PT Bukit Asam Kembangkan PLTU di Sumatera

PT Bukit Asam

PT Bukit Asam (Persero) Tbk. terus mengembangkan berbagai proyek pembangkit listrik tenaga uap di wilayah Sumatra untuk mendukung peningkatan elektrifikasi regional maupun nasional.

Sekretafis Perusahaan Bukit Asam (PTBA) Joko Pramorio mengatakan untuk wilayah Sumatra Selatan, pihaknya telah membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dengan kapasitas megawatt (MW) di mulut tambang Tanjung Enim.

“Untuk mendukung elektrifikasi di wilayah Sumbagsel, PTBA telah membangun PLTU dengan kapasitas 3×10 MW sehingga listrik yang dahulunya dipakai untuk keperluan operasional dapat disalurkan untuk kebutuhan masyarkat,” katanya sekaligus membantah sinyalmen jika PTBA sedikit memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitar, Kamis (16/4).

Selain itu, PTBA juga telah memiliki PLTU berkapasitas 2×8 MW di Pelabuhan Tarahan, Bandar Lampung untuk mendukung operasional pelabuhan di sana.

Adapun dalam waktu dekat ini, perusahaan pelat merah yang sudah melantai di bursa efek indonesia (BEI) tersebut akan segera mengoperasikan PLTU Banjarsari berkapasitas 2×110 MW di mulut tambang Lahat, Sumatra Selatan.

PLTU tersebut tinggal menunggu untuk tersambung dengan jaringan interkoneksi Sumatera Bagian Selatan milik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Tidak hanya itu, PTBA juga rencananya akan mulai membangun PLTU Banko Tengah berkapasitas 2×620 MW pada kuartal III/2015.

Perseroan juga berencana membangun dua PLTU lainnya berkapasitas 800 – 1.200 MW dan 1.000 MW yang sedang dalam tahap feasibility study.

Menurut dia, kalaupun wilayah sekitar pertambangan PTBA masih sering mengalami pemadaman listrik, hal itu sebenarnya bukan menjadi tanggung jawab perseroan.

Info Terkait :   PLN Teken Kontrak PLTU Cilacap Ekspansi 1000 MW

Sumber : Investor Daily 17 April 2015

Sakana Food Depok www.sakana.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *