PLTU II Indramayu Groundbreaking 2016

pembangkit-listrik-tenaga-uap

GROUNDBREAKING atau peletakan batu pertama proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) II Indramayu akan dilakukan tahun depan. Pemerintah daerah setempat meminta tenaga kerja asal Indramayu diprioritaskan. “Groundbreaking akan dilaksanakan 2016,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indramayu, Ahmad Bahtiar, kemarin.

Saat ini, lanjut Bahtiar, proses yang sudah berlangsung ialah sosialisasi rencana pembangunan PLTU II Indramayu kepada masyarakat di sekitar lokasi. PLTU II tersebut akan dibangun di tiga desa, yaitu Desa Sumur Adem, Kecamatan Sukra; Desa Mekarsari, dan Desa Patrol Baru di Kecamatan Patrol.

Seusai proses sosialisasi, selanjutnya yang dilaksanakan ialah pendataan lahan warga yang terkena proyek pembangunan PLTU II tersebut. Setelah itu, dilakukan konsultasi publik dan penetapan lokasi. “Kewenangan semua proses tersebut ada di tangan Pemprov Jabar.”

Pemkab Indramayu, lanjut Bahtiar, sangat mendukung pembangunan proyek PLTU II Indramayu itu. Namun, ia meminta agar mayoritas tenaga kerja dalam proyek itu berasal dari Kabupaten Indramayu. “Paling tidak 70% tenaga kerja harus putra daerah,” ungkapnya.

Di sisi lain, seorang warga Desa Mekarsari, Kecamatan Patrol, Durnia, berharap agar pembangunan PLTU II Indramayu itu bisa segera direalisasikan. “Karena area persawahan milik warga yang akan terkena proyek tersebut saat ini terancam hilang,” kata Durnia.

Terancam hilangnya area sawah tersebut disebabkan adanya abrasi. Jika sawah terus tergerus abrasi, petani pun khawatir tidak bisa memperoleh ganti rugi. Mereka pun akan kehilangan sumber mata pencaharian.

Info Terkait :   DPR Apresiasi PLN soal Tender PLTU

Selain itu, warga setempat pun sangat membutuhkan pekerjaan. Sebab, selama ini banyak warga di desanya yang terpaksa harus merantau ke Jakarta untuk mencari pekerjaan.

Seperti diketahui, pemerintah pusat akan membangun PLTU II Indramayu untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik Jawa-Bali. Rencananya, PLTU II Indramayu memiliki kapasitas 2×1000 megawatt. Keberadaan PLTU II tersebut akan melengkapi PLTU I yang sudah beroperasi di Desa Sumuradem, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu.

Sumber : Media Indonesia 24 November 2015

One thought on “PLTU II Indramayu Groundbreaking 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *