Sabang Bangun PLTP Jaboi 80 MW

energi panas bumi geothermal

Pemerintah Sabang saat ini sedang mengenjot realisasi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Jaboi, Sabang dengan kapasitas 80 megawatt (MW). Kehadiran pembangkit listrik ini diharapkan mampu mencukupi kebutuhan listrik di Sabang.

PT Sabang Geothermal Energy (SGE) direncanakan akan melakukan pengeboran di empat titik pada awal Desember 2015. “Namun kami belum memperoleh izin untuk hak tukar pakai lahan hutan dari Kementerian,” kata Nurdin perwakilan PT SGE dalam keterangan tertulis yang diterima Investor Daily, Selasa (6/10).

Sementara itu, Walikota Sabang Zulkifli H. Adam menyatakan pihaknya mendukung penuh rencana investasi tersebut. “Pemerintah Sabang siap membantu pembebasan lahan termasuk untuk transmisi. Kami yakin Gubernur Aceh mendukung penuh untuk berjalannya proyek geothermal Jaboi,” kata Walikota Sabang, Zulkifli H. Adam.

Pasca kedatangan Jokowi ke Sabang pada 15 Maret 2015, Pemerintah Kota terus berbenah agar mampu medukung investasi yang berbondong-bodong ingin masuk ke pulau paling barat Indonesia ini. Kurangnya pasokan listrik selama ini menjadi penghalang utama untuk pengembangan industri maritim, termasuk sektor pariwisata, perikanan dan perkapalan. “Kami membutuhkan listrik yang dapat diandalkan dan tidak sedikit dalam waktu dekat ini,” tambah Zulkifli.

Menurut David Hunter, Direktur Pengembangan Bisnis Green Energy Geothermal (GEG) yang berbasis di London, sebenarnya PLTP Sabang bisa dipacu dalam waktu cepat jika menggunakan teknologi pembangkit di kepala sumur pengeboran. “GEG punya teknologi Turn-Key Geothermal Well-Head Powerplant yang sangat dengan potensi panas bumi di Sabang dan dapat dibangun dalam waktu hanya 12 bulan saja,” katanya.

Info Terkait :   Blok Panas Bumi Danau Ranau Dilelang Ulang

Teknologi GEG lebih murah dan tidak harus mengganggu ekosistenci kawasan hutan lindung Jaboi. Perusahaan yang mempunyai Pusat Penelitian dan Pengembangan (R&D) di Reykjavic, Islandia ini—telah mengerjakan beberapa proyek geothermal di Kenya—menawarkan agar geothermal Sabang dibangun dengan tahapan sesuai dengan kapasitas setiap sumur.

Kapasitas yang ditawarkan bisa dalam ukuran 3 MW hingga 10 MW yang dapat diletakkan di atas sumur pengeboran langsung. Pembangunan dalam bentuk pembangkit per 10 MW ini dapat dikembangkan bertahap.

Sumber : Investor Daily 8 Oktober 2015

2 thoughts on “Sabang Bangun PLTP Jaboi 80 MW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *