PLTS Karangasem 1 MW – Bali

plts-karangasem-1mw-bali

PLTS Karangasem terletak di Desa Kubu, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Pembangkit Photovoltaic ini berkapasitas 1 MW peak. PLTS Karangasem adalah salah satu dari 3 (tiga) Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang dibangun oleh ESDM pada tahun 2012 dan dapat dijadikan percontohan oleh daerah lainnya.

Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Karangasem & Bangli ini merupakan pembangkit listrik dengan kapasitas terbesar saat ini yaitu 1 MWp. Dan termasuk dalam katagori 3 proyek pembangkit listrik tenaga matahari di Indonesia yang terbesar sekarang ini. Menteri ESDM merencanakan tahun depan akan kembali membangun pembangkit listrik tenaga matahari yang lebih besar dari yang sudah ada saat ini.

Luas Tanah

Luas tanah yang digunakan untuk pemasangan panel surya yang baru diresmikan tersebut adalah 1,2 Hektar dan menghasilkan 1 MW. Masing-masing PLTS 1 MWp terinterkoneksi dengan jaringan PLN tersebut akan menghasilkan listrik sebesar 2.880.080 KWh dengan masa operasi 20 tahun, sebagai upaya untuk menurunkan emisi CO2 sebesar 2.566 ton CO2.

Lokasi PLTS Karangasem

PLTS Karangasem terletak di Desa Kubu, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali

Koordinat : -8.255040, 115.564647
Google Maps : https://goo.gl/maps/h297xXH5mPP2

Sakana Food Depok www.sakana.id

5 thoughts on “PLTS Karangasem 1 MW – Bali

  1. muzammil ashfa says:

    terima kasih infonya.

    sekedar penasaran aja. kalau dilihat dari gambar/foto yang dipasang pada artikel ini, kelihatannya “Panel Surya” nya dipasang langsung diatas tanah/lahan. Apakah tidak dimungkinkan untuk memasang “Surya Panel” tersebut diatas suatu Bangunan/Properti??? Sehingga bisa lebih menghematkan penggunaan Lahan.

    mohon penjelasannya.

    Terima kasih ^^

  2. Furqon says:

    Berdasarkan KepMen ESDM No. 19 2016, disebutkan bahwa pihak swasta dapat menawarkan diri kepada PLN untuk memenuhi kebutuhan listrik tenaga surya pada daerah-daerah yang sudah ditentukan, melalui On Line dan tanpa proses tender. Mohon informasi alamat email yang bisa diakses untuk mengetahui daerah mana saja dan berapa kebutuhannya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *