PT PP akan Bangun PLTMG di Gorontalo

pltmg

pltmg

PT PP (Persero) Tbk tahun ini akan menggarap sejumlah proyek baru. Salah satunya adalah proyek engineering procurement and construction (EPC) untuk Pembangkit listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Provinsi Gorontalo dengan nilai Rp 1,6 triliun.

“Ini merupakan salah satu proyek pemerintah dalam program pembangunan kelistrikan 35.000 MW,” kata Corporate Secretary PT PP (Persero) Tbk Taufik Hidayat yang ditemui saat buka bersama di Jakarta, Selasa (14/7).

Menurut dia, proyek di bidang kelistrikan merupakan salah satu yang menjadi andalan Perseroan. Sebelumnya, kata Taufik, ada sekitar 9 proyek kelistrikan, di antaranya PLTMG Jambi, dua PLTU Talang Betutu, PLTU Muara Tawar, dan PLTU Duri. Selain itu pembangkit listrik yang saat ini tengah dikerjakan antara lain pembangkit listrik di Batam dan Bali.

Lebih lanjut Direktur Keuangan Perseroan Tumiyana mengatakan bahwa sampai dengan semester I ini, portfolio proyek Perseroan terdiri dari proyek pemerintah sebesar 11%, BUMN 25%, swasta 49% dan anak perusahaan 15%. Seiring dengan tekad pemerintah dalam mempercepat pelaksanaan proyek-proyek APBN, maka pihaknya optimistis pada semester II ini dapat mencapai target kontrak baru tahun ini yang telah ditetapkan sebesar Rp 27 triliun, dengan meningkatkan proyek pemerintah, sehingga portfolio Perseroan di akhir tahun menjadi masing-masing Pemerintah sebesar 20%, BUMN 25%, swasta 40%dan anak perusahaan sebesar 15%.

Secara keseluruhan, tercatat sampai dengan semester I 2015, Perseroan berhasil membukukan kontrak baru sebesar Rp 13,45 triliun. Jumlah tersebut melebihi target yang telah ditetapkan Perseroan sebesar Rp 11,12 triliun. Dengan demikian total order book sampai dengan akhir Juni mencapai Rp 42,45 triliun, termasuk carry over 2014 sebesar Rp 29 triliun. “Kontrak baru tersebut sudah mencapai 50% dari total target Perseroan sepanjang tahun ini yaitu sebesar Rp 27 triliun,” kata Tumiyana.

Info Terkait :   PLTG Gorontalo Selesai Februari 2016

Pada kesempatan itu, Tumiyana juga mengungkapkan bahwa salah satu anak usaha PT PP yakni PT PP Property Tbk baru-baru ini merealisasikan penggunaan dana hasil penawaran umum perdana sahamnya untuk menambah lahan baru (landbank) proyek Grand Kamala Lagoon di Kalimalang seluas 3,4 hektare dengan nilai Rp 134 miliar. Dengan demikian luas lahan yang semula 25 hektare menjadi 28,4 hektare.

Sumber : Investor Daily 15 Juli 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *