Tahun 2015 Tarif Listrik Rumah Tangga Tak Naik

listrik-rumah-tangga

PT PLN (Persero) menyatakan tidak ada kenaikan tarif listrik bagi empat golongan pelanggan rumah tangga hingga akhir tahun ini. Keempat golongan itu yakni dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA, serta golongan R-l dengan daya 1.300VA dan 2.200 VA.

“Untuk daya 2200 VA 1300 VA dan rakyat kecil (450 VA dan 900VA) tidak ada kenaikan tarif. Kami bisa tahan sampai Desember,” kata Direktur Utama PT PLN (persero) Sofyan Basir usai melakukan pertemuan dengan Menteri BUMN Rini Soemarno di Jakarta, akhir pekan lalu.

Sedianya pelanggan rumah tangga golongan R-1 tersebut hanya diberi subsidi hingga April ini. Hal itu berdasarkan kesepakatan antara Pemerintah dengan Dewan Perwakilan Rakyat dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2015. Disepakati besaran anggaran subsidi periode Januari hingga April mencapai Rp 1,3 triliun bagi pelanggan golongan 1.300 VA dan 2.200 VA.

Meski demikian, Sofyan menegaskan bahwa pemerintah tidak perlu menggelontorkan dana subsidi bagi pelanggan 1.300 VA dan 2.200 VA hingga akhir tahun ini. Pasalnya PLN melakukan efisiensi sehingga tidak perlu ada anggaran subsidi untuk menekan tarif bagi kedua pelanggan rumah tangga tersebut. “Rencana tidak ada kenaikan tarif ini sudah kami sampaikan ke Menteri ESDM,” ujarnya.

Efisiensi yang dimaksud, lanjut Sofyan, melalui menekan jumlah pembangkit tenaga listrik yang menggunakan bahan bakar. Dia mencontohkan di Medan ada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dan pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) yang siap beroperasi pada akhir April. Pembangkit-pembangkit itu memiliki daya 3 megawatt (MW) dan meningkat hingga 800 MW pada akhir Juni nanti. Selain itu, PLTU di Buleleng, Bali dengan kapasitas 3 x 130 MW segera beroperasi pada Mei mendatang.

Info Terkait :   Peluncuran Program 35.000 MW, PLN Teken PPA 490 MW

“Beroperasinya PLTU-PLTG itu mampu menekan penggunaan BBM sehingga pembangkit disel bisa dimatikan.Targetkami efisiensinya minimal Rp 8-12 triliun per tahun,” ujarnya.

Lebih lanjut Sofyan menyakini Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Menteri ESDM pasti menyetujui usulan pihaknya.

Sumber : Investor Daily

One thought on “Tahun 2015 Tarif Listrik Rumah Tangga Tak Naik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *