PLTB Nusa Penida – Bali

pltb nusa penida

PLTB di Nusa Penida sudah mulai di bangun sejak bulan Desember 2005, satu unit. kemudian bertambah satu unit lagi pada tahun 2006. Dimana masing-masing berkapasitas 1 x 80KW di Nusa Penida. Dilanjutkan pembangunan tujuh unit Kincir Angin PLTB , plus satu unit PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) pada tahun 2007. Dengan begitu , jumlah PLTB yang terpasang saat ini di Nusa Penida adalah sebanyak sembilan unit dengan kapasitas 735 KW di tambah dengan satu unit Pembangkit Listrik tenaga Surya (PLTS) 30KW.

Proyek ini sejatinya dijadikan model unggulan sebagai salah satu bentuk pengembangan pembangunan pulau terluar dan kemandirian dibidang energi. Bayangkan tiga unit kincir angin ini menghabiskan dana 3,5 miliar rupiah, sedangkan jumlah seluruh kincir ada 9 unit, maka dapat dihitung secara rata-rata proyek ini menghabiskan dana 10,5 miliar rupiah. Listrik yang bertenaga bayu ini merupakan hasil tindak lanjut konferensi ICCC (International Climate Change Conference) PBB di Nusa Dua, tahun 2007 tentang perubahan iklim global. Nusa Penida rencananya dijadikan percontohan pulau dengan energi yang terbarukan sehingga “Go Green Go Clean” bisa terwujud. Pembangunan ini juga digadang-gadang menjadi destinasi desa wisata energi.

Lima turbin angin WES80 sudah dipasang di pulau Nusa Penida. Jaringan listrik di pulau ini didukung oleh serangkaian generator diesel dengan beban puncak 1,2 MW. PLTB Nusa Penida dipasang secara hybrid di jaringan listrik diesel untuk mengurangi konsumsi bahan bakar diesel.

Kecepatan angin rata-rata di pulau ini kurang dari 5 m/s, sehingga WES menyesuaikan dengan memakai turbin dengan kecepatan angin yang rendah, yaitu 3,0 m/s. Masing-masing turbin WES80 menghasilkan daya listrik rata-rata 135.000 kWh per tahun, khusus dari turbin WES80 saja. Setiap turbin dapat mengurangi konsumsi bahan bakar diesel pulau sekitar 43.000 liter per tahun.

Menara dan turbin dipasang tanpa menggunakan crane. Menara besi ini merupakan buatan lokal Indonesia.

PLTB Nusa Penida

Lokasi: Pulau Nusa Penida, Bali, Indonesia
Tahun pemasangan: 2005 – 2007
Jumlah turbin: 9
Jenis koneksi jaringan: Hybrid
Jenis turbin: WES80 dan merk lainnya
Jenis Tower: Lattice
Panjang Tower: sekitar 30 m

Halaman PLTB Nusa Penida ini masih perlu di-update. Silakan kirim pesan ke :
listrik email

Sakana Food Depok www.sakana.id

One thought on “PLTB Nusa Penida – Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *