Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia

pjci prakarsa jaringan cerdas indonesia

PRAKARSA JARINGAN CERDAS INDONESIA (PJCI) adalah suatu perkumpulan berbentuk badan hukum yang telah mendapat ijin prinsip penggunaan nama tersebut melaiui Keputusan Menteri KUMHAM tanggal 06 Juli 2015 No: 2015070601232323232502. Jaringan cerdas adalah suatu jaringan kelistrikan yang mengkolaborasikan teknologi digital dan teknologi mutakhir lainnya dalam rangka mengawasi serta mengelola distribusi listrik dan segala sumber agar dapat memenuhi semua jenis kebutuhan listrik para pengguna. Untuk negara kita, keberadaan jaringan cerdas sudah terasa dibutuhkan namun realisasinya masih jauh dari kenyataan. Meskipun jaringan cerdas bertumpu pada jaringan ketenagalistrikan yang dewasa ini secara mayoritas merupakan aset dan tanggung jawab PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), namun suatu jaringan cerdas yang menggabungkan kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi dengan jaringan ketenagalistrikan akan melibatkan pihak-pihak berkepentingan yang lebih luas antara lain pemerintah sebagai regulator maupun sebagai pengguna, kalangan industri dan juga pengusaha maupun masyarakat yang membutuhkan pelayanan lebih baik dari PLN ataupun pemerintah.

Berangkat dari kepedulian banyak pihak atas kemajuan penerapan jaringan cerdas di negara maju maupun negara-negara tetangga kita maka para cendekiawan dari berbagai perguruan tinggi bersama dengan praktisi ketenagalistrikan berinisiatif untuk mendirikan suatu perkumpulan yang diberi nama “PRAKARSA JARINGAN CERDAS INDONESIA” yang bertujuan untuk menyiapkan pranata teknologi, reguiasi, pendidikan dan kewirausahaan serta menyusun peta jalan dalam mewujudkan jaringan cerdas, yang merupakan prasarana bagi terwujudnya Indonesia Cerdas.

Perkumpulan Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia adalah suatu lembaga swadaya masyarakat yang bersifat independen, profesional, transparan dan mengutamakan kepentingan bangsa Indonesia diatas kepentingan sektor, perusahaan atau individu tertentu serta tidak berafiliasi pada partai politik manapun.

logo-pjci

Visi dan Misi

Visi Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia

“Menjadi acuan yang terpercaya dalam upaya mensinergikan teknologi maju di bidang Energi dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang bertujuan untuk membangun Indonesia Cerdas”

Info Terkait :   Kuartal-III 2015, Penjualan Listrik Tumbuh 1,93%

Misi Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia

  • Memprakarsai penyiapan pranata teknologi, regulasi, pendidikan dan kewirausahaan yang dibutuhkan untuk melahirkan Jaringan Cerdas Indonesia.
  • Menghimpun kerjasama di antara para cendekia, praktisi, pejabat agar dapat melahirkan konsep Jaringan Cerdas Indonesia yang dapat mewujudkan kecerdasan dan kemakmuran bangsa.
  • Memastikan bahwa konsep Jaringan Cerdas Indonesia mampu menjadi landasan bagi penggunaan teknologi maju tanpa menciptakan ketergantungan terhadap negara/ bangsa lain
  • Memastikan bahwa konsep Jaringan Cerdas Indonesia berkesesuaian dengan cita-cita membangun Kehidupan Cerdas, Kota Cerdas menuju Indonesia Cerdas,
  • Memprakarsai upaya sosialisasi konsep Jaringan Cerdas Indonesia agar dapat memperoleh dukungan masyarakat, yang pada giltrannya akan berdampak akselerasi dalam penerapan konsep tersebut.

Kegiatan Perkumpulan

  • Menyelenggarakan forum diskusi khusus baik melalui seminar maupun webinar.
  • Mensosialisasikan kertas kerja basil seminar maupun penelitian yang terkait dengan program Jaringan Cerdas Indonesia.
  • Menyampaikan hasil telaahan maupun usulan kepada pemerintah untuk mempercepat penerapan jaringan cerdas.
  • Menyusun peta jalan penerapan jaringan cerdas.
  • Menelaah dan mengusulkan business model yang dianggap mampu memberikan stimulan berkesinambungan bagi investasi di bidang ini.
  • Menyampaikan usuian penyesuaian regulasi dan peraturan-peraturan baru yang dibutuhkan untuk menjamin hak-hak konsumen, kepastian bukum bagi investor, pencegahan praktek usaha tidak sehat seperti kartel dan monopoli.
  • Mendukung kegiatan-kegiatan pemerintah yang mendorong penerapan Jaringan Cerdas Indonesia.

Struktur Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia

1. PENDIRI

Terdiri dari para pemrakarsa dan mereka yang telah menyatakan kesediaannya secara tertulis untuk mendirikan perkumpulan JCI

2. DEWAN PEMBINA

Terdiri dari mereka yang dipilih sebagai pengawal visi dan misi perkumpulan dalam perjalanan waktu untuk mencapai tujuan

Info Terkait :   2016, PLN Kucurkan Investasi Rp 70-80 T

3. DEWAN PAKAR

Terdiri dari mereka yang memiliki keahlian dan dapat memberikan saran yang dibutuhkan oleh pengurus

4. DEWAN PENGAWAS

Terdiri dari mereka yang ditugaskan untuk mengawasi tercapainya sasaran-sasaran perkumpulan dengan senantiasa mengedepankan faktor keterbukaan/ transparansi, tata kelola perkumpulan yang baik dan pertanggung jawaban pengurus

5. DEWAN PENGURUS

Terdiri dari mereka yang dipilih untuk menjalankan program perkumpulan sesuai visi dan misi serta arahan dari dewan pengawas/dewan pakar *

Dewan Pakar, Dewan Pengawas dan Dewan Pengurus dipilih secara berkaia untuk masa 5 (lima) tahun. Perkumpulan wajib menyelenggarakan Rapat Anggota Lengkap setiap tahun dan Rapat Anggota Terbatas sekurangnya setiap 6 (enam) bulan.

Rapat Anggota Luar Biasa dipimpin Ketua Dewan Pembina diselenggarakan setiap 5 (lima) tahun atau kurang dari 5 (lima) tahun bila dianggap perlu dengan agenda utama pemilihan Dewan Pakar, Dewan Pengawas dan Dewan Pengurus.

Keanggotaan

Umum

1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki kelnginan untuk membangun bangsa dan negara Indonesia,

2. Para akademisi khususnya yang berkecimpung di bidang kelistrikan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) maupun bidang terkait lainnya seperti keuangan, hukum, wirausaha, energi terbarukan dan pendidikan.

3. Para praktisi usaha di bidang kelistrikan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta ahli di bidang investasi ketenagalistrikan.

Khusus

4. Warga Negara Asing yang dianggap mampu memberikan kontribusi, pengetahuan dan jaringan untuk kemajuan perkumpulan,

5. Anggota Khusus diusulkan oleh Pengurus dan harus disetujui oleh Dewan Pembina.

Kontak PJCI

Office : Plaza Asia Lantai 21

Jl. Jendral Sudirman Kav. 59

Jakarta Selatan 12190

Phone : +6221 – 51401546

Email : organisasipjci@gmail.com

Website : www.smartgridindonesia.com

6 thoughts on “Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia

  1. Saya tertarik dengan adanya visi & misi pada PRAKARSA JARINGAN CERDAS INDONESIA (PJCI) adalah suatu perkumpulan berbentuk badan hukum yang telah mendapat ijin prinsip penggunaan nama tersebut melaiui Keputusan Menteri KUMHAM tanggal 06 Juli 2015 No: 2015070601232323232502.

    Saya mengucapkan selamat & sukses dengan sesuai rencana dan pada akhirnya masyarakat Indonesia menjadi suatu masyarakatnya yang berteknologi & berpengetahuan yang mutakhir dalam hal ini. Terimakasih.

      1. Dahnil Zainuddin says:

        Melihat informasi visi misi diatas saya tertarik untuk ikut, bagaimana caranya?
        Dengan kondisi kita yang masih bermasalah dengan energi listrik, perlu mencari solusi bersama untuk perlistrikan.
        Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *