Kalkulator Hitung kWh Listrik Prabayar

kalkulator kWh Listrik Prabayar

Kalkulator ini adalah untuk menghitung jumlah kWh yang didapatkan pada listrik pintar prabayar. Jika ada membeli voucher listrik 100.000, berapa kWh listrik prabayar yang didapat? silakan dicoba

Khusus untuk PPJ, setiap wilayah memiliki besaran pajak yang berbeda. Contoh DKI Jakarta 3%, sedangkan Makassar 10%. Info besaran PPJ silakan dicek di bawah kalkulator

[CP_CALCULATED_FIELDS id=”1″]

Berapakah kWh listrik prabayar yang didapatkan di daerah Anda? Tuliskan di kolom komentar

  • Kota Anda, Golongan tarif/daya, Nominal token, dan Jumlah kWh yang didapatkan
  • Foto struk/bukti pembelian voucher listrik (jika ada)
  • PPJ di Kota Anda (jika ada)

Komponen Hitungan kWh Listrik

Ada 5 faktor yang mempengaruhi biaya pelanggan listrik prabayar

  1. Biaya PPJ (Pajak Penerangan Jalan).
  2. Biaya admin bank
  3. Biaya Materai
  4. Biaya PPN (Pajak Pertambahan Nilai)
  5. Tarif Tenaga Listrik

1. PPJ (Pajak Penerangan Jalan) Golongan R-1

Jika PPJ kota Anda belum tercantum, silakan google : Pajak PPJ <nama kota>
Kemudian unduh perda pajak dalam bentuk PDF dan cari PPJ rumah tangga. Sebutkan Kota dan PPJ dalam kolom komentar.

PPJ 3%
(DKI Jakarta, Bogor, Depok, Kab. Serang)

PPJ 5%
(Denpasar, Manokwari, Palembang, Sukabumi)

PPJ 6%
(Bandung, Pekanbaru, Indramayu)

PPJ 7%
(Medan 7,5%)

PPJ 8%
(Surabaya, Semarang, Banjarmasin, Tanjungselor, Lampung, Yogyakarta)

PPJ 9%
(Banda aceh, Pontianak, Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga, Karanganyar)

PPJ 10%
(Gorontalo, Makassar, Mamuju, Palu, Morowali, Palangkaraya, Samarinda, Ambon, Mataram, Kupang, Padang, Kendari, Manado, Bengkulu, Blitar, Kediri, Jember, Probolinggo, Situbondo)

2. Biaya Admin Bank

Sejak Oktober 2015, Biaya admin bank tidak dimasukkan lagi ke dalam nominal voucher listrik. Jika anda membeli voucher listrik 100 ribu melalui bank BCA, maka anda membayar 103.000. Biaya admin bank berbeda setiap bank / instansi pembayaran.

3. Biaya Materai

  • Tidak semua transaksi pembelian pulsa listrik dikenakan bea materai.
  • Bea materai dikenakan untuk transaksi pembelian pulsa listrik lebih dari Rp 250.000. Jadi bila pembelian pulsa listrik di bawah Rp 250.000 tidak kena bea materai.
  • Pembelian pulsa listrik Rp 250.000-Rp 1.000.000 akan dikenakan bea materai Rp 3.000 per transaksi pembelian.
  • Pembelian pulsa listrik Rp 1.000.000 ke atas akan dikenakan bea materai Rp 6.000 per transaksi pembelian.

Apa dasarnya pengenaan materai tersebut?
Besaran bea materai tersebut berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1985 tentang Bea Materai dan PP Nomor 24 Tahun 2000 tentang Perubahan Tarif Bea Materai dan Besarannya Batas Pengenaan Harga Nominal Yang Dikenakan bea Materai.

Bea materai ini merupakan salah satu Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang masuk ke kas penerimaan negara di Kementerian Keuangan.

4. Biaya PPN (Pajak Pertambahan Nilai)

PPN 10% hanya berlaku bagi rumah tangga R2 dengan listrik daya 3500 va ke atas. Golongan R1 450VA, 900VA, 1300VA, 2200VA tidak dikenakan PPN.

5. Tarif Tenaga Listrik

Tarif Tenaga Listrik dikenal dengan istilah Tarif Dasar Listrik atau Tarif Listrik. PLN Memilik tarif pelanggan subsidi dan non subsidi. Simak tabel tarif tenaga listrik.

akan diupdate

Perkembangan Tarif Dasar Listrik PLN :

Sakana Food Depok www.sakana.id

134 thoughts on “Kalkulator Hitung kWh Listrik Prabayar

  1. Iwan Bakaran says:

    Hadoh, beli token listrik pln berkurang sejak maret 2017. apa ini akan terus berkurang ya?

    sampai kapan rezim jokowi ini akan memeras rakyat kecil…

      1. balifta says:

        Saya bukan orang miskin
        Hanya saja pengeluaran saya bertambah tiap tahun. Tapi gaji tidak afa kenaikan. Mau keluar dr tempat kerja sekarang, blm ada kesempatan. Malah sekarang ada perusahaan yah menciutkan karyawannya. Mulai susah di Bali

        1. AGUSTINUS HERRY SUSILO says:

          Kalau mau jadi presiden janjinya semanis madu, kalo sudah jadi… rakyat tak dipedulikan, yg penting merasa jadi orang berkuasa tanpa tanding… aparat negara sudah bisa dikuasai … lihat saja senyumnya… menyakitkan… SENYUM PENUH DUSTA…. HANYA TUNDUK SAMA KOLONGMELARATSIPIT

          1. andra says:

            BENER MAS, BENTAR LAGI KAN PIL PRES SEMOGA ADA CALON PRESIDEN YANG MAU MEMPERHATIKAN RAKYAT, KIRA2 ADA NGGAK YA PROGRM CALON PRESIDEN YNG AKAN DATANG…? SAYA BERHARAP CALON PRESIDEN YG AKAN DATANG MEMPUNYAI PROGRAM FISI DAN MISI SEBAGAI BERIKUT:
            1.HARGA PANGAN DAN SEMBAKO MURAH
            2. MEMENTINGKAN KEPENTINGAN BERSAMA DIANTARANYA MASALAH BBM(MASIH DAPAT SUBSIDI /MURAH)
            3.MENGEMBALIKAN SUBSIDI LISTRIK UNTUK GOLONGAN RUMAHTANGGA(MENURUNKAN TARIF DASAR LISTRIK)
            4.MENURUNKAN HARGA GAS (LPG) UNTUK KEPRLUAN RUMAHTANGGA.

            SEANDAINYA SAJA PILPRES YNG KAN DATANG ADA CLON PRESIDEN YG MEMPUNYAI FISI DAN MISI YNG TERTULIS SEPERTI D ATAS SAYA SERATUS PERSEN AKAN MEMILIH PRESIDEN TERSEBUT ASALKAN FISI DAN MISINYA BENAR2 DILAKSANAKAN.

    1. Doktor Agama says:

      YA ALLAH…DENGARLAH JERITAN RAKYAT INI YA ALLAH… TUNJUKKAN KEKUASAAN DAN KEBESARANMU SEGERA YA ALLAH… KAMI BANGSA INDONESIA ADALAH BANGSA YG DIDZOLIMI OLEH PEMERINTAHNYA SENDIRI… TOLONGLAH KAMI YA ALLAH…WAHAI TUHAN PENGUASA ALAM. AAMIIN

  2. doni says:

    naikin aja terussssss pak presiden…..agar rakyatnya smakin boseeennnn……..dgn keadaan negara ini,…
    klas 900va s/d klas 1300va adalah golongan orang produktif,.ingat itu dong pak presidennnn

  3. hendye says:

    hedeuh…..
    jelas daya 900-1300 tu orang susah. peralatan yg ada paling kulkas, kipas angin, mesin air, tv. pemasak nasi. itu kan sdh lumrah jaman sekarang.
    sedangkan tarif di samakan dengan yg daya 2200 ke atas.

    jelas daya 2200 ke atas tu orang menengah. duitnya sdh cukup. tidurnya sdh pake ac.

    daya 900-1300 jelas orang miskin, tarifnya kok di samakan dengan orang kaya yg daya 6600.
    aneh negara ini.

    bunuh aja sekalian orang miskin kaya kami ni….

  4. rapidi says:

    Tetangga saya pasang 2 kilometer listrik dalam satu rumah ,pertama pasang 1300 VA karena biaya pemakaian besar pasang lagi 900 VA, kok bisa, mohon aturannya seperti apa ya ?

  5. Jody says:

    Berarti mending beli token listrik kelipatan yg dibawah 250rb ya, jangan langsung beli yang 500rb? (200rb+200rb+100rb) jatuhnya dapat kwh lebih banyak dibanding beli langsung 500rb?

  6. flash says:

    Semoga para pemimpin kita terbuka hatinya dan lebih peka dengan kondisi rakyatnya,sehingga kebijakan yang diambil tidak selalu memberatkan rakyat kecil

  7. arumaini says:

    kenaikan tdl merupakan buah neokapitalisme. mari sejahtera di bawah naungan khilafah. PLN pasti biasanya no comment dgn kalimat yg benar

    1. Pusing says:

      Listrik 140 rb skrng jd 437 rb idean. …trs peras trs rakyat kecil.foto sm video,a aja hidup sederhana,yg atas korupsi trs lancar jaya,mantap pemimpin kita,dedikasinya tinggi sekali,pinter ngomong took lg

  8. muthmainnah says:

    jika ini adalah survei, jelas suara rakyat menolak kenaikan tdl. katanya demokrasi melaksanakan suara mayoritas. ternyata demokrasi hanya ilusi… demokrasi hanya milik penguasa dan korporasi, bukan rakyat banyak. kembalilah ke sistem islam, yg menyerahkan hajat org banyak kpd khilafah, bukan swastanisasi

    1. andra says:

      BETUL MAS…MAS KALO DIDAKAN SURVEI MASALAH TDL LISTIK MAYORITAS RAKYAT INDONESIA AKAN MENOLAK, DN TIDAK SETUJU ATAS KENAIKAN TDL LISTRIK, DISINI JELEKNYA KAYAK GITU, DIMANA PERAN DPR, DIMANA PERAN PERS INDONESIA ( MALAH YNG DI BERITAKAN MASALAH LAIN, UNTUK MASALAH LISTRIK SAMA BBM, SAMA LPG GAK PERNAH AD YNG DIBERITAKAN ATAU PALING TIDAK DIBUAT DEBAT KAYAK PILPRES, ATAU PILKADA) DIMANA PERAN LSM, DIMANA PERAN PEMERINTAH

  9. ayatullah says:

    privatisasi telah menyebabkan mahalnya TDL. seharusnya pemerintah menguasai sektor publik, termasuk listrik. kita muak dgn seruan nasionalisme yg dikampanyekan para penguasa, yg secara bersamaan terus melakukan swastanisasi

    1. sukardi says:

      hadeh tdl naik terus tiap 1mggu ada aja pemadaman 2x ada sampai rutin tiap hari padam ke kampg sya batujaya sangat2 mengecewakan pelayanan PLN pusat rengasdengklok tambh gaji ttp gx naik2 mau dibwa kemna rakyat miskin dipikirin tambh ngumet bagus sya ikut perang ke amerika gempur korut agar pemadaman listrik merata kaya miskin sampai ke indonesia

  10. ain says:

    saya pernah membeli pulsa listrik 100 ribu rp (R1 900 VA) di loket resmi. Pulsa tsb sempat tersimpan 1 bulan, sehingga waktu saya masukkan ke meteran, TDL sudah mengalami kenaikan. Apakah kwh yg diperoleh tetap tdl lama atau bagaimana? trims jawaban PLN

  11. Teguh Arifianto says:

    Kota/Kabupaten : Kota Semarang
    Golongan Daya : 900 va penyesuaian Mei 2017
    Nominal Voucher yang dibeli : Rp. 100.000,-
    Hasil kWh yang didapatkan : 68,5 kwh

    1. Terima kasih Bpk. Teguh Arifianto

      Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Pajak Penerangan Jalan :
      Tarif Pajak ditetapkan sebagai berikut:
      a. Penggunaan tenaga listrik untuk sosial:
      1) Sosial Komersial sebesar 5 % (lima persen); dan
      2) Sosial Murni sebesar 3 % (tiga persen).
      b. Penggunaan tenaga listrik untuk Rumah Tangga :
      1) Rumah Tangga 1 sebesar 8 % (delapan persen); dan
      2) Rumah Tangga 2 dan 3 sebesar 9 % (Sembilan persen).
      c. Penggunaan tenaga listrik untuk Bisnis sebesar 9 % (sembilan persen);
      d. Penggunaan tenaga listrik untuk Industri, pertambangan minyak bumi dan gas alam sebesar 3 % (tiga persen); dan
      e. Penggunaan tenaga listrik yang dihasilkan sendiri sebesar 1,5 % (satu koma lima persen).

      Untuk tarif R1, Semarang menetapkan PPJ 8% dan hasil 68,5 kwh sesuai dengan kalkulator.
      Info dari Bpk sangat membantu untuk pengecekan keakuratan kalkulator kWh ini.

  12. hendra says:

    Wah..wah..
    hari ini saya beli pulsa ‘ 100 rb’. Ampun.. dapet 70.5 kwh.
    Gimana pak PLn jika naek listrik’ ya mbok lampu PJG didaerah sy ditambah gitu’.

  13. chandra says:

    Stress ngurusin pln
    Beli 100rb cuma dapet 68.5kwh
    Piye jal???
    Uangnya tu buat negara apa cuma buat boss² pln biar makin gendut??

  14. vinilia says:

    yg benar saja masa isi 100rb 1300watt cuma 65.00kwh Cirebon ppj nya tinggi ya..apa beda nya sama isi 50rb..biasa nya 70ankwh nya itu uda limitt menurutku sekarang naik lagi..pake token ga bisa utang sebulan pak..ga isi yo gelap gulita rumahku😑
    kembaliin tarif biasa aja uda dapet banyak kan yg pake seluruh rakyat apalagi sekarang uda token semua😑😑

  15. must jay says:

    saya ini masih kos, rumah ajah ga punya,tp di kos subsidi listrik kok dicabut…
    Beli token 100rb skarang kok dapatnya cuma 67.9…makin lama kok makin dikit
    Masa yang cuma bisa ngekos belum bisa punya rumah sendiri di katakan sudah kaya….

  16. Lutfi says:

    Tolong PLN kalo mau menaikan listrik tinjau kembali dengan pendapatan masyarakat kita sekarang, apakah sudah sesuai atau belum? Ingat segala perbuatan yg kita lakukan di dunia ini akan di pertanggung jawabkan di akhirat, bayangkan sudah brp juta orang yang merasa di rugikan, boleh mencari untung tapi dengan cara yg wajar dan terpuji, terimakasih

  17. dino says:

    Ampun dah, keleru saya pilih jokowi, harga listrik ampun naik terus, kerja kuli habis buat bayar listrik, gimana nasib anak dan istri saya kalau kaya gini.

  18. tri handayani says:

    Daerah Wonogiri golongan 900VA beli 50rb cuma dpt 35n Kwh
    Ampunn dah nih listrik makin hari makin melejit aja turun’y
    Kepada PLN mohon kewajaran’y dlm melayani listrik kasian kpd masyarakat menengah ke bawah

  19. Whulandary says:

    Percuma bapak2 ibu2 kita mengeluh kan TDL naik ga bakal di gubris sama PLN/pemerintah.
    Mereka ga suka ngeliat orang susah kaya nye mau di bikin tambah susah. Pa presiden & para bos PLN : anda orang besar yg tidak pernah bayar listrik ngantri di tempat pembayaran listrik atau pun ngisi pulsa token.
    Asal bapak2 tau perut kami orang susah ini perih pa….
    Karna kami harus memenej keuangan yg tidak seberapa.
    Kami bukan orang yg punya materi seperti bapak2 semua.

  20. Adham Kholiq says:

    Katanya pembelian token maksimal 1juta? sebelum tgl 1 Mei saya beli 1 jt di kantor pos, di atm bri tdk bisa. ahirnya saya beli di konter 500 dan 200 rb baru bisa. hadi kalo listrik mau naik tdk boleh menimbun pulsa Biar rakyat lebih sengsara.

  21. shazfazea says:

    org miskin tu g pny tipi kulkas kipas angin mesin cuci…bagus pk jok..lnjutkan….di kab.pekalongan b1 2200 va dpt 41 kwh

  22. Didik says:

    Luar biasa jokowi menjadi jokowow… pura2 tdk tahu at emank tdk tahu kl sudah tau pura2 bertanya seolah2 peduli seperti kasus stnk and alhasil tdk ada perubahan …

  23. adam says:

    pulsa hp 11rb 12rb dpt 10rb okelah.. token pln terlalu byk pengurangan, admin, pajak, biaya2, dan apalah. pelayanan publik harusnya lbh terjangkau oleh rakyat, pak jokowi tolong kaji ulang

  24. Dani says:

    Daerah: Serang Kota
    Daya:1300va
    Token:100.000
    Kwh: 64.30

    Dikalkulator harusya: 66.6
    Ppj: 2.4%
    Aktual ppj dg kwh 64.30 =6%
    ??????????????

    1. Terima Kasih Bpk Dani atas info-nya.

      Kami sudah update PPJ Kab Serang sesuai perda yaitu 3% utk R-1. Namun kami belum menemukan PPJ Kota Serang, bisa dimungkinkan 6%. Perda Pajak Daerah bisa berubah setiap waktu tergantung dari kebijakan setiap daerah. Kota dan Kabupaten Serang bisa berbeda.

  25. adit says:

    Tgl 30 april beli 50.000 dapat 44 .tgl 7 mei beli 100.000 dapat 67.9 .karanganyar jateg,daya 900v R1.penghasilan umr 1.500.000 .satu bulan bayar pln 300.000. Biaya anak sekolah spp dan transport 700.000.blm lg biaya les anak.biaya buat makan sehari2…hebat pemerintah sekarang bikin rakyatnya bisa makan tanpa gizi pikiran ruwet…

  26. domi says:

    akar permasalahannya ada di pemegang pemerintah (presiden n pembantunya) yang mencabut sbsidi listrik….
    dulu jaman sby, mensubsidi listrik 900 va, karena kelayakan hidup keluarga sederhana yang manusiawi utk keluarga
    sekarang orang sederhana harus pake 450va (disubsidi) suka tidak suka..
    soooo…
    lalu pada kemana para aktifis yg suka membela rakyat miskin (sederhana)…
    kedepan pilih presiden yang mensubsidi 900va

  27. Eko says:

    Assalamualaikum wr wb…
    Jangan ngeluh disini kasihan adminnya 😊.

    Hanya obrolan saja, PLN menaikkan tarif listrik subsidi agar disetarakn dengan non subsidi mungkin dengan harapan bisa menekan pengguna2 subsidi yg sebenernya tidak layak ( pukul rata smuanya kena 😀 ).

    Dengan demikian negara bisa menambah income untuk pengembangan penerangan khususnya ( tapi ya mbo lah, di lingkungan ku juga masih sangat gelap belum ada lampu jalan – Babelan, Bekasi 😀 )

    Mudah2 an langkah pemerintah sudah tepat sasaran… dan pelayanan PLN juga meningkat sesuai dengan Hak dan kewajibannya ( jangan mati listrik mulu,, rusak barang elektronik ☺ ).
    Dan orang2 susah seperti kita dimudahkan rezekinya biar bisa kuat ngadapi realita..

    Asseeeeekkkk…. sok asli.
    Assalamualaikum Wr. Wb

  28. Agus says:

    anjiiiiir … tanah bumbu/kalsel
    beli token hari ini pertanggal 11 mei 2017
    voucer 50rb
    beli 57rb
    isi 34 kWh

    q kira yg jualan salah ngisi. kezel kezel 1000x
    mau sampai kapan nih naik teruusss*
    pelayanan masih pahit kog ya mau naik terus!
    tiap hari pemadaman listrik. mbok ya disesuaikan dulu antara harga dgn kualitas yg diberi. hedeeeeh

  29. Wadaw says:

    Nasibnya orng kecil gmna nih? Rumah masih ngontrak.. Harga tarif dasar listrik di kontrakan gw ngikut sama yang pynya rumah. Harganya mehong. Adakah solusi buat yang problem begini

  30. Suhedi says:

    Ya allooh ..Tolonglah hambamu…Sungguh mengerikan pemerintah kita kenaikan listrik yg sangat tidak wajar, cari makan sehari hari jg susah di bebani biaya listrik mahal

  31. okta santoso says:

    pertanggal 27 mei 2017,
    update token listrik kota Tangerang,
    R1M/900va
    100rb = 71,9 KWH
    bisa apa org kecil spt kita? miskin ya tidak, kaya secara materi masih harapan, berusaha untuk tidak mengeluh tapi katanya PLN skrg kelebihan jatah listrik,dan proyek 35rb megawatt lagi jalan. Kami hanya minta untuk listrik 1300 kebawah, kurangi taripnya 50% saja,jika negara krisis listrik gpp naikkan lagi.
    negara tidak akan bangkrut jika tidak ada korupsi, tp rakyat kecil bisa sekonyong2 jadi miskin krn berusaha baik dan berbuat jujur. jika BUMN PLN ‘bersih’ akuntabel, harga listrik bisa ditekan lagi, jd jgn kami rakyat kurang mampu(bukan miskin) yang harus membayari ‘biaya kenakalan’ oknum2 PLN. Wassalam.

  32. fuad says:

    Wonosobo untuk golongan R1M 900 VA beli 50 ribu dapat 34.00 Kwh.

    Dulu pake yang 450 VA nyalain TV komputer + magicom aja udah mati ga kuat, terus di naikin 900 VA. Eh sekarang malah harganya di samain 2200 VA. Masa mau turunin 450 VA lagi, entar mati lagi.. malem” kegelapan lagi, adek ga bisa belajar saya ga bisa kerja, nasi engga mateng. Ini negara kapan majunya?
    Apalagi jaman sekarang, serba teknologi. Ga bisa jauh” dari listrik.
    Pantesan negara tetangga sudah sibuk ngomongin industri, teknologi. Lah kita masih sibuk ngomongin demo, bbm naik, listrik naik. Mungkin gaji pejabat juga naik. Omset koruptor naik. Rakyat tercekik. Listrik aja pelit sama rakyat, Entar naik lagi, naik lagi, setelah itu apa?

  33. mayrivans says:

    Kota/Kabupaten Sidoarjo Jatim
    Golongan Daya :1300V
    Nominal Voucher yang dibeli :100
    Hasil kWh yang didapatkan : 62
    nanti PLN kenyang makan setruman di neraka,,,,

  34. udin says:

    salam admin…mau tanya..apakah perhitungan di atas udah benar..bln kmrn sya beli vocer 200rb B1 900 volt kok dptnya gak smpi 250 kwh…pdhal kl di kalkulator di atas dptnya smpi 295 kwh..

  35. lili says:

    Nanti menjelang pemilihan presiden , pasti di turunin semua tarif listrik,bbm, sembako dll. Biar dpt simpati dan di pilih lagi,, hehe..

  36. Wendha kurniawan says:

    Yth.
    Para pemimpin & pejabat negeri.

    Dengarkanlah keluh kesah kami masyarakat menengah ke bawah.
    Katanya listrik pintar..???

    Dulu sering sekali di sosialisasi untuk pindah ke listrik pintar. Masyarakat Dibujuk2 untuk brpindah dgn sgala jenis promo nya di TV, radio, koran, dll.

    Skarang stelah masyarakat sudah brhasil berbondong2 pindah ke listrik pintar dan berharap lbih baik kualitas & harganya. Malahan mndpatkan permainan harga subsidi.
    Tarif dasar listrik pelahan selalu di update terus tiap bulanya..
    Bahkan pnerima subsidi merasa sperti tidak di subsidi dbnding harga dlu..

    Sperti di cekik pelan2..

    Tolong pandang kami pak.
    Kami hanya mngandalkan UMR untuk khidupan kami.

    Dimohon Turunkan lagi tarifnya.
    Trimakasih.

  37. Pusing says:

    Beli rmh kena TAX,I AMAUSTI,makan ppn,naik mobil bbm mahal,msk,beli baju ppn,bisnis mulai lancar modal brng kena lg tx amausti,……..BANGKRUUUUT WEEES……NEGARAUUUUNYAAAAA……ATAU NGURANGI JUMLAH PENDUDUK DNG BNYK YG JATUH MISKIN DAN STRESS KRN EKONOMI……..CK CK CK CK CK…….sy pekerja keras br mulai berdiri kena ekonomi begini modal ludes lg…..tdk bs menabung,biaya sehari hari udah irit….tiap hari buat mkn menunya sengsara lg……

  38. golden cell says:

    saya awal daptar kwh 900va
    knp di pasang 450va

    saya pasang pada pegawai PLN

    tetanga
    saya complain katanya sudah ketentuan dari pln karna yg 900va kosong suruh tungu satu. ulan akan naik daya 900va
    nah sekarang sudah 2bulan belum ada tangapan saya bukan minta loh saya beli 1,5jt
    saya complain kembali ke pegawai PLN tersebut saya ga mau tau mau daya 450 atau berapa yg penting kebutuhan listrik saya cukup tidak selalu turun

    allhasi setelah di utak atik sama pegawai PLN dengan daya tetap sama 450va

    memang kuat tidak turun untuk pemakaian AC dll

    tapi yg aneh knp setiap isi pulsa 50rb cm 13000rb 20rb cm 4000rb

    saya ingin tau

    apa ada yg bs jawab

    khusus

    tangerang

  39. Edwin says:

    Bu sssssssssssssssssettt, jaman era 2017,kenaikan TDL kali ini menurut saya pribadi sudah keterlaluan,harapan saya yg berwewenang tentang TDL ini harap dikaji ulang lah,obrolan warga sebelah ternyata 11 12 dengan saya, mudah2an ga memicu kemarahan warga. Listrik 1bln 450.000=kontrakan 1bln

  40. revo says:

    Ditempat sy kab.kapuashulu kalbar,tarif pasang listrik baru mencapai 5jutaan yg 900,hadeh…kalau msh bs yg pasca mending,blm lg beli voucher.mnding listrik’y kita garong balik,hehehe

  41. farhad says:

    ngga karuan biasa sbulan 100-150rb bulan ini jadi 300rb pdl udh dihmat2in.. kayaknya ngegendutin pemerintahan duank rakyat dipress dn di cekek abis abisan dzolim nih pemerintahan.. ganti aja presidentnya. president bego dipilih.. ancur lah rakyat

    1. Rico says:

      Subsidinya dicabut,pak. Dicabut buat mbangun pembangkit listrik diluar jawa,indonesia bukan cuma jawa aja,pak. kalo memang terbukti ngegendutin pemerintah laporkan aja,asal ada buktinya. Ingat fitnah haram hukumnya.

  42. ciky says:

    Alhamdulilah Sekarang saya ikhlas listrik tarifnya segitu.. walaupun awal nya sempat ngedumell.. tapi pas begitu baca brita listrik nya di alihkan ke papua dan yg lain..
    saya lgsg seneng… good jobbb.. lanjutkan pakk 😅👏👏👏

  43. Amar says:

    Assalamualaikum, maaf pak yg mengherankan & ingin saya tanyakan adalah :
    Kenapa tarif listrik Rumah tangga lebih mahal dr tarif listrik Bisnis & Industri?
    Bila sprti ini pasti semua masyarakat akan imigrasi ke tarif Bisnis.
    Mohon penjelasannya.

  44. jazz says:

    Listrik di rumah yang saya sewa listriknya 900 Watt
    Dan pemakaian perhari cuma tv,kulkas 2 pintu,rice cooker,kipas 2 buah,mesin cuci 5 hari sekali d pakai,gosokkan 5 hari sekali,lampu malam aj yg nyala itu gin yg standby sampai pagi cuma 1 lampu, sekarang pembelian voucher sy Rp.50.000 dan mendapat kan 33,8 kWh dan itu hanya tahan cuma 1 minggu, pertanyaan saya apakah itu wajar apa tidak bagi seorang buruh yang bergaji d bawah 1,5 perbulan dan hanya bisa mampu nyewa rumah perbulan, terus taraf kemiskinan yg di nilai oleh PLN dr mana yg buat rumah sewaan atau penyewa yg jd korban kena dampaknya

    1. Rico says:

      Mantap ni,punya tv,kulkas,mesin cuci. Kalo mau subsidi minta surat keterangan miskin,bos ke kelurahan. Situ beruntung masih punya barang2 kayak gitu,disini msh ada puluhan orang ga punya tv apalagi kulkas sama mesin cuci. Mikir….

  45. lina says:

    saya lho dlu kaget…kan gnti token lgsg yg 2200 terasa berat cz sbulan hbs 300rb soale dlu msh byr d PLN cm 150rb sbulan. akhirnya 2bulan lgsg turunin daya yg 1300…..lah kok kwh nya dpt sama am yg 2200…trnyta pas turunin daya pas jg naiknya listrik. kampret bgt….sama aja tetep byr mahal. ngenes bgt mkir listrik wktu iku….nyesel gnti token gr” suami pngn pasang ac.

  46. abd.kadir iskandar says:

    perbandingan tarif listrik prabayar dan Pascabayar sangat jauh bedanya. sebelumnya saya gunakan listrik Pascabayar dan beralih keprabayar kalau pasca bayar biasa saya bayar tiap bulan paling tinggi sekitar 250 rb kalau banyak pemakaian tapi sekarang pakai listrik prabayar. saya isi 50 rb itu cuman bisa dipakai empat hari saja jadi kalau sebulan saya harus isi 7 kali x 50 rb sekitar 350 rb mahalkan makanya dinamakan listrik pintar apalagi listrik saya masuk 900V subsidi, katanya mengurangi beban masyarakat kecil kalau pakai prabayar, tapi nyatanya mahaaaaaaaallll kapan masyarakata indonesia bisa menikmati listrik yang murah katanya mana buktinya.terlalu banyak pos-pos yang harus dibayar.seperti biaya beban, PPj, PPN. Contoh kalau di tempat saya tdk ada lampu jalan apakah kita diharuskan bayar juga orang lain yang nikmati kita yang tanggung mana keadilannya.

    1. Bapak termasuk golongan 900 VA subsidi?

      Boleh tau pemakaian listrik untuk apa saja pak sehingga bisa sampai 350rb? Mayoritas rakyat miskin yang mendapatkan subsidi tidak memiliki banyak peralatan elektronik, sehingga pengeluaran listrik hanya 50rb-150rb per bulan dengan tarif subsidi.

    2. Rico says:

      900VA ga pake PPN,pak. Lampu jalan emang harus ada ditempat bapak? disepanjang jalan yg bapak lewati jg ada lampu jalan yg dananya diambil dari situ. Dilihat lagi,pak kebutuhannya untuk apa aja,diukur diitung yg bener baru protes. Dibandingkan dulu pas bayar 250rb untuk apa aja tarif dasarnya berapa sama sekarang tarif dasarnya berapa.

  47. abd.kadir iskandar says:

    Katanya pembangkit listrik sekarang semakin bertambah, mustinya harga listri atau tarif listrik semakin murah juga, tapi nyatanya semakin mahaaaaaaaallll, apasih yang menyebabkan listrik mahaaaalll , mustinya zaman reformasi sekarang ini semuanya direformasi, tapi reformasinya malah semakin menyusahkan masyarakat, semuanya serba mahaaaaalll terutama masalah listrik.kita disuruh beralih pakai listrik pintar supaya tidak mahaaaall, tetapi nyatanya terbalik listrik pascabayar lebih murah dibanding listrik prabayar ( namanya listrik pintar ) pelan – pelan dikurangi pemakaian wattnya (KWHnya ). kasihan kita masyarakat berpenghasilan rendah ( UMR ) kalau penghasilan kita sebulan sama dengan uang jajannya anak gedongan sehari.Listrik pintar /prabayar ini kenapa dikatakan menyusahkan umpama listrik tiba-tiba padam di tengah malam karena habis pemakainanya dimana kita harus mencari untuk isi kembali, tapi parahnya lagi pas tidak punya uang.gimana caranya, haruskah kita pinjam uang cuman gara-gara mau beli agar bisa menyala. beginilah nasib masyarakat kecil apalagi tidak punya penghasilan tetap.

    1. Rico says:

      Memang makin banyak,pak pembangkitnya tapi diluar jawa. Emang jawa terus yg dibangun. Alat elektronik apapun yg disebut pintar itu jg tergantung pemakainya,pak. Smartphone kalo yg makai ga smart jg sama aja. Listrik pintar artinya yg makai jg harus pinter,banyak fitur di meteran prabayar yg bisa dimanfaatkan untuk mengetahui tingkat kebutuhan listrik kita. Kalo tidak punya uang ya pake lilin,pak. Ga usah langganan listrik.

  48. curhat says:

    Memang sungguh terlalu pemerintahan sekarang pajak2 dinaikin subsidi dicabut rakyatnya diperas buat bayar hutang negara dan bayar gaji orang2 dipemerintahan yg selalu naik gajinya dimana hati nurani mereka yg nyatanya tidak membela rakyatnya.
    terutama rakyat bawah sangat menderita biarpun listriknya dpt subsidi tetep saja kena imbasnya terhadap kenaikan kebutuhan hidup yang lain.
    apalagi yg subsudinya dicabut semua sama aja kita beli listrik ke swasta

  49. tanya says:

    ini PLN membagi R1/900VA subsidi sama R1M/900VA berdasarkan apa ya?… apa yang dilihat kok bisa memutuskan yg ini R1M yang itu bukan…
    karena rumah tetangga saya tergolong R1 subsidi
    padahal TV gede banget … elektronik lengkap.
    sedangkan saya rumah ala kadarnya termasuk R1M.. padahal ukuran rumah sama, sama sama 900V juga. bagaimana perhitungannya ya?
    ada yg bisa jelaskan?

  50. anto aksel says:

    Jumlah token yg saya dpat didaerah kami temanggung jawa tengah.. 900 va beli pulsa 100.000, dapat token 67 kwh.. 1300 va 50.000 dapat 31 kwh,, listrik 3500 va 100.000: dapat 102 kwh… Ini cara perhitunganya gmna…?

  51. adhy says:

    addeh Tega banget pemerintah skr khususnya PLN yg merugikan & zolimi Rakyat Kecil … di makassar Sul-Sel isi Voucer Token PLN 100rb hanya dapat 62 Kwh .. ini untuk Rumah R-1/1300 VA, 2200 VA (non-subsidi) .. uang 38rb nya ini masuk kemana ya .. gak jelas…bayangkan klo 1 juta orng yg isi voucer token PLN 100rb totalnya 3,8 Trilyun…dananya masuk kemana ya…ada yang bisa jelaskan atau beri jawaban…??? ini sdh di luar akal sehat kami an.Rakyat Indonesia..Hidup ini sudah susah pemerintah jangan tambah lagi derita Rakyat..

  52. Naga says:

    Daya listrik drmah saya 1300va ats nama Kakek saya,sedangkan Kakek saya sudah meninggal.Yg mau saya tanyakan?bagaimana cara mengganti nama pelanggan dari Kakek saya ke orang tua saya?dan jika diganti dengan listrik prabayar 900va/1300va?apakah harus mengeluarkan biaya lagi???Masalahnya kami rakyat kecil yg susah dan terlalu terbebani jika tiap bulan harus membayar listrik 300.000/bln.terima kasih

  53. jhon says:

    mohon penjelasan dirut & bapak2 yang sangat pintar tentang PPJ

    di jakarta ada berapa puluh juta lampu jalan,taman dll tp kenapa pajak nya hanya 3% ?????????!!!!!!????????????

    Sedangkan di pelosok daerah jalan2 mayoritas gelap gulita karena kebun,hutan & semak belukar tampa lampu jalan,,tp kenapa PPJ ada yg sampai 10% ???????!!!!!!!???????????????

    tolong di JAWAB….agar saya yg bodoh ini menjadi PINTAR !!!!!!!!!;

  54. Ali Akbar says:

    Terlalu banyak yg di tanggung…

    Percuma juga berkeluh kesah… Insyaallah kalian yg diatas dapat pencerahan…
    Amin..

    Malas ngomong bnyk…Cukup menggelengkan kepala…

    1. Andre says:

      DPR bagaimana ini? Ada UU yg menyatakan BUMN TIDAK boleh rugi, memang kalau orang USAHA itu bisa SELALU untung ya? Pak Jokowi jg salah pilih mentri2/ Dirut bumn, spt bu Rini, Men BUMN kelahiran Maryland, AS,berarti wn.AS dan RI, jelas pro kapitalis, Dirut PLN, juga orgnya SBY, kalau mau “bermain” menjelang pilpres 2019, gampang, naikkan aja harga listrik utk rakyat miskin, pasti rakyat marah. Bu Sri memang terbaik, tapi beliau jg org kapitalis pro IMF, World bank, pemberi utang negara yg aturan2nya hrs diikuti.

  55. jimmi says:

    di perumahan saya sering sekali mati lampu dari jam 10 pagi sampai jam 4 sore… saya sering komplain kepada pihak pln dan selalu jawabannya ada perbaikan gardu pln…. apakah pln tidak pernah menghitung kerugian yg di alami pelanggannya? bahan makanan banyak rusak di lemari es karena mencair, tolong diingatkan kami penguna tokken bayar dulu baru bisa menggunakan listrik tidak seperti pelanggan yg menggunakan meteran,,,,, kapan pln bisa benar2 melayani dengan baik dengan tulus seperti ahok….

  56. umok says:

    Kebijakan aneh. Daya kecil harganya hampir sama dg yg besar. Pelnggan dianjurkan naik daya. Pemakaian daya bisa makin besar. Akhirnya listrik kurang pasokan. Ujung²nya… BYAR PET BYAR PET habis dibayar langsung mampet….

  57. Sunar says:

    rakyat bisa sejahtera dan makmur ketika syariat ditegakkan di negara. lihat saja negara2 bersyariat islam, rakyatnya makmur, arab saudi, brunai darulsalam, malaysia, turki.

  58. Ryandha fajri says:

    Tarif terasa mahal karena pendapatan rakyat yg minim hanya cukup untuk biaya hidup satu bulan,ga bisa buat memperkaya diri….smoga pemerintah bisa menurunkan tarip yg rasional..ga putar guling..sekolah dasar katanya gratis ada progrm BOS ..tapi tarif listrik naik spt biaya Spp anak..kan sama aja ga ada progrm BOS….pikir sy..klu memang ada memang ada pemerataan buat di luar jawa.,itu bagus..sy stju..klu rakyat merasa tercekik ,pln kiranya kasi solusi ,karena tenaga listrik di negara ini mayoritas pln yg kendalikan ,sprti di monopoli..suka tidak suka .mau tdk mau..rakyat mau masang kemana..saran saya,coba pemrintah buat tenaga listrik tenaga panel surya kan indonesia berkah sinar matahari yg panelnyà rakyàt kredit ke pemerintah..yg nanti tenaganya di paralel dg listrik pln . Gimana…

  59. anggota dewan yang terhormat says:

    terima kasih masukanya.. nanti akan saya rapatkan lagi.. kalian kerja yg rajin ya.. yg kreatif cari sampingan atau buka peluang usaha sendiri.. negara berkembang spt indonesia ini memang perlu kerja keras supaya bisa jd negara maju.. kalau sudah maju ekonomi membaik pasti rakyat ikut menikmati hasilnya.. saya yakin nanti gaji kalian akan naik banyak. dan untuk gaya hidup mewah nya sedikit di kurangi.. saya yakin kalian kalau mau hemat dan menabung pasti akan sukses nantinya.. buat infestasi atau buat bisnis.. di indonesia ini apa yg tidak bisa jd uang.. rosokan atau air tawar saja laku di jual.. kalau kalian ingin maju harus bekerja keras. untuk keluhan kalian nanti saya ajukan ke anggota dewan. terima kasih.

  60. xms906 says:

    saya coba cek dengan bayar 100rb :
    rumah saya dapat 71 Kwh ( VA900 R1M)

    untuk perbandingan
    Bisnis VA900 dapat 154 kwh
    Industri VA900 dapat 161 kwh

    selisihnya jauh banget, ada penjelasan lebih lanjut terkait hal ini ga?

    apakah bisnis dan industri dikasi subsidi…kenapa mereka disubsidi? mudah2an adminnya bisa menjelaskan dengan baik dan pln bisa dapat meninjau ulang terkait hal ini karena selisih perbedaan lebih dari 2 kali lipatnya (71.*2 aja cuman dapet 142) ….jika ada salah kata mohon dikoreksi,terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *