Tarif Listrik Naik, Warga Batam Terbebani

listrik-rumah-tangga

Penaikan tarif listrik rumah tangga sebesar 45,5% yang membebani masyarakat di Kota Batam, Kepulauan Riau, diduga sarat kepentingan politik antara pemda dan DPRD. “Ada dugaan permainan antara PLN Batam dan anggota dewan di DPRD Kepri,” kata Koordinator Umum Aliansi Masyarakat Peduli Listrik (AMPLI) Said Abdullah Dahlawi, kemarin.

Penaikan tarif listrik bakal menambah tingginya pengeluaran masyarakat. Saat ini tingginya biaya hidup di Batam telah menyebabkan banyak perusahaan tutup dan menyisakan setengah juta pengangguran.

Corporate Secretary PLN Batam Samsul Bahri mengatakan penolakan yang muncul dari masyarakat masih dinilai sebagai hal wajar. “PLN tetap akan menaikkan tarif listrik dan kenaikan itu dilakukan secara bertahap sampai Juni 2017,” katanya ketika dimintai konfirmasi.

Menurutnya, apa yang dilakukan PLN Batam sudah sesuai dengan prosedur dan disetujui Gubernur Kepri Nurdin Basirun.

Nurdin mengaku tidak tahu PLN Batam menaikkan tarif listrik tanpa ada persetujuan masyarakat.

Dari laporan yang diterimanya, PLN Batam selama ini banyak menghabiskan uang untuk membangun dan investasi di luar Kepri.

“Mereka bilang mereka rugi. Tentu saja kami setujui untuk menaikkannya,” ujarnya enteng.

Wali Kota Batam Rudi mengaku kaget dan menilai penaikan tarif listrik itu dipaksakan untuk melakukan pengembangan investasi, bukan karena merugi.

Kenaikan hingga 45,5% dinilainya cukup fantastis dan bakal memberatkan masyarakat.

Sumber : Media Indonesia 13 April 2017

Info Terkait :   PLN Verifikasi Data Penerima Subsidi Listrik

One thought on “Tarif Listrik Naik, Warga Batam Terbebani

  1. ANDRA says:

    NGGAK CUMA DI BATAM PAK BOS YANG MERASA TERBEBENI ATAS NAIKNYA TARIF LISTRIK, SAYA KIRA UNTUK SEMUA LAPISAN MASYARAKAT SANGAT TERBEBENI, TIDAK HANYA DI BATAM SAJA, SAYA WARGA BLORA (JAWATENGAH) JUGA TERBEBANI KHUSUSNYA DI LEVEL MASYARAKAT YANG EKONOMINYA MENENGAH DAN KEBAWAH ITU SANGAT TERBEBANI, MOHON PAK, IBU YNG TERHOMAT YANG ADA DI DPR, MENTRI ESDM, DAN BAPAK PRESIDEN INDONESIA TOLONGLAH DENGAR KELUHAN MASYARAKAT TOLONG PERJUANGKAN KESEJAHTERAAN RAKYAT MENENGAH KEBAWAH, MOHON UNTUK MENGEMBALIKAN SUBSIDI LAGI UNTUK KONSUMSI LISTRIK RUMAH TANGGA,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *