PT Soma Daya Utama Bangun PLTU di Pulau Karimun

PT Soma Daya Utama selaku perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam pengembangan dan pembangunan pembangkit listrik telah berinvestasi sebesar US$ 100 juta untuk mendirikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

“Kami membidik Zona Perdagangan Bebas atau Free Trade Zone (FTZ) di Pulau Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau sebagai area pengembangan bisnisnya. Saat ini, sebagian besar industri yang beroperasi di FTZ Karimun masih mengandalkan pemakaian Diesel Generator sendiri untuk pembangkit listrik dengan biaya sangat tinggi terutama untuk konsumsi bahan bakar minyak (HSD Fuel) ,” kata Direktur Utama PT Soma Daya Utama, Franky Yason pada acara Signing Ceremony dengan PT. Eunindo UsahaMandiri dan PT Bukit Alam Persada di Jakarta, Kamis (16/4).

PLTU Kapasitas 2x 25 MW

Pembangunan PLTU di Pulau Karimun, menurut Franky, memiliki kapasitas 2 x 25 MWnett berbahan bakar batu bara dan memberikan pasokan tenaga listrik yang berkelanjutan, handal serta efisien.

Dengan investasi sebesar US$100 juta untuk mendirikan PLTU, dapat mengganti seluruh penggunaan pembangkit listrik dengan Diesel Generator berbahan bakar minyak,” paparnya.

Franky menyatakan, perseroan telah selesai melaksanakan kajian-kajian yang terdiri dari Pra-Studi Kelayakan, Studi Kelayakan Pembangkit sampai dengan Studi Lingkungan serta finalisasi pembebasan lahan di lokasi pembangkit. Perseroan telah mendapatkan izin tentang penetapan wilayah usaha penyediaan tenaga listrik sesuai dengan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No: 943 K/20/ DJL.3/2014 tanggal 20 Oktober 2014 untuk beroperasi di dalam Zonal Area FTZ Karimun,” ujarnya.

Info Terkait :   PLTU Adipala Ditargetkan Beroperasi Akhir 2015

Franky menambahkan, PLTU ini akan beroperasi pada 2018 dengan sumber energi berasal dari batu bara di wilayah Sumatera. “Ketersediaan bahan baku yang berkualitas dan ramah lingkungan harus dilakukan pada proyek PLTU. Dampaknya, biaya produksi di sektor industri menjadi lebih murah,” tandasnya.

Sumber : Investor Daily 17 April 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *