanya mereka sedang berlomba-lomba saling meninggikan bangunan. Fenomena ini juga termasuk tanda akhir zaman menurut islam.

13. Banyaknya Pembunuhan

Pada saat ini apakah pembunuhan itu hal yang sedikit terjadi atau sebaliknya. Hal ini juga termasuk tanda akhir zaman yang diterangkan oleh agama islam.

Kasus pembunuhan di negara Indonesia saja tidak bisa dikatakan sedikit, sangat banyak sekali fenomena pembunuhan pada saat ini di Indonesia. Ada salah satu hadist yang memperkuat hal ini antara lain:

“Tidak akan datang hari Kiamat hingga banyak al-harj.” Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah al-harj itu?” Beliau menjawab, “Pembunuhan, pembunuhan.” (HR. Muslim).

Selain dari tanda-tanda diatas, banyak lagi antara lain:

  • Fenomena kemusyrikan
  • Orangtua bergaya seperti anak muda
  • Banyaknya kekikiran
  • Banyaknya peristiwa gempa bumi

Baca JugaAdab Ziarah Kubur

Tanda Akhir Zaman Menurut Islam Kiamat Besar

Tanda akhir zaman menurut Islam yang selanjutnya adalah kiamat kubro, sering juga disebut kiamat besar. Tanda kiamat ini terjadi setelah tanda kiamat sughro sudah banyak bermunculan. Masa ini lebih dekat lagi dengan hancurnya kehidupan pada alam semesta.

Tanda-tanda kiamat sughro antara lain:

1. Fenomena Asap ( Ad-Dukhon)

fenomena asap ad dukhon
hidayatullah.com

Dukhon adalah kabut tebal yang memenuhi antara langit dan bumi yang muncul sebelum kiamat. Asap ini datang untuk mengambil nafas orang-orang kafir, sehingga mereka hampir seperti tecekik, sedangkan bagi orang-orang mukmin seperri mengalami flu atau pilek.

Kabut ini berlangsung sekitar 40 hari.

Allah SWT berfirman:

Maka Tunggulah pada hari ketika langit membawa kabut yang tampak jelas yang meliputi manusia. Inilah adzab yang pedih.” (QS. Ad-Dukhan: 10-11).

Baca JugaSejarah Islam di Indonesia

2. Kemunculan Ya'juj Dan Ma'juj

kemnuculan ya'juj dan ma'juj
nulis.babe.news

Ya'juj dan Ma'juj merupakan dua suku yang kabilah dari keturunan Yafits bin Nuh akan muncul pada akhir zaman. Mereka dikisahkan mempunyai kekuatan sebagai perusak dan penghancur kehidupan di muka bumi, mereka juga akan berperang melawan nabi Isa As beserta pasukannya di bukit Thursina.

Saking banyaknya suku Ya'juj dan Ma'juj samapai mereka memakan  makanan dan tanaman apa saja yang dijumpainya. Suku ini juga meminum danau Thabariyah sampai sekan-akan tidak pernah ada airnya.

Allah SWT berfirman:

Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya’juj dan Ma’juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Mereka berkata, ‘Hai Dzulkarnain, sesungguhnya Ya’juj dan Ma’juj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka?’.” (QS. Al-Kahfi: 94).

3. Munculnya Dabbah

akhir zaman munculnya hewan dabbah al ard
suchiofficial.com

Binatang dabbah adalah binatang yang muncul dari dalam bumi yang dapat berbicara  dengan manusia dengan menggunakan bahasa yang fasih. Dabbah ini mengabarkan kepada mereka bahwa manusia dahulu tidak beriman kepada ayat-ayat Allah Swt.

Dabbah ini akan muncul ketika manusia telah mengalami kebobrokan, mereka meninggalkan perintah-perintah Allah SWt, dan mengganti agama yang benar. Dabbah lalu berbicara kepada mereka, “Sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat kami.”

Binatang ini keluar dengan membawa tongkat Nabi Musa As dan cincin Nabi Sulaiman As. Hidung para orang-orang kafir diberi cap dengan cincin. Dan Bagi orang mukmin wajahnya menjadi terang berkat tongkat tersebut, sehingga menjadi mudah dikenali antara orang mukmi dan orang kafir.

4. Terbitnya Matahari Dari Barat

tanda akhir zaman terbitnya matahari dari barat
lifestyle.okezone.com

Fenomena terbitnya matahri dari arah barat menjadi pertanda sebagai akhir zaman.

Allah SWT berfirman:

“Pada hari datangnya sebagian tanda- tanda Tuhanmu tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang bagi dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau ia belum mengusahakan kebaikan dalam masa imannya”. (Qs. Al An’am : 158).

Hadist-hadist menunjukan, yang dimaksud dengan tanda -tanda dalam ayat tersebut adalah terbitnya matahari dari arah barat.

5. Turunnya Nabi Isa As bin Maryam

diutusnya nabi Isa turun ke bumi
boombastis.com

Turunnya Nabi Isa As adalah termasuk salah satu tanda kiamat besar yang dijelaskan dalam Al-Qur'an.

Allah Swt Berfirman:

Tidak ada seorang pun di antara ahli kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari kiamat dia (Isa) akan menjadi saksi mereka.” (QS. An-Nisa: 159).

nabi Isa As turun ke bumi bertugas untuk membunuh dajjal yang sudah membuat kekacauan di dalam bumi.

6. Munculnya Dajjal

kemunculan dajjal
google.com

Makhluk ini di namai al-A’war ad-Dajjal karena dia buta sebelah matanya yang kanan. Fitnah yang disebarkan di muka bumi merupakan fitnah yang sangat besar menimpa orang-orang di akhir zaman.

Dajjal tidak hanya mengaku sebagai nabi, bahkan dia juga mengaku sebagai tuhan. Pada tanda yang satu ini sangat banyak yang dilakukan dajjal di muka bumi. Singkat cerita dajjal pada akhir hayatnya akan dibunuh oleh Nabi musa dan Imam Mahdi.

7. Munculnya Imam Mahdi

kemunculan imam Mahdi
islamidia.com

Pada nanti di akhir zaman akan muncul seorang laki-laki dari golongan ahlu bait (keturunan Rasulluah SAW). Allah Swt pada saat itu sangat mengokohkan agama Islam dengan munculnya Imam Mahdi.

Pada waktu itu bumi dipenuhi dengan keadilan sebagaimana jika sebelum dipenuhi dengan kezaliman. Saat itu umat muslim akan merasakan kenikmatan yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

Pada saat itu bumi akan mengeluarkan tumbuh-tumbuhan, langit akan menurunkan hujan, dan membersihkan penghasilan yang melimpah.

Seorang laki-laki yang bernama seperti nama Rasulullah SAW, dan nama ayahnya seperti nama ayahnya Rasulullah SAW. Beliau berasal dari keturunan binti Rasulullah dari anak cucu Hasan bin Ali r.a.

Ibnu Katsir mengatakan tentang al Mahdi, “Dia bernama Muhammad Ibn Abdullah al Alawi al –Fathimi al- Hasani r.a.”

8. Keluarnya Api Dari Bumi Yaman

keluarnya api dari negeri yaman
deals.weku.io

Api disini adalah api yang keluar dari tanah 'Adn, berupa api besar yang menakutkan. Tidak ada hal apapun yang dapat memadamkan api ini. Api ini akan menggiring manusia ke padang Mahsyar.

Dalam salah satu hadist yang berbunyi:

Kiamat tidak akan terjadi sampai keluar api di tanah Hijaz, yang akan menerangi leher unta daerah Bushra. (HR. Bukhari 7118 & Muslim 2902).

Sikap Terhadap Akhir Zaman

amalan untuk menghadapi akhir zaman
indonesiakuislam.blogspot.com

Apakah kalian sudah tau sikap apa sajakah yang harus kita lakukan pada masa akhir zaman?banyak amalan yang bisa kita lakukan pada masa akhir zaman, sebagai berikut:

1. Mencari Ilmu

Pada akhir zaman ada fitnah yang begitu dahsyatnya, maka seorang mukmin tidak akan mampu menghadapinya kecuali dengan kekuatan ilmu dan persiapan matang menghadapinya. Contohnya kisah pemuda yang selamat dari fitnah Dajjal tatkala ingin membinasakannya adalah contoh suri tauladan bagi kita bahwa ilmu tentang sunnah lah yang menyelamatkannya.

Baca JugaAdab Mencari Ilmu

2. Memperbanyak Do'a

Pada dasarnya doa adalah senjata yang manjur dalam menghadapi fitnah maupun ketika difitnah. Sebagai seorang hamba lebih baiknya kita untuk senantiasa bermohon kepada Allah Swt agar dijaga dari fitnah. Kita hanyalah sebagai orang biasa, Rasulullah sendiri –yang senantiasa diperkuat dengan wahyu-tetap berdoa agar dijauhkan diri dari fitnah.

3. Memperkuat Iman Dan Tauhid

Jika iman dan tauhid seseorang kuat pastilah dia senantiasa bertaqwa kepada Allah SWt. Pada hari akhir iman seseorang yang kuatlah yang akan mampu menghadapi bujukan dajjal dan bala pasukanya.

Jadi mulailah perkuat iman kita mulai sekarang, agar kita selamat dari macam-macam fitnah.

4. Melaksanakan Misi Dakwah Para Nabi

Misi dakwah Rasulullah yang harus di teruskan oleh para dai adalah apa yang telah dijelaskan oleh Allah SWt sebelum diciptakannya Nabi Muhammad dan kedua orang tua beliau, dalam doa Nabi Ibrahim tatkala membangun Ka’bah.

Allah SWT berfirman:

Wahai Rabb kami, utuslah ditengah-tengah mereka seorang Rasul dari mereka yang membacakan atas mereka ayat-ayatmu dan mengajarkan mereka alkitab dan hikmah serta mensucikan mereka, sesungguhnya Engkau adalah Zat yang Maha perkasa dan Bijaksana.QS: Albaqarah:129.

5. Menjalankan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar

Dalam hal ini yang dimaksud amar ma'ruf nahi mungkar adalah mengerjakan segala perintah Allah Swt dan menjauhi segala larangan dari Allah Swt.

6. Istiqomah Dengan Sunnah

Sebagai sikap untuk menghadapi fitnah akhir zaman, sebaiknya kita berusaha istiqomah dalam hal kebaikan. Kita juga harus meningkatkan kualitas iman kita.

7. Beramal Sholeh

Sikap yang dapat menyelamatkan seorang muslim dari fitnah adalah memperbanyak amal soleh.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

Bersegeralah beramal sebelum munculnya fitnah yang datang bagaikan potongan-potongan malam yang gelap, seseorang dipagi harinya beriman dan di sorenya telah menjadi kafir, atau sorenya masih beriman dan pagi harinya telah menjadi kafir, menjual agamanya dengan gemerlap dunia. HR.Muslim.

8. Uzlah Menjauhi Diri Dari Fitnah

Pada saat kondisi fitnah akhir zaman yang memakan korban dan menumpahkan darah. Hendaklah seseorang menjauhi fitnah, sebagaimana yang dilakukan oleh sebagian sahabat seperti Ibnu Umar dan lain-lainnya.

9. Kembali Pada Ulama

Para Ulama adalah lentera-lentera tatkala manusia dalam kegelapan kejahilan dan syubuhat. Siapa saja yang mengambil pelita ini niscaya akan dapat menerangi dirinya dalam menempuh perjalanan menuju negeri akhirat.

Sebaliknya, jika kita menjauh maka bagikan si buta yang berjalan terseok-seok dalam kegelapan malam tanpa pemandu, di jalan yang terjal dan berbatu, di kiri dan kanan ada jurang yang dalam siap menunggu. Sedangkan jalan penuh dengan para penyamun dan binatang buas yang siap menerkam dan merobek-robek dirinya.

10. Tenang Menghadapi Fitnah

Terkadang fitnah yang datang terkadang bagaikan gelombang Tsunami yang menggulung, memporak-porandakan manusia, membuat mereka lari terbirit-birit dalam kebingungan dan kalang kabut, tidak tau apa yang harus di lakukan.

Umumnya hal ini disebabkan kekalutan mereka tewas terinjak-injak, ketabrak kendaraan. Pada niat hati inggin selmat, ternyata malah menjemput ajalnya disebabkan kalap. Pada orang yang bijak akan senantiasa berfikir jenih dan tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan tatkala fitnah melanda.

11. Yakin Dengan Pertolongan Allah Swt

Semua ujian datanya dari Allah Swt, pastilah Allah tidak akan menuju umatnya melebihi kemampuannya. Allah menguji kita tidak lain tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa kuat iman yang ada pada diri kita.

Sebagai umatnya kita wajib percaya dengan pertolongan dari Allah SWT.

Memperbanyak Membaca Surat Al-Kahfi

Sura al-kahfi diyakini bisa memberi pertolongan ketika terjadi fitnah dajjal. Ketika kita sedang berhadapan dengan dajjal kita disarankan membaca 5 ayat pertama dari surat al-kahfi.

Kesimpulan

Sebagai umat Islam kita sebaiknya harus mempercayai dengan adanya hari akhir dan juga kita harus berusaha dengan semampu kita untuk semakin menambah kualitas ibadah. Kita juga tahu bahwa tanda kiamat kecil pada masa kini sudah banyak yang terjadi, menandakan akan disusul dengan tanda kiamat besar (kubro).

Mari kita dari sekarang lebih meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kita agar selamat dari fitnah huru-hara akhir zaman, dan semoga kita kelak dapat berkumpul dengan baginda Rasulullah SAW di surga.