Subsidi Listrik 2016 Akan Melebihi Anggaran

listrik-rumah-tangga

Di sisi lain, Benny memperkirakan subsidi listrik tahun ini bakal tetap melebihi anggaran Rp 37,31 triliun meski harga minyak turun drastis. Pembengkakap subsidi disebabkan adanya penundaan penerapan subsidi listrik tepat sasaran bagi pelanggan 900 volt ampere (VA). “Akan dihitung lagi seberapa besar dampak pengurangan biaya dengan penundaan ini, bertambah subsidinya mestinya,” kata dia.

Menurut Benny, subsidi listrik memang seharusnya turun mengikuti melemahnya harga minyak mentah. Namun, pengaruh penurunan harga minyak ini sudah tidak sebesar dulu lantaran PLN sudah memangkas penggunaan bahan bakar minyak (BBM) di pembangkit listrik. Pengaruh kurs justru dinilainya lebih besar. “Kurs itu karena kita banyak hitungannya dalam mata uang asing, seperti biaya pinjaman dan harga gas,” jelas dia.

Namun, tambah Benny, pembengkakan subsidi listrik tidak akan sebesar proyeksi awal menjadi sekitar Rp 53 triliun. Hal ini lantaran pihaknya menargetkan pencocokkan data pelanggan 900 VA antara data PLN dan Basis Data Terpadu (BTD) dari TNP2K selesai pada Maret. Sehingga, ada kemungkinan sebagian pelanggan 900 VA sudah tidak memperoleh subsidi pada April nanti. “Kalau maret sudah selesai (pencocokkan data) dan pemerintah mengatakan April mulai subsidi tepat sasaran,” katanya.

Benny menuturkan PLN melakukan koordinasi yang solid dengan unit-unit PLN di seluruh Indonesia dan jajaran pemerintah dari tingkat pusat sampai tingkat daerah. Proses pencocokkan data dimulai dengan pemilahan data rumah tangga kurang mampu setiap provinsi, kabupaten, kecamatan, kelurahan/desa, sesuai unit wilayah/ distribusi PLN hmgga ke rayon. Pendataan hanya akan dilakukan oleh pegawai PLN yang membawa surat tugas dari PLN Pusat

Info Terkait :   Pemerintah Pangkas Subsidi Listrik 2016

Pemilahan data tahap awal, lanjut Benny, dilakukan berbasis Web Based – Intranet dengan menggunakan aplikasi yang memuat semua data elektronis rumah tangga kurang mampu berdasarkan pemutakhiran data BDT yang dikelola TNP2K. Selanjutnya, PLN akan melakukan pendataan langsung ke rumah-rumah pelanggan untuk mengetahui nomor identitas pelanggan (IDPEL).

Sumber : Investor Daily 25 Januari 2016

2 thoughts on “Subsidi Listrik 2016 Akan Melebihi Anggaran

  1. AND says:

    saya setuju kalo subsidi listrik ditiadakan, tapi untuk kreteria tertentu, khususnya untuk konglomerat,untuk PEGAWAI NEGERI,untuk PEJABAT NEGARA, (ALASAN SAYA KARENA MEREKA TIAP BULAN BERPENGHASILAN TETAP, GAJINYA PUN TINGGI,) BEDA DENGAN WIRASWASTA PENGHASILAN TIDAK TETAP, ITU PUN PASPASAN, BELUM TENTU TIAP HARI DAPAT UANG(PENGHASILAN)

    1. Carli,Per the provost, EMU is planning to operate on a normal schedule on Monday. Changes to the university’s operating status will be communicated via the EMU campus alert system at emu.edu/alerts. Thanks and be safe!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *