PLTS Cirata 1MW – Jawa Barat

plts cirata jawa barat

PLTS Riset Cirata 1 MW PT Pembangkitan Jawa – Bali (PJB) didesain khusus untuk keperluan riset terkait pengayaan pengetahuan dan pengalaman untuk pengaplikasian PLTS skala besar di Indonesia.

PLTS Cirata dibangun di kawasan PLTA Cirata melengkapi fasilitas Cirata Green Energy Campus (C-Gen Campus) yang merupakan pusat studi pembangkit energi baru terbarukan PJB. PLTS Cirata diharapkan bisa dijadikan tempat studi bagi pengembangan PLTS skala besar di Indonesia. “Harga listrik PLTS makin kompetitif dan ke depan mampu bersaing dengan PLTU. Sinar matahari berlimpah di negeri ini, tapi belum dimanfaatkan dengan optimal. Mari kita jadikan PLTS Cirata ini sebagai tempat belajar dan bersinergi mengembangkan PLTS skala besar di Indonesia,” kata Muljo Adji.

Spesifikasi PLTS Cirata

PLTS Cirata memiliki beberapa karakteristik unik yang berbeda dengan PLTS lain. Pembangkit ini memiliki kapasitas terbesar di Jawa. Teknologi pembangkit memakai Thin Film CIS dengan efisiensi tertinggi yang masih langka di Indonesia. Dua jenis inverter dan dua jalur output dipasang pada PLTS itu. Sentral inverter dan string inverter dipasang berdampingan dan dibandingkan karakteristik teknik serta operasionalnya sebagai bahan rekomendasi inverter mana yang paling sesuai di Indonesia.

Sementara itu energi listrik yang dihasilkan bisa dialirkan melalui dua jalur output. Satu jalur output mengarah ke jaringan PLTA Cirata untuk kemudian diteruskan ke jaringan 500 kV. Jalur lainnya ke jaringan tegangan menengah PLN yang bersifat lokal. Kedua output itu untuk mengamati karakteristik PLTS pada jaringan yang berbeda.

Keberadaan PLTS Cirata sejalan dengan komitmen PJB dalam mengembangkan pembangkit energi terbarukan. Belum lama ini PJB bekerja sama dengan Belanda dan beberapa Pemda mengembangkan pembangkit biomassa rumput laut. Selain itu perusahaan ini juga tengah menjajagi pengembangan pembangkit listrik tenaga gelombang laut. Proses pembangunan PLTS ini memakan waktu 10 bulan membutuhkan investasi sebesar Rp 28 Miliar.

Kapasitas PLTS Cirata

1 MW dengan memakai Thin Film panel

Lokasi / Alamat PLTS Cirata

Dibangun di atas lahan seluas 1,5 Ha di dalam kawasan PLTA Cirata.

Alamat PLTS Cirata :
Jl. PLTA Saguling, Cadassari, Tegal Waru, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 41165

Koordinat : -6.6737226, 107.3540341
Google Maps : https://goo.gl/maps/Xw9zw1x36hy

Perkembangan PLTS Cirata

  • PLTS Cirata 1 MW Resmi Beroperasi - PT PLN (persero) meresmikan pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terbesar di pulau Jawa dengan kapasitas 1 Megawatt (MW). Pembangkit itu terletak di Desa Cadas ...
Sakana Food Depok www.sakana.id

2 thoughts on “PLTS Cirata 1MW – Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *